Connect with us
Manfaat Yogurt, Cara Membuat Yogurt, Resep Yogurt

Minuman

69 Khasiat dan Manfaat Yogurt untuk Kesehatan dan Kuliner

Khasiat Yougurt – Manfaat Yogurt merupakan salah satu produk yang terbuat dari susu yang difermentasikan bakteri asam laktat, kactobacilus bulgarius dan streptococcus thermophilus. Produk ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Yogurt sangat baik untuk melancarkan pencernaan, menjaga tingkat asam lambung serta menekan perkembangan bakteri patogen di dalam usus.

Khasiat yogurt memang sangat banyak untuk tubuh. Beragam produknya juga ada banyak di pasaran. Salah satu merek yang terkenal ialah Cimory. Yogurt Cimory disajikan dalam bentuk minuman segar. Rasa minuman ini tidak terlalu asam sehingga tidak membuat cepat haus. Minuman ini dibuat dari 100 % susu sapi yang difermentasikan sehingga mengandung bakteri baik untuk pencernaan. Anda bisa menikmati 10 rasa yang berbeda-beda. Cimory merupakan yogurt asli buatan Indonesia. Produk ini mudah dijumpai di supermarket. Selain Cimory, merek lain juga mudah dijumpai di supermarket seperti Heavenly, Marigold, Biokul dan masih banyak lagi.

Manfaat Yogurt, Cara Membuat Yogurt, Resep Yogurt

Harga Yogurt Terbaru

Harga yogurt di pasaran berbeda-beda. Tergantung Anda memilih merek produk yogurt mana yang akan dikonsumsi. Jika itu merupakan merek import, harganya seringkali lebih mahal. Namun, khasiat yogurt yang dimiliki tetap sama yakni untuk melancarkan pencernaan Anda.

  1. Cimory Mini Yogurt Drink Rp 10.900
  2. Heavenly Blush Rp 35.800
  3. Marigold Rp 36.500
  4. Biokul Rp 47.000
  5. Frugurt yogurt Rp 30.000
  6. Nusasa Yogurt Raisin Rp 120.000
  7. Yummy Yogurt Rp 14.900
  8. Elle & Vire Yogurt Rp 15.900
  9. Emmi Swiss Yogurt Rp 155.000
  10. Greek Yogurt Rp 85.000

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah

Untuk merasakan khasiat yogurt, tidak harus membeli produk tersebut di supermarket. Jika Anda senang berada di dapur, Anda bisa membuat sendiri yogurt di rumah untuk dikonsumsi. Anda memerlukan beberapa alat dan bahan, diantaranya :

  1. Bibit Lactobacilus Bulgaricus (bisa di beli di toko kue)
  2. Susu cair tawar
  3. Termometer
  4. Sendok kayu
  5. Kain bersih
  6. Wadah kedap udara
  7. Panci

Cara membuatnya yakni :

  1. Panaskan susu cair hingga bersuhu 80 derajat celcius atau sampai susu menjadi panas tapi tidak sampai mendidih. Susu cair dipanaskan selama 20 menit. Sambil memanaskan, susu harus terus diaduk agar tidak membentuk gumpalan-gumpalan di bawah.
  2. Dinginkan susu hingga suhunya menjadi 30 derajat celcius. Tutup panci berisi susu tersebut dengan kain bersih.
  3. Campurkan bakteri Lactobacilus Bulgarius ke dalam susu. Bakteri yang dicampurkan pada susu sebesar 5 % dari jumlah susu. Jika bibit semakin banyak, maka susunya akan semakin kental.
  4. Aduk susu yang sudah dicampur dengan bakteri hingga merata. Pindahkan ke dalam wadah kedap udara. Kemudian tutup dengan kain bersih kering.
  5. Diamkan dulu selama 24 jam dalam suhu ruangan agar bakteri dapat berkembang biak.
  6. Setelah 24 jam, cek kembali susu tersebut. Jika sudah kental, asam dan berbau berarti Anda berhasil membuat yogurt.
  7. Jika sudah jadi, Anda bisa mencampurkan berbagai perasa makanan agar rasa yogurt semakin enak untuk dikonsumsi.

Khasiat Yogurt untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Pencernaan

Jika Anda sering mengalami masalah pada pencernaan, mulai sekarang cobalah untuk mengkonsumsi produk hasil fermentasi susu. Khasiat yogurt mampu untuk membuat pencernaan menjadi lancar. Bakteri baik dalam yogurt mampu untuk membuat mikroflora dalam usus menjadi seimbang. Sehingga dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Tapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi ya, cukup 1 kali sehari agar tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa membeli produk yogurt yang ada di pasaran dan langsung meminumnya, atau membuat dalam berbagai olahan.

2. Menurunkan Berat Badan

Khasiat yogurt tentunya bisa membuat berat badan menjadi turun. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada minuman tersebut dapat mengurangi lemak jahat yang tersimpan di tubuh Anda. Sehingga sedikit demi sedikit lemak pada tubuh akan berkurang. Tubuh Anda juga akan menjadi proposional. Demi mengurangi berat badan, Anda bisa mengkonsumsi produk yogurt yang khusus untuk diet. Berbagai macam merek menyediakan varian khusus untuk diet. Cimory, heavenly, biokul dan marigold menyediakan varian yogurt khusus untuk diet.

3. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit tulang yang seringkali dialami oleh para lansia. Penyakit ini biasanya disebabkan karena tulang kekurangan zat kalsium sehingga membuat tulang menjadi mudah rapuh. Untuk menambah kalsium pada tulang, Anda bisa mengkonsumsi minuman hasil fermantasi ini. Khasiat yogurt ampuh menambah kalsium pada tulang. Karena yogurt berasal dari hasil fermentasi susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk kepadatan tulang. Asam laktat pada ayogurt mampu menyerap kalsium dan fosfor untuk membantu kekuatan tulang.

4. Mencegah Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus merupakan salah satu penyakit kronis yang patut dihindari. Demi menghindari terkena kanker usus besar, Anda bisa mengkonsumsi yogurt karena khasiat yogurt mampu menjaga kesehatan usus. Bakteri lactobacilus adalah bakteri yang sangat ramah pada usus Anda sehingga pertumbuhan bakteri sehat di usus dapat berkembang. Bakteri ini mampu menjaga usus Anda dari penyakit kanker. Anda bisa mengkonsumsi minuman yogurt atau olahan-olahannya.

5. Mencegah Penyakit Maag

Bagi Anda yang memiliki asam lambung yang tinggi, maka penyakit maag rentan terjadi. Kandungan asam pada yogurt sangat pas. Sehingga khasiat yogurt dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang menderita sakit maag. Kandungan asam ini dapat menetralisir asam lambung yang tinggi. Selain itu, kandungan bakteri baiknya dapat membantu melancarkan pencernaan. Tak semua yogurt berasa asam lho. Beda merek, beda pula rasa asamnya. Namun, kadar asamnya tetap seimbang kok.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Membuat tubuh menjadi sehat dan kuat merupakan suatu keharusan. Khasiat yogurt dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal dari penyakit. Daya tahan tubuh serta imun meningkat dan mencegah Anda dari berbagai penyakit yang mudah menghampiri tubuh. Sehingga tubuh yang sehat dan bugar dapat Anda nikmati. Yogurt berfungsi juga untuk membantu merangsang sel darah putih dalam melawan infeksi di aliran darah.

7. Kaya Vitamin

Khasiat yogurt bisa Anda rasakan karena produk ini kaya akan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Terdapat fosfor, kalsium, kalium, vitamin B5, vitamin B12 dan riboflavin. Vitamin B12 bisa berfungsi untuk mempertahankan sel darah merah dan menjaga fungsi sistem saraf. Jika Anda mengkonsumsi sepori yogurt, maka Anda akan memenuhi 60 % kebutuhan vitamin untuk tubuh Anda.

8. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda gemar makan makanan bersantan serta jeroan maka kolesterol Anda bisa meningkat. Jangan khawatir, Anda bisa menurunkannya dengan mudah. Khasiat yogurt salah satunya yakni menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol bisa menurun dengan bentuan zat probiotik sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan bantuan asam empedu. Mengkonsumsi yogurt probiotik 2 kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes militus tipe 2.

9. Mengurangi Efek Samping Antibiotik

Jika Anda sering mengkonsumsi antibiotik maka Anda harus mengkonsumsi yogurt setiap hari. Karena penggunaan antibiotik dalam waktu lama akan menimbulkan efek samping pada tubuh Anda. Bakteri baik pada tubuh akan mati akibat penggunaan antibiotik dalam jangka panjang. Namun, jika Anda mengkonsumsi yogurt maka bakteri baik yang mati akibat antibiotik dapat lahirr kembali. Bakteri baik tersebut sangat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan serta mencegah munculnya gangguan perut akibat penggunaan obat-obatan.

10. Mengatasi Semua Penyakit

Salah satu kehebatan dari mengkonsumsi ini adalah dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Khasiat yogurt dapat menyehatkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, menormalkan tekanan darah serta gula darah pada tubuh Anda. Jika mengalami gangguan kesehatan tersebut, maka kekebalan tubuh akan menurun. Saat kekebalan tubuh menurun, Anda bisa mengkonsumsi yogurt untuk menormalkan kondisi tubuh. Karena kandungan zat inulin di dalamnya sangat mampu mengatasi berbagai macam penyakit dan bisa menormalkan kondisi tubuh Anda.

Baca Lagi: 70 Khasiat Buah Pear, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Yogurt untuk Kuliner

1. Es Yogurt

Jika bosan dengan cara mengkonsumsi yang itu-itu saja, Anda bisa mengolahnya menjadi es krim. Tentunya menu ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas dan gerah. Rasanya sangat enak dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan :

– Yogurt tawar 250 gram

– Buah segar 200 gram (pisang, strawberry, blueberry, atau mangga)

– Madu 2 sendok makan

– Cetakan es krim berbentuk popsicle atau gelas plastik kecil-kecil yang untuk rekreasi

– Blender

Cara mengolahnya :

– Campurkan yogurt, buah yang sudah dipotong-potong dan madu ke dalam blender. Lalu diblender hingga halus.

– Tuangkan ke dalam cetakan hingga penuh lalu tutupi dengan stik penutup.

– Masukan ke dalam freezer selama 4 jam hingga adonannya mengeras menjadi es.

– Setelah dingin dan mengeras, maka es yogurt sudah siap untuk dinikmati.

2. Pancake Yogurt

Anda bosan dengan menu sarapan nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, lontong sayur dan sebagainya? Ada salah satu menu yang bisa menjadi alternatif sarapan Anda yang tentunya menyehatkan untuk tubuh. Khasiat yogurt dapat Anda peroleh dengan mengolahnya menjadi pancake. Menu ini bisa Anda nikmati untuk sarapan. Dan tentunya menu ini sangat bagus untuk mengurangi berat badan lho.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

– 200 gram tepung terigu

– 3 sendok teh soda kue

– 2 sendok makan gula less sugar

– ½ sendok garam

– 3 sendok makan minyak

– 3 butir telur

– 2 sendok teh ekstrak vanila

– 200 gram yogurt tawar

– 150 ml susu rendah lemak

 

Cara mengolahnya :

– Campur tepung, soda kue, gula serta garam dalam wadah. Pada wadah terpisah siapkan minyak, telur, vanila dan yogurt, kemudian diaduk hingga rata.

– Masukan bahan kering ke dalam bahan basah lalu aduk hingga rata. Masukan susu kemudian diaduk namun jangan sampai rata. Adonan dibuat sedikit bertekstur.

– Panaskan teflon dengan api kecil, beri minyak untuk menggoreneg pancake. Tuangkan adonan ke teflon, masak hingga adonan bergelembung dan kecoklatan.

– Sajikan di piring dengan diberi madu atau topping sesuai selera Anda.

3. Puding Yogurt

Jika setelah makan Anda membutuhkan dessert yang segar sebagai penutup makan, maka Anda bisa mencoba mengolah bahan sehat ini menjadi dessert lezat. Khasiat yogurt bisa Anda nikmati dalam olahan puding yang lezat. Puding tersebut bisa dipadukan juga dengan berbagai buah segar sehingga menambah kelezatan pada puding.

Bahan yang dibutuhkan :

– 800 ml susu putih rendah lemak

– 1 bungkus nutrijel yogurt rasa apapun

– 1 sendok makan gula pasir

– Vla instan rasa vanila

Cara mengolahnya :

– Tuang nutrijel, susu dan gula pasir ke panci dan panaskan dengan api kecil.

– Aduk adonan hingga rata dan mendidih.

– Setelah mendidih matikan apinya kemudian diamkan selama 3 menit.

– Tambahkan fruity acid yang ada pada nutrijel kemudian diaduk sampai merata.

– Tuangkan ke dalam cetakan dan masukan ke dalam kulkas hingga dingin.

– Siram vla instan rasa vanila setelah puding dingin.

– Puding yogurt siap untuk dinikmati.

4. Fruity Yogurt Parfait

Sajian yang menyegarkan seringkali diperlukan sebagai dessert penutup makan. Sajian yang manis dan segar menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati. Namun, tetap gunakan bahan-bahan yang sehat dan baik untuk tubuh. Khasiat yogurt bisa Anda nikmati dalam bentuk olahan fruity yogurt parfait. Olahan ini sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan :

– 1 buah pisang yang dipotong tipis-tipis

– 200 gram strawberry yang dibelah dua

– 200 gram blueberry beku

– 4 cup yogurt dengan rasa sesuai selera Anda

– 2 cup granola

Cara mengolahnya :

– Letakan pisang yang sudah dipotong ke gelas sebagai layer pertama

– Masukan 3 sendok teh yogurt

– Tambahkan buah strawberry dan blueberry hingga gelas penuh

– Taburkan granola diatas hidangan tersebut

– Yogurt parfrait siap dinikmati

5. Smoothies Yogurt

Menu andalan untuk mengolah bahan sehat ini ialah dengan membuat menu smoothies. Smoothies menjadi minuman yang menyegarkan ditambah lagi menyehatkan. Khasiat yogurt bisa Anda rasakan jika mengkombinasikan bahan sehat tersebut dengan buah segar hingga dijadikan smoothies.

Bahan yang diperlukan :

– 250 gram buah sesuai selera

– 1 sendok teh gula less sugar

250 ml yogurt rasa apapun sesuai selera

Cara mengolahnya :

– Potong buah yang Anda sukai, masukan ke blender.

– Tambahkan gula rendak lemak untuk pemanis

– tambahkan yogurt dengan rasa sesuai selera Anda

– Blender semua bahan tersebut hingga menyatu dan rata

– Tuangkan ke dalam gelas

– Smoothies buah dan yogurt siap untuk dinikmati.

Baca Lagi: 1009 Khasiat dan Manfaat Pohon Kelapa, Seluruh Bagian Tanamannya

Efek Samping Yogurt

Khasiat yogurt memang dapat menyehatkan tubuh. Namun segala sesuatu yang berlebihan tentunya tetap tidak baik. Jika Anda mengkonsumsi berlebihan akan ada dampak yang tidak bagus untuk kesehatan Anda. Apalagi jika Anda memiliki katup jantung buatan, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ini. Karena efeknya akan membuat infeksi karena reaksi atas probiotik. Tapi jika tubuh Anda normal namun mengkonsumsi secara berlebihan, akan timbul beberapa penyakit pada tubuh, diantaranya :

  1. Diare
  2. Kembung
  3. Nyeri perut
  4. Nyeri lambung
  5. Menggagalkan metabolisme obat untuk masalah kolitis ulserativa

Banyak sekali manfaat mengonsumsi ini dalam berbagai olahan. Khasiat yogurt sangat mudah Anda dapatkan dalam bentuk original maupun olahan. Namun yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak konsumsinya. Karena mengkonsumsi bahan sehat tersebut tidak boleh berlebihan. Meskipun menyehatkan, jika dikonsumsi berlebihan meninggalkan dampak buruk pada tubuh. Maka, konsumsi dengan cermat ya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Minuman

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top