Connect with us
Khasiat Timun Suri, Manfaat Timun Suri

Buah

125 Khasiat Timun Suri, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Timun Suri – Manfaat Timun Suri, Cucumis lativus, Timun Betik, Barteh merupakan tanaman semusim yang menghasilkan buah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buahnya yang sudah matang banyak dijual secara musiman di bulan ramadhan seperti di Indonesia karena dagingnya menjadi bahan minuman penyegar saat berbuka. Buah ini mengandung kalium tinggi sehingga sangat berkhasiat untuk kesegaran tubuh.

Timun suri menjadi salah satu buah populer baik untuk dimakan langsung atau dibuat beragam minuman. Namun dibalik segarnya bua barteh mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan pencernaan, mengendalikan gula darah, menurunkan kolesterol, sangat direkomendasikan untuk diet hingga mencegah penyakit berat seperti kanker. Bentuk buah ini bermacam-macam ada yang bulat panjang dan ada pula bulat pendek.

Kulit barteh sangat tipis dan memiliki warna hijau gelap. Daging buahnya yang segar memiliki warna putih, lunak dan memiliki kandungan air dalam jumlah besar. Khasiat timun suri yang sangat banyak menjadi salah satu buah populer untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan yang kaya akan air menjadi tidak heran jika banyak orang yang berburu buah ini untuk menu buka puasa.

Khasiat Timun Suri, Manfaat Timun Suri

Klasifikasi Timun Suri

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Cucurbitales
  • Famili : Cucurbitaceae
  • Genus : Cucumis
  • Spesies : Cucumis lativus
  • Batang: menjalar atau memanjat, basah, berbuluh kasar dan berbuku-buku
  • Daun : berbentuk bulat lebar, tunggal
  • Bunga : ada yang jantan berwarna putih kekuningan dan bunga betina berbentuk terompet
  • Buah : bentuk dan ukuran bermacam-macam pada umumnya panjang atau bulat pendek
  • Biji : tersusun teratur di bagian tengah buah dan jumlahnya banyak

Morfologi Timun Suri

Timun suri adalah tanaman semusim yang menjalar. Batangnya basah, berbuluh kasar dan berbuku-buku memiliki panjang 0,5 – 2,5 meter, bercabang dan bersulur tumbuh di sisi tangkai daun. Daunnya berbentuk bulat lebar dan tunggal dengan bagian ujungnya runcing seperti bentuk jantung, tepi bergerigi. Kedudukan daun pada batang berselang seling antara satu daun dengan lain. Panjang daun 7 – 18 cm dan lebar 7 – 15 cm keluar dari buku-buku batang.

Bunga timun suri ada yang jantan dan ada pula yang betina. Perbungaannya berumah satu atau disebut monoecious dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit. Bunga ini bersifat tidak mantap karena dipengaruhi oleh lingkungan. variasi bunga monoceeus, persentase bungan jantan dan betina hampir sama jumlahnya. Di daerah yang penyinaran sinar mataharinya panjang lebih dari 12 jam per hari, intensitasnya tinggi serta suhu udara panas, tanaman ini cenderung akan lebih banyak bunga jantan daripada betina.

Buah timun suri letaknya berada di bawah dari ketiak antara batang dan daun. Bentuk serta ukurannya bermacam-macam namun pada umumnya berbentuk bulat panjang atau bulat pendek. Kulit buahnya tipis, basah dan berduri halus tersebar secara tidak beraturan di bagian tengah buah. Kulit berwarna hijau gelap terdapat strip membujur dengan warna hijau muda mulai dari pangkal buah hingga ujung buah. Bijinya tersusun teratur di bagian tengah buah dengan jumlah yang banyak.

Kandungan Kimia dan Gizi Timun Suri

Khasiat timun suri selain sebagai bahan untuk membuat beragam minuman segar, buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mulai dari penyakit ringan hingga berat. Cara mengonsumsinya harus teratur dan tidak perlu berlebihan. Banyaknya khasiat tersebut tidak lepas dari kandungan penting, di antaranya:

  • Air
  • Lemak
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin
  • Abu
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Kalium

Baca Lagi: 117 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Timun Suri dan Cara Mengolahnya

1. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Ginjal akan mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam tubuh. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka zat tersebut akan menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan berbagai penyakit. Untuk menghindari hal ini, khasiat timun suri ini mampu menjaga kesehatan ginjal sehingga terhindar dari beragam penyakit yang tidak diinginkan.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Untuk mengonsumsi buah ini, olahan es timun suri ini mengisi waktu siang Anda
  2. Siapkan bahan-bahan berupa buah timun suri yang telah dipotong-potong, ½ blewah dikerok memanjang, biji selasih, kelapa muda, sirup gula dan es batu secukupnya
  3. Campurkan semua bahan, siap disajikan

2. Membantu Mengurangi Berat Badan

Untuk Anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan ingin diet, khasiat timun suri sangat membantu mengatasi hal ini. Buah yang kaya akan serat dan air membuat tubuh menjadi ideal. Serat akan memberikan rasa kenyang dan menunda lapar sedangkan air didalam buah ini bisa merontokkan lemak di bagian perut. Diet sehat alami memang dianjurkan daripada mengonsumi beragam obat-obatan berbahan dasar kimia. Jika belum bisa dipastikan obat tersebut aman, lebih baik gunakan cara yang lebih aman

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Timun suri agar-agar nata de coco sirup melon menjadi olahan lain dengan rasa yang tak kalah nikmat
  2. Siapkan 1 buah timun suri matang, 2 agar-agar swalow warna hijau dan merah, 3 sdm gula, air mineral untuk membuat agar-agar, 1 kantong nata de coco, 200 ml sirup melon
  3. Potong kotak timun suri dan simpan dalam wadah
  4. Masak agar-agar dan beri gula sesuai selera hingga mendidih, angkat dan masukkan dalam cetakan
  5. Nata de coco dibuang airnya, masukkan dengan timun suri
  6. Potong agar-agar jika sudah dingin masukkan ke wadah yang berisi timur, nata de coco dan sirup lalu mauskkan air. Aduk rata dan masukkan es batu. Siap dinikmati

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung atau jantung koroner merupakan kondisi yang terjadi saat pembuluh darat yang menyuplai ke jantung mengalami kerusakan. Kandungan asam linoleat pada buah timun suri sangan penting untuk menyehatkan jantung jika dikonsumsi secara teratur khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan juga kolesterol.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Timun suri memang banyak diolah dalam bentuk minuman segar. Kali ini Anda bisa membuatnya bersama es tape
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 4 tape singkong, timun suri secukupnya dipotong sesuai selera, 1 sachet SKM putih, 2 gelas belimbing air es, sirup cocopandan secukupnya dan es batu
  3. Masukkan timun suri dalam mangkok, tape singkong, sirup cocopandan, SKM putih, air es dan es batu kemudian aduk hingga tercampur.
  4. Es tape timun suri siap dinikmati

4. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Usia yang semakin bertambah akan mempengaruhi tingkat kelemahan persendian. Banyak orang yang telah berumur mengeluh karena merasakan sakit pada persendian seperti reumatik atau encok. Saat persendian bermasalah tentu semua aktifitas akan terhambat. Salah satu penyebab nyeri sendi selain karena usia, jaringan sendi bisa meradang yang disebut sinovitis traumatis. Khasiat timun suri yang kaya akan kandungan mineralnya mampu mengatasi dan meretakan nyeri pada persendian.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Berbeda dengan sebelumnya, timun suri pun bisa diolah menjadi sebuah acar
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah timun suri yang teksturnya masih keras, 4 siung bawang merah diiris kotak, 1 siung besar bawang putih dimemarkan, 7 buah cabe rawit merah diiris, 2 sdm garam, 7 sdm gula pasir, 3 sdm cuka masak
  3. Kupas timun suri, bersihkan isinya dan potong sesuai selera
  4. Rebus bawang putih tambahkan gula dan garam, tunggu hingga mendidih
  5. Masukkan cuka, timun dan cabai. Diamkan hingga matang

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata selalu dikaitkan dengan vitamin A. Di dalam timun suri terdapat kandungan vitamin A yang sangat bagus untuk menyehatkan mata. Jika dikonsumsi secara teratur dan rutin maka mata kita akan terhindar dari rabun. Asam askorbat didalamnya mampu mengurangi kadar retensi air untuk menyembuhkan mata bengkak. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda perlu memeriksa rutin perkembangan kesehatan mata.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Kali ini Anda bisa mencoba olahan es teler timun suri segar cocok untuk dinikmati siang hari di musim kemarau
  2. Siapkan 1 buah alpukat, 1 gelas kelapa muda, ¼ timun suri, 5 biji buah nangka, susu kental manis dan es batu
  3. Potong timun suri, kerik alpukat dan buang kulitnya.
  4. Potong nangka, campurkan semua bahan dengan es batu, susu kental manis dan kelapa muda
  5. Es teler siap dinikmati

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Percaya atau tidak, khasiat timun suri mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa antioksidan didalam buah ini bisa mengikat seragan radikal bebas serta menguraikannya agar sel tubuh selalu dilindungi. Dengan begitu tubuh akan sehat serta tidak mudah terserang beragam macam penyakit.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Lagi-lagi dengan olahan minuman segar, kali ini es kopyor timun suri mengisi hari-hari Anda
  2. Siapkan 1 buah timun suri dipotong-potong, 150 gr kopyor imitasi, 10 gr biji selasi, sirup melon secukupnya dan es batu secukupnya
  3. Masukkan timun suri, kopyor, biji selasi ke dalam mangkung
  4. Tambahkan sirup dan es batu dan aduk rata. Es kopyor timun suri siap dinikmati

7. Sebagai Anti Kanker

Siapa yang tidak kenal kanker? Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang tubuh Anda. Kanker disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang kemudian menyebabkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau biasa dikenal dengan tumor ganas. Khasiat timun suri yan kaya akan antioksidan mampu memberikan pencegahan terhadap kanker.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Kali ini anda bisa mencampurnya dengan cincau hitam yang tak kalah segar
  2. Siapkan ¼ buah timun suri, serut cincatu hitam, ½ sachet susu kental manis dan 2 sdm sirup rasa melon
  3. Campurkan semua bahan dan nikmati dalam keadaan dingin.

8. Menghidrasi Tubuh dan Membantu Sistem Pencernaan

Khasiat timun suri lainnya sangat baik untuk sistem penceraan karena kandungan air dan seratnya melimpah. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti susah BAB, menderita magh atau tukak lambung sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini dalam takaran yang pas. Kandungan antioksidan serta nutrisi dalam buah ini bisa mengurangi infeksi sekaligus mencegah kambuhnya masalah dalam lambung.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah timun suri, 1 kg nata de coco, 1 bungkus selasih, 1 bungkus cincau, 1 bungkus tape, 1 bungkus pacar cina, 1 kg kolang kaling, sirup dan gula secukupnya
  2. Kupas dan kerik timun suri kemudian cuci dilanjutkan dengan rebus kolang kaling dengan gula secukupnya
  3. Cuci bersih cincau dan potong sesuai selera
  4. Campurkan timun suri, kolang kaling, pacar cina, selasih, cincau, tape dan nata de coco.Tambahkan sirup dan siap dinikmati.

9. Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang biasanya terkandung dalam sayuran dan buah-buahan yang berfungsi untuk kesehatan seperti pencegahan penyakit jantung, anti penuaan dan sebagainya. Khasiat timun suri memberikan sumber antioksidan karena didalamnya mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan. Selain itu, vitamin C, beta karoten, flavonoid dan senyawa lain berkhasiat untuk kesehatan mata. Sebenarnya antioksidan berhubungan dengan radikal bebas yang merupakan hasil sampingan proses pengolahan makanan menjadi energi. Karenanya jika sesuai terjadi terhadap proses disfungsi olahan makanan, untuk mencegah serta mencari sumber antioksidan lain bisa dengan mengonsumsi buah ini.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Siapkan 1 buah timun suri, 2 buah jagung manis, 250 gr kolang kaling, ½ gelas air, 3 sdm gula pasir, pewarna merah, es batu dan susu kental manis
  2. Potong-potong timun suri sesuai selera
  3. Iris kolang kaling lalu masak dengan ½ gelas ari, gula dan pewarna merah hingga air menyusut
  4. Sisir jagung manis kemudian rebus dan sisihkan
  5. Campurkan potongan timun suri, kolang-kaling, jagung manis, susu kental manis dan es batu.
  6. Siap dinikmati

10. Mencegah Alzheimer

Ada yang tidak tahu dengan penyakit Alzheimer? Ini bukan penyakit menular, melainkan sejenis sindrom yang membuat otak tampak mengerut dan mengecil. Resiko Alzheimer meningkat seiring bertambahnya usia. Penyebab Alzheimer hingga saat ini belum diketahui. Namun dengan khasiat timun suri Anda bisa mencegahnya supaya tidak menyerang pada Anda.

Di dalam timun suri terdapat kandungan vitamin K dalam jumlah yang tinggi untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik dalam persendian. Vitamin ini pun diyakini sebagai obat untuk membatasi kerusakan neural pada otak. Karenanya konsumsilah buah ini dalam takaran yang pas.

Cara Mengolah Timun Suri:

  1. Olahan yang satu ini sangat mudah yaitu timun suri santan
  2. Siapkan bahan-bahan berupa ½ buah timun suri dipotong kecil-kecil, ½ buah kelapa parut untuk santan, air secukupnya dan garam
  3. Campurkan semua bahan menjadi satu dan masukkan ke dalam lemari pendingin untuk dinikmati dalam keadaan dingin.

Baca Lagi: 119 Khasiat dan Manfaat Buah Semangka, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat dan Khasiat Timun Suri yang Lainnya :

11. Membantu meregenerasi sel yang rusak

12. Menyehatkan gigi dan mulut

13. Membantu mengobati diabetes

14. Detoksifikasi tubuh

15. Membantu menetralkan kolesterol

16. Mencegah tekanan darah tinggi

17. Pelepas dahaga

18. Sumber antioksidan

19. Menyehatkan kuku

20. Menambah volume rambut

21. Sebagai obat sakit gigi

22. Anti radang

23. Mencegah sembelit

24. Obat sakit gusi

25. Mencegah flu

Efek Samping Timun Suri

Di Indonesia, buah ini sering digunakan sebagai pelengkap takjil saat bulan puasa. Banyak penjual yang menyajikan beragam minuman berbahan mentimun suri. Selain beragam khasiat timun suri yang baik untuk kesehatan ternyata ada efek samping yang perlu Anda perhatikan. Mengonsumsi mentimun suri setelah makan lauk pauk dan nasi bisa menyebabkan fermentasi pada perut sehingga perut menjadi sebah.

Hati-hati bagi penderita diabetes karna kadar gula didalamnya termasuk jenis monosakarida yang menyebabkan kadar gula cepat naik dan sangat membahayakan bagi penderita. Selain itu, mengonsumsi timun suri secara berlebihan bisa menyebabkan kebotakan. Meskipun buah ini segar dan mampu melepas dahaga karena akan mencukupi kebutuhan cairan serta energi, Anda tetap harus mengontrol seberapa banyak harus mengonsumsi. Jika bingung bisa tanyakan ahli kesehatan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Buah

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top