Connect with us
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik

Olahraga

77 Khasiat dan Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan, Kecantikan, Kebugaran

Khasiat Senam Aerobik – Manfaat Senam Aerobik untuk kesehatan, kecantikan dan kebugaran tubuh yang menjadi impian semua orang. Menciptakan tubuh dan tulang yang kuat tidak pernah ada kata terlambat. Berapapun usia Anda, tubuh dan tulang yang kuat bisa diciptakan dengan rutin melakukan senam aerobik. Senam ini adalah rangkaian gerakan yang dikhususkan untuk mengaktifkan otot-otot pada tubuh. Rutin melakukan olahraga ini akan banyak mendatangkan manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat menguatkan otot tubuh.

Tak hanya itu, khasiat  senam aerobik juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Sehingga dapat membentuk tubuh menjadi proposional. Selain itu, olahraga ini juga mampu untuk menyehatkan jantung Anda serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Tak kalah penting, tulang Anda juga bisa menjadi lebih kuat jika rutin melakukan olahraga ini. Sistem pernafasan juga lebih sehat karena Anda dapat bernafas lebih panjang serta dalam yang dapat membuat kadar oksigen pada darah, otot dan jantung meningkat.

Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik

Jenis-Jenis Senam Aerobik

1. Low Impact Aerobic

Khasiat senam aerobik bisa Anda rasakan jika melakukan gerakan jenis ini. Gerakan pada kategori ini tergolong pelan atau slow serta ringan. Olahraga jenis ini sangat cocok untuk dilakukan oleh orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia). Karena pada dasarnya gerakannya aman serta tidak berbahaya bagi tulang, otot dan sendi. Tidak ada gerakan yang bertempo cepat dan melompat-lompat. Resiko cidera akibat gerakan ini juga sangat rendah. Kategori low impact memiliki gerakan bertahap dari yang sangat lambat hingga ke tingkatan yang lebih tinggi. Gerakan pada olahraga ini juga cocok bagi penderita obesitas dan ibu hamil.

2. High Impact Aerobic

Gerakan jenis ini tentunya memiliki tempo yang lebih cepat dan gerakannya keras. Berbagai jenis variasi gerakan juga dilakukan pada kategori ini. Seperti melompat, berputar, dan lain-lain. Khasiat senam aerobik bisa didapatkan dari gerakan ini untuk melatih berbagai jenis otot. Seperti, otot perut, otot lengan, otot dada, otot pinggang, otot betis, serta melatih sistem kardiovaskular. Olahraga ini cocok dilakukan bagi orang yang berusia 15 – 40 tahun. Dengan catatan masih lincah, aktif serta tidak memiliki penyakit tulang atau sedang mengalami cidera, baik otot maupun tulang. Secara musik yang digunakan, jenis olahraga ini memakai musik yang beat tinggi sehingga memacu pesertanya untuk lebih aktif dan lincah dalam mengikuti gerakan dari instruktur.

3. Rockrobic

Aliran olahraga yang satu ini dianjurkan untuk Anda yang berusia 15 – 40 tahun. Gerakan pada kategori ini menggabungkan antara aliran keras dan aliran ringan yang dikombinasikan dengan gerakan rock n roll. Khasiat senam aerobik jenis ini dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Olahraga ini memiliki jenis gerakan  yang keras dengan berbagai variasi gerakan. Seperti melompat, berputar dan gerakan-gerakan ala musik rock n roll. Kepala yang dianggukan naik turun merupakan salah satu gerakan ala rock n roll. Musik yang digunakan juga musik rock n roll. Seperti musik-musik dari Avril Lavigne, The Beatles, Paramore, The Rolling Stones, Gun n Roses, Red Hot Chili Peppers, dan sebagainya.

4. Discorobic

Aliran olahraga ini juga memadukan antara gerakan keras dan gerakan ringan yang dikombinasikan dengan kehebohan musik disco. Variasi gerakannya juga beragam, seperti melompat, berputar, dan sebagainya. Namun gerakan ringan pada olahraga ini juga digunakan sebagai variasi gerakan. Khasiat senam aerobik ini bisa membuat otot-otot menjadi lebih kuat serta melancarkan sistem peredaran darah ke seluruh tubuh. Olahraga jenis ini menggunakan musik disco sebagai musik pengiringnya. Contoh musik yang digunakan biasanya cover lagu versi disco, dangdut kombinasi musik disco dan sebagainya.

5. Aerobic Sport

Jenis olahraga yang satu ini merupakan gabungan dari berbagai aliran. Aliran keras dan aliran ringan dikombinasikan dalam satu gerakan. Gerakan keras berupa melompat, berputar mernyeret dikombinasikan dengan gerakan ringan berupa langkah kanan kiri, mengayun, dan sebagainya. Kombinasi lainnya yakni paduan gerakan kelenturan untuk semakin memaksimalkan kerja otot. Khasiat senam aerobik ini dapat menguatkan seluruh otot tubuh. Karena gerakan ini dapat menggerakan seluruh otot tubuh.

Perlengkapan Senam Aerobik

1. Baju Khusus Senam

Jenis aju untuk olahraga yang satu ini berbeda dengan baju untuk olahraga yang lain. Baju yang digunakan harus yang nyaman dan bahannya dapat menyerap keringat. Material wicked sangat cocok untuk dipilih menjadi baju senam Anda karena bahannya yang mudah menyerap keringat. Keringat yang menempel pada tubuh dapat menimbulkan iritasi. Oleh karena itu bahan yang menyerap keringat sangat diperlukan. Pilihlah baju yang ukurannya pas ke badan serta elastis. Bahan yang berpori juga dapat membantu sirkulasi udara. Sehingga baju yang Anda gunakan sangat menentukan khasiat senam aerobik pada tubuh Anda.

2. Sepatu Khusus Olahraga

Saat melakukan olahraga ini hendaknya menggunakan sepatu yang dibuat khusus untuk olahraga. Sepatu running juga bisa digunakan untuk mendapatkan khasiat senam aerobik. Gunakan sepatu yang pas dengan kaki Anda, agar saat gerakan seenegik apapun Anda tetap bisa bergerak dengan nyaman.

3. Kaos Kaki

Ini juga penting untuk diperhatikan. Ketika menggunakan sepatu, jangan pernah lupa untuk menggunakan kaos kaki. Karena kaos kaki dapat melindungi kaki dari lecet-lecet akibat penggunaan sepatu. Gerakan yang energik dapat membuat kaki Anda lecet saat memakai sepatu tanpa kaos kaki. Agar tidak mengganggu khasiat senam aerobik bekerja untuk tubuh Anda, sebaiknya gunakan kaos kaki saat melakukan olahraga ini ya!

4. Handuk

Melakukan gerakan olahraga ini dapat mengeluarkan keringat sangat hebat. Sehingga tubuh akan dipenuhi oleh keringat. Meskipun Anda menggunakan baju yang menyerap keringat, tapi bagian-bagian yang tidak tertutup baju akan berkeringat. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan iritasi pada kulit. Maka gunakan handuk untuk mengelap keringat pada tubuh Anda. Khasiat senam aerobik memang dapat mengeluarkan racun lewat keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

5. Ikat Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, sebaiknya gunakanlah ikat rambut agar rambut Anda tidak menempel-nempel pada tubuh. Rambut yang diurai dapat mengganggu aktifitas olahraga Anda. Rambut pun bisa menempel pada leher yang berkeringat sehingga akan membuat kulit iritasi. Lebih baik ikat rambut dalam bentuk cepolan. Agar tidak ada sehelai rambut yang jatuh ke leher. Sehingga khasiat senam aerobik bisa Anda nikmati tanpa mengalami gangguan-gangguan kecil seperti rambut yang diurai.

6. Sport Bra

Khusus untuk para ladies, saat melakukan olahraga ini sebaiknya gunakan sport bra. Hal ini untuk melindungi payudara dari guncangan akibat gerakan-gerakan yang aktif dan lincah. Pilihlah sport bra yang tidak terlalu ketat agar Anda masih bebas bernafas alias tidak merasakan sesak. Penggunaan sport bra dapat membantu Anda untuk mendapatkan khasiat senam aerobik secara optimal. Pernafasan akan lebih lancar, karena dada Anda tidak akan merasa sesak.

7. Matras

Gunakanlah matras untuk melindungi tubuh Anda dari cidera jika ada gerakan yang harus bersentuhan dengan lantai. Penggunaan matras dapat membantu Anda mendapatkan khasiat senam aerobik secara optimal. Sebaiknya Anda membawa matras sendiri dari rumah, apabila kulit Anda sensitif. Karena matras yang disediakan studio senam biasanya bekas dipakai oleh orang lain.

8. Studio Senam

Ini adalah yang paling krusial jika ingin melakukan olahraga energik ini. Pilihlah studio senam yang nyaman untuk Anda. Biaya studio senam beragam, tergantung tempat, fasilitas dan instruktur yang ada di studio tersebut. Pilih studio senam yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Khasiat senam aerobik bisa Anda dapatkan di studio tersebut.

Baca Lagi: 55 Manfaat dan Khasiat Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Senam Aerobik

1. Memaksimalkan Fungsi Jantung

Melakukan olahraga ini secara rutin dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan. Khasiat senam aerobik dapat memaksimalkan fungsi kerja organ jantung. Jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Dampak baiknya yakni jantung dapat memompa darah ke otot hingga ke paru-paru lebih optimal. Maka, jantung yang sehat akan Anda dapatkan jika rutin melakukan olahraga ini.

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Olahraga dapat memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Khasiat senam aerobik dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi sehat dan bugar. Sirkulasi darah yang lancar, akan memaksimalkan fungsi kerja tubuh yang lain. Maka, hidup sehat bisa Anda nikmati.

3. Melancarkan Sistem Pernafasan

Aliran oksigen dalam tubuh perlu dijaga agar tetap optimal. Salah satu caranya yakni dengan melakukan olahraga ini. Khasiat senam aerobik dapat membantu melancarkan sistem pernafasan, termasuk melancarkan aliran oksigen pada tubuh. Jika Anda merasa mudah lelah saat melakukan aktivitas, itu biasanya disebabkan oleh aliran oksigen yang terhambat dalam tubuh Anda. Solusi yang bisa Anda lakukan ialah melakukan olahraga ini secara rutin.

4. Membakar Kalori Pada Tubuh

Gerakan yang ada pada olahraga ini sangat energik. Khasiat senam aerobik dapat membantu membakar kalori pada tubuh. Sehingga lemak jahat di tubuh akan hilang dan berat badan Anda berkurang. Jika Anda ingin memiliki tubuh proposional, disamping melakukan diet sehat, Anda juga perlu melakukan olahraga ini. Kalori yang terbakar saat melakukan olahraga ini selama 1 jam bisa mencapai 450 kalori.

5. Menyehatkan Otot Tubuh

Melakukan olahraga ini secara rutin sangat bagus untuk otot tubuh Anda. Khasiat senam aerobik dapat memaksimalkan kesehatan otot tubuh. Karena pembuluh darah dapat mengalirkan oksigen yang cukup untuk otot. Sehingga otot akan menjadi sehat. Tak hanya sehat, Anda juga bisa membentuk otot dengan melakukan olahraga ini. Tapi tetap saja perlu diiringi dengan olahraga lainnya, jika Anda ingin membentuk otot tubuh Anda.

6. Solusi Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda penderita darah tinggi, selain menghindari jeroan dan daging kambing, Anda perlu melakukan olahraga untuk menurunkan tekanan darah. Khasiat senam aerobik ternyata mampu untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Sehingga peredaran darah Anda akan lancar.Tubuh juga menjadi sehat dan bugar.

7. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Tentunya agar terbebas dari berbagai penyakit, Anda perlu memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang bagus. Salah satu cara untuk dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus yakni melakukan olahraga ini. Khasiat senam aerobik dapat mengeluarkan detox pada tubuh melalui keringat yang dihasilkan dari gerakan energik olahraga ini. Detox atau racun yang keluar dari tubuh akan membantu tubuh untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Sehingga Anda akan terbebas dari berbagai penyakit dan tubuh akan tetap sehat.

8. Menguatkan Tulang dan Sendi

Melakukan olahraga ini penuh dengan manfaat dari tiap gerakannya. Khasiat senam aerobik dapat menguatkan tulang dan sendi pada tubuh. Gerakan pada olahraga ini membuat tulang dan sendi bebas dari penyakit tulang. Karena tulang dan sendi terbiasa bergerak dengan pola gerakan yang dapat menyehatkan. Gerakan ringan sekalipun dapat menyehatkan tulang dan sendi. Maka, tidak heran jika banyak lansia yang masih mengikuti senam aerobik karena manfaatnya yang dapat menyehatkan tulang.

9. Mengatasi Stres

Aktivitas sehari-hari dapat membuat Anda stres karena beban pekerjaan atau masalah yang hadapi seputar kehidupan. Stres yang Anda alami dapat membuat tubuh menjadi kaku. Sudah pasti tubuh akan masuk ke keadaan yang tidak fit atau tidak sehat. Untuk kembali menyehatkan tubuh, Anda perlu melakukan olahrga. Khasiat senam aerobik dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tubuh yang tadinya kaku menjadi rileks. Stres pun dapat teratasi dengan baik. Sehingga Anda tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

10. Tampil Awet Muda

Rutin melakukan olahraga ini ternyata sangat berpengaruh pada penampilan. Khasiat senam aerobik dapat membuat Anda menjadi awet muda. Hal ini dikarenakan detox dalam tubuh rutin dikeluarkan melalui keringat. Serta tubuh Anda terus dalam keadaan rileks dan terhindar dari stres. Hal ini membantu Anda untuk terlihat awet muda. Tubuh akan terlihat segar bugar pastinya. Orang yang rutin melakukan olahraga akan jauh terlihat lebih muda, daripada orang yang tidak pernah berolahraga. Meskipun keduanya seumuran lho.

Khasiat dan Manfaat Senam Aerobik yang Lainnya

  1. Membersihkan Arteri
  2. Solusi Insomnia
  3. Solusi Penyakit Diabetes
  4. Menyehatkan Ibu Hamil
  5. Menghilangkan Nyeri
  6. Menjaga Kesehatan Tubuh
  7. Membuat Mental Sehat
  8. Melancarkan Peredaran Oksigen Pada tubuh
  9. Memaksimalkan Fungsi Kardiovaskular
  10. Membuat tidur lebih berkualitas
  11. Menyehatkan fungsi organ tubuh
  12. Baik untuk membuat panjang umur
  13. Membentuk tubuh menjadi lebih langsing
  14. Mengencangkan betis dan paha
  15. Mengencangkan lengan
  16. Membuat perut menjadi rata
  17. Menguatkan otot pinggul

Baca Lagi: 100 Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Efek Samping Senam Aerobik

Meskipun khasiat senam aerobik sangat banyak untuk kesehatan. Tapi tetap saja ada dampak negatifnya apabila dilakukan secara berlebihan. Intensitas yang terlalu tinggi akan membuat tubuh justru menjadi sakit, bukan menjadi sehat. Apalagi jika Anda melakukan senam sehari dua kali selama setiap hari. Hal ini akan berakibat :

  1. Cidera
  2. Kelelahan
  3. Menimbulkan nyeri otot
  4. Membuat tidur terganggu

Maka, agar tubuh Anda terhindar dari dampak negatif dari olahraga ini, lakukan secara benar dan tepat. Perhatikan intensitas berolahraga yang tepat supaya khasiat senam aerobik bisa Anda dapatkan secara optimal. Anda juga perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tubuh tidak kaget saat Anda melakukan gerakan yang energik. Pendinginan juga perlu dilakukan agar tubuh Anda kembali rileks setelah melakukan olahraga. Segudang manfaat bisa Anda rasakan dari olahraga ini jika dilakukan dengan benar dan tepat.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top