Connect with us
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang

Olahraga

88 Khasiat dan Manfaat Renang untuk Kesehatan, Kebugaran, Kecantikan

Khasiat Renang – Manfaat Renang menjadi salah satu olahraga favorit bagi kebanyakan orang. Karena melakukan olahraga renang tidak akan mengeluarkan keringat, tapi justru segar karena berada di dalam air. Olahraga ini murah dan tentunya menyenangkan. Anak-anak justru sangat menyukai olahraga ini karena bisa sambil bermain air sekaligus. Olahraga ini bisa dilakukan bersama keluarga, teman atau pacar Anda agar semakin menyenangkan. Di samping menyenangkan, olahraga ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho.

Jika Anda rutin melakukan olahgara air ini tentu akan mendatangkan manfaat pada tubuh. Khasiat renang bisa untuk membuat badan menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, biasanya anak-anak dilatih olahraga ini sejak kecil agar tubuhnya menjadi tinggi. Apalagi anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, jika tidak mengalami stunting maka sudah pasti anak-anak yang rutin olahraga ini akan segera tinggi. Tak hanya membuat tubuh jadi lebih tinggi, renang juga dapat menguatkan otot tubuh. Lihat saja para perenang profesional, tubuhnya pasti berotot dan memiliki punggung yang kekar.

Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang

Jenis-Jenis Gaya Renang

1. Renang Gaya Bebas

Olahraga air dengan gaya bebas memposisikan dada menghadap pada permukaan air. Gerakan tangannya ialah mengayuh ke arah depan secara bergantian kiri dan kanan. Gerakan ini diikuti dengan gerakan kaki yang secara bergantian dihempaskan naik turun ke permukaan air. Posisi wajah tentunya menghadap ke permukaan air. Namun untuk mengambil nafas, Anda bisa menengok ke arah kanan atau kiri dengan posisi kepala miring ke luar permukaan air.

Gaya ini dapat dilakukan dengan cepat di air. Jika Anda ingin olahraga air dengan laju yang cepat, Anda bisa melakukan gerakan gaya bebas untuk mendapatkan khasiat renang. Baik yang pemula maupun yang sudah profesional dapat melakukan gaya ini untuk meninggikan badan atau menguatkan otot tubuh.

2. Renang Gaya Dada

Olahraga gaya dada merupakan salah satu yang sering ada di kompetisi olahraga. Gaya dada atau yang juga terkenal gaya katak ini memposisikan tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang cukup lama. Dada tentunya menghadap ke permukaan air. Posisi tubuh tetap dalam keadaan yang tegap ya. Gerakan kaki pada gaya ini memposisikan menendang air ke arah luar dan tangan lurus ke depan. Lalu, kedua tangan digerakan seolah-olah membuka air ke arah samping, agar badan bisa melaju ke depan.

Pengambilan nafas dilakukan saat wajah menghadap ke luar permukaan air. Gerakan ini tidak terlalu sulit dan mudah dilakukan oleh pemula.  Jika Anda baru ingin belajar berenang, maka gaya ini bisa dilakukan. Khasiat renang akan mudah Anda dapatkan dengan mempraktikan gaya dada ini.

3. Renang Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu merupakan salah satu gerakan yang sulit dilakukan di olahraga air ini. Tapi khasiat renang bisa didapatkan dengan mudah, karena dapat membantu membentuk atau menguatkan otot punggung dan lengan lebih cepat. Gaya kupu-kupu memposisikan tubuh menghadap ke permukaan air. Kedua lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan permukaan air. Posisi kaki secara bersamaan menendang ke arah atas bawah.

Gerakan kaki mirip seperti gerakan kaki putri duyung, sirip ikan lumba-lumba yang sedang berenang. Pernafasannya bisa Anda tiup dengan kuat menggunakan hidung dan mulut sebelum kepala masuk ke permukaan air. Gaya ini merupakan gaya yang cukup sulit, sehingga bagi pemula yang ingin melakukannya butuh ekstra latihan terlebih dahulu.

4. Renang Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan gerakan yang paling berbeda dari gaya yang lainnya. Sebenarnya gaya ini relatif mudah, hanya perlu belajar menjaga keseimbangan tubuh saja agar tidak tenggelam. Posisi tubuh pada gaya ini terlentang atau punggung menghadap pada permukaan air. Posisi wajah berada di atas permukaan air, sehingga tidak perlu repot-repot dalam mengatur nafas.

Gerakan lengan yakni kedua tangan secara bergantian mengayuh ke belakang. Posisi kaki juga secara bergantian kanan dan kiri digerakan ke atas dan bawah permukaan air. Khasiat renang bisa Anda dapatkan menggunakan gaya ini. Salah satu kesulitan dari gaya ini adalah Anda tidak bisa melihat ke depan saat sedang berenang. Para perenang profesional biasanya sudah terlatih dalam memperhitungkan dinding kolam melalui hitungan jumlah gerakan gaya punggung yang dilakukan.

Baca Lagi: 55 Manfaat dan Khasiat Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh

Peralatan dan Perlengkapan Berenang

1. Pakaian Renang

Melakukan olahraga ini tentu pakaiannya berbeda dari pakaian olahraga lain. Olahraga air ini menggunakan pakaian khusus berenang. Bahan pakaiannya tentu yang dikhususkan untuk di air. Bahannya ada polyester, lycra, nylon dan neoprene. Untuk jenisnya, bagi wanita ada beberapa macam jenis pakaiannya seperti bikini, tankini, monokini, one piece, surf suit dan burkini (khusus berhijab). Sedangkan untuk pria, hanya celana renang saja. Namun modelnya bisa bermacam-macam. Ada yang panjangnya 20 cm dibawah pinggang dan ada yang menyerupai celana dalam.

2. Kacamata Renang

Demi melindungi mata dari iritasi karena berada di bawah air, Anda bisa menggunakan kacamata khusus renang. Kacamata ini memiliki karet agar tidak lepas saat digunakan. Dan kacamatanya juga dilapisi karet disekeliling bagian kacanya agar nempel saat digunakan. Anda bisa menggunakan kacamata yang tidak meninggalkan noda dan tidak mudah berkabut saat digunakan. Tentunya yang terpenting ialah tidak kemasukan air saat digunakan. Merek speedo merupakan salah satu merek terkenal untuk kacamata olahraga air ini.

3. Pelampung

Pelampung digunakan sebagai alat bantu bagi Anda yang baru belajar olahraga ini. Demi membantu mendapatkan khasiat renang, Anda bisa menggunakan pelampung saat di dalam air. Jenis pelampung tentunya berbeda-beda. Ada pelampung pinggang, rompi pelampung, pelampung luncur dan pelampung lengan.

4. Penutup Kepala

Penutup kepala atau topi khusus renang juga perlu Anda gunakan agar rambut tidak basah saat melakukan olahraga ini. Topi ini berbahan lateks yang tentunya lentur dan sangat nyaman digunakan. Bahan lateks juga awet dari berbagai bahan kimia yang ada di air kolam. Bahkan ada juga topi yang tidak hanya menutupi kepala, tapi juga menutupi telinga agar tidak kemasukan air saat sedang berolahraga untuk mendapatkan khasiat renang.

5. Kaki Katak

Kaki katak merupakan alat bantu yang digunakan di bagian kaki. Alat bantu ini digunakan oleh pemula ataupun profesional saat sedang latihan. Biasanya kaki katak digunakan saat Anda melakukan gaya bebas untuk mendapatkan khasiat renang. Fungsi kaki katak dapat membuat laju kaki menjadi lebih cepat.

6. Hand Paddle

Hand paddle adalah salah satu alat bantu dalam olahraga ini. Alat ini digunakan di telapak tangan dengan fungsi untuk melatih serta memperkuat tangan. Pemula dan profesional menggunakan alat ini saat melakukan latihan demi mendapatkan khasiat renang.

7. Pull Boy

Pull boy merupakan salah satu alat bantu yang digunakan di paha. Alat bantu ini dijepit diantara kedua paha untuk membantu kaki melakukan gaya kupu-kupu. Baik pemula atau profesional sama-sama menggunakan alat ini saat latihan gaya kupu-kupu untuk mendapatkan khasiat renang yang dapat menguatkan otot.

Khasiat dan Manfaat Renang

1. Meninggikan Badan

Melakukan olahraga air ini sebaiknya sejak masih usia dini. Khasiat renang mampu untuk membantu masa pertumbuhan. Rutin melakukan olahraga ini dapat membuat tinggi badan semakin bertambah. Hal ini karena otot dan tulang terbiasa bergerak sehingga merangsang untuk semakin bertumbuh. Orang pada umumnya masih bisa mengalami peninggian badan sampai usia 18 tahun.

2. Menguatkan Pernafasan

Olahraga ini tentunya sangat bagus untuk melancarkan sistem pernafasan. Khasiat renang dapat melatih pernafasan menjadi lebih panjang dan lebih kuat. Hal ini disebabkan oleh gerakan pada saat berenang memacu aliran darah ke paru-paru serta jantung dan pembuluh darah, sehingga pernafasan bisa menjadi makin kuat. Karena konsumsi oksigen naik hingga 12 persen.

3. Menyehatkan Jantung

Olahraga ini sangat baik dilakukan bila Anda ingin memiliki jantung yang sehat. Khasiat renang dapat menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan akibat dari peningkatan darah yang dipompa ke jantung, hingga membuat jantung berdenyut mencapai 20 persen. Artinya kekuatan jantung meningkat. Demi mendapatkan jantung yang sehat, maka Anda harus rutin olahraga ini setiap minggunya. 1-2 kali dalam seminggu cukup untuk membantu Anda memiliki jantung yang sehat.

4. Meningkatkan Massa Otot

Melakukan olahraga ini juga tentunya dapat membentuk otot pada tubuh Anda. Biasanya orang yang rutin olahraga ini memiliki punggung bagian atas yang sangat kekar. Terutama para atlet. Khasiat renang dapat membantu meningkatkan massa otot trisep (otot sisi belakang pada bagian lengan atas) hingga 30 persen. Massa otot dapat meningkat apabila Anda rutin melakukan olahraga ini setiap minggunya. Otot trisep akan terlihat membentuk setelah Anda melakukan olahraga ini selama 10 minggu.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat, tentunya harus diiringi dengan olahraga yang seimbang. Agar berat badan Anda bisa segera turun dan memiliki tubuh ideal. Khasiat renang tentunya dapat menurun kan berat badan, meskipun olahraga ini tidak mengeluarkan keringat. Gerakan pada tiap gaya renang mampu membakar kalori pada tubuh sekitar 600 – 750 kalori jika Anda bergerak selama satu jam tanpa beristirahat. Melakukan olahraga ini selama satu jam tanpa istirahat, Anda bisa melakukan gaya dada dengan tempo santai sebanyak 50 kali.

6. Meredakan Stress

Jika Anda sedang stress akibat aktivitas sehari-hari, Anda bisa melampiaskannya dengan melakukan olahraga air ini. Khasiat renang dapat membantu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga membuat suasana menjadi lebih tenang dan nyaman. Berada di dalam air dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran Anda.

7. Kebugaran Tubuh

Rutin melakukan olahraga air ini akan membuat tubuh menjadi sehat. Khasiat renang tentunya dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar. Olahraga ini merupakan bentuk aerobik air yang bila dilakukan selama 30 menit dengan konsisten pada tempo dan irama yang sama, maka akan meningkatkan kebugaran tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah didatangi penyakit.

8. Menurunkan Resiko Diabetes

Bila Anda memiliki turunan yang dapat menurunkan diabetes pada Anda, sebaiknya segera lakukan olahraga air ini secara rutin. Khasiat renang dapat membantu menurunkan resiko diabetes. Hal ini diakibatkan oleh gerakan yang dilakukan saat berenang mampu membakar kalori, lemak jahat dan gula dalam darah. Sehingga kadar gula bisa menurun dan resiko terkena diabetes juga tentunya akan menurun. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkena diabetes.

9. Meredakan Radang Sendi

Bila Anda memiliki penyakit radang sendi atau nyeri di daerah punggung, sebaiknya segera lakukan olahraga yang satu ini. Khasiat renang mampu untuk meredakan nyeri sendi. Apabila dilakukan secara rutin maka dapat mengurangi masalah pada tulang belakang. Karena gerakan yang dilakukan saat berenang mampu memperkuat otot menjadi lebih kencang.

10. Mencegah Berbagai Penyakit Pada Tubuh

Apabila Anda ingin hidup sehat dan bebas dari penyakit, olahraga yang satu ini wajib dilakukan secara rutin setiap minggunya. Khasiat renang bisa mencegah tubuh Anda terkena berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, jantung dan penyakit paru-paru. Karena olahraga ini merupakan olahraga yang menggerakan seluruh otot dan tulang sehingga memacu tubuh menjadi lebih sehat.

Bagi penderita penyakit tertentu juga bisa melakukan olahraga ini sebagai sarana untuk pemulihan. Penderita hernia, radang sendi, bahkan stroke bisa melakukan olahraga ini sebagai sarana penyembuhan. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, angka harapan hidup Anda juga dapat meningkat.

Khasiat dan Manfaat Renang Lainnya

  1. Sarana rekreasi
  2. Meningkatkan mood
  3. Terapi saat cidera
  4. Membuat usia hidup jadi lebih panjang
  5. Membuat tubuh menjadi fleksibel
  6. Membantu perkembangan motorik pada bayi
  7. Membantu perkembangan syaraf pada bayi
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  9. Membantu proses pertumbuhan pada anak-anak
  10. Mengencangkan g-spot wanita
  11. Sebagai detoksifikasi
  12. Mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal
  13. Membuat tidur lebih nyenyak
  14. Mencegah bayi prematur pada ibu hamil
  15. Memudahkan proses bersalin
  16. Mengendorkan otot pinggul
  17. Menguatkan tulang
  18. Mencegah penyakit stroke
  19. Mencegah penyakit jantung
  20. Menjaga fungsi otak agar tidak mudah pikun

Baca Lagi: 80 Khasiat Push Up untuk Kebugaran Tubuh, Jenis-Jenis Gerakan Push Up

Efek Samping Renang

Meskipun olahraga ini sangat baik untuk kesehatan, tapi tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar khasiat renang dapat Anda rasakan pada tubuh. Sebelum olahraga ini dilakukan, baiknya melakukan pemanasan semala 15-20 menit agar otot tubuh tidak kaget saat bergerak di dalam air.

ika Anda menderita penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, apakah boleh melakukan olahraga ini atau tidak. Anda juga harus memilih kedalaman kolam yang tepat. Namun, jika Anda masih perenang pemula, sebaiknya jangan pilih kolam yang kedalamannya 3 meter.

Kebersihan tubuh juga perlu dijaga saat renang, Anda wajib mandi dengan bersih setelah olahraga. Karena air di kolam mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kulit. Apabila hal-hal ini tidak diperhatikan, Anda akan mengalami efek samping seperti :

  1. Kram otot
  2. Tenggelam
  3. Cidera otot atau tulang
  4. Terkena penyakit kulit

Olahraga air ini memang menyehatkan untuk tubuh dan dapat mendatangkan beragam manfaat. Namun, tetap dalam melakukannya harus diperhatikan. Khasiat renang bisa Anda rasakan apabila Anda cermat mempehatikan mana yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat olahraga ini. Melakukan olahraga ini secara rutin sangat dianjurkan demi mendapatkan tubuh yang sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top