Connect with us

Buah

1009 Khasiat dan Manfaat Pohon Kelapa, Seluruh Bagian Tanamannya

Khasiat Pohon Kelapa – Manfaat Pohon Kelapa sangat banyak meliputi seluruh bagian tanamannya. Pohon ini tergolong dalam tumbuhan yang tergolong dalam marga aren- arenan atau Arecaceae (keluarga Palem). Sebutan kelapa dalam bahasa latin Cocos Nucifera. Kelapa secara alamiah tumbuh di area pesisir pantai hingga mencapai ketinggian 30 meter. Perkembangan tumbuhan kelapa pesat di wilayah tropis salah satunya adalah di Indonesia.

Tumbuhan kelapa dari atas terdapat daun yang berjajar menyirip secara tunggal dengan satu tulang di bagian daun. Daun berwarna hijau kekuningan – kuningan dengan ciri khas rimbun tertutup mengelilingi bagian atas pohon kelapa. Tangkai dari pohon kelapa di topang oleh pelapah yang tidak begitu panjang namun sedikit lebar dan besar.
Pada bagian batang pohon kelapa berjenis tunggal, lurus, memiliki ruas – ruas berpola. Kualtias batang kelapa tergolong kayu yang ringan tidak keras. Sedangkan buah yang dihasilkan kurang lebih berdiameter 10 cm – 20 cm bahkan lebih bagi kelapa yang berada di area pesisir pantai.

Bunga kelapa juga terdapat di sekitar atas pohon kelapa yang berdekatan dengan pelepah dedauan dan buah. Bagian bunga ini juga berwarna hjau kekuning kuningan. Buah kelapa terdapat air dan memiliki daging berwarna putih. Buah kelapa di selimut serabut dan bertempurung keras atau di kenal secara umum Batok Kelapa.
Di dalam buah kelapa sering sekali ditemukan cikal bakal embrio dari buah kelapa selanjutnya yaitu kentos. Bagian akar kelapa berjenis akar serabut, namun akar kelapa tebal seperti kayu yang kumpuran menyerupai bonggol dan kokoh di dalam tanah yang berpasir. Usia dari pohon kelapa bisa mencapai angka 100 tahun.

Asal Pohon Kelapa

Kelapa dalam bahasa Sansekerta berarti “pohon yang memberikan semua kebutuhan hidup “ . Pohon kelapa pula menyandangan nama khusus yaitu Kalpawreksa karena kelapa bersifat serba guna. Jika dalam bahasa Spanyol dan Portugis, Kelapa diartikan buah yang mirip dengan wajah manusia yang memiliki senyum. Itu sebab dari nama Coco yang berarti senyum dalam bahasa Spanyol dan Portugis. Dalam bahasa Latin, Kelapa pun memilik artinya unik. Kelapa disebut Nucifera, Nux yang berarti kacang dan Fero berarti pemberian. Jika disambung secara abstrak berarti kacang pemberian.

Pohon kelapa tumbuh di sepanjang area hujan tropis dan area sub-tropis. Secara luas pohon kelapa tersebar di daratan kepulauan pasifik, asia selatan, india dan amerika selatan. Pohon memerlukan kondisi iklim yang panas untk tetap subur, sebaliknya jika di iklmi dingin kelapa tidak dapat tumbuh subur dan akan membunuh pohon kelapa akibat dari suhu dan cuacanya. Faktor kunci dari pertumbuhan pohon kelapa adalah sinar matahari sepanjang tahun dengan curah hujan yang rendah.

Manfaat dari Daun, Bunga, Buah, Air, Batang dan Akar dari Pohon Kelapa

1. Manfaat Daun Kelapa

a. Janur Hiasan Acara Sakral

Janur merupakan bagian dari daun muda berwarna hijau kekuningan muda. Fungsi janur di pakai untuk hiasan acara – acara sakral dalam adat. Dalam masyarakat indonesia biasanya janur sering di gunakan untuk hiasan upacara keagamanan misalnya di upacara adat masyarakat Bali. Masyarakat Bali menggunakan janur sebagai penanda kalau sedangan terselengaranya upacara kegamanan maupun kematian yang ditempatkan di pinggir – pinggir jalan dengan menancapkan bambu yang telah di hiasi janur. Jika untuk hiasan pernikahan, janur pun juga sebagai penanda kalau sedang berlangsung acara tersebut.

b. Untuk Membuat Ketupat

Hari raya lebaran kurang rasanya tanpa adanya ketupan sebagai menu utama. Ketupat telah menjadi tradisi di kalangan masyarakat muslim Indonesia. Ketupat di buat dari bahan utama yaitu Janur bagian dari daun pohon kelapa yang paling mudah. Cara membuat ketupat dengan cara mengayam janur yang bertahap di bentuk menjadi segi empat selanjutnya barulah di isi dengan beras basah yang telah bersih di cuci dengan air. Selanjutnya barulah ketupat tersebut di kukuh berjam- jam. Pembuatan janur untuk ketupat di buat secara bergotong royong yang juga menjadi bagian dari tardisi hari raya.

c. Untuk Membuat Sapu Lidi

Tulang pada daun kelapa dipisahkan dari daun utama. Tulang daun kelapa tersebut kurang lebih panjang 1 meter. Sebelum menjadi lidi yang keras. Daun kelapa tersebut di jemur terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air. Ketika sudah mengering tulang tersebut barulah disatukan dengan tulang daun yang lain hingga membentuk sebuah tumpukan yang melingkar. Fungsi dari lidi yang disatukan tersebut bermanfaat untuk alat kebersihan rumah tangga atau alat untuk membersikan perkarangan kebun bahkan pula masyarakat sering menggunakannya untuk memberikan badanhewan ternak seperti sapi, kerbau dari kotoran lumpur.

d. Untuk Atap Rumah atau Gubuk

Daun kelapa kaya akan manfaat dan kegunaan. Bagian daun kelapa juga berguna untuk atap rumah dan gubuk di persawahan. Daun tersebut berfungsi sebagai penutup atap penganti dari genteng yang berbahan baku tanah liat. Atap dari daun kelapa tersebut merupakan hasil dari daun kelapa yang di anyam dengan ukuran besar dan menanjang. Atap dari daun kelapa memberikan udara yang sejuk dan membuat siklus udara untuk rumah lebih segara karena daun anyam tersebut memiliki ronggah – ronggah udara yang alamih. Baik di coba untuk rumah anda semua.

e. Untuk Anyaman Kerajinan Tangan

Kreatifitas datang menerus jika kita bersentuhan dengan pohon kelapa. Ide dan invoasi untuk memanfaat pohon kelapa seperti tak perna habis. Salah satunya ayaman daun kelapa yang menjadi bahan baku kerjainan tangan berupa tas, topi, kipas, bakul, tikar. Anyaman daun kelapa tersebut sering sekali ditemukan di tempat wisata sebagai ole-oleh dan cindramata. Dengan di anyam nya daun kelapa justru menambah nilai ekonomis itu sendri. Buat kalian yang hobi liburan ke berbagai destinasi wisata jangan sungkan untuk membeli anyaman tersebut karena harga tergolong murah dan juga banyak manfaatnya bagi anda.

f. Sebagai Umpan Ikan

Hal ini mungkin tergolong unik, namun daun kelapa yang dijadikan sebagai umpan ikan ini sering di gunakan para nelaya di laut. Tujuannya untuk memancing ikan dari persembunyiannya. Karena daun kelapa ini membentuk kumparan yang dianggap ikan seperti makanan. Tentu dengan cara seperti ini dari kegunaan daun kelapa memudahkan nelaya menangkap ikan.

g. Pakan untuk Hewan.

Hewan – hewan herbivora sangat menyukai makanan dengan bahan baku daun hijau. Daun kelapan sendiri juga sangat digemarioleh hewan berkaki empat yang berukuran besar seperti gajah, kuda, kuda nil, sapi dan panda. Daun kelapa sendiri menyimpan rasa manis hal inilah yang menjadikan makanan favorit bagi hewan. Akan lebih bagus jika hewan mengkonsumsi daun kelapa dengan dicampur dedaunan yang lain atau jamu khusus hewan karena khasiatnya lebih keluar. Silahkan di coba untuk hewan peliharann anda di rumah.

h. Penyumbat efek dari gigitan hewan beracun

Bagi kalian pencinta susur hutan dan rawa. Medan alam tersebut banyak menyimpan hewan – hewan yang berbahaya terutama yang beracun. Dengan aktivitas survival dalam hutan dan rawa terkadang membuat kita tidak sengajah bersentuhan langsung hewan beracun. Hewan beracun seperti ular, kalajengking ataupun laba – laba efek dari sengatan dan gigitan hewan tersebut membuat kita dapat lemas, stamian menurun, pusing bahkan kematian.

Untuk mengatasi dari serangan hewan tersebut kita dapat menggunakan daun kelapa untuk mengikat area yang di gigit di badan kita agar racun tidak cepat menyebar keseluruh tubuh lewat peredaran darah. Daun kelapa tergolong daun yang panjang dan kuat untuk mengatasidan mencegah karena berfungsi sebagai penyumbat.

2. Manfaat Bunga Kelapa

Bunga pada pohon kelapa bagi orang awan mungkin terkesan asing, mungkin tidak menyangka jika pohon kelapa memilik bunga. Bunga kelapa sendiri mekar dan tumbuh menjadi salah satu bagian pohon kelapa di usia pohon kisaran 4 – 6 tahun.

a. Bahan pembuatan minum frementasi

Bunga kelapa menyimpan banyak cairan. Cairan tersebut tersimpan di dalam tangkai bunga. Nama cairan ini disebut air nira atau dalam bahasa jawa di sebut legen. Cairan tersebut dapat di minum langsung dengan rasa yang segar dan manis. Nira mengandung zat besi, asam amino dan vitamin B dan C. Kandungan senyawa tersebut dalam air nira kelapa berguna untuk mengurangi masalah pembuluh darah, penangkal tubuhdari radikal bebas, meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

Selain itu juga cairan tersebut juga dapat di fermentasi menjadi beberapa minum yang mengandung alkohol alami seperti Tuak. Frementasi dari air kelapa dapat menjadi Cuka yang bermanfaat untuk antibaktteri dan antibiotik yang dapat mengobati anda dari beberapa penyakit kulit seperti jerawat.

Cara pembuatan : air kelapa yang telah di sadap dari tangaki bunga kelapa di simpan di dalam bambu berbentuk tabung lalu di diam sebentar selanjutnya di tambahkan ragi untuk mempercepat frementasi dari air kelapa.

b. Obat herbal

Obat tradisional dari bungan kelapa untuk di zaman sekarang mungkin jarang di temukan di kedai – kedai pengobatan alternatif. Jenis obat herbal ini bersifat turun temurun karena pengetahuan hanya di miliki oleh beberapa orang sesepuh di desa – desa. Bunga kelapa yang bulat bermanfaat untuk mengobati penyakit paru – paru seperti paru – paru basah. Bunga kelapa yang di gunakan harus bunga kelapa yang telah jatuh ke tanah dan berjumlah ganjil. Hal itu merupakan bagian dari pengobatan tradisional yang berbau mitos dalam medis.

Cara pembuatan: bunga kelapa yang berbentuk bulat yang rontok, bersih sampai bersih dan tidak ada kotoran. Selanjutnya parut bunga kelapa tersebut. Parutan hasil dari bunga kelapa di peras dengan sedikit air hingga mengeluarkan air kemerahan. Air kemerahan hasil tersebut di rebus dengan air panas. Proses minium air tersebut baiknya digunakan dengan kondisi air yang sedang hangat dengan waktu 2x sehari.

c. Makan Tradisional

Bahasa jawa menyebut bunga kelapa adalah manggar. Manggar merupakan bahan utama dari makanan tradisional jawa yaitu gudeg manggar.  rasa gudeg manggar memiliki cita rasa yang khas terutama dari segi tekstur yang renyah. Gudeg dengan bahan baku manggar adalah makan tradisional dengan harga yang mahal karena manggar pada pohon kelapa hanya dapat di panen satu tahun sekali. Makanan gudeg manggar ini juga memiliki kepercayaan sebagai makanan untuk kecantikan. Sebutan tersebut diperoleh dan menjadi lebel dari gudeg manggar karena dahulu makan merupakan yang di santap oleh para keluarga kerjaan. Jadi konon jika menyantap makanan tersebut akan lebih cantik dan bercahaya di wajah.

Di era peperangan, gudeg manggar menjadi makanan yang istimewah karena sebagai simbol peperangan melawan kolonial belanda. Saat itu masyarakat kesulitan untuk membuat gudeg dari bahan nangka karena sumber bahan baku di kuasai oleh kolonial. Jadi masyarakat menggantikannya dengan manggar pohon kelapa. Jadi dengan memakan gudeg manggar akan memberikan aura semakan. Gudeg manggar pula juga di kenal dengan kuliner perlawanan di daerah Bantul, Jawa Tengah.

3. Manfaat Buah Kelapa dan Air Kelapa

Buah kelapa memiliki bermacam warna, ada yang hijau, kuning dan coklat. Segala macam warna buah kelapa tergandung dari usia buah, tua dan muda. Buah kelapa menyimpan banyak macam kadungan seperti mineral dan antioksida. Buah kelapa memilik 3 lapisan. Pertama yaitu serat untuk melindungi buah dengan sabut yang di sebuat lapisan Mesokrap, Kedua yaitu bagian keras bersifat kedap air yang di sebut Endokrap. Ketiga, cairan yang mengandung enzim yang akan memadat jika bertambahnya usia buah yang disebut bagian Endospremium.

a. Air Kelapa sebagai Ionisasi Pada Tubuh

Cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh menjadi tidak normal bahkan dengan kondisi cuaca yang estrim dapat mengurangi ketahan tubuh dan berkurangnya cairan dalam tubuh hingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi berdampak buruk pada otak karena berkurangnya asupan air dan oksigen. Air kelapa dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh yang sedang kondisi drop lantaran kekurangan air. Proses ionisasi dalam tubuh yang dehidrasi dengan air kelapa berproses cepat dibandingkan dengan air putih biasa, karena air kelapa membawa unsur protein, asam amino dan antioksida yang dapat memberbaiki sistem yang kekeringan dalam tubuh, menambah stamina dan memberikan suhu badan ke kondisi normal. Untuk kalian yang sering beraktiftas di lapangan baik dianjurkan mengkonsumsi air kelapa murni setiap hari.

b. Membersikan Ketuban dan Bekas Persalinan Ibu Hamil

Khasiat dari air kelapa yang di minum oleh ibu hamil dapat membersikan ketubahan dan memperbaiki jaringan yang rusak pasca ibu melahirkan atau proses bersalin. sebab Air kelapa mengadung sifar diureik alami yang streil dan aman untuk di konsumsi untuk ibu hamil. Air kelapa begitu dianjurkan untuk para ibu karena kandungan vitamin B memberikan efek membantu jaringan – jaringan yang rusak atau mempercepat regenerasi pada tubuh. Serta air kelapa juga berfungsi untuk meningkatkan HDL pada tubuh yang berdampak pada mencegah resiko adanya penyakit kronis bagi ibu hamil.

c. Perawatan ginjal

Air kelapa memiliki cairan enzim yang tinggi akan kandungan zat – zat penetralisir racun dalam tubuh. Air kelapa berfungsi sebagai pembersih dari organ tubuh bagian dalam yang sering terkena penyakit seperti ginjal. Ginjal yang rusak disebabkan kurangnya air yang menjadi pelumas berfungsi ginjal. Hal inilah yang baik untuk mengkonsumsi air kelapa.

d. Imunisasi Alami

Proses imunisasi yang dihasilkan dari air kelapa disebabkan oleh kandungan air kelapa. Tidak tanggung –tanggung air kelapa menyimpan mineral kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan zink, serta vitamin C dan B kompleks. Kemampuan dalam air kelapa dapat membersikan bakteri dan racun secara teratur. Infeksi saluran pencerna, penyakit demam, campak dapat di netralir dengan menggunakan air kelapa yang kaya manfaat. Bukti ilmiah lainya adalah termanifestasi dalam film Jackie Chan Who Am I ?, dalam film tersebut terdapat salah seorang pembalap Reliy gurun yang dehidrasi lantaran kecelakan mobil, alhasil Jackie chan mengambil buah kelapa yang air nya disambung dengan selang lalu di suntikan ke kulit untuk sebagai infus buatan. Hasilnya pembalap tersebut selamat dari dehidrasi dan kematian.

e. Anti Penuaan Dini

Sifat dari air kelapa yang cepat menumbuhkan regenerasi sel – sel pada tubuh juga berfungsi untuk mencegah anda dari penuaan dini. Bahkan bentuk invoasi dari cara menangkal penuaan dini lewat manfaat kelapa terbungkus dalam masker masker herbal berbahan baku kelapa. Contoh masker kefir yang sedang menjadi masker idaman kaula muda dan kaum wanita saat ini

f. Daging Buah Kelapa dan Minyak Kelapa

Perlu diketahui bahwa daging kelapa bermanfaat banyak dan dibagi jadi kategori sesuai usia buah. Jenis daging kelapa hasil pengendapan enzim pada air juga menyimpan banyak kandungan mineral zink dan zat besi serta kalium. Daging buah yang mudah dapat di konsumsi secara langsung atau di campur dengan air gula merah atau sirup untuk penyegeran dahaga.

Sedangakan kelapa tua daging buahnya untuk bahan pembuatan minyak kelapa yang tergolong langka. Minyak kelapa sangat berguna pada makanan. Makanan yang di masak dengan minyak kelapa rendah kandungan minyak dan untuk tubuh yang sedang manjalankan program diem karena rendah korestrol.

g. Sabut kelapa sebagai alat kebersihan

Sabut kelapa yang memilik serat – serat alus sangat berguna untuk membersikan bermacam – macam perabotan rumah. Kegunaan sebut kelapa sebagai alat kebersihan sejak awal manusia mengenal pertanian. Dahulu sabut kelapa digunkan untuk membersikan kapak setelah di pakai berburu dan memotong daging untuk menghilangakan bekas darah.

h. Sebagai media tanaman dan pupuk organik

Sabut kelapa yang mengering dapat di giling halus atau di tumbuk rata untuk media tanaman seperti cabe, tomat, terong. Karena sifat serat serabut pada sabut kelapa membuat akar tanaman melekat dan mengikat. Sebelumnya sabut kelapa jangan lupa di tambahkan tanah terlebih dahulu. Selain itu sabut kelapa yang busuk baik di gunakan sebagai pupuk organik. Pupuk organik dari tumbuhan atau pupuk kompas dari sabut kelapa juga efektif untuk tanaman – tanaman yang ada di perkarangan rumah.

4. Manfaat Batang Kelapa dan Akar Kelapa

a. Batang

Batang dari pohon kelapa yang beruas – ruas yang dapat tumbuh hingga 30 meter dan berdiameter 500 mm. Banyak menyimpan nilai guna dan keuntung untuk kebutuhan manusia.

– Bahan Interior Bangunan

Batang kelapa bagi masyarakat pesisir secara umum memanfaatkan batang pohon kelapa sebagai bahan utama dari bangunan rumah. sifat dan jenis kayu kelapa yang tergolong keras berserat dapat di gunakan untuk pondasi rumah. Adapun lainya, batang pohon kelapa dapat di gunukan untuk interior rumah seperti jenis – jenis furniture meja, kursi, lemari, kusen dan pintu. Bangunan yang menggunakan batang pohon kelapa terbilang kokoh dan kuat.

– Bahan Alat Transportasi Air

Bagi masyarakat pesisir pantai yang cenderung kerja ekonomi adalah nelayan tentu butuh alat transportasi untuk hilir mudik melaut untuk mencari ikan dan binatang laut lainya. Oleh sebab itu masyarakat pesisir menggunakan batang pohon kelapa untuk dijadikan kapal. Karakter kayu dair pohon kelapa yang tergolong kuat juga tahan terhadap air karena serat pada batang pohon kelapa bersifat mengadang pelapukan.

b. Akar

Untuk akar pada pohon kelapa berjenis akar serabut yang kokoh karena karater dari akar pohon kepala seperti kayu yang keras. Akar pohon kelapa mencengkram tanah dan daratan berpasir dengan kokoh dan dalam menyebar. Berikut manfaat dari akar pohon kelapa

– Rebusan dan bakaran akar

Struktur akar pohon kelapa yang telah dibersikan dan potong kecil – kecil dapat menjadi obat penyakit kulit. Cara pembuatan rebus air bersama akar pohon kelapa, selanjutnya tunggu air hingga berubah warna agar zat dalam akar mencemari air. Cara meminumnya adalah di saring terlebih dahulu, khasiat dari minum tersebut untuk obat gatal – gatal dan gangguan pencernaan seperti diare. Sedangkan akar pohon yang di bakar dapat di jadikan untuk obat sakit gigi dan gigi berlubang.

– Penangkal Banjir

Bagian akar pohon kelapa yang berada di area pesisir pantai berguna untuk mencegah adanya banjir karena pohon kelapa mampu menyerap air dalam jumlah volume yang besar dan akar pohon kelapa yang bersifat seperti cakar ayam yang menyengkram berfungsi untuk menghambat fenomena abrasi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Buah

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top