Connect with us

Makanan

100 Khasiat dan Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan, Diet, Kuliner

Khasiat oatmeal – Manfaat Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan pagi. Makanan ini menjadi salah satu alternatif makanan untuk diet. Karena mencukupi kalori yang dibutuhkan tubuh. Makanan ini berbahan havernut yang bisa dimakan langsung. Kebanyakan orang menganggap bahwa makanan ini berasal dari gandum. Namun, sesungguhnya makanan sehat ini bukan terbuat dari gandum. Karena gandum tidak bisa untuk dimakan langsung. Harus diolah menjadi tepung, kemudian diolah lagi menjadi roti.

Khasiat oatmeal untuk kesehatan sangat banyak. Terutama untuk menyehatkan jantung. Karena kadar kolesterol dalam makanan tersebut sangat rendah. Tak hanya itu, makanan sehat ini juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Makanan ini mengandung serat yang tinggi, sehingga rasa kenyang yang ditimbulkan akan lebih lama. Maka dari itu, makanan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang diet. Untuk mengkonsumsi ini, Anda bisa membeli produk makanan sehat ini di supermarket. Banyak produk terkenal yang bisa Anda jumpa di supermarket seperti Quacker Oats, Energen Oatmilk, Oatsy Oatmeal, Haverjoy Oat, Simba Oatmeal, dan lain sebagainya.

Manfaat Oatmeal, Cara Membuat Oatmeal Sendiri di Rumah, Kandungan Gizi Oatmeal

Harga Oatmeal

Harga oatmeal di pasaran berbeda-beda tentunya. Ini semua tergantung dari merek yang Anda jumpai. Tak hanya merek, berat isi yang ada pada produk tersebut juga mempengaruhi harga jual. Semakin isinya berat, harganya semakin tinggi. Berikut beberapa harga makanan sehat ini di pasaran :

  1. Quaker Instant Sachet Rp 7.000
  2. Quacker Instant 200 gr Rp 13.000
  3. Haverjoy Oatmeal sachet Rp 20.000
  4. Haverjoy 1 kg Rp 140.000
  5. Energen Oatmilk 1 sachet Rp 4.000
  6. Oatsy Instant Oatmeal 750 gram Rp 27.000
  7. Quacker 800 gr Rp 35.000
  8. Quacker 1.40 kg Rp 98.000

Cara Membuat Oatmeal Sendiri di Rumah

Demi mendapatkan khasiat oatmeal, Anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Cukup dengan membeli produknya di supermarket. Anda bisa mengolah makanan sehat tersebut sesuai dengan resep yang ada ataupun divariasikan dengan bahan lain agar rasanya semakin enak. Sebelum ke cara pembuatannya, berikut beberapa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan :

  1. Panci
  2. Air 250 ml
  3. Oatmeal 50 gram
  4. Kompor
  5. Sendok
  6. Mangkuk
  7. Bahan lain untuk campuran oatmeal ( butter, garam, gula semut, almond, kismis, dan sebagainya)

Cara membuatnya :

  1. Masukan 250 ml air ke dalam panci, kemudian letakan di atas kompor untuk memanaskan air tersebut.
  2. Buat air sampai mendidih untuk mendapatkan oatmeal yang enak, padat serta lunak.
  3. Setelah air mendidih, masukan 50 gram oatmeal ke dalam panci.
  4. Masak oatmeal dengan api yang kecil dan jangan lupa teruslah diaduk.Agar oatmeal dapat menyerap air dan menjadi padat.
  5. Jika Anda ingin oatmeal yang berasa, Anda bisa tambahkan bahan-bahan lainnya seperti yang sudah dijelaskan di perlengkapan dan peralatan.
  6. Masaklah oatmeal selama 5-7 menit hingga teksturnya menjadi padat.
  7. Jika sudah matang, tutuplah panci berisi oatmeal itu selama 3 menit. Agar oatmeal dapat menyerap kelebihan air yang ada.
  8. Setelah 3 menit, mulai sajikan oatmeal di mangkuk. Jika ingin semakin berasa, bisa ditambahkan topping kismis, almond atau buah di atasnya.

Khasiat Oatmeal untuk Kesehatan dan Program Diet

1. Mencegah Penyakit Jantung

Makanan sehat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Khasiat oatmeal salah satunya yakni dapat mencegah terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena makanan ini mengandung lignan yang dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, sumber zat besi, magnesium, dan vitamin yang baik ada pada makanan ini.

2. Mengurangi Hipertensi

Karena dapat mencegah penyakit jantung, maka khasiat oatmeal juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bagi Anda yang menderita hipertensi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini. Kandungan serat yang tinggi dalam makanan ini sangat mampu untuk mengurangi hipertensi. Sehingga tekanan darah akan menurun secara normal. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka akan beresiko terkena penyakit jantung. Demi mencegahnya, konsumsilah makanan sehat ini secara rutin saat sarapan pagi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan sehat ini sangat baik untuk dikonsumsi. Terutama bagi Anda yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Tak hanya para lansia, anak muda juga beresiko memiliki kolesterol yang tinggi. Hal ini dikarenakan pola makan yang sembarangan. Makanan yang memicu kolesterol tinggi tetap dikonsumsi, seperti santan dan jeroan. Khasiat oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apalagi jika Anda rutin mengkonsumsinya setiap hari saat sarapan pagi. Karena bagi orang yang sudah divonis memiliki kadar kolesterol tinggi, akan rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung. Maka, sebaiknya mulai sekarang konsumsilah makanan sehat ini setiap hari ya.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menginginkan bentuk tubuh ideal, Anda bisa memasukan makanan sehat ini ke dalam list harian makanan Anda. Khasiat oatmeal dapat menurunkan berat badan karena makanan ini rendah kalori. Meskipun rendah kalori, tapi makanan ini bisa menjadi sumber energi atau sumber karbohidrat Anda agar bisa melakukan aktifitas. Ketika mengkonsumsi makanan sehat ini, Anda akan merasakan kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga jarak makan Anda bisa lebih panjang. Bandingkan jika Anda mengkonsumsi sarapan yang kaya gula dan lemak. Dalam waktu 2-3 jam Anda bisa merasakan lapar lagi. Jika mengkonsumsi makanan sehat ini, Anda akan merasakan lapar lagi kira-kira 6 jam kemudian.

5. Solusi Penderita Diabetes

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya mulai sekarang konsumsi makanan sehat ini setiap hari. Khasiat oatmeal membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan ini merupakan makanan yang kaya serat dan rendah gula. Serat yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga sangat cocok apabila dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit diabetes.

6. Penyeimbang Gula Darah

Jika Anda gemar makan kue, donat, cokelat dan lainnya yang mengandung kadar gula yang tinggi, maka mulai sekarang masukan makanan sehat ini ke dalam list makanan harian Anda. Khasiat oatmeal dapat menjadi penyeimbang gula darah dalam tubuh. Hal ini karena makanan sehat tersebut mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga berperan untuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan Anda.

7. Sebagai Antioksidan

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, bebas dari penyakit kanker serta kulit yang sehat, sudah saatnya Anda mengkonsumsi makanan sehat ini sehari-hari. Khasiat oatmeal tentunya dapat menjaga tubuh dari radikal bebas yang bertebaran di luar sana. Hal ini disebabkan karena makanan sehat ini mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh bahkan kecantikan.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Salah satu penyebab munculnya penyakit ini adalah dari pola makan yang tidak sehat. Khasiat oatmeal tentunya dapat mencegah Anda terkena penyakit kanker. Makanan sehat ini mengandung banyak serat. Fungsi serat ini tidak hanya pada sistem pencernaan. Tapi jika pencernaan sehat maka metabolisme tubuh akan terjaga. Jika metabolisme tubuh akan terjaga maka penyakit kanker bisa dicegah.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menciptakan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit, kuncinya adalah dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Khasiat oatmeal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan sehat ini mengandung banyak serat dan mnutrisi yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, antioksidannya juga bisa membantu menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem imun.

10. Mencegah Pengerasan Arteri

Berbicara mengenai arteri berarti berbicara mengenai jantung. Khasiat oatmeal tentunya dapat mencegah pengerasan arteri. Kandungan avenanthramides pada makanan sehat ini dapat mencegah arteri mengalami pengerasan. Zat ini sebagai antioksidan yang dapat mencegah produksi molekul yang menyebabkan pengerasan pada dinding arteri.

Baca Lagi: 67 Khasiat dan Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan, Pewarna Makanan Alami

Khasiat Oatmeal yang Lainnya

  1. Mengurangi resiko atherosclerosis
  2. Memperlambat perkembangan stenosis
  3. Melancarkan sistem pencernaan
  4. Mencegah kanker payudara
  5. Mencegah obesitas
  6. Makanan untuk penderita celiac
  7. Membersihkan wajah bagi kulit sensitif
  8. Melembabkan kulit wajah
  9. Mengobati kulit gatal-gatal
  10. Mengangkat sel kulit mati
  11. Mencegah penuaan dini
  12. Mencegah jerawat
  13. Membersihkan komedo
  14. Menghilangkan bekas luka
  15. Karbohidrat pengganti nasi

Khasiat Oatmeal untuk Kuliner

1. Bubur Ayam Oatmeal

Jika biasanya Anda sering sarapan dengan bubur ayam yang berbahan utama dari beras, kali ini agar sarapan Anda lebih sehat, ganti bahan utama beras dengan oatmeal. Rasanya tidak kalah enak dengan bubur ayam pada umumnya. Menu ini adalah alternatif untuk mengkonsumsi makanan sehat ini agar rasanya tidak hambar.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 50 gram oatmeal
  2. Ayam suwir yang sudah direbus
  3. Bahan pelengkap : daun bawang, bawang goreng, wortel, tongcai, jagung
  4. Air panas 200 ml
  5. Garam
  6. Merica

Cara mengolahnya :

  1. Panaskan air 200 ml di panci dengan api kecil hingga mendidih
  2. Masukan ayam suwir serta bahan pelengkap ke dalam air yang sudah mendidih
  3. Masukan 50 gram oatmeal
  4. Aduk hingga rata dan mengental
  5. Setelah mengental, sajikan diatas mangkuk dan tambahkan dengan kecap jika Anda ingin rasa manis pada buburnya

2. Tim Oatmeal Ayam

Menu kali ini membuat tekstur oat menjadi lebih padat. Biasanya menu ini digemari oleh anak-anak dan lansia. Menu ini hampir mirip bubur ayam, hanya saja perbedaannya terletak di teksturnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 50 gram oatmeal
  2. 1 bawang bombay
  3. 2 siuang bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. Dada ayam fillet
  6. Jamur
  7. Garam
  8. Merica
  9. Saus tiram
  10. Kecap manis

Cara mengolahnya :

  1. Tumis bawang bombay cincang, bawang merah dan bawang putih sampai harum . Masaklah dengan api kecil.
  2. Masukan dada ayam fillet, jamur, garam, merica, saus tiram dan kecap manis ke teflon yang berisi bawang tumis. Masak semuanya hingga matang.
  3. Setelah matang ambil cetakan berbentuk bulat seperti mangkuk, tengahnya diisi dengan tumisan ayam fillet tersebut.
  4. Kemudian, pinggirannya dipenuhi dengan oatmeal.
  5. Rebus adonan tim tersebut selama 60 menit.
  6. Setelah 60 menit, tiriskan dan letakan di piring untuk disajikan.

3. Cream Sup Oatmeal

Tekstur makanan ini juga hampir mirip dengan bubur, hanya saja karena tidak menggunakan beras jadi teksturnya lebih encer. Memakan krim sup paling enak di malam hari saat sedang musim dingin. Karena krim sup bisa menghangatkan badan. Krim sup kali ini divariasikan dengan menambahkan bahan oatmeal agar semakin sehat.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Oatmeal
  2. Bawang bombay
  3. Minyak zaitun
  4. Daun salam
  5. Daun bawang
  6. Jagung manis
  7. Kaldu ayam
  8. Susu

Cara mengolahnya :

  1. Tumis bawang bombay dengan menggunakan minyak zaitun. Tumis bawang bombay hingga layu dan harum.
  2. Masukan daun salam, daun bawang, jagung manis, kemudian diaduk.
  3. Tambahkan susu dan kaldu ayam. Tunggu sampai masakan mendidih.
  4. Setelah mendidih, tambahkan oatmeal dan aduk hingga matang.
  5. Kemudian setelah matang, buang daun salam agar tidak termakan.
  6. Jika Anda ingin tekstur yang lebih lembut lagi, bisa memblender krim sup yang sudah matang tersebut.
  7. Krim sup oatmeal siap untuk disajikan.

4. Oatmel Scramble Egg

Menu yang satu ini sangatlah sederhana dan mudah sekali dibuat. Orang-orang pasti suka dengan telur dan gemar mengolahnya menjadi berbagai masakan. Agar Anda bisa mengkonsumsi oatmeal dengan berasa, Anda bisa membuat menu oatmeal scramble egg atau telur orak arik oatmeal. Menu ini sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan sehat.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 1 butir telur
  2. Garam
  3. Merica
  4. 50 gram oatmeal
  5. Tahu yang sudah dihaluskan
  6. Seledri
  7. Daun bawang
  8. Olive oil

Cara mengolahnya :

  1. Kocok telur dalam mangkuk, tambahkan garam satu sendok teh dan merica. Tambahkan juga 50 gram oatmeal dalam wadah berisi telur. Tambahkan lagi tahu yang sudah dihaluskan serta potongan daun bawang dan seledri.
  2. Aduk dan campur semua bahan tersebut.
  3. Masukan adonan tersebut ke teflon panas yang sudah berisi olive oil. Goreng adonan telur sambil diaduk-aduk hingga tercerai-berai.
  4. Kemudian setelah matang, sajikan di piring saat masih hangat.
  5. Anda bisa menikmati sarapan telur orak arik oatmeal.

5. Strawberry Oatmeal Saus Karamel

Jika Anda ingin makan makanan manis tanpa rasa bersalah dan khawatir gula darah akan naik, Anda bisa mengkonsumsi menu ini dengan dikombinasikan bahan oatmeal. Makanan sehat ini bisa menjadi alternatif saat Anda sangat ingin makan makanan manis namun rendah kalori.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 50 gram oatmeal
  2. Strawberry cincang kasar
  3. Gula palem
  4. Air 30 ml

Cara mengolahnya :

  1. Rebus 50 gram oatmeal hingga lunak.
  2. Pada wadah yang berbeda, cairkan gula palem dengan 30 ml air, lalu tambahkan strawberry. Masak hingga strawberry lunak dan matang, serta gula mengental seperti karamel.
  3. Setelah keduanya matang, tuangkan oatmeal pada mangkuk kemudian tuang strawberry serta karamel tersebut di mangkuk oatmeal.
  4. Strawberry oatmeal saus karamel siap untuk disajikan.

Baca Lagi: 130 Khasiat Daun Pandan, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Oatmeal

Mengonsumsi sesuatu dalam skala berlebihan tentunya dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Meskipun khasiat oatmeal sangat bagus bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi dengan cara yang salah atau skalanya berlebihan, maka justru menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Jika Anda mengkonsumsi oatmeal siap saji, itu tidak baik untuk tubuh karena kandungan gulanya lebih banyak daripada oatmeal yang harus dimasak terlebih dahulu. Kemudian, apabila mengkonsumsi oatmeal dengan topping atau bahan tambahan yang tidak sehat maka kadar gula dan lemaknya akan lebih tinggi. Maka efek sampingnya ialah :

  1. Berat badan naik
  2. Kadar gula dalam tubuh naik
  3. Penumpukan lemak dalam tubuh
  4. Keracunan

Khasiat oatmeal memang sangat banyak bagi tubuh. Namun dalam mengkonsumsinya, Anda perlu memperhatikan mengenai pilihan oatmeal baik instan atau non-instan, bahan campuran dan porsinya. Jika tata cara mengkonsumsinya salah, maka menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Tapi jika Anda mengkonsumsi dengan benar, maka tubuh yang sehat bisa Anda dapatkan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Makanan

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top