Connect with us
Manfaat Masker Tomat, Khasiat Masker Tomat, Cara Membuat Masker Tomat, Jenis-Jenis Masker Tomat , Cara Menggunakan Masker Tomat

Kosmetik

21 Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat Masker Tomat – Tomat memiliki nama latin yakni Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum merupakan tumbuhan asal Amerika Tengah atau Amerika Selatan, Peru dan Meksiko. Tomat digolongkan ke dalam famili Solonaceae. Siklus hidup tomat sangat singkat dan hanya mampu tumbuh setinggi 1 – 3 meter saja. Tanaman tomat merupakan tanaman perdu yang membutuhkan sedikit matahari untuk berkembang. Tomat merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh orang-orang. Apalagi jika Anda sering membeli nasi goreng, pasti selalu ada irisan tomat sebagai pelengkap nasi goreng.

Pada makanan, tomat sering dijadikan pilihan untuk mempercantik tampilan makanan. Baik makanan skala restoran ataupun warung pinggir jalan. Tomat yang sering digunakan untuk hiasan makanan adalah tomat yang berwarna merah segar. Selain untuk mempercantik makanan, khasiat pada buah tomat sering dinikmati oleh orang-orang dengan cara mengkonsumsi jus tomat. Adapun khasiat masker tomat bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki masalah dengan kulit.

Manfaat Masker Tomat, Khasiat Masker Tomat, Cara Membuat Masker Tomat, Jenis-Jenis Masker Tomat , Cara Menggunakan Masker Tomat

Tomat juga seringkali menjadi bahan campuran pada sambal. Rasa asam pada tomat membuat sambal menjadi lebih enak dan tidak terlalu pedas. Apalagi jika dikombinasikan dengan terasi dan bawang. Tomat juga sering digunakan di restoran, untuk menghilangkan amis pada daging. Tapi, ternyata tomat juga memiliki kegunaan lain lho. Tomat bisa dijadikan bahan dasar alami untuk perawatan kulit, yakni masker tomat. Manfaat dan khasiat masker tomat sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga kulit bisa terlihat lebih halus, lembut, bersih dan bebas dari jerawat.

Kandungan Gizi Masker Tomat

Tomat memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh dan juga kulit. Tomat mengandung banyak air serta senyawa lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan air yang melimpah pada tomat juga berkhasiat untuk melembabkan kulit wajah. Masker tomat merupakan sumber alami dari perpaduan vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, potassium dan magnesium.

Tomat juga sangat kaya dengan serat alami yang bisa mencapai lebih dari 2 gram pada buat tomat segar atau lebih dari 7 % dari total kebutuhan serat alami yang diperlukan oleh tubuh. Pada buah tomat ditemukan zat bernama likopen yang sangat baik untuk kulit. Likopen terbukti sangat efektif sebagai antioksidan.

Secara klinis, likopen juga terbukti mencegah kanker dengan cara menghalau efek radikal bebas dari sinar ultra violet, asap rokok serta polusi. Pada kondisi tertentu likopen juga mampu untuk menghambat pertumbuhan pigmen di kulit sehingga tampilan kulit jauh lebih cerah.

Makanya, tomat sangat bagus untuk dijadikan bahan alami masker wajah. Tidak perlu mahal-mahal ke tempat skin care, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal bila rutin menggunakan masker tomat sebagai perawatan kulit harian Anda. Apalagi jika tomat dicampur dengan buah lainnya yang kaya kandungan gizi baik untuk kulit Anda.

Baca Lagi: 111 Khasiat Masker Kefir untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat dan Manfaat Masker Tomat

1. Memberikan Kelembaban Kulit

Kandungan air yang melimpah pada tomat segar membantu membuat kulit Anda menjadi lembab. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, khasiat masker tomat sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Paparan sinar UV, debu, polusi, panas dari cuaca juga bisa membuat kulit Anda menjadi kering, kusam bahkan berjerawat. Bahkan hembusan angin dari pendingin udara juga dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Jadi, supaya kulit Anda tidak lagi kering, rutin menggunakan masker tomat sangat cocok untuk membantu kulit Anda menjadi lebih lembab dari biasanya.

2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Khasiat masker tomat juga ternyata ampuh untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Pori-pori yang besar pada kulit wajah dapat menyerap debu, kotoran serta bakteri yang bisa membuat wajah menjadi kusam dan berjerawat. Cukup dengan perasan air tomat yang dibasuhkan ke wajah, dengan dibantu pijatan-pijatan lembut pada kulit wajah Anda, dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda. Sehingga debu, polusi, asap, kotoran dan bakteri tidak mudah menempel di wajah. Maka, wajah Anda akan tampak lebih cerah dan bersih bersinar.

3. Solusi Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan musuh utama pada kulit wajah. Apalagi bagi anak-anak yang baru memasuki usia remaja, kulit wajahnya lebih sensitif dan rentan berjerawat. Wajah yang berjerawat tentunya sangat mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri saat bertemu teman Anda. Berkat kandungan asam yang ada pada tomat, khasiat masker tomat menjadi ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat. Bahkan menjaga kulit Anda agar jerawat bandel tidak lagi muncul di permukaan kulit wajah Anda. Karena pori-pori kulit wajah mengecil dan tidak mudah timbul jerawat.

4. Solusi Mengatasi Minyak Berlebih

Kulit wajah yang berminyak sangat mengganggu karena dapat menimbulkan permasalahan lain seperti munculnya jerawat dan noda hitam bekas jerawat. Minyak berlebih pada kulit wajah Anda dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga kotoran menumpuk di permukaan kulit dan dapat menimbulkan peradangan yang disebut jerawat. Minyak berlebih pada wajah bisa diatasi secara ampuh menggunakan khasiat masker tomat yang dipadukan dengan mentimun. Jangan lupa sebelum menggunakan masker ini, Anda mencuci wajah terlebih dahulu menggunakan facial foam.

5. Menunda Proses Penuaan Pada Kulit Wajah

Khasiat masker tomat ternyata sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan penuaan pada wajah. Penggunaan masker ini dapat membantu penyerapan oksigen dari udara bebas lebih banyak. Proses ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu menunda proses mengkerutnya sel-sel tubuh karena kurangnya oksigen dalam darah.

Garis-garis halus inilah yang membuat Anda tampak berkerut dan lebih tua. Tapi jika Anda rutin menggunakan masker tomat, wajah Anda tidak akan terlihat keriput dan tetap awet muda.

6. Membuat Kulit Lebih Sehat

Berkat kandungan senyawa beta karoten mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan senyawa lycopene juga dapat menangkal radikal bebas yang dibawa oleh sinar matahari, seperti sinar UV yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan berkerut. Masker tomat sangat cocok Anda gunakan untuk membuat kulit Anda menjadi lebih sehat.

Kulit yang sehat merupakan impian semua orang. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan kulit yang sehat. Karena konsistensi terhadap perawatan dan selektif memilih perawatan yang baik untuk kulit Anda.

7. Meremajakan Kulit

Masker tomat sangat ampuh untuk membantu merawat kulit wajah dan meremajakan kulit. Ekstrasi minyak dari biji tomat membantu Anda membuat meremajakan kulit wajah. Cukup mudah sekali caranya, dengan memadukan ekstrasi dari biji tomat dengan pelembab yang sering Anda gunakan saat malam hari. Jika dilakukan secara rutin, dapat membantu merawat kulit Anda yang kering dan rusak.

8. Mengembalikan Pancaran Sinar dari Wajah

Jika wajah Anda tampak tidak bersinar, tentu rasanya Anda ingin membuat wajah kembali bersinar. Untuk mengembalikan wajah yang bercahaya dan tampak lebih cerah, Anda cukup menggunakan sari-sari dari buah tomat segar yang kaya akan kandungan vitamin C pada wajah Anda. Kandungan vitamin C inilah yang dapat membuat wajah Anda menjadi cerah dan khasiat masker tomat ini mampu memberikan pancaran bersinar yang cantik alami dari kulit wajah.

9. Meringankan Ketegangan Pada Kulit

Sari-sari tomat segar yang ada pada khasiat masker tomat Anda dapat dipadukan dengan melakukan pemijatan ringan pada wajah. Sehingga dapat membantu meringankan ketegangan pada otot-otot bawah kulit serta melancarkan peredaran darah. Warna gelap atau lebam pada sekeliling mata Anda tentu dapat memudar jika masker tomat ini rutin digunakan oleh Anda.

10. Mempercepat Pergantian Sel-Sel Kulit Rusak

Jangan khawatir dengan sel-sel kulit yang sudah rusak. Jika Anda rutin menggunakan masker tomat, sel-sel kulit yang rusak akan segera diganti dengan sel-sel kulit baru. Kandungan lycopene yang ada pada buah tomat segar membantu mengurangi zat-zat radikal bebas yang berada di dalam tubuh Anda serta menjaga kelembaban dan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati. Maka, kulit Anda akan selalu tampak lebih segar jika rutin menggunakan masker tomat pada kulit wajah Anda.

11. Pemutih Wajah Alami

Jika Anda ingin memutihkan kulit wajah, tidak perlu repot-repot suntik putih. Selain biaya yang lumayan mahal, efek sampingnya juga beresiko untuk kesehatan kulit. Pakar kecantikan menyarankan memadukan masker buah ini dengan yogurt untuk membantu membersihkan noda hitam dan kusam pada kulit wajah Anda. Khasiat masker tomat membuat kulit akan tampak lebih cerah dan terlihat lebih putih secara alami.

12. Mencegah Radang Kulit Akibat Sinar Matahari

Jika Anda banyak memiliki kegiatan di luar yang akan berhubungan langsung dengan sinar matahari, maka sebaiknya Anda rutin menggunakan masker buah ini untuk menjaga kulit Anda agar tidak terkena radang kulit. Khasiat masker tomat ini dapat melindungi kulit dari sinar ultra violet yang terdapat pada sinar matahari. Sehingga kulit tidak akan terkena iritasi ataupun peradangan.

13. Menghaluskan Kulit

Jika Anda menginginkan memiliki kulit yang halus, masker tomat sangat cocok digunakan sebagai masker harian Anda. Campurkan antara tomat dan madu alami yang disatukan dalam masker mampu memberikan nutrisi alami pada kulit. Sehingga kulit wajah Anda akan tampak lebih halus dan bersinar.

14. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Jangan khawatir, khasiat masker tomat dapat membantu Anda mengangkat sel-sel kulit mati. Masker tomat ini dipadukan dengan gula dapat Anda balurkan ke seluruh wajah Anda. Khasiat pada tomat dan gula bisa membantu Anda untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

15. Mengelupas Sel-Sel Kulit Kusam

Selain membantu mengangkat sel-sel kulit mati, tomat juga ampuh untuk membantu mengelupas sel-sel kulit yang mulai kusam. Dengan memadukan khasiat masker tomat dan susu segar, maka sel-sel kulit yang mulai kusam bisa diangkat. Sehingga sel-sel kulit yang baru dapat menggantikannya dan kulit wajah Anda akan terlihat lebih segar.

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang dipadukan dengan antioksidan yang terdapat dalam tomat serta dibantu oleh asam laktat yang dimiliki oleh susu segar akan bersama-sama bertindak sebagai pengelupas kulit dan sekaligus membersihkannya. Anda bisa mengaplikasikan masker tomat secara rutin dan teratur untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Baca Lagi: 25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Jenis Masker Tomat, Cara Membuat dan Menggunakannya

1. Masker Tomat dan Madu

Khasiat masker tomat yang dipadukan dengan madu merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk mengatasi kulit berjerawat, kusam serta komedo. Jika rutin menggunakan masker ini, maka jerawat di wajah akan hilang dan kulit menjadi cerah bersinar. Berikut cara penggunaannya :

  • Sediakan tomat segar 1 buah dan madu murni 1 sendok makan
  • Bersihkan tomat segar hingga bersih
  • Haluskan tomat menggunakan blender
  • Campurkan madu ke dalam tomat yang sudah dihaluskan dan aduk hingga rata
  • Oleskan ke wajah secara menyeluruh dan diamkan 20 menit
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

2. Masker Tomat dan Susu

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan halus, kombinasi khasiat masker tomat dan susu adalah jawabannya. Tapi lebih baik Anda gunakan susu murni supaya hasilnya maksimal. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan tomat segar 1 buah serta susu murni sebanyak 250 ml
  • Bersihkan tomat hingga bersih
  • haluskan tomat dengan blender dan diberi air sedikit
  • Setelah halus pisahkan ampasnya terlebih dahulu dari sarinya untuk kemudian dicampur dengan susu murni
  • Campur hingga merata
  • Oleskan ke wajah menggunakan kuas
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal dalam penggunaan masker tomat ini

3. Masker Tomat dan Yogurt

Tomat dan yogurt merupakan kombinasi yang sempurna untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Jika dipakai secara rutin, maka kulit Anda akan lebih lembab dan tidak lagi kering. Berikut cara penggunaan khasiat masker tomat untuk mengatasi kulit kering :

  • Sediakan 1 buah tomat segar dan 1 sendok makan yogurt tawar
  • Haluskan tomat menggunakan blender
  • Tambahkan yogurt pada tomat yang sudah dihaluskan dan aduk hingga merata
  • Oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

4. Tomat dan Mentimun

Tomat dan mentimun merupakan kombinasi yang sangat cocok untuk dijadikan masker perawatan wajah sehari-hari. Wajah akan terasa lebih segar, rileks serta adem karena kandungan alami yang ada pada buah tomat dan mentimun. Berikut cara penggunaan dari khasiat masker tomat:

  • Siapkan 1 buah tomat dan mentimun
  • Haluskan tomat dengan menggunakan blender
  • Haluskan mentimun menggunakan blender
  • Campurkan kedua bahan yang sudah dihaluskan tadi
  • Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

5. Tomat dan Gula

Khasiat masker buah ini mampu mengatasi masalah pori-pori yang kotor dan komedo dengan mencampurkan gula. Anda bisa mendapatkan wajah yang bersih dan halus jika rutin menggunakan masker tomat . Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu buah tomat dan satu sendok teh gula pasir
  • Iriskan bagian atas tomat dan taburi dengan gula pasir
  • Irisan tomat tersebut dapat Anda gunakan untuk mengeksfoliaso kulit wajah dengan mengoleskannya
  • Biarkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

6. Tomat Halus

Bila menginkan cara sederhana tanpa campuran, masker tomat alami juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah Anda. Kulit akan menjadi cerah dan sehat serta selalu dalam kondisi segar. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan 1 buah tomat segar
  • Cucilah tomat hingga bersih
  • Haluskan tomat sampai bertekstur lembut
  • Oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Masker tomat original maupun dicampur dengan bahan lain, sama-sama memberikan khasiat untuk membuat kulit wajah menjadi sehat. Jika Anda menginginkan kulit yang sehat, lakukan perawatan dengan masker tomat secara rutin. Lebih baik melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami, daripada dengan yang mengandung bahan kimia. Selain lebih mahal, memberikan efek samping juga lho pada tubuh Anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kosmetik

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top