Connect with us
Manfaat Masker Es Batu, Khasiat Masker Es Batu, Cara Menggunakan Masker Es Batu, Jenis Masker Es Batu, Sejarah Es Batu

Kosmetik

19 Khasiat Masker Es Batu untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat Masker Es Batu Manfaat Masker Es Batu ternyata sangat baik untuk merawat kulit wajah agar putih dan halus. Es batu merupakan salah satu elemen cair yang dibekukan dalam suhu dibawah 0o  hingga menjadi padat. Penggunaan es batu tentu sangat familiar digunakan oleh orang-orang baik skala rumahan, warung makan, restoran hingga hotel berbintang. Es batu digunakan sebagai pendingin minuman agar minuman menjadi segar dan enak untuk dinikmati.

Dalam menggunakan es batu, biasanya orang-orang lebih memilih membeli es batu di agen, daripada harus membuat es batu sendiri. Tapi ada juga orang-orang yang membeli es batu di eceran seperti di warung-warung. Padahal sebenarnya lebih baik membuat es batu sendiri di rumah jika Anda memiliki lemari pendingin atau kulkas. Anda hanya membutuhkan air matang, wadah es batu (bisa yang kotak-kotak atau plastik)dan freezer di lemari pendingin. Selain lebih hemat, karena Anda produksi es batu sendiri, higienitasnya juga lebih terjamin Untuk membuat masker es batu juga disarankan agar menggunakan es batu bikinan sendiri supaya mendapatkan manfaat maksimal untuk perawatan wajah dan kulit agar awet muda dan putih permanen.

Manfaat Masker Es Batu, Khasiat Masker Es Batu, Cara Menggunakan Masker Es Batu, Jenis Masker Es Batu, Sejarah Es Batu

Pada awalnya, es batu marak digunakan sebagai pelengkap minuman bir serta wine. Kabar mengenai datangnya es batu di Indonesia telah menyebar hingga ke benteng Batavia. Saat itu semua orang memperbincangkan es batu yang disebut-sebut sebagai batu putih sejenis kristal yang bisa membuat tangan kaku saat memegangnya.

Beberapa hari setelah kedatangan kapal dari Boston, ada iklan beredar Roselie En Co yang menjual es batu dengan harga 10 sen tiap 500 gram. Surat kabar Javasche Courant juga menayangkan artikel mengenai es batu. Artikel tersebut berisi tentang cara penyimpanan es batu pada waktu itu. Es batu disimpan dengan cara dibungkus dengan kain wol agar tidak mudah mencair.

Fungsi dan Jenis Es Batu

Es batu umumnya terbagi dalam berbagai bentuk yakni es batu balok, es batu kristal dan es batu serut (es batu yang dihancurkan sampai lembut). Jika di restoran biasanya menggunakan es batu kristal karena secara tampilan lebih menarik dan cantik untuk menyajikan minuman. Tapi jika di warung-warung biasanya menggunakan es batu balok yang dihancurkan karena secara harga jauh lebih murah daripada es batu kristal. Untuk es batu serut biasanya digunakan oleh penjual es campur, es teller dan sejenisnya. Mereka membutuhkan es batu jenis serut karena agar es bisa menyatu dengan material buah dan mencair lebih cepat.

Selain berfungsi sebagai pendingin minuman, es batu juga ternyata berfungsi untuk perawatan kecantikan kulit. Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang sehat dan cantik, Anda tidak perlu mahal-mahal pergi ke salon atau klinik hanya sekedar untuk perawatan. Jika Anda mengeluarkan uang sebanyak mungkin untuk melakukan perawatan wajah hingga berjuta-juta, mulai dari sekarang hentikan itu dan mulai beralih pada perawatan wajah alami.

Anda bisa rutin melakukan perawatan kecantikan kulit di rumah sambil santai atau beberes rumah. Selain itu, Anda bisa menggunakan masker es batu sebagai material alami dalam merawat kulit wajah Anda. Biaya murah meriah, hasilnya tidak kalah dengan perawatan wajah di klinik kecantikan.

Apakah Anda tahu bahwa es batu tidak begitu saja hadir dan digunakan oleh orang-orang? Es batu memiliki fakta sejarah tersendiri yang membuatnya populer dikonsumsi oleh banyak orang. Terutama di Indonesia. Pada awalnya es batu ditemukan oleh fisikawan dan humanitarian asal Amerika yakni John Gorrie. Ia adalah seorang pembuat kulkas dengan perlengkapan pendingin udara pada tahun 1844. Namun, karena bersifat sebagai pendingin, lama-lama kulkasnya menghasilkan es seperti bunga es yang ada pada kulkas di era modern saat ini.

Fakta Sosial dan Sejarah Es Batu

John Gorrie bisa dianggap sebagai penemu es batu karena ia yang pertama kali membuat kulkas dan menghasilkan es batu di dalam kulkasnya. Namun, es batu tersebut tidak bisa dikonsumsi seperti untuk membuat minuman dingin. Kegunaan es tersebut digunakan untuk menurunkan temperatur ruangan.

Es batu mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1846. Es batu pertama kali menginjakan diri di tanah air Indonesia karena dibawa oleh sebuah kapal yang bertolak dari Boston, Amerika Serikat. Kapal yang memuat es batu tersebut sampai di pelabuhan Batavia pada tanggal 17 november 1846. Ternyata kapal yang memuat es batu tersebut datang ke Indonesia atas dasar pesanan dari Roselie En Co.

Kemudian, es batu dianggap barang impor berharga dari Amerika yang penyimpanannya perlu diperhatikan. Kedatangan es batu membuat bisnis-bisnis baru bermunculan. Mulai dari restoran yang menyajikan minuman dingin, hingga perusahaan Djakarta Firms Voute en Gherin yang menjual selimut kain wol untuk menyimpan es batu. Bahkan pada masa itu es batu menjadi barang mewah. Seorang pengusaha bernama David Gillet menyediakan air es untuk berbagai pestanya dengan budget 15 gulden. Hingga pada pertama kalinya, air es disajikan saat malam natal pada 1846 di Hotel Des Indes yang sekarang berubah nama menjadi Hotel Duta Indonesia dan dihancurkan menjadi hotel Duta Merlin di Jakarta Pusat.

Baca Lagi: 111 Khasiat Masker Kefir untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat dan Manfaat Masker Es Batu

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Khasiat masker es batu untuk mengencangkan kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang kendur, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengggunakan es batu pada wajah Anda. Ketika kulit wajah dilumuri dengan es batu, maka sel lapisan terluar pada kulit akan mengalami penyusutan. Dampak dari penyusutan tersebut adalah sel-sel kulit wajah yang mengendur akan kembali kencang seperti semula.

2. Solusi Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Suhu dingin pada manfaat dan khasiat es batu bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Bagi anda yang mempunyai pori-pori kulit yang besar, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori kulit Anda. Karena pori-pori yang besar dapat menyebabkan berbagai partikel radikal bebas seperti debu, polusi, kotoran, hingga sinar matahari menempel dan mengendap pada kulit wajah sehingga akan menimbulkan masalah baru bagi wajah Anda.  Lakukan perawatan menggunakan es batu secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal sampai pori-pori wajah mengecil.

3. Solusi Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Pori-pori yang besar biasanya membuat kadar minyak pada wajah Anda menjadi berlebih. Kadar minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan masalah-masalah baru pada kulit Anda. Seperti masalah jerawat, komedo hingga munculnya bruntus pada wajah. Jika Anda ingin mengatasi masalah ini, gunakan es batu sebagai perawatan kulit harian Anda. Kompres wajah anda menggunakan es batu. Jika dilakukan secara rutin, tumpukan lemak penghasil minyak pada wajah menjadi lebih terkontrol hingga membuat kulit wajah tidak tampak berminyak.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah harus segera diangkat. Karena tumpukan sel-sel kulit mati dapat menimbulkan berbagai masalah lain untuk kulit wajah Anda. Masalah yang dapaty muncul yakni jerawat pada kulit wajah, baik jerawat kecil-kecil atau jerawat batu hingga masalah kulit yang bersisik. Untuk mencegah timbulnya masalah lain akibat sel-sel kulit mati yang tidak diangkat, sebaiknya gunakan khasiat masker es batu sebagai perawatan kecantikan kulit sehari-hari. Sel kulit mati pada wajah Anda akan terangkat dengan sendirinya jika Anda rutin menggunakan khasiat es batu pada permukaan kulit wajah Anda.

5. Memutihkan Kulit Wajah

Anda tentu menginginkan kulit yang tampak putih dan cerah. Jika menginginkan hasil yang cepat, orang-orang biasanya menggunakan produk pemutih wajah ataupun suntik putih. Namun, harga yang relatif mahal dan bisa menyebabkan resiko buruk pada kulit. Daripada anda menggunakan produk yang berbahaya, lebih baik gunakan material alami sebagai bahan untuk memutihkan kulit wajah. Anda bisa menggunakan manfaat dan khasiat masker es batu untuk memutihkan kulit wajah. Lakukan secara rutin perawatan wajah dengan menggunakan es batu. Sehingga kulit akan tampak putih dan cerah.

6. Solusi Menghambat Penuaan Dini

Terlihat awet muda merupakan impian semua orang. Namun, perlu cara-cara khusus agar Anda bisa mempertahankan kulit wajah Anda agar terlihat awet muda. Salah satu caranya ialah dengan melakukan perawatan kecantikan kulit menggunakan khasiat masker es batu. Karena jika kulit wajah terkena masker es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah wajah. Jika sirkulasi darah lancar, maka kulit akan menjadi lebih sehat, halus serta menghambat gejala penuaan dini pada wajah dan mengurangi kerutan-kerutan yang ada pada wajah.

7. Solusi Menyembuhkan Jerawat

Manfaat dan masker es batu bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Tapi es batu juga bisa menyembuhkan Anda yang sedang mengalami masalah jerawat pada kulit wajah. Jika Anda memiliki jerawat batu ( jerawat besar ) di wajah, Anda dapat mengompres jerawat menggunakan es batu. Suhu dingin yang ada pada es batu membantu jerawat Anda kempes sehingga proses penyembuhan jerawat menjadi lebih cepat.

8. Menghilangkan Efek Mata Panda

Mata berkantung dan hitam merupakan efek dari banyaknya kegiatan yang Anda lakukan hingga kurang beristirahat. Jika Anda memiliki mata berkantung dan hitam memang bisa ditutupi oleh concealer, tapi untuk sementara saja. Lebih baik tidak hanya Anda tutupi, tapi Anda berusaha untuk melakukan perawatan agar kantung mata dapat menghilang. Gunakan khasiat masker es batu sebagai bahan alami untuk menghilangkan efek mata panda yang ada pada wajah Anda. Lakukan secara rutin hingga hasil yang Anda inginkan tercapai.

9. Solusi Menghilangkan Komedo

Komedo membuat kulit menjadi lebih kasar jika disentuh. Gangguan komedo biasanya menumpuk pada bagian hidung dan bawah bibir. Perlu diketahui, komedo disebabkan oleh debu dan kotoran yang mengendap pada kulit wajah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan masker es batu sebagai solusi mengatasi komedo pada kulit wajah. Jika digunakan secara rutin komedo akan terangkat dan kulit dapat menjadi halus jika disentuh.

10. Solusi Mengatasi Ruam Pada Wajah

Ruam di wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang membuat kulit menjadi terbakar dan berwarna kemerahan. Jika Anda sering melakukan aktifitas di luar rumah yang terus-menerus berada di bawah paparan sinar matahari, sebaiknya rutin menggunakan es batu sebagai perawatan kecantikan kulit wajah anda. Kompres wajah dengan es batu dapat membantu anda mengurangi ruam yang ada pada wajah. Sensasi dingin pada khasiat masker es batu membuat kulit wajah yang terbakar dapat kembali normal.

Jenis Masker Es Batu, Cara Membuat dan Menggunakannya

1. Masker Es Batu Murni

Anda dapat menggunakan es batu sebagai perawatan kulit wajah Anda. Khasiat masker es batu murni alias tanpa campuran bahan lain bisa Anda gunakan pada kulit wajah Anda dengan berbagai cara penggunaan. Diantaranya :

1. Oles es batu pada wajah

Untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, mengatasi ruam pada wajah, menghambat penuaan dini sera memutihkan wajah, mengangkat sel kulit mati, mengatasi minyak berlebih pada wajah. Anda bisa menggunakan khasiat masker es batu dengan cara dioleskan pada wajah anda. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan es batu yang telah berbentuk bagian kecil-kecil
  • Oleskan es batu kecil tersebut pada seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 10 menit dan biarkan air yang ada pada wajah mengering dengan sendirinya
  • Lakukans secara rutin, bisa setiap hari saat sebelum tidur untuk hasil maksimal
2. Kompres es batu pada wajah

Untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan efek mata panda, serta mengencangkan kulit wajah Anda, bisa menggunakan manfaat masker es batu dengan cara dikompres pada wajah. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan es batu berukuran balok kecil
  • Selimuti es batu menggunakan kain
  • Tempelkan kain yang telah berisi es batu pada wajah secara merata (khusus untuk menghilangka jerawat, kompres es batu langsung ke bagian jerawat dan pijat perlahan)
  • Terus kompres wajah selama 10 menit meskipun wajah sudah kering
  • Lakukan setiap hari saat sebelum tidur untuk hasil yang maksimal

2. Masker Es Batu, Air Mawar dan Mentimun

Penggunaan khasiat dan manfaat masker es batu bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya agar mencapai hasil maksimal pada kulit wajah Anda. Es batu yang dikombinasikan dengan air mawar serta mentimun, dapat membantu Anda untuk mengatasi efek mata panda (kantung mata di bawah mata serta menghitam). Berikut cara penggunaannya :

  • Rebus air mawar terlebih dahulu
  • Hancurkan mentimun menggunakan blender
  • Campurkan air mawar dan mentimun yang telah halus
  • Bekukan bahan tersebut pada freezer
  • Kompreskan es batu yang terbuat dari air mawar dan mentimun tersebut pada mata Anda
  • Lakukan saat sebelum tidur untuk hasil yang maksimal

Baca Lagi: 50 Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

3. Masker Es batu dan Teh Hijau

Penggunaan khasiat masker es batu juga bisa dikombinasikan dengan teh hijau untuk mengatasi permasalahan kantung mata pada wajah Anda. Kandungan kafein dan es sangat berkhasiat untuk meredakan bengkal dan cairan berlebih yang ada di sekitar mata. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan teh hijau dan seduh terlebih dahulu
  • Biarkan teh hijau dingin hingga asapnya hilang
  • Masukan teh hijau dalam cetakan es batu
  • Bekukan dalam freezer
  • Kompres mata Anda menggunakan es batu teh hijau ini selama 5 – 10 menit
  • Lakukan setiap hari saat sebelum tidur untuk hasil yang maksimal

4. Masker Es Batu, Mentimun, Madu dan Lemon

Demi mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkan berbagai bahan dalam melakukan perawatan wajah menggunakan khasiat masker es batu. Anda bisa mencampurkan mentimun, madu dan lemon sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan mentimun dan haluskan menggunakan blender
  • Tambahkan satu sendok madu dan air perasan jeruk lemon pada mentimun yang sudah dihaluskan
  • Aduk semua bahan tersebut dan masukan dalam wadah es
  • Diamkan sampai beku di dalam freezer
  • keluarkan es batu tersebut dan oleskan pada seluruh permukaan wajah selama 5 – 10 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih

Penggunaan khasiat dan manfaat masker es batu sebagai bahan masker alami Anda, bisa digunakan setiap hari dan tetap aman bagi kulit Anda. Kulit Anda tidak akan menerima resiko buruk seperti menggunakan perawatan dari bahan kimia lainnya. Lakukan perawatan dengan masker es batu ini secara rutin, untuk hasil yang maksimal dan mencapai kulit yang sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kosmetik

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top