Connect with us
Manfaat Masker Bengkoang, Khasiat Masker Bengkoang, Cara Membuat Masker Bengkoang, Jenis-Jenis Masker Bengkoang, Cara Menggunakan Masker Bengkoang

Kosmetik

75 Khasiat Masker Bengkuang untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat Masker Bengkuang – Manfaat Masker Bengkuang atau Jicama Mask bisa jadi kosmetik dan skincare memutihkan kulit wajah. Kandungan gizi yang adadi dalam buah berwarna putih ini memang sangat baik dalam menutrisi kulit. Kandungan vitamin A dan C nya bisa menjadi antioksidan yang meremajakan kulit dan mencegah kanker kulit.

Buah jicama ini dikenal sebagai buah yang rasanya manis, tetapi tidak semanis buah lainnya. Karena tidak terlalu manis, bengkuang di Indonesia sering menjadi buah pelengkap dalam rujak buah. Rujak buah diisi dengan beragam buah, salah satunya bengkuang yang dilumuri oleh bumbu rujak yang manis dan pedas. Bengkuang juga memiliki rasa segar jika dimakan. Rasa segar dalam buah bengkuang berasal dari kandungan air yang ada dalm buah bengkuang. Tak heran jika Anda memakan rujak buah yang ada bengkuangnya, maka Anda akan merasakan sensasi segar dalam mulut Anda. Kesegaran buah ini sangat cocok pula diolah jadi masker bengkuang.

Tanaman bengkuang banyak ditemukan di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Asia Selatan dan Karibia. Buah yang memiliki nama ilmiah Pachyrhizus Erosus ini termasuk dalam kategori tanaman merambat yang banyak ditemukan di wilayah iklim semi tropis dan iklim tropis. Bengkuang membentuk jenis umbi akar (cornus) yang berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis dan berwarna kuning pucat serta bagian dalamnya berwarna putih yang diisi dengan cairan segar dan agak manis.

Manfaat Masker Bengkoang, Khasiat Masker Bengkoang, Cara Membuat Masker Bengkoang, Jenis-Jenis Masker Bengkoang, Cara Menggunakan Masker Bengkoang

Fakta Buah Bengkuang

Bengkuang memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air sebanyak 86 90 %. Umbinya mengandung gula, pati serta fosfor dan kalsium. Rasa manis pada bengkuang berasal dari oligosakarida yang disebut inulin. Sifat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita diabetes atau Anda yang sedang diet rendah kalori. Bengkuang bisa awet disimpan di tempat kering dengan suhu 12-16 derajat celcius . Jika disimpan di suhu yang lebih rendah, maka akan mengakibatkan kerusakan. Apabila buah ini disimpan dengan baik maka bisa bertahan hingga 2 bulan.

Buah bengkuang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh, tapi bengkuang juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Tidak heran banyak produk perawatan kecantikan yang memakai kandungan dasar bengkuang sebagai bahan dasarnya. Sudah jelas bahwa bengkuang sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar perawatan kecantikan. Sifat dingin pada bengkuang menjadi hal yang penting karena kadar airnya yang banyak mampu membuat kulit menjadi lembab.

Kemudian, bengkuang banyak mengandung vitamin C yang tinggi, flavanoid dan saponin. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan serta radikal bebas. Kandungan yang istimewa pada bengkuang adalah zat fenolik yang dapat menghambat pembentukan melanin. Zat fenolik dapat mencegah perubahan warna kulit yang diakibatkan hormon, paparan sinar matahari, serta menyamarkan noda hitam atau noda bekas jerawat. Kandungan nutrisi yang sangat melimpah pada bengkuang menjadikan buah ini sangat cocok dijadikan masker untuk perawatan kecantikan kulit Anda. Bahkan buah yang satu ini dapat memutihkan kulit Anda secara alami.

Jenis Masker Bengkuang

1. Masker Bengkuang Alami

Masker bengkuang alami didapatkan dari buah bengkuang asli. Bengkuang bisa diolah untuk dijadikan masker yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Jika Anda membuat masker bengkuang secara alami, maka Anda bisa rutin menggunakan masker bengkuang untuk perawatan kulit Anda tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping buruk yang akan timbul. Karena Anda tidak mencampurkan zat kimia ke dalam masker, sehingga masker aman digunakan untuk semua jenis kulit. Sekalipun Anda memiliki kulit yang sensitif.

2. Masker Bengkuang Bubuk Alami

Masker bubuk bengkuang dibuat dengan cara menumbuk buah bengkuang. Penyimpanannya pun harus benar, karena jika salah maka bubuk bengkuang tidak bisa dijadikan masker. Bubuk bengkuang disimpan dalam wadah yang bersih serta kedap udara. Penggunaannya juga mudah, Anda cukup mencampurkan dengan air biasa atau air mawar. Anda hanya perlu mengoleskan saja dan mendiamkan beberapa menit. Selain untuk masker wajah, bubuk bengkuang yang dicampur air ini juga bisa dijadikan lulur untuk kulit tubuh Anda lho. Banyak banget ya ternyata khasiat dari buah bengkuang!

3. Masker Bengkuang Kemasan

Masker bengkuang kemasan juga sudah banyak sekali di pasaran. Banyak produk yang mencampurkan kandungan bengkuang pada produk perawatan kulit. Jika Anda sibuk dan tidak punya waktu untuk meracik masker bengkuang secara alami, Anda cukup datang ke toko kecantikan dan membeli produk kemasan bengkuang. Biasanya masker ini masih berbentuk bubuk, sehingga Anda cukup mencampurkan air dan mengoleskannya pada wajah. Jika Anda menginginkan kulit tubuh yang bersih dan cerah, Anda juga bisa membeli produk lulur yang berbahan dasar bengkuang untuk mencerahkan dan memutihkan kulit Anda.

Baca Lagi: 25 Khasiat dan Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Khasiat dan Manfaat Masker Bengkuang

1. Memutihkan Kulit

Bengkuang sangat berkhasiat untuk memutihkan kulit. Sudah menjadi rahasia umum, jika buah bengkuang dapat memutihkan kulit. Saripati yang ada bengkuang sangat dipercaya memiliki khasiat memutihkan kulit Anda. Kandungan vitamin B1 dan vitamin C pada bengkuang dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan bersinar.

2. Mencerahkan Kulit

Selain memutihkan kulit, bengkuang juga ternyata berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Kandungan vitamin C yang ada pada bengkuang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Sehingga wajah terbebas dari flek hitam, tidak kusam, cerah dan halus. Jika Anda menggunakan masker bengkuang secara rutin, maka wajah Anda akan tampak cerah dan halus.

3. Mencegah Penuaan Dini

Ternyata kandungan vitamin C yang ada pada bengkuang tidak hanya berkhasiat untuk mencerahkan kulit lho. Vitamin C pada bengkuang juga dipercaya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Sehingga garis-garis halus atau kerutan di wajah bisa berkurang bahkan hilang. Jika Anda menggunakan masker bengkuang secara rutin, kerutan di wajah Anda akan hilang secara perlahan. Apabila ingin hasil maksimal, Anda bisa rutin juga mengkonsumsi buah bengkuang.

4. Solusi Kulit Berminyak

Kandungan minyak yang berlebih pada wajah dapat mengundang jerawat pada wajah Anda. Untuk meminimalisir resiko jerawat, Anda dapat menggunakan masker bengkuang untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Saripati bengkuang bisa mengurangi minyak pada wajah, membersihkan kotoran yang menempel pada wajah, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Jika ingin hasil maksimal, Anda bisa mencampurkannya dengan putih telur. Kandungan yang ada pada putih telur dapat mengecilkan pori-pori pada wajah sehingga mengurangi kadar minyak pada wajah.

5. Mengatasi Masalah Noda Hitam Pada Wajah

Noda hitam pada wajah merupakan akibat yang ditimbulkan dari jerawat yang ada di wajah. Kehadiran noda hitam ini sangat mengganggu penampilan Anda tentunya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menggunakan masker bengkuang yang dicampur dengan madu. Khasiat dari antioksidannya mampu menghilangkan noda hitam atau flek hitam pada wajah Anda. Jika dilakukan secara rutin, maka flek hitam yang ada pada wajah akan memudar secara perlahan bahkan hilang dari permukaan kulit wajah Anda.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat merupakan impian semua orang. Jika Anda berpikir bahwa mendapatkan kulit yang sehat adalah hal yang sulit. Maka, dengan menggunakan masker bengkuang, kulit yang sehat akan didapatkan dengan mudah. Yang terpenting Anda mau menggunakan secara rutin dan tetap bersabar. Bengkuang tidak hanya menjaga kesehatan kulit wajah, tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Bengkuang bisa dijadikan masker dan lulur sekaligus. Hal ini karena bengkuang mengandung mineral, vitamin C, B1 dan vitamin B serta kaya akan gizi. Kandungan tersebut sangat mampu menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh Anda.

7. Menjaga Kesegaran Kulit

Selain kulit yang sehat, kulit yang segar juga menjadi impian banyak orang. Kandungan air dalam bengkuang bisa membuat kulit Anda menjadi lebih segar. Bengkuang juga dapat menangkal panas dari sinar matahari langsung yang dirasakan oleh kulit Anda. Jika Anda memakai masker bengkuang secara rutin, maka Anda tidak akan terkena peradangan kulit akibat dari paparan sinar matahari.

Khasiat Lain Bengkuang untuk Tubuh

1. Biji Bengkuang Dapat Jadi Obat Penyakit Kudis

Bengkuang memang terkenal dengan khasiatnya yang sangat ampuh untuk tubuh Anda. Tidak hanya buahnya, bijinya juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami penyakit kudis, tidaka perlu repot-repot mencari obatnya. Anda hanya perlu menumbuk biji bengkuang dan mengoleskan pada daerah yang terkena kudis. Lakukan secara rutin, maka penyakit kudis yang dialami oleh Anda akan sembuh dengan segera.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Ternyata tidak hanya pisang dan jambu yang bisa melancarkan buang air besar. Jika Anda mengalami buang air besar yang tidak lancar, Anda cukup mengkonsumsi buah bengkoang. Khasiat pada bengkuang ternyata mampu membuat pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

3. Lulur Badan

Bengkuang yang ditumbuk ternyata bisa dijadikan untuk lulur badan lho. Jika Anda ingin memiliki kulit tubuh yang putih, bersih, cerah dan halus, cukup dengan menggunakan bengkuang secara rutin sebagai lulur, maka tampilan kulit yang Anda inginkan akan segera terwujud. Namun, jika sudah terwujud jangan lupa untuk terus memakai lulur bengkuang. Karena khasiatnya mampu membersihkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit Anda akan selalu terlihat bersih lho.

Baca Lagi: 117 Khasiat Masker Madu untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Kombinasi Bahan untuk Masker Bengkuang

1. Bengkuang dan Jeruk Nipis

Membuat masker bengkuang dan jeruk nipis memang sangat efektif untuk perawatan wajah. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bermanfaat menghilangkan flek hitam pada wajah serta membersihkan wajah dari jerawat. Berikut cara pembuatan dan penggunaannya :

  • Siapkan 2 buah bengkuang, kupas kulitnya dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  • Parut bengkuang yang sudah dipotong-potong, parut hingga lembut dan halus, simpan pada wadah yang aman
  • Endapkan parutan bengkuang terlebih dahulu sampai menjadi bubuk bengkuang
  • Campur dengan air perasan jeruk nipis hingga rata
  • Basuh wajah Anda dengan air hangat agar pori-pori terbuka
  • Oleskan masker pada wajah Anda, diamkan selama 15 menit
  • Bilas wajah Anda dengan air dingin
  • Lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

2. Bengkuang dan Minyak Zaitun

Minyak alami dari timur tengah ini sangat kaya akan manfaat dan khasiatnya. Salah satunya yakni bisa menghilangkan noda hitam di wajah, serta melembapkan kulit. Jika masker bengkuang dicampur dengan minyak zaitun, maka hasil yang memuaskan bisa Anda dapatkan. Berikut cara pembuatan dan penggunaannya:

  • Siapkan 2 buah bengkuang, kupas kulitnya dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  • Parut bengkuang yang sudah dipotong-potong, parut hingga lembut dan halus, simpan pada wadah yang aman
  • Endapkan parutan bengkuang terlebih dahulu sampai menjadi bubuk bengkuang
  • Ambil 2 sdm endapan bengkuang dan campur dengan minyak zaitun hingga rata
  • Oleskan masker bengkuang dan minyak zaitun pada wajah dan leher Anda
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

3. Bengkuang dan Beras

Ternyata beras bermanfaat selain untuk dikonsumsi sehari-hari menjadi makanan pokok. Beras bisa dijadikan campuran masker bengkuang. Campuran masker bengkuang dan beras dapat memutihkan kulit wajah Anda. Berikut cara pembuatan dan penggunaannya :

  • Siapkan 2 buah bengkuang, kupas kulitnya dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  • Parut bengkuang yang sudah dipotong-potong, parut hingga lembut dan halus, simpan pada wadah yang aman
  • Campurkan parutan bengkuang dengan beras secukupnya, hancurkan dengan cara diblender
  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu
  • Oleskan masker bengkuang dan beras secara merata pada wajah dan leher
  • Hindari area mata dan bibir
  • Diamkan masker selama 30 menit
  • Bersihkan dengan air dingin
  • Lakukan secara rutin dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal

4. Bengkuang dan Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin E tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Mencampurkan bengkuang dengan tomat tentunya cocok untuk mencegah radikal bebas yang dihasilkan dari polusi sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, kering dan menua. Berikut cara pembuatannya dan penggunaannya :

  • Siapkan 2 buah bengkuang, kupas kulitnya dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  • Parut bengkuang yang sudah dipotong-potong, parut hingga lembut dan halus, simpan pada wadah yang aman
  • Endapkan parutan bengkuang terlebih dahulu sampai menjadi bubuk bengkuang
  • Potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu hancurkan menggunakan blender
  • Campurkan tomat yang sudah diblender dengan endapan bengkuang, aduk hingga rata
  • Oleskan masker bengkuang dan tomat ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas wajah Anda hingga bersih menggunakan air dingin
  • Lakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

5. Bengkuang dan Putih Telur

Telur banyak mengandung kadar protein yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Campuran bengkuang dan putih telur dapat memberikan khasiat yang besar pada wajah Anda. Kulit wajah akan terlihat halus, lembab, bersih dan bebas dari jerawat. Berikut cara pembuatan dan penggunaannya :

  • Siapkan 2 buah bengkuang, kupas kulitnya dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  • Parut bengkuang yang sudah dipotong-potong, parut hingga lembut dan halus, simpan pada wadah yang aman
  • Endapkan parutan bengkuang terlebih dahulu sampai menjadi bubuk bengkuang
  • Siapkan putih telur secukupnya dan pisahkan dari kuningnya
  • Campurkan putih telur dengan endapan sari bengkuang
  • Oleskan secara merata pada wajah dan leher Anda
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas menggunakan air dingin
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Ternyata bengkuang sangat kaya khasiat pada kesehatan kulit. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan, bisa menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar perawatan kulit wajah Anda. Selama Anda melakukan dengan rutin dan sabar, maka hasil yang maksimal akan segera terlihat pada kulit Anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kosmetik

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top