Connect with us
Manfaat Ikan Gabus, Khasiat Ikan Gabus, Channa Striata

Hewan

121 Khasiat dan Manfaat Ikan Gabus, Ciri Fisik, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Ikan Gabus – Manfaat Ikan Gabus, sejenis ikan predator yang hidup di air tawar dan nama ilmiah Channa Striata. Ikan air tawar ini cukup besar dan dapat tumbuh hingga 1 m. Berkepala besar sedikit gepeng seperti ular dan bersisik besar di atas kepalanya. Chann Strtiata biasanya ditemukan di danau, rawa, sungai dan saluran air yang mengalir ke sawah-sawah, ia memangsa beragam ikan kecil, serangga serta berbagai hewan air lain termasuk kodok atau berudu.

Ikan gabus menyebar luas mulai dari Pakistan, Nepal, India, Bangladesh, Sri Langka, Tiongkok hingga ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Ikan predator ini kerabatnya termasuk hewan dunia lama yaitu dari Asia dan Afrika kurang lebih ada 30 spesies dari kedua genus tersebut. Sebenarnya, ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi namun di wilayah Sumatra dan Kalimantan kerap diasinkan sebelum diperdagangkan.

Didalam manfaat ikan gabus terdapat salah satu kandungan yang berkhasiat tinggi yaitu protein penting bernama albumin yang diperlukan tubuh setiap hari terutama saat proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging atau ekstrak proteinnya mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Manfaat Ikan Gabus, Khasiat Ikan Gabus, Channa Striata

Nama Lain Ikan Gabus

Di Indonesia terdapat beberapa spesies Channa yang menyebar di sebelah barat Garis Wallace yaitu sebuah garis hipotesis yang memisahkan antara wilayah geografi hewan Asia dan Australia. Salah satu kawan dekat gabus ialah ikan toman yang tubuhnya memiliki panjang 1 m atau lebih. Penamaan Ikan Gabus di setiap wilayah berbeda-beda seperti berikut ini.

  • Jawa Timur, Jogjakarta dan Jawa Tengah : Ikan kutuk
  • Minahasa, Tomohon, Wanawangko, Sulawesi Utara : Ikan kabos
  • Banten, Jawa Barat : Ikan bogo
  • Banten Utara, Indramayu, Cirebon : Ikan licingan, ikan bogo, ikan bayong
  • Jakarta : Ikan kocolan
  • Riau : Ikan bocek
  • Kalimantan Timur : Ikan aruan, Ikan haruan

Salah satu manfaat ikan gabus tiada lain untuk pembentukan serta pertumbuhan otot karena didalamnya terkandung kadar protein yang tinggi. Dari 100 gr ikan gabus Anda bisa memperoleh 25,2 gr protein.

Klasifikasi Ikan Gabus

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actionopterygii
  • Ordo : Percformes
  • Famili : Channidae
  • Genus : Ophiocephalus
  • Spesies : Ophiocephalus striatus ( Channa striata )
  • Nama Ilmiah : Channa Striata
  • Ikan Gabus : mmiliki bentuk tubuh bulat memanjang mencapai ½ – 1 m hingga lebih
  • Sirip Ikan Gabus : memanjang berbentuk bulat pada bagian ujungnya
  • Mulut Ikan Gabus : terdapat gigi besar tajam
  • Habitat : perairan dangkal

Ciri Fisik Channa Striata

Ikan gabus pada umumnya mempunyai bentuk tubuh yang bulat memajang berukuran ½ – 1 m lebih dan berat rata-rata 2 – 5 kg. Pada bagian kepala berbentuk gepeng dan agak pipih yang mirip dengan kepala ular, bersisik pada bagian perut, punggung, kepala serta ekornya. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor berbentuk bulat di bagian ujung, bagian sisi atas tubuh sampai ekor memiliki warna kegal, kehitaman maupun kehijauan sedangkan warna perut berwarna putih dan krim.

Sisi atas bagian tubuh ikan bogo pada umumnya berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Bagian samping tubuh bercoret tebal agak kabur dan warna seringkali menyerupai lingkungan sekitar. Bagian mulut ikan terdapat gigi besar dan tajam berguna untuk mencabik dan mengunyah makanan. Pada umumnya ikan gabus memiliki bau amis karena bagian otot ikan terbuat dari protein yang bervariasi. Bau amis berasal dari penguraian, zat amonia dari senyawa belerang serta bahan kimia yang berasal dari asam amino.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Banyaknya manfaat ikan gabus untuk kesehatan tidak lepas dari kandungannya yang cukup banyak. Selain sebagai sumber protein, mengobati pegal-pegal hingga mempercepat penyembuhan luka, hal tersebut karena didukung oleh beragam kandungan gizi berikut ini.

  • Air
  • BDD
  • Besi
  • Fosfor
  • Kalori
  • Kalsium
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B1

Ikan gabus terdapat pada perairan dangkal seperti saungai atau rawa dengan kedalaman 40 cm serta menyukai tempat gelap, berlumpur, berarus tenang atau wilayah bebatuan untuk bersembungi. Ikan ini memiliki kemampuan bernafas langsung dari udara dengan mengeluarkan organ labirin yang terletak pada bagian atas insang. Seperti halnya ikan-ikan yang memiliki labirin, ikan bogo mampu bertahan dalam kondisi perairan rawa dengan pH 4,5 – 6.

Manfaat Ikan Gabus dan Cara Mengolahnya

1. Pembentukan dan Pertumbuhan Otot

Manfaat ikan gabus sangat baik untuk pembentukan serta pertumbuhan otot karena didalamnya mengandung protein tinggi dibandingkan kadar protein yang terdapat pada ikan lele atau ikan nila. Dalam 100 gr ikan gabus, Anda bisa mendapatkan sekitar 25,2 gr protein, hal ini sangat menguntungkan untuk pertumbuhan otot tubuh.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Ada banyak cara mengolah ikan bogo untuk lauk sehari-hari. Jika Anda bingung, bisa mencoba olahan tumis ikan asin gabus
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 ekor ikannya, 4 cabai hijau, 3 cabai merah, 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, ¼ tomat, 1 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas, gula dan bumbu kaldu secukupnya.
  3. Potong ikan asin gabus menjadi beberapa bagian.
  4. Rendam ikan menggunakan air hangat sebentar kemudian tiriskan.
  5. Iris cabai, bawang merah, bawang putih, tomat serta daun salam dan geprek lengkuas.
  6. Panaskan minyak goreng, tumis semua bahan yang telah di iris hingga wangi
  7. Masukkan ikan asin di oseng hingga merata serta masukan air secukupnya hingga meresap.
  8. Masukkan bumbu kaldu secukupnya.
  9. Siap disajikan dengan nasi hangat.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu kandungan ikan air tawar ini adalah albumin yang kadarnya tinggi. Albumin merupakan protein utama yang ada dalam darah manusia. Keseimbangan albumin sangat dibutuhkan untuk menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh. Dengan demikian manfaat ikan gabus sangat baik untuk menyembuhkan luka pada tubuh.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Ikan bogo bisa dinikmati hanya dengan menggorengnya dengan bumbu sederhana.
  2. Siapkan 1 ekor ikan air tawar ini, bumbu halus berupa 2 cm kunyit, 4 siung bawang putih, garam, ketumbar dan asam jawa secukupnya.
  3. Haluskan semua bumbu halus.
  4. Bersihkan ikan bogo, rendan +- 5 menit alam jeruk nipis atau asam jawa untuk menghilangkan amisnya.
  5. Masukkan ikan pada bumbu halus yang telah diberi air ,tunggu hingga 5 menit.
  6. Goreng ikan yang telah diberi bumbu

3. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Tahukah Anda bahwa rata-rata seseorang memerlukan sekitar 11 liter cairan tubuh untuk menutrisi sel dan pembuangan residu dalam tubuh. Kelebihan cairan tersebut dikeluarkan oleh air seni, sedangkan kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi. Karenanya, manfaat ikan gabus ini sangat bagus untuk memberikan keseimbangan cairan tubuh agar tidak kurang ataupun terlalu lebih. Zat albumin didalamnya berfungsi pula untuk menjaga kestabilan cairan tubuh selain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Tidak ada salahnya mengolah ikan gabus menjadi pempek
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 kg ikan gabus, 1 kg sagu, 1 ons tepung terigu, 1 gelas minyak goreng, 4 sendok garam, 2 butir telur dan 4 siung bawang putih
  3. Panaskan 250 ml air hingga mendidih
  4. Masukkan tepung terigu, garam, siram menggunakan air mendidih dan aduk hingga rata kemudian dinginkan.
  5. Haluskan bawang putih kemudian masukkan dalam adonan tepung terigu bersamaan dengan telur dan minyak goreng
  6. Ditempat terpisah, masukkan daging ikan gabus aduk rata, masukkan tepung sagu kemudian aduk hingga kalis
  7. Didihkan air panas, masukkan adonan pempek yang sudah dibentuk, tunggu hingga adonan terapung ke permukaan.
  8. Adonan yang sudah matang bisa langsung dimakan atau digoreng sesuai selera.

4. Memperbaiki Gizi Buruk

Setiap orang tentu menginginkan berat badan dan tinggi badan ideal hingga status gizi normal. Jika memiliki gizi normal maka dapat menurunkan resiko terkena penyakit. Saat asupan gizi tidak memenuhi kebutuhan baik kekurangan atau terlalu berlebih, sangat rentan untuk menerima penyakit hingga status gizi berubah menjadi tidak baik. Manfaat ikan bogo ini sangat baik untuk memperbaiki gizi buruk.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Jika bosan dengan olahan ikan gabus yang gitu-gitu saja, Anda bisa mengolah dalam bentuk lain seperti acar ikan gabus.
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 ekor ikan gabus, 1 buah jeruk nipis, 1 buah wortel, 1 buah timun, daun jeruk dan daun salam, 10 cabe rawit utuh, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 butir kemiri, 1 buah kunyit dan jahe, lengkuas muda dan 1 batang serai.
  3. Bersihkan ikan kemudian potong sesuai selera
  4. Peras air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit agar bau amis hilang dan bilas dengan air bersih, beri garam kemudian goreng.
  5. Blender atau ulek bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit dan jahe, serai, lengkuas.
  6. Tumis bumbu halus dan masukkan air, daun salam & daun jeruk.
  7. Masukkan ikan yang telah di goreng, wortel, timun, cabe rawit utuh dan biarkan hingga bumbu meresap.
  8. Siap disajikan

5. Sehat untuk Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, manfaat ikan gabus mendukung penyembuhan penyakit ini. Gabus memiliki struktur daging yang empuk sehingga tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya. Karena protein kolagen yang lebih rendah dibanding pada daging, ikan ini hanya memiliki 3% – 5% dari total kandungan protein kolagen.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Kali ini Anda bisa mengolahnya menjadi pepes ikan gabus kluwek
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 2 ekor ikan gabus, cabe merah besar, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, laos, kemiri, kunyit, daun salam, tomat, daun jeruk, jeruk nipis, daun pisang untuk mengukus.
  3. Cuci bersih ikan gabus kemudian lumuri dengan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit dan cuci bersih kembali.
  4. Uleg bumbu kemudian tumis hingga harum, masukkan daun jeruk dan daun salam
  5. Masukkan ikan ke dalam bumbu sebentar kemudian matikan api
  6. Bungkus menggunakan daun pisang dan kukus selama 30 menit
  7. Siap disantap.

6. Nutrisi Pendamping anak Autis

Autis atau autisme merupakan kelainan perkembangan sistem saraf yang terjadi pada seseorang dan kebanyakan diakibatkan karena faktor hereditas. Karenanya, manfaat ikan bogoini membantu dalam memberikan nutrisi seseorang dan membantu menyembuhkan kelainan seperti autis ini.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Selain dengan olahan sederhana yang dijelaskan di atas, Anda bisa mencoba olahan lain berupa botok ikan gabus.
  2. Siapkan bahan berupa 1 ekor ikan gabus, jeruk nipis, 1 cikal kelapa parut, daun bawang, daun pisang.
  3. Haluskan bumbu 10 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 jumput jinten, 1 sdt merica, 7 buah cbe, lengkuas, kunyit, garam dan gula secukupnya, 1 lembar daun jeruk purut.
  4. Sisik dan cuci bersih ikan gabus kemudian potong-potong sesuai selera.
  5. Beri perasan jeruk nipis supaya tidak bau amis
  6. Masukkan parutan kelapa dan daun bawang pada bumbu halus, aduk rata
  7. Masukkan ikan gabus, aduk rata.
  8. Bungkus ikan menggunakan daun kemudian kukus +- 30 menit
  9. Siap dihidangkan.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika tubuh Anda terasa kurang baik, sebaiknya konsumsi jenis ikan yang satu ini. Manfaat ikan gabus dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit baik faktor cuaca maupun lainnya.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Olahan ikan bogo satu ini cukup mudah
  2. Siapkan bahan-bahan berupa ½ kg ikan asin gabus
  3. Siapkan bumbu 10 buah cabe kriting, 5 buah cabe rawit, 4 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, garam, gula dan penyedap secukupnya.
  4. Rendam ikan asing selama 5 menit, tiriskan dan potong-potong kecil kemudian goreng hingga kering.
  5. Haluskan semua bumbu, tumis hingga harum dan matang lalu tambahan setengah gelas air.
  6. Tunggu hingga mendidih kemudian masukkan ikan asing yang telah di goreng.
  7. Tunggu sebentar, angkat dan sajikan.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tidak ingin miliki mata sehat? Vitamin yang terkenal untuk kesehatan mata adalah Vitamin A. Karenanya, manfaat ikan gabus jika dikonsumsi secara teratur mampu menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A didalamnya sekitar 150 gr.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Olahan ikan gabus bisa juga untuk membuat tekwan.
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 kg ikan gabus, 8 siung bawang putih, 800 gr sagu tani, air dan garam secukupnya, 2 butir telur
  3. Fillet ikan air tawar ini dan bersihkan durinya, ambil dagingnya.
  4. Haluskan gading ikan
  5. Haluskan bawang putih dan garam
  6. Campurkan ikan, bumbu halus, telur dan air dengan perbandingan ari dan daging 1:2
  7. Campurkan dengan sagu
  8. Setelah adonan jadi, bentuk bulat-bulat masukkan ke air yang mendidih
  9. Rebus hingga tekwan mengapung

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolik yang disebabkan karena banyak faktor seperti ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin, kurangnya insuli dan sebagainya. Untuk menghindari penyakit seperti ini, manfaat ikan gabus yang baik untuk dikonsumsi membantu dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi si penderita karena jika sudah mengalami diabetes, pasien tidak diperbolehkan makan nasi putih ditakutkan kadar gula darah naik.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Ikan gabus pun bisa diolah menjadi otak-otak
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 100 gr ikan gabus yang telah dihaluskan, ½ butir putih telur, garam, lada bubuk, minyak goreng, 40 gr tepung sagu.
  3. Siapkan bumbu 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih dan ketumbar secukupnya
  4. Haluskan semua bumbu
  5. Campurkan ikan gabus dengan tepung sagu, bumbu yang telah dihaluskan dan telur
  6. Tambahkan sedikit garam dan lada bubuk
  7. Uledi adonan hingga kalis kemudian bentuk adonan memanjang
  8. Siapkan air dalam panci, panaskan hingga mendidih dan masukkan adonan yang telah dibentuk
  9. Rebus hingga otak-otak mengapung
  10.  Angkat dan tiriskan kemudian beri sedikit minyak goreng agar tidak lengket
  11.  Otak-otak siap di goreng

10. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil pun jangan khawatir untuk mengonsumsi ikan yang satu ini. Manfaat ikan bogo untuk ibu hamil dipercaya untuk kebaikan pertumbuhan rahim ibu hamil dan sang janin. Seorang ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi protein hewani seperti ati ayam, ikan dan telur. Karenanya Anda bisa mulai mengonsumsi ikan bogo ini dari sekarang.

Cara Mengolah Ikan Gabus:

  1. Olahan selanjutnya bisa dibikin ikan tempoyak kentel bagi Anda yang belum pernah mencicipinya
  2. Siapkan 2 kg ikan gabus besar, 9 cabe rawit, 5 biji cabe kriting merah, 5 biji bawang merah, garam, gula dan penyedap secukupnya, 2 ons tempoyak asli, ½ ruas kunyit
  3. Haluskan semua bahan, ambil wajan dan isi dengan air bersih.
  4. Campurkan tempoyak, campurkan bumbu halus, masukkan ikan gabus, tembahkan irisan bawang merah dan aduk.
  5. Masak hingga ikan bogo setengah matang
  6. Tambahkan gula pasir sedikit
  7. Masak hingga tempoyak kental. Siap disantap

Khasiat dan Manfaat Ikan Gabus yang Lainnya :

11. Mendorong pertumbuhan tulang dan gigi

12. Meningkatkan berat badan

13. Melindungi kesehatan rongga hidung

14. Melancarkan fungsi reproduksi pria

15. Memperkuat plasenta bayi

16. Membersihkan darah

17. Meningkatkan kesehatan janin

18. Mencegah osteoporosis

19. Sebagai anti oksidan aktif dan kuat

20. Sebagai alternatif nasi

21. Mencegah luka korengan

Baca Lagi: 133 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Ikan Gabus

Sebelum Anda mengambil manfaat ikan bogo secara rutin untuk dikonsumsi, perlu juga mengetahui efek samping yang akan terjadi. Selain kadar albumin yang tinggi, ikan ini mengandung protegold. Jadi jika anda alergi dengan ikan bogo maka akan muncul beberapa kemungkinan seperti:

  1. Alergi
  2. Gatal dan ruam di kulit
  3. Sesak napas
  4. Pembengkakan pada wajah dan bibir

Makan ikan bogo memang lezat, namun jangan sampai kena alergi karenanya. Untuk mencegah banyak dampak yang tidak diinginkan seperti di atas, mulai sekarang sebelum memakannya, pastikan dulu kalau memang tidak memiliki riwayat alergi terhadap jenis ikan ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hewan

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top