Connect with us
Manfaat Daun Sirsak, Khasiat Daun Sirsak, Annona muricata

Daun

59 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun SirsakManfaat Daun Sirsak (Annona muricata) berdasarkan riset ilmiah memiliki kekuatan anti kanker 10.000 kali lipat dibandingkan kemoterapi. Maka tak heran, bila mereka yang mengidap leukimia maupun jenis kanker lainnya banyak yang meminum obat herbal berbahan daun annona ini.

Selain itu, buah mirip Srikaya ini juga bisa mengobati kolesterol dan darah tinggi. Mereka yang tekanan darahnya sedang naik, kolesterolnya sedang melebihi batas dan bahkan terancam kena stroke, maka sudah layaknya minum obat herbal yang terbuat dari rebusan daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak, Khasiat Daun Sirsak, Annona muricata

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sangatlah mudah, tinggal direbus saja sebagaimana merebus daun herbal pada umumnya. Petiklah 7 helai daun buah sirsak, kemudian direbus dengan 2 gelas air putih, sekitar 500 ml. Merebusnya sampai mendidih dan airnya tinggal 1 gelas saja. Nantinya, rebusan ini boleh diminum beberapa kali, hingga badan terasa enakan. Untuk penderita kolesterol, ciri khasnya adalah menghilangnya sakit kepala dan nyeri di persendian.

Habitat, Riwayat, Klasifikasi Ilmiah Daun Sirsak

Kingdom : Plantae

Ordo : Magnoliales

Family : Annonaceae

Genus : Annona

Spesies : muricata

Nama Ilmiah : Annona muricata

Nama Populer: sirsak, soursop, nangka belanda

Habitat Asli: Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Amerika Latin

Cara Berkembangbiak : vegetatif (stek) dan generatif (biji)

Daun Sirsak: majemuk, memanjang, ruas menjari kanan-kiri, urat daun tipis, warna hijau tua agak muda

Buah Sirsak : berwarna hijau tua, penuh duri/granul agak besar dan tumpul, daging buah warna putih keruh dan berbau wangi, ukuran mulai 10-30 cm, berat antara 500 gram hingga 2,7 kg

Biji Sirsak : mengandung racun yang baik untuk membuat insektisida/pembunuh serangga, memiliki nama lain kecik, mirip biji srikaya, warna coklat kehitaman, ada banyak bijinya

Tinggi Pohon Sirsak: mencapai 8 meter

Habitat: 0-1000 MDPL (kawasan pantai hingga dataran rendah)

Sepintas, buah sirsak memang sangat mirip dengan srikaya, ini wajar saja karena mereka sama-sama bergenus Annona, hanya saja spesiesnya beda, kalau srikaya itu kan Annona squamosa, sedangkan sirsak adalah Annona muricata. Meski demikian, ada keunikan di antara keduanya bahwa srikaya itu lebih identik dengan buah orang desa karena tidak lazim masuk ke toko buah. Beda dengan sirsak yang penjualannya bisa masuk ke swalayan dan mall-mall, sehingga identik dengan buah orang kota.

Lagipula jika menilik manfaat buah sirsak untuk bidang pangan dan kuliner memang lebih banyak digunakan untuk membuat es, essence (sari rasa) bahkan sirup. Beda dengan srikaya yang mana ada produk bernama selai srikaya, namun ternyata bukanlah buah ini bahan bakunya, melainkan sekadar mentega.

Meski demikian, saat membicarakan daunnya, tentu saja manfaat daun sirsak lah yang ada dalam literatur kesehatan. Kalau daun srikaya belum ada penelitian yang dipublikasikan secara luas di media internet. Memang penelitian menunjukkan bahwa khasiat daun buah sirsak ini sanggup mengobati kanker pula.

Nama Lain Daun Sirsak

Di banyak negara di belahan bumi ini mengenal buah sirsak dengan banyak penyebutan nama. Annona muricata memang habitat aslinya berasal benua Amerika, sebelum menyebar ke Indonesia. Buah ini baru masuk ke Indonesia semasa penjajahan oleh Belanda, sekitar abad ke-19, sehingga memang belum lama kemarin. Tak heran bila menjumpai pohon sirsak memang agak sulit di Indonesia. Biasanya tanaman buah ini sengaja ditanam, bukan tumbuh liar. Namun semenjak manfaat daun sirsak merebak dalam wacana, kini buah ini mudah ditemukan di mana-mana, di tiap pulau di Indonesia pasti ada.

Di bawah ini adalah nama-nama lain dari buah sirsak. Ini sangat penting diketahui sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat daun sirsak.

Belanda: zuurzak

Inggris: soursop, guanabana, graviola

Jawa: nangka sabrang, nangka landa

Sunda: nangka walanda

Madura: nangkelan, nangka buris

Bali: srikaya jawa

Palembang: nangko belando

Lampung: jambu landa

Padang: durian betawi

Nias: durio ulondro

Aceh: bah lona

Kandungan Gizi dan Komposisi Kimia Daun Sirsak

Kini tinggal membahas mengenai kandungan gizi dan komposisi kimia dari daun sirsak. Mengapa manfaat daun sirsak begitu hebat dalam menyembuhkan penyakit-penyakit berat dan sistemik macam kanker, kolesterol dan hipertensi. Itu tak terlepas dari zat-zat di bawah ini:

Penelitian mengenai kandungan kimia yang ada di dalam daun buah sirsak memang semakin membuka tabir manfaat daun sirsak. Misalnya riset yang dilakukan di Universitas Purdue, United States of America yang dilakukan oleh doktor Jerry Mclaughlin menunjukkan sifat daun ini yang anti kanker ternyata disebabkan karena senyawa acetogenin. Senyawa ini lebih kuat 10.000 kali lipat dibandingkan obat kemoterapi adriamycin yang banyak digunakan dalam proses kemoterapi.

Keunggulan acetogenin adalah bekerja langsung membunuh sel kanker di jaringan yang bersangkutan (hanya menyerang jaringan tubuh yang kena kanker) dan tidak menyerang dan menyebabkan kerusakan jaringan tubuh lain (tanpa efek samping). Maka mereka yang sehari-hari terapi obat herbal berbahan dasar daun sirsak tidak akan mengalami kebotakan rambut, sel yang semakin ganas atau kulit gosong sebagaimana pada pasien kemoterapi kanker.

Kandungan Daun Sirsak:

• Acetogenin (zat anti kanker)
• Polifenol
• Saponin
• Bioflavonoid
• Alkaloid

Manfaat Daun Sirsak dan Cara Mengolahnya

1. Mengobati Kanker

Khasiat daun sirsak ampuh sekali untuk mengobati kanker. Ini disebabkan kandungan zat acetogenin yang memiliki kekuatan 10.000 kali lipat dibanding obat kemoterapi adriamycin. Tak heran bila akhirnya, manfaat daun sirsak begitu hebatnya dalam upaya mengobati kanker ganas dan tumor ganas yang membahayakan nyawa. Untuk mengolah daun nangka sabrang ini pun amat mudah, yaitu:

1) Ambil 7 helai daun sirsak, cucilah hingga bersih

2) Masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air 600 ml

3) Rebus daunnya hingga mendidih

4) Air rebusan daun sirsak ditampung dalam gelas untuk diminum saat sudah hangat-hangat kuku

5) Daun sisanya bisa dibuang saja

2. Menurunkan Kolesterol

Selain penyakit kanker, rupanya manfaat daun sirsak dapat pula untuk turunkan kolesterol. Perlu diketahui bahwa kolesterol adalah penyakit yang 90% disebabkan karena gaya hidup salah, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan jarang olahraga. Gejala paling khas dari kolesterol yakni kegemukan, badan pegal-pegal, nyeri sendi dan sakit kepala. Namun dengan mencoba resep daun sirsak di bawah ini, niscaya timbunan lemak LDL yang menyebabkan kolesterol akan lenyap:

1) Petiklah 30 lembar daun sirsak muda, cuci sampai bersih

2) Rebus daun sirsak dengan 1 liter air selama 10 menit

3) Minum air rebusan daun sirsaknya, sedangkan daun mudanya juga dimakan

4) Untuk menetralkan rasanya, bisa mencocolnya ke sambal kacang

5) Pastikan selama pengobatan harus mengurangi atau tidak sama sekali konsumsi goreng-gorengan berminyak

3. Mengatasi Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi tensi darah yang berada di atas normal, yakni lebih dari 120. Kondisi tekanan darah tinggi ini membuat seseorang jadi sakit kepala, pusing, lemas dan mual. Selain itu, hipertensi pun menyebabkan serangan jantung, stroke dan kematian bila dibiarkan saja. Maka segera saja coba manfaat daun sirsak dengan cara-cara:

1) Ambil 8 helai daun sirsak yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua

2) Cuci bersih dengan air yang mengalir

3) Rebus daunnya dengan 400 ml air hingga mendidih

4) Minum air rebusan daun sirsak selama 7 hari berturut-turut

5) Di hari ke-8, biasanya tensi darah menjadi normal lagi

6) Selama pengobatan, sebaiknya banyak-banyaklah istirahat dan hentikan makan goreng-gorengan, asin dan manis.

4. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Tahukah bahwa salah satu manfaat daun sirsak ternyata bisa mengobati diabetes? Penyakit gula darah banyak menimpa orang di dunia ini. Apalagi ini juga merupakan penyakit yang diturunkan (degeneratif). Namun kebanyakan pasien diabetes mellitus ternyata sama sekali tidak memiliki riwayat keturunan penyakit. Jadi mereka murni sakit gula karena gaya hidup yang salah. Sebagai salah satu daun herbal, tentu daun nangka belanda ini patut dicoba. Berikut adalah langkah-langkah mengolahnya:

1) Cucilah sampai bersih 10 lembar daun sirsak

2) Rebus hingga matang, kurang lebih 5 menit

3) Ambil air rebusannya dan daunnya

4) Blender air rebusan itu beserta daunnya sekalian hingga jadi jus daun annona

5) Minumlah jus daun zuurzak ini sehari sekali

6) Ketika pengobatan alami ini sedang berlangsung, hentikan memakan dan meminum manis-manis

5. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme tubuh seseorang bisa terganggu bila dirinya tidak memberlakukan pola hidup yang sehat. Makan dan minum sehari-hari saja tidak cukup untuk menunjang proses ini, maka perlu terobosan seperti manfaat daun sirsak. Tak perlu khawatir bagaimana mengolahnya karena daun ini hanya tinggal dibeginikan saja:

1) Cuci 5 lembar daun sirsak

2) Masukkan ke dalam panci berisi 3 gelas air (sekitar 600 ml)

3) Tambahkan 2 sendok makan gula semut

4) Rebus daun sirsaknya hingga mendidih

5) Tampung airnya dalam gelas, sedangkan daunnya dibuang saja

6) Minum air rebusannya secara rutin dengan dosis 1×1

6. Mencegah Kerusakan Sel

Khasiat daun sirsak bisa mencegah kerusakan sel-sel. Manfaat daun sirsak sanggup menunjang pertumbuhan sel-sel. Ini tentu saja sangat menguntungkan karena dengan memiliki sel-sel yang sehat, orang akan memiliki tubuh yang kuat dan tidak gampang sakit. Berikut adalah cara mengolah daun annona dengan baik dan benar:

1) Petiklah daun sirsak yang muda-muda, 15 lembar

2) Cuci sampai bersih

3) Taruh ke dalam panci, tambahkan sedikit garam dan madu

4) Rebus daunnya hingga mendidih

5) Saring airnya , ampas daunnya dibuang saja

6) Air rebusan daun sirsak diminum rutin setiap hari dengan dosis 1×1

7. Menambah Stamina

Ingin punya tubuh yang kuat berstamina? Caranya amat mudah loh! Cukup denganr rajin minum air rebusan daun sirsak. Memang manfaat daun sirsak atau daun nangka belanda ini selain untuk mengobati kanker juga bisa menjadi obat kuat alami. Mereka yang sedang mengalami kelelahan akut maupun memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, disarankan buat minum daun nangka walanda ini. Begini cara mengolahnya:

1) Siapkan 8 lembar daun sirsak

2) Cucilah hingga bersih tak ada debu dan kotorannya lagi

3) Tumbuk daunnya sampai lembut

4) Masukkan ke dalam panci berisi 500 ml air

5) Tuangkan 2 sendok makan madu

6) Rebus daunnya hingga mendidih

7) Peras daunnya dan saring airnya

8) Air rebusan daun nangka sabrang diminum rutin sehari sekali

8. Melancarkan BAB

Obat herbal yang untuk menyembuhkan sembelit memang banyak. Sedangkan untuk melancarkan BAB, maksudnya walaupun tidak sedang sembelit, cobalah manfaat daun sirsak ini. Khasiatnya sangat mendukung program diet dan perbaikan sistem pencernaan. Pengolahannya cukup mudah, yaitu:

1) Petik daun sirsak sebanyak 7 lembar

2) Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi sisa 1 gelas saja

3) Minum airnya ini setiap hari segelas

4) Rasakan perubahan saat BAB menjadi lebih gampang dan lancar

5) Penuhi pula kebutuhan akan buah dan sayuran kaya serat

9. Memperlancar Kencing

Punya masalah dengan susah kencing? Untuk mengatasi persoalan ini amatlah gampang, manfaat daun sirsak bisa melakukannya. Air seni yang tidak lancar ini menjadi tanda adanya gangguan saluran kencing, ginjal dan kandung kemih. Untuk itu, segera saja mengolah daun soursop dengan cara:

1) Pergilah ke kebun untuk mengambil 8 helai daun sirsak

2) Cucilah daun ini di keran atau air yang mengalir

3) Siapkan panci berisi 500 ml air

4) Rebus daunnya hingga mendidih

5) Saring airnya sehingga daunnya tidak terbawa

6) Minumlah air rebusan daun sirsak ini tiap hari dengan dosis 3×1

10. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Nyeri sendi sangatlah menyiksa, sebab sendi adalah penunjang pergerakan tubuh. Jika sendi terasa kaku dan sakit tentu saja sangat menganggu, untuk itu perlu segera diatasi dengan manfaat daun sirsak. Untuk mengolahnya sangat mudah, loh! Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1) Siapkan 12 helai daun sirsak yang muda

2) Cuci sampai bersih

3) Rebus daunnya dengan 700 ml air

4) Jika sudah mendidih, matikan apinya

5) Diamkan dalam panci hingga dingin

6) Saring airnya, buang daunnya

7) Minum air rebusan daun nangka sabrang sebanyak 2 kali dalam sehari

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak yang Lainnya

11. Menghilangkan panas dalam

12. Menyembuhkan sariawan

13. Mengatasi mulut kering

14. Menghilangkan bau mulut

15. Menyembuhkan bibir pecah-pecah

16. Mengobati radang tenggorokan

17. Menghaluskan kulit wajah

18. Memutihkan muka

19. Mengangkat komedo

20. Membantu buang jerawat

21. Menghaluskan kulit tubuh

22. Mengangkat daki yang membandel

23. Mencegah kanker kulit

24. Mengatasi kulit kering

25. Menghilangkan kerutan di wajah

26. Mencegah penuaan dini

27, Meremajakan kulit

28. Mencerahkan kulit tubuh

29. Menjaga kesehatan ginjal

30. Mencegah gangguan hati

31. Menguatkan jantung

32. Mengatasi sakit paru-paru

33. Mengobati asma

34. Mencegah kanker paru-paru

35. Mengobati leukimia

36. Mencegah kanker esofagus

37. Menghalau terjadinya kanker nesofaring

38. Menghindarkan kanker lidah

39. Mencegah kanker mulut

40. Membuat badan jadi segar

41. Menguatkan tulang

42. Mencegah tulang keropos

43. Menguatkan gigi

44. Mencegah gigi rapuh

45. Mengaatasi asam lambung yang berlebihan

46. Terapi sakit GERD

47. Mengobati batuk

48. Menghilangkan bekas luka

49. Mencegah gangguan usus

50. Mengatasi gangguan tidur

51. Menambah nafsu makan

52. Menghindari dari kerusakan mental

53. Mencegah stroke

54. Menghilangkan nyeri rematik

55. Mencegah pikun dini

56. Mencerdaskan otak

57. Menjaga kadar HB agar normal

58. Membantu program diet

59. Menghindarkan dari jantung koroner

Baca Lagi: 51 Khasiat dan Manfaat Daun Kelor, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Daun Sirsak

Tiap ada manfaat sudah tentu ada efek samping, begitu pun dengan manfaat daun sirsak ini, rupanya juga bisa memiliki dampak-dampak negatif untuk tubuh. Walaupun memang kejadian alergi atau keracunan itu jarang, namun tetap harus diperhatikan saja efek di bawah ini:

1. Diare
2. Muntah
3. Pusing
4. Infeksi
5. Mual
6. Overdosis
7. Keracunan
8. Alergi kulit

Untuk menghindari hal-hal di bawah, ada baiknya buat meminum rebusan daun sirsak maupun produk olahan daun annona yang lainnya dengan hati-hati. Tidak semua orang akan merasakan reaksi di atas, hanya saja tiap daun herbal pastilah memiliki sisi-sisi kemungkinan lain dari khasiatnya. Minumlah sedikit demi sedikit saja tiap hari, mulai dari dosis kecil, supaya tubuh berkenalan dulu dengan obat kanker alami ini. Jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan, hentikan penggunaannya dan segera konsultasikan dan berobat ke dokter. Sebab, resiko terbesar dari penggunaan obat herbal memang adalah dosis yang kurang pasti.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Khasiat Bersepeda, Manfaat Bersepeda, Olahraga Sepeda, By Cycle, Basikal, Bike
Manfaat Masker Kefir, Khasiat Masker Kefir, Cara Membuat Masker Kefir, Jenis-Jenis Masker Kefir, Cara Menggunakan Masker Kefir
Khasiat Sawo, Manfaat Sawo, Manilkara Zapota
Manfaat Masker Bengkoang, Khasiat Masker Bengkoang, Cara Membuat Masker Bengkoang, Jenis-Jenis Masker Bengkoang, Cara Menggunakan Masker Bengkoang
Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu, Cara Membuat Masker Madu, Jenis-Jenis Masker Madu, Cara Menggunakan Masker Madu
Khasiat Timun Suri, Manfaat Timun Suri
Khasiat Markisa, Manfaat Markisa
Khasiat Rokok, Manfaat Rokok, Jenis-Jenis Rokok, Sejarah Rokok
Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur, Cara Membuat Masker Putih Telur, Jenis-Jenis Masker Putih Telur, Cara Menggunakan Masker Putih Telur
Manfaat Daun Kumis Kucing, Khasiat Daun Kumis Kucing, Orthosiphon aristatus
Manfaat Masker Kopi, Khasiat Masker Kopi, Cara Membuat Masker Kopi, Jenis-Jenis Masker Kopi, Cara Menggunakan Masker Kopi
Khasiat Ikan Patin, Manfaat Ikan Patin, Pangasius sp
Manfaat Ikan Lele, Khasiat Ikan Lele, Clarias Sp
Manfaat Ikan Gabus, Khasiat Ikan Gabus, Channa Striata
Manfaat Buah Mengkudu, Khasiat Buah Mengkudu, Morinda citrifolia
Manfaat Buah Salak, Khasiat Buah Salak, Salacca zalacca
Manfaat Buah Tin, Khasiat Buah Tin, Ficus carica
Manfaat Kurma, Khasiat Kurma, Phoenix dactylifera
Manfaat Buah Semangka, Khasiat Buah Semangka, Citrullus lanatus
To Top