Connect with us
Manfaat Daun Sirih Merah, Khasiat Daun Sirih Merah, Piper ornatum

Daun

61 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Sirih Merah – Manfaat Daun Sirih Merah banyak digunakan sebagai hiasan di taman. Tanaman ini sama seperti jenis sirih yang lain yaitu tumbuh merambat. Berbeda dengan sirih hijau atau sirih yang biasa maka sirih merah memiliki bentuk daun yang lebih indah, dengan guratan merah dan hijau pada sisi depan dan belakang daun.

Dalam bahasa ilmiah sirih merah juga disebut dengan Piper ornatum. Sirih sesuai dengan nama ilmiahnya masih termasuk dalam keluarga lada sehingga sifatnya memang hampir sama. Jenis daun sirih merah tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tapi juga untuk mengobati berbagai penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun sirih merah termasuk penyakit peradangan dan juga masalah sendi atau tulang.

Manfaat Daun Sirih Merah, Khasiat Daun Sirih Merah, Piper ornatum

Sifat obat dalam daun sirih merah itu karena daun ini kaya dengan senyawa kimia alami termasuk minyak atsiri, berbagai senyawa anti peradangan, senyawa anti inflamasi dan juga senyawa yang akan berfungsi sebagai antioksidan. Karena fungsinya yang sangat banyak untuk kesehatan maka penelitian tentang sirih merah terus dikembangkan sehingga bisa mempermudah penggunaan obat dalam berbagai bentuk, meskipun yang paling ampuh adalah dengan daun sirih merah yang segar.

Klasifikasi Daun Sirih Merah

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Piperales
  • Family : Piperaceae
  • Genus : Piper
  • Spesies : P. ornatum
  • Nama Ilmiah : Piper ornatum
  • Nama Populer: Sirih merah
  • Habitat Asli: Peru (Amerika)
  • Cara Berkembangbiak : vegetatif (stek dan cangkok)
  • Daun Sirih Merah: daun memiliki tangkai pendek, bentuk daun seperti jantung dengan ujung lancip, tepi daun rata, permukaan daun mengkilap, panjang daun bisa 10 sampai 20 cm. Warna daun hijau, keabuan dan garis mrah. Bagian bawah berwarma merah muda.
  • Buah Sirih Merah: tidak memiliki buah
  • Akar Sirih Merah: tunggang (berbentuk bulat, berwarna kuning kecoklatan)
  • Tinggi Sirih Merah: Tumbuh menyulur tanpa batas sesuai media tanam
  • Habitat: menyukai dataran tinggi, cuaca yang dingin, curah hujan yang cukup, lembab dan tidak suka matahari

Morfologi Tumbuhan Piper ornatum

Tanaman daun sirih merah termasuk tanaman yang tumbuh merambat sesuai media yang tersedia, maksudnya adalah sesuai dengan pilar atau penyangga yang dipasang. Kalau adanya bambu yang dibuat manusia, maka tanaman ini akan merambat ke bambu. Sedangkan kalau tidak ada, maka akan merambat ke pohon-pohon lain di dekatnya.

Batang berbentuk bulat, berwarna hijau atau ungu dan tidak memiliki bunga. Permukaan batang akan sangat kasar jika terpotong tapi akan cepat kering dan halus lagi. Batang akan memiliki jarak buku sebagai tempat daun sebesar 5 sampai 10 cm. Setiap buku dari batang memiliki akar kecil yang bisa digunakan untuk tempat penyebaran sirih merah.

Daun sirih merah sangat khas dengan bentuk jantung, ujung yang runcing dan bagian tepi rata. Bagian permukaan atas daun mengkilap dan tidak kasar. Panjang daun bisa berukuran sampai 20 cm, warna daun hijau dengan corak berwarna putih atau abu-abu. Bagian bawah daun terlihat cerah berwarna merah muda dan jika daun terluka akan mengeluarkan lendir, serta aroma yang sangat khas. Rasa daun biasanya pahit dan agak sepat.

Tanaman sirih merah menyukai daerah yang dingin, lembab dan banyak air. Jika terkena sinar matahari maka akan cepat mati karena batang mulai mengering. Tanaman bisa dikembangkan dengan cepat seperti dengan stek, cangkok atau dengan menundukkan bagian buku batang yang memiliki akar. Akr sendiri berbentuk tunggang, terlihat bulat dan berwarna kuning atau coklat.

Kandungan Kimia dan Gizi Daun Sirih Merah

Ada begitu banyak zat-zat yang terkandung di dalam tanaman obat herbal ini. Sebagaimana sirih jenis dan warna lainnya, tentu saja sirih merah pun mengandung senyawa kimia yang menguntungkan untuk tubuh. Karena berbagai senyawa kimia itulah akhirnya daun yang lazim dijadikan tanaman hias ini bisa digunakan untuk perawatan berbagai penyakit. Beberapa senyawa kimia tersebut adalah seperti:

  • Tannin
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Terpenoid
  • Isoprenoid
  • Cyanogenic
  • Glucoside
  • Glucosinolate
  • Asam amino
  • Hidroksicaviol
  • Kadimen estragol
  • Terpena
  • Fenil propada

Nama Lain Daun Sirih Merah

Pengetahuan mengenai nama-nama daerah atau sinonim dari suatu spesies tanaman obat sangatlah penting. Terutama untuk mereka para pakar biologi, dokter herbal dan ahli gizi. Namun sayangnya untuk spesies Piper ornatum ini tidak memiliki julukan daerah yang khusus. Namun dalam literatur mengenai taksonomi dan klasifikasi tumbuhan, daun sirih merah dikenal dengan beberapa nama ilmiah yang berbeda yaitu:

  • Celebes Pepper
  • Ornamental Pepper
  • Ornate Pepper Vine
  • Red Betel
  • Marmorpeppar

Manfaat Daun Sirih Merah dan Cara Mengolahnya

1. Mengatasi Diabetes Mellitus

Khasiat daun sirih merah bisa untuk mengatasi Diabetes Mellitus. Ini adalah penyakit yang juga disebut dengan nama gula darah atau kencing manis, disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam tubuh. Pemicunya yakni berkurangnya kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin sehingga tubuh gagal mengubah glukosa menjadi energi. Alhasil glukosa ini malah mengendap dalam tubuh dan menyebabkan banyak kerugian seperti rasa lapar, haus, luka susah sembuh dan lemas.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Cuci bersih daun sirihnya
  2. Gunakan 5 lembar saja
  3. Rebus daunnya dengan air 700 ml hingga mendidih
  4. Saring airnya ke dalam gelas, supaya daunnya jangan kebawa
  5. Minum rebusan sirih merah sebanyak sekali dalam sehari
  6. Rutin cek kadar gula darah, apakah sudah normal atau belum

2. Mencegah Gagal Ginjal

Untuk mencegah gagal ginjal, manfaat daun sirih merah patut dicoba. Penyakit gagal ginjal sangat mengancam nyawa. Orang yang kena gagal ginjal harus cuci darah setiap hari atau seminggu sekali demi menunjang kehidupannya. Penyebab gagal ginjal salah satunya adalah karena seringnya konsumsi obat-obatan kimia. Penyakit gagal ginjal seringkali berujung kematian, walau pengobatan mahal secara medis sudah dijalani selama bertahun-tahun.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Siapkan 6 helai daun sirih merah
  2. Cucilah sampai benar-benar bersih
  3. Rebus daunnya tanpa menambahkan bahan lainnya
  4. Jika sudah mendidih, matikan segera apinya
  5. Tampung rebusan sirih merahnya dalam gelas
  6. Biarkan sampai dingin, barulah diminum, 2 kali sehari

3. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat daun sirih merah dapat mencegah terjadinya infeksi bakteri. Di mana bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia memang cenderung akan membuat sakit. Sifat daun suruh abang ini memang bisa jadi antibacterial alami. Jadi tak perlu begitu bergantung pada obat-obatan antibiotik yang sering menimbulkan efek kerusakan pada gigi.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Untuk mencegah infeksi bakteri bisa dengan cara dikonsumsi, maupun dipakai sebagai obat luaran
  2. Untuk obat luaran, bisa langsung ditempelkan ke luar kulit, tapi hati-hati, jangan di bagian yang luka terbuka
  3. Jika dipakai untuk obat oral, minumlah rebusan daun sirih merah ini
  4. Dosisnya adalah 2 kali dalam sehari agar bisa merasakan manfaat daun sirih merah dengan maksimal
  5. Minum selama 7 hari berturut-turut

4. Menurunkan Kadar Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan nama maag sungguh berbahaya bila dibiarkan. Apalagi kalau sudah kronis, artinya bakal sering kumat-kumatan sepanjang tahun. Penyebab maag adalah buruknya pola makan dan stress yang selalu menimpa. Para penderita maag akan memiliki tingkat asam lambung yang sangat tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah manfaat daun sirih merah.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Siapkan 4 lembar sirih merah yang masih muda-muda
  2. Cucilah sampai bersih, tak ada lagi debu di permukaan daunnya
  3. Rajang tipis-tipis daunnya hingga jadi kecil-kecil seperti mie
  4. Jemur daunnya sampai benar-benar kering
  5. Jika sudah kering, ini bisa dijadikan teh untuk diseduh
  6. Minumlah teh sirih merah selama 3 hari dan rasakan hasilnya

5. Meringankan Nyeri Rematik

Tahukah bahwa penyakit rematik sangatlah menyiksa? Buat yang sudah pernah merasakannya pasti sungguh rasanya ingin mati saja. Bagaimana tidak , jika tiap detik tulang dan sendi terasa nyeri? Tentunya sangat tidak nyaman. Buat yang sedang mencari obat rematik alami, cobalah manfaat daun sirih merah. Khasiat sirih merah diyakini mampu menjadi anti piretik yang meredam nyeri rematik.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Cuci sampai bersih daun sirih merahnya
  2. Hingga debu-debunya hilang dan daunnya nampak mengkilat
  3. Jika sudah, silahkan ditumbuk
  4. Kemudian tempelkan ke bagian yang nyeri rematik
  5. Diamkan selama 2 jam
  6. Jika sudah. basuh dengan air hangat agar bekas daunnya hilang

6. Mengobati Mimisan

Mimisan terjadi karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Orang yang mimisan akan mengucurkan darah segar dari lubang hidungnya. Kebanyakan orang akan memilih tiduran atau mendongakkan kepalanya untuk menghentikan laju darah, padahal ini tindakan yang salah karena darah bisa saja malah masuk ke paru-paru, otak atau organ lain dan menyebabkan kematian. Ketika sedang mimisan, cobalah saja pengobatan alternatif dengan manfaat daun sirih merah ini. Namun sifatnya hanyalah sebagai pertolongan pertama saja, untuk hentikan laju pendarahan. Mereka yang mimisan tetap wajib periksa ke dokter supaya tahu penyebab mimisannya.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Siapkan 6 helai daun sirih merah
  2. Lap daunnya hingga permukaannya bersih
  3. Linting daunnya supaya jadi corong roll yang cukup dimasukkan ke lubang hidung
  4. Masukkan lintingan daunnya ke lubang hidung
  5. Saat melakukan pengobatan atau mengambil manfaat daun sirih merah ini dilarang sambil tiduran, jadi posisi badan tetap wajib sambil duduk

7. Memutihkan Kulit Secara Alami

Manfaat daun sirih merah ternyata bisa untuk memutihkan kulit secara alami loh! Siapa juga yang menyangka daun yang lebih dikenal sebagai tanaman hias ini memang memberikan respon yang bagus untuk kulit. Tak perlu khawatir pula bagaimana mengolahnya karena sangat mudah prosedurnya. Jangan ragu mencoba cara perawatan kulit alami dengan daun Piper ornatum.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Coba petik 5 pcs daun sirih merah
  2. Lap atau cuci daunnya sampai bersih
  3. Rebus sirihnya hingga mendidih
  4. Minum air rebusannya rutin, selama 1 bulan
  5. Rasakan hasilnya di hari ke-31
  6. Kulit akan putih cerah, seperti kulit bayi

8. Meringankan Nyeri Peradangan Prostat

Peradangan pada prostat bisa diringankan tingkat nyerinya dengan mengonsumsi manfaat daun sirih merah. Segala penyakit sejatinya ada obatnya tinggal pintar-pintar saja cari jalan alternatif. Ketika sudah sampai pada informasi mengenai khasiat sirih merah ini, maka kini saatnya mempraktekkan langsung obat herbal ini.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Ambil 7 helai daunnya
  2. Manfaat daun sirih merah didapatkan dengan jalan diminum
  3. Rebus daunnya dan ambil sari airnya
  4. Gunakan saringan plastik atau stainless steel untuk menyaring daunnya supaya tidak ikut terbawa masuk ke gelas
  5. Minum air rebusan sirih merah ini selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

9. Menurunkan Kadar Lemak LDL di Tubuh

Bagaimana caranya menurunkan kadar lemak darah di dalam tubuh? Ya, caranya dengan mengambil manfaat daun sirih merah sekarang juga. Khasiat sirih merah sungguh baik dalam menurunkan trigliserida yang kerap memicu diabetes pula ini.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Untuk menurunkan kadar lemak LDL, cobalah manfaat daun sirih merah dengan cara merebusnya
  2. Mula-mula, siapkan daunnya secukupnya
  3. Masukkan daunnya ke dalam panci yang sudah berisi air, pastikan airnya proporsional dengan jumlah daun
  4. Minum air rebusan sirih merah
  5. secara rutin sebanyak 2 kali sehari
  6. Sering perhatikanlah berat badan dan kalau perlu cek darah rutin tuk mengetahui jumlah lemak

10. Menambah Energi untuk Tubuh

Untuk menambah energi di tubuh sangat mudah. Tidak selalu harus minum minuman isotonik kemasannya. Tonik bisa dibuat sendiri dengan manfaat daun sirih merah ini. Rebusan daun sirih merah akan membantu tubuh menyerap energi makanan dengan lebih baik. Sehingga tubuh tidak gampang sakit.

Cara Mengolah Sirih Merah :

  1. Energi di dalam tubuh manusia memang didapatkan melalui makanan, terutama yang memiliki kadar glukosa
  2. Supaya tubuh bisa memperoleh asupan energi yang cukup, cobalah alternatif minuman isotonik berupa rebusan sirih merah
  3. Tidak hanya sirih hijau saja yang bisa dipakai, namun sirih merah juga
  4. Caranya tinggal merebus saja daunnya 4 lembar dengan air 600 ml
  5. Nanti kalau sudah mendidih, airnya didinginkan untuk kemudian diminum, untuk menambah kesegarannya bisa menaburkan sedikit gula merah dan memasukkannya dulu ke lemari es

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah yang Lainnya

11. Menambah Stamina

12. Mengatasi kelelahan akut

13.Mengatasi bau badan

14.Mengobati mata merah

15. Menghilangkan jerawat dengan cepat

16. Mengatasi komedo

17. Mengurangi produksi minyak di wajah

18. Mengatasi bau ketiak

19. Menghilangkan bau vagina

20. Melancarkan kencing

21. Mencegah kanker

22. Melembabkan bibir

23. Membuat kulit tampak kenyal dan halus

24. Menghilangkan nyeri otot

25. Mengatasi stress

26. Menghilangkan perasaan depresi

27. Mengatasi mood swing yang parah

28. Membantu melenyapkan bekas luka

29. Mencegah keloid

30. Mengatasi kerutan di wajah

31. Memutihkan badan

32. Mengangkat daki

33. Menghilangkan bakteri dan kuman

34. Sterilkan tubuh

35. Menjaga kelembaban kulit

36. Mengatur PH kulit

37. Mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh

38. Menguatkan akar rambut

39. Mencegah pendarahan

40. Mengatasi petekie

41. Mengobati purpura

42. Menghilangkan gatal di kulit

43. Meratakan warna kulit

44. Mencegah pecahnya pembuluh kapiler

45. Stabilkan detak jantung

46. Melancarkan peredaran darah

47. Menjadi antioksidan alami

48. Menangkal radikal bebas

49. Mendetoks racun

50. Melancarkan sistem pencernaan

51. Membantu proses metabolisme

52. Menghilangkan nyeri pinggul

53. Mengatasi pembengkakan

54. Meredakan demam

55. Menghangatkan tubuh

56. Menambah nafsu makan

57. Bahan untuk menginang

58. Melegakan napas

59. Mengharumkan mulut

60. Mengatasi pikiran yang kacau

61. Menghilangkan rasa letih

Baca Lagi: 56 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Daun Sirih Merah

Daun sirih merah memang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ini karena senyawa kimia dan kandungan minyak atsiri di dalamnya. Tapi karena banyak senyawa kimia maka jika digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti:

  1. Resiko penyakit mulut berbahaya seperti infeksi dan kanker mulut
  2. Alergi parah sampai anafilaksia
  3. Efek depresi
  4. Efek kecanduan
  5. Kerusakan gigi jika dikunyah berlebihan.

Untuk mencegah terjadinya efek samping seperti di atas, alangkah baiknya sebelum mencoba mengonsumsi sirih merah haruslah melakukan tes sensitivitas dulu. Terkadang ada orang yang bereaksi alergi berlebihan terhadap obat dan tanaman herbal macam ini. Dengan melakukan tes dulu, misalnya minum rebusan sirih berwarna merah ini sedikit demi sedikit, niscaya akan terasa lebih baik dan aman untuk tubuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Khasiat Bersepeda, Manfaat Bersepeda, Olahraga Sepeda, By Cycle, Basikal, Bike
Manfaat Masker Kefir, Khasiat Masker Kefir, Cara Membuat Masker Kefir, Jenis-Jenis Masker Kefir, Cara Menggunakan Masker Kefir
Khasiat Sawo, Manfaat Sawo, Manilkara Zapota
Manfaat Masker Bengkoang, Khasiat Masker Bengkoang, Cara Membuat Masker Bengkoang, Jenis-Jenis Masker Bengkoang, Cara Menggunakan Masker Bengkoang
Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu, Cara Membuat Masker Madu, Jenis-Jenis Masker Madu, Cara Menggunakan Masker Madu
Khasiat Timun Suri, Manfaat Timun Suri
Khasiat Markisa, Manfaat Markisa
Khasiat Rokok, Manfaat Rokok, Jenis-Jenis Rokok, Sejarah Rokok
Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur, Cara Membuat Masker Putih Telur, Jenis-Jenis Masker Putih Telur, Cara Menggunakan Masker Putih Telur
Manfaat Daun Kumis Kucing, Khasiat Daun Kumis Kucing, Orthosiphon aristatus
Manfaat Masker Kopi, Khasiat Masker Kopi, Cara Membuat Masker Kopi, Jenis-Jenis Masker Kopi, Cara Menggunakan Masker Kopi
Khasiat Ikan Patin, Manfaat Ikan Patin, Pangasius sp
Manfaat Ikan Lele, Khasiat Ikan Lele, Clarias Sp
Manfaat Ikan Gabus, Khasiat Ikan Gabus, Channa Striata
Manfaat Buah Mengkudu, Khasiat Buah Mengkudu, Morinda citrifolia
Manfaat Buah Salak, Khasiat Buah Salak, Salacca zalacca
Manfaat Buah Tin, Khasiat Buah Tin, Ficus carica
Manfaat Kurma, Khasiat Kurma, Phoenix dactylifera
Manfaat Buah Semangka, Khasiat Buah Semangka, Citrullus lanatus
To Top