Connect with us
Manfaat Daun Bidara, Khasiat Daun Bidara, Ziziphus mauritiana

Daun

150 Khasiat dan Manfaat Daun Bidara, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Bidara – Manfaat Daun Bidara atau memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana adalah salah satu pohon perdu yang menyukai wilayah tanah yang panas dan kering. Di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda beda seperti Rangga di kawasan Bima, Kalangga di kawasan Sumba, Dara di Jawa dan masih banyak lagi.

Pohon kalangga bisa tumbuh tinggi sampai lebih dari 10 meter. Setiap batang yang bercabang bisa tumbuh menjuntai, lengkap dengan ranting dan memiliki banyak daun. Setiap batang pohon memiliki duri-duri yang pendek dan tajam. Daun yang tumbuh subur di setiap cabang memiliki bentuk elips, lebar daun antara 3 sampai 5 cm, berwarna hijau, dan sangat halus pada permukaan atas dan bawah. Khasiat daun bidara sangat banyak dan sering dianggap sebagai ratu dari daun-daun karena begitu banyaknya khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Manfaat Daun Bidara, Khasiat Daun Bidara, Ziziphus mauritiana

Nama Lain Daun Bidara

Daun bidara dikenal banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Namun setiap daerah memiliki nama yang berbeda sesuai dengan sejarah pertumbuhan dan penyebaran daun bidara. Selain itu di beberapa negara juga dikenal dengan nama lain seperti:

  • Arab : Dum, Tsal
  • Bulgaria : Hinap
  • China : Hong zao, Da tian zao, Zao shu
  • Paris : Jujubier commun
  • Jerman : Brustbeere
  • Yunani : Zizifia
  • India : badari, badara
  • Jepang : Sanebuto natsume
  • Italia : Giuggiole
  • Turki: Hünnap.
  • Vietnam : Táo tàu.

Pohon bidara memiliki bunga berwarna putih kehijauan, dengan diameter bunga sampai 7 mm. Kemudian buah memiliki struktur tepung yang halus pada bagian dalam, warna buah merah atau oranye, diameter bisa sampai 2 cm dan ada struktur keras seperti batu pada bagian dalam. Semua bagian pohon bidara bisa dimanfaatkan termasuk bagian batang, daun, bunga. Tapi daun bidara lebih dikenal sebagai obat tradisional karena mengandung banyak senyawa alami yang tidak ditemukan pada tanaman lain.

Klasifikasi Daun Bidara

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Rosales
  • Family : Rhamnaceae
  • Genus : Ziziphus
  • Spesies : Z. mauritiana
  • Nama Ilmiah : Ziziphus mauritiana
  • Nama Populer: bidara, dara, widara
  • Habitat Asli: Asia Tenggara dan Asia Selatan
  • Cara Berkembangbiak : generatif (biji), vegetatif (stek dan cangkok)
  • Daun bidara: tunggal, berseling, daun bentuk bundar sampai lonjong ukuran 1 sampai 8 cm, tepi daun rata, mengkilap pada bagian atas, bulu halus pada bagian bawah, tangkai pendek.
  • Buah Bidara : bulat, ukuran 4 sampai 6 cm seperti telur, kulit halus dan kasar, mengkilap, berwarna kekuningan, merah atau hitam, daging buah putih, rasa asam, biji ada ada dalam tempurung yang berbentuk tidak beraturan.
  • Akar Bidara: tunggang
  • Tinggi Pohon Bidara: mencapai 15 meter
  • Habitat: tanah yang kering dan panas, juga wilayah tropis

Morfologi Tumbuhan Ziziphus mauritiana

Pohon bidara adalah jenis pohon perdu yang bisa tumbuh dari 5 meter sampai 10 meter. Setiap bagian cabang pohon memili duri yang sangat pendek tapi tajam. Pohon bisa tumbuh subur jika hidup di wailayah yang kering, banyak terdapat sinar matahari, cukup panas. Tapi pohon bidara juga membutuhkan curah hujan yang cukup untuk membantu proses pembentukan daun, batang yang baru dan buah.

Daun bisa berbentuk sedikit lonjong atau bulat dengan ukuran antara 1 sampai 5 cm. Setiap tepi daun berbentuk lebih rapi, terkadang juga bergerigi. Kemudian daun bagian atas lebih mengkilap dan terang dibandingkan daun pada bagian bawah. Memiliki bulu halus yang tumbuh pada bagian bawah dan tidak nyaman jika diusap dengan tangan. Bunga bisa tumbuh di setiap percabangan daun dengan panjang 2 cm, memiliki lebih dari 15 kuntum bunga, berwarna kuning dan harum.

Kandungan Kimia dan Gizi Daun Bidara

Selain buahnya yang lezat untuk dirujak, ternyata khasiat daun bidara untuk kesehatan pun melimpah. Daun ini sering digunakan untuk obat herbal karena kaya dengan kandungan senyawa kimia seperti dibawah ini:

  • Tannin (ziziphotannic acid)
  • Oleanolic acid
  • Betulonic acid
  • Alkaloid
  • Katekin
  • Proanthocyanidin
  • Epicatechin
  • catechin gallate
  • epigallocatechin
  • epiafzelechin
  • saponin

Baca Lagi: 45 Khasiat dan Manfaat Daun Salam, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Daun Bidara dan Cara Mengolahnya

1. Mengatasi Infeksi Bakteri

Mula-mula, manfaat daun bidara bisa mengatasi infeksi bakteri. Ini disebabkan sifatnya yang memang anti bacterial sehingga bisa menjadi antibiotic alami yang tidak memiliki efek samping buruk dalam penggunaan jangka panjang. Seperti diketahui bahwa obat-obatan antibiotic itu memiliki dampak yang keras untuk tubuh, seperti bisa membuat tubuh jadi resisten atau malah kebal. Selain itu penggunaan antibiotic juga bisa merusak gigi.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Siapkan daun bidara sebanyak 7 lembar
  2. Cuci sampai bersih sampai kotorannya hilang
  3. Tumbuk daunnya
  4. Masukkan ke dalam baskom berisi air, aduk-aduk
  5. Saring airnya untuk kemudian dipakai untuk membasuh area di sekitar yang terinfeksi, ramuan ini bisa pula untuk mencegah infeksi

2. Membuat Jamu Kuat

Manfaat daun bidara bisa membuat jamu yang kuat, ini artinya jenis daun widara memang dapat menjadi alternatif bahan jamu, selain kunyit, kencur, beras, asam jawa dan dedaunan herbal lainnya. Jamu kuat maksudnya adalah jamu yang bisa meningkatkan stamina tubuh. Alangkah baiknya buat mencampur pula buah bidara dalam jamunya.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Cuci 9 lembar daun bidara
  2. Rebus dengan 1 liter air sampai mendidih
  3. Bisa menambahkan gula atau bahan herbal lainnya untuk campuran seperti madu dan jahe
  4. Tambahkan pula buah bidara yang sudah dirajang-rajang, ketika sudah matang jamunya ini
  5. Dinginkan sampai hangat kuku
  6. Minumlah secara rutin sebanyak 3 kali sehari

3. Menyembuhkan Pegal Linu

Khasiat daun bidara sangat ampuh untuk menyembuhkan pegal linu. Biasanya mereka yang merasakan pegal linu adalah yang memiliki penyakit asam urat. Manfaat daun dara ini efektif bilamana diolah dengan cara-cara di bawah ini:

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Siapkan 7 helai daun bidara
  2. Cuci sampai bersih sekali dan tak ada lagi kotoran yang menempel
  3. Rebuslah daunnya bersama dengan gula pasir dan air sekitar 1200 ml
  4. Jika sudah, dinginkan jamu pegal linu widara ini
  5. Minumlah rutin sebanyak 2 kali dalam sehari

4. Menurunkan Panas Demam

Manfaat daun bidara bagus sekali untuk menurunkan panas demam. Memang demam atau naiknya suhu tubuh secara drastis ini tidak mesti harus segera diobati dengan obat-obatan, tapi harus dicoba dulu dengan bahan alami seperti daun kalangga ini. Tak perlu khawatir akan resikonya, segala yang alami cenderung punya resiko yang sedikit, apalagi daun dara ini yang memang tergolong daun yang diberkahi Tuhan.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Siapkan 5 lembar daun sirih
  2. Cuci hingga bersih dari debu yang menempel
  3. Celupkan ke dalam baksom berisi air 1 liter
  4. Tambahkan potongan jeruk nipis 1 butir
  5. Diamkan selama 3 menit sambil diaduk-aduk

5. Menyucikan Jenazah Orang Meninggal

Mereka yang meninggal sudah tentu akan disucikan supaya tubuhnya sah dan baik untuk dikubur. Memandikan jenazah juga punya tujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit sebelum jenazah dikubur. Kecuali pada kasus-kasus penyakit tertentu yang membahayakan sekali karena mengancam beredarnya virus, tentu menyucikan jenazah menjadi tabu dan tidak layak dilakukan. Manfaat daun bidara sangat bagus sebagai bahan campuran air untuk memandikan mayat. Khasiat daun dara ini sanggup membuat mayat jadi steril dan layak dikebumikan.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Siapkan 50 lembar daun bidara yang masih segar-segar dan muda
  2. Taroh ke dalam bak penampungan air yang telah disiapkan untuk memandikan jenazah
  3. Diamkan selama minimal 4 jam
  4. Aduk-aduk dulu sebelum digunakan
  5. Daun ini sungguh bisa untuk membantu mandikan jenazah yang hendak dikubur

6. Meremajakan Kulit

Pernahkah membayangkan memiliki tubuh yang awet muda? Caranya ternyata tidak sulit-sulit amat, bisa kok dengan rutin mencoba manfaat daun bidara ini. Khasiat daun kalangga memang sanggup membuat kulit mengalami perbaikan sel-sel sehingga menjadikannya salah satu jenis daun herbal yang mampu menutrisi kulit. Apalagi tanaman indiam plum ini memiliki buah yang juga efektif buat memperbaiki kulit.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Tidak ada cara paling ampuh untuk meremajakan kulit selain dengan meminum ramuan herbal yang didampingi pula dengan perawatan kulit dari luar
  2. Meremajakan kulit ini akan berlangsung hanya dalam waktu 7 harian saja
  3. Jadi manfaat daun bidara memang cukup cepat tuk melakukannya
  4. Efek peremajaan menjadi permanen jika rutin konsumsi daun Ziziphus mauritiana ini
  5. Cukupi pula nutrisi dan gizi kulit dengan banyak makan buah-buahan, seperti buah bidara juga ada

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagaimana caranya mencerahkan kulit wajah? Ini ternyata sangat mudah, tinggal rasakan saja khasiat daun bidara. Manfaat daun bidara sungguh efektif buat cerahkan wajah hingga tingkat yang paling maksimal. Hanya saja ada yang perlu dipahami bahwa meskipun daun ini memang baik untuk kulit, tapi manusia tetap harus menjaga kesehatan kulitnya melalui asupan makanan jenis lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran. Penggunaan krim dan treatment kecantikan dari dokter kulit dan estetika juga masih diperbolehkan untuk dilakukan.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Ambillah 8 helai daun bidara, cuci bersih
  2. Tumbuk daunnya hingga lembut
  3. Tetesi dengan perasan jeruk nipis sebutir
  4. Tempel ke wajah jadikan masker
  5. Rutinlah pakai daun ini hingga wajah nampak jauh lebih cerah

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagaimana caranya mencerahkan kulit wajah? Ini ternyata sangat mudah, tinggal rasakan saja khasiat daun bidara. Manfaat daun bidara sungguh efektif buat cerahkan wajah hingga tingkat yang paling maksimal. Hanya saja ada yang perlu dipahami bahwa meskipun daun ini memang baik untuk kulit, tapi manusia tetap harus menjaga kesehatan kulitnya melalui asupan makanan jenis lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran. Penggunaan krim dan treatment kecantikan dari dokter kulit dan estetika juga masih diperbolehkan untuk dilakukan.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Ambillah 8 helai daun bidara, cuci bersih
  2. Tumbuk daunnya hingga lembut
  3. Tetesi dengan perasan jeruk nipis sebutir
  4. Tempel ke wajah jadikan masker
  5. Rutinlah pakai daun ini hingga wajah nampak jauh lebih cerah

8. Mengangkat Daki yang Menempel

Untuk mengangkat daki yang menempel, manfaat daun bidara pun sanggup melakukannya. Maklum saja, khasiat daun ini sungguh akan memberikan perlindungan yang ekstra pada lapisan kulit luar agar selalu tampil bersih. Daki terjadi karena akumulasi kotoran di kulit, biasanya akan sulit hilang hanya dengan mandi pakai sabun biasa. Butuh scrub khusus seperti daun widara ini.

Cara Mengolah Daun Bidara

  1. Cukup siapkan 7 helai daun bidara
  2. Cuci hingga kotoran di permukaan daunnya hilang
  3. Remas-remas
  4. Gunakan untuk luluran dengan cara menempelkannya ke bagian yang ada dakinya, misalnya paha dan betis
  5. Gosok-gosok daunnya selama 15 menit
  6. Rasakan hasilnya, daki akan terangkat sempurna sehingga kulit menjadi bersih dan cerah

9. Menyembuhkan Panas Dalam

Bagaimana caranya menyembuhkan panas dalam? Untuk sembuhkannya ternyata ada cara yang sangat mudah, yakni dengan manfaat daun bidara. Khasiat daun yang juga disebut Chinese Apple ini sungguh akan memberantas bakteri penyebab panas dalam. Tak perlu khawatir lagi akan siksaan panas dalam yang kerap membuat tenggorokan dan rongga mulut sangat tidak nyaman.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Siapkan segelas air bersih sekitar 300 ml di dalam panci
  2. Masukkan 3 lembar daun bidara yang sudah dicuci
  3. Panaskan pancinya hingga air dan daunnya mendidih
  4. Matikan apinya jika sudah mendidih
  5. Tunggu ramuannya hangat-hangat kuku biar bisa diminum rutin
  6. Dosis minumnya adalah 2 kali sehari

10. Obat Sakit Perut

Sedang mencari obat sakit perut alami? Untuk membuatnya sangat mudah kok, tinggal dibuat saja jamu dara yang sungguh efektif meringankan nyeri perut dalam hitungan menit. Namun jika dirasa susah mengolah daun ini, baiknya daunnya digunakan untuk obat luaran saja dengan cara ditempel di perut. Nantinya kandungan daun Ziziphus mauritiana ini akan bekerja dari luar tubuh memberikan sensasi hangat dan anti piretik.

Cara Mengolah Daun Bidara:

  1. Untuk obat sakit perut, manfaat bidara bisa digunakan secara oral maupun cukup ditempelkan di tubuh saja
  2. Jika untuk diminum, buatlah jamu bidara dengan merebusnya
  3. Sedangkan kalau dipakai untuk obat luaran, tinggal tempelkan saja daunnya ke perut
  4. Untuk mencapai hasil maksimalnya bisa dengan ditambah minyak kayu putih dan bawang merah
  5. Gunakan obat alami dari daun widara ini hingga sakit perut benar-benar sembuh

Baca Lagi: 51 Khasiat dan Manfaat Daun Kelor, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat dan Manfaat Daun Bidara yang Lainnya

11. Mengurangi nyeri otot

12. Mengatasi insomnia

13. Membantu diet

14. Menambah nafsu makan

15. Mengobati sakit kepala

16. Mengatasi sakit gigi

17. Melembabkan bibir

18. Mengatasi sakit jantung

19. Mengobati radang

20. Mencegah gangguan paru-paru

21. Menurunkan tekanan darah tinggi

22. Mencegah asam urat

23. Mengobati asam urat

24. Membesarkan otot

25. Memutihkan kulit

26. Mencerahkan wajah yang gelap

27. Memudarkan flek hitam

28. Menjaga berat badan supaya selalu ideal

29. Mencegah masuknya radikal bebas

30. Mencegah terjadinya penyakit kanker

31. Mengobati hepatitis

32. Menurunkan asam lambung penyeban penyakit maag

33. Mengobati kencing bernanah dan berdarah

34. Mencegah osteoporosis

35. Melancarkan siklus haid

36. Membantu proses penyembuhan luka

37. Obat masuk angin

38. Menyembuhkan perut yang kembung

39. Mencegah dan mengatasi diabetes

40. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

41. Mengobati batuk TBC

42. Membuat kulit jadi kenyal

43. Mencegah kerusakan pori-pori kulit

44. Melancarkan buang air besar

45. Melancarkan buang air kecil

Efek Samping Daun Bidara

Daun bidara yang sering digunakan untuk obat atau terapi herbal memang sangat berkhasiat. Tapi semua itu bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan dosis yang tepat. Jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping seperti:

  1. Kecanduan
  2. Perubahan suasana hati yang buruk
  3. Ketidakjelasan dosis yang dapat menyebabkan overdosis
  4. Mual
  5. Muntah

Biar bagaimana pun yang namanya obat herbal memang tidak enak rasanya karena ini jamu yang pahit dan tidak mengandung glukosa. Namun jangan khawatir, bagian dari tanaman bidara yang dapat dimanfaatkan itu tidak hanya daunnya saja, namun buahnya juga bisa. Rasa buah yang manis dan asam bisa menetralkan rasa daun yang cenderung agak pahit. Maka tak heran bila daun ini pun biasanya diolah bersamaan dengan buahnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top