Connect with us
Manfaat Buah Tin, Khasiat Buah Tin, Ficus carica

Buah

117 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Buah Tin  – Manfaat Buah Tin, ara, fig atau Ficus carica L dan berbagai nama lain. Buah ini memang sedang dikenal sebagai buah primadona di Indonesia, meskipun di beberapa negara barat buah tin sudah lama dikenal sebagai buah untuk konsumsi sehar-hari. Buah ini juga memiliki kaitan dengan agama Islam, dimana disebutkan dalam ayat Al Quran Surat At Tin, ayat 1. Pohon buah yang masih termasuk dalam keluarga pohon beringin ini juga memiliki hubungan dengan agama Kristen yang termasuk dalam isi Al Kitab, Perjanjian Lama, dimana berkaitan dengan karakter kebaikan dan kejahatan. Dibalik semua hubungan itu ternyata ada banyak manfaat buah tin untuk manusia.

Pada lahan yang subur seperti di Indonesia sebenarnya pohon buah tin bisa tumbuh dengan baik tanpa perawatan yang rumit. Pohon ini hanya membutuhkan curah hujan dan panas yang cukup. Tanaman bisa memiliki banyak buah yang menempel pada bagian batang utama dan cabang batang. Meskipun banyak manfaat buah tin, tapi bagian getah dari batang atau bagian tanaman yang lain bisa menghasilkan getah yang akan menyebabkan alergi dan iritasi kulit.

Manfaat Buah Tin, Khasiat Buah Tin, Ficus carica

Nama Lain Buah Tin

Setiap negara atau bagian daerah tertentu memiliki panggilan yang berbeda untuk buah tin. Meskipun dalam agama buah ini hanya disebut dalam dua nama yaitu buah tin dan buah ara. Karena itu selain dengan nama buah tin, maka buah ini memiliki nama lain yaitu:

  • Iran : Anjeer
  • Pakistan: Anjeer
  • Bengali: Dumur
  • Inggri / Amerika : Fig

Buah tin sebenarnya adalah memang buah ajaib untuk manusia. Manfaat buah tin sangat baik untuk menjaga kesehatan tekanan darah, mengatasi obesitas dan bahkan penyakit kanker. Ini karena buah tin mengandung berbagai nutrisi dan senyawa alami yang sangat berkhasiat. Bahkan ahli pengobatan mengatakan jika cara mengkonsumsi dan mengolah buah tin yang berbeda, bisa mengatasi penyakit tertentu. Karena itulah kita percaya bahwa buah tin termasuk salah satu buah yang benar-benar diturunkan dari surga.

Klasifikasi Buah Tin

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Rosales
  • Family : Moraceae
  • Genus : Ficus
  • Spesies : F. carica
  • Nama Ilmiah : Ficus carica L.
  • Nama Populer: tin, ara, fig
  • Habitat Asli: Asia Barat (kawasan Arab)
  • Cara Berkembangbiak : vegetatif (stek dan cangkok)
  • Daun tanaman buah tin: menjari ada 3 atau 5 ruas, tunggal dan berwarna hijau
  • Buah tanaman buah tin: berwarna hijau saat mentah dan ungu, coklat, merah atau kuning saat matang.
  • Akar buah tin : Tunggang
  • Tinggi Pohon Buah Tin : bisa mencapai 10 meter
  • Habitat: Tropis, Mediteranian dan negara empat musim

Morfologi Tumbuhan Ficus carica

Tanaman buah tin yang memang masih satu keluarga buah buah beringin bisa tumbuh sampai 10 meter. Ada beberapa spesies yang berbeda dari buah tin termasuk seperti Cadosous, persistent dan intermediate. Bentuk batang memiliki karakter batang yang lunak, bisa mengeluarkan getah yang akan memicu alergi atau iritasi kulit. Tanaman ini sebenarnya mudah untuk ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Akar tanaman termasuk dalam akar tunggung. Bentuk bunga biasanya tidak terlihat jelas namun berkelamin lebih banyak. Kemudian setelah itu akan tumbuh buah yang berukuran antara 3 sampai 5 cm. Buah akan berwarna hijau saat masih mentah. Kemudian buah akan berwarna coklat, merah atau ungu saat sudah matang. Manfaat buah tin yang sangat banyak dibuktikan dengan rasa yang sangat manis, mengandung air, berserabut dan memiliki banyak biji di dalamnya.

Kandungan Kimia dan Gizi Buah Tin

Manfaat buah tin yang bisa diambil dari daging buah yang lunak dan berserabut memang sangat banyak. Manfaat ini sebenarnya didapatkan dari kandungan senyawa kimia alami dan juga gizi dalam buah tin. Berikut ini daftar kandungan yang terdapat dalam buah tin.

  • Magnesium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalium
  • Serat
  • Asam amino
  • Fosfor
  • Sodium
  • Gula
  • Vitamin A
  • Flavonoid
  • Asam laksatif
  • Coumarin
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Phenol
  • Pektin
  • Omega 3
  • Omega 6

Baca Lagi: 150 Khasiat dan Manfaat Daun Bidara, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Buah Tin dan Cara Mengolahnya

1. Bisa Membantu Mencegah Sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah tin. Buah ini mengandung serat yang cukup banyak yaitu sekitar 5 gram per buah. Kandungan serat bisa membuat usus bekerja lebih baik. Serat larut juga akan mendorong agar kotoran dalam usus besar bisa bersih sehingga efektif untuk mengatasi sembelit. Bahkan jika Anda baru saja mengalami sembelit maka buah tin akan efektif untuk mengatasi sulit buang air besar. Jika dikonsumsi secara teratur maka manfaat buah tin akan membuat tubuh dan usus Anda akan lebih bersih dan sehat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara diet yang sehat maka buah tin akan sangat tepat untuk solusi Anda. Buah tin akan membuat berat badan turun dengan cepat dengan cara yang sangat alami. Pertama buah tin mengandung kalori yang cukup ringan sehingga tidak akan menambah berat badan. Kemudian buah tin yang mengandung serat cukup tinggi maka akan membuat usus menjadi bersih dan sehat. Akhirnya buah tin yang bisa digunakan untuk diet maka benar-benar akan menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat buah tin maka Anda bisa mengkonsumsi buah tin secara rutin.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah tin ternyata juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat akan menyebabkan efek seperti kondisi penyakit jantung dan juga komplikasi penyakit yang lain. Buah tin mengandung pektin yang tergolong dalam serat larut. Serat ini yang akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih sehat. Akhirnya kolesterol dalam tubuh akan terbawa ke dalam saluran pencernaan dan terbuang dari feces. Kemudian buah tin yang mengandung pektin ini memang efektif menjadi obat pencahar alami sehingga benar-benar membersihkan usus. Untuk mendapatkan manfaat buah tin ini maka lebih baik mengkonsumsi buah tin yang matang tanpa gula atau susu.

4. Mencegah Kanker Usus

Kanker usus adalah penyakit yang sangat mengerikan dan biasanya memang sulit untuk disembuhkan, meskipun peluang kesembuhan itu tetap ada. Namun daripada terkena penyakit kanker usus maka lebih baik untuk mencegahnya. Manfaat buah tin bisa membantu mencegah kanker usus dengan cara yang sangat alami. Makan buah tin akan mendorong usus bekerja keras dan meningkatkan proses metabolisme pencernaan. Akhirnya serat yang terkandung dalam buah tin juga akan membersihkan usus secara alami. Hasilnya tidak ada sel jahat yang akan berkembang dalam usus Anda.

5. Membantu Menjaga Jantung yang Sehat

Jantung yang sehat adalah sumber kehidupan yang sangat baik untuk manusia. Jika Anda melihat kandungan nutrisi buah tin, maka buah ini kaya dengan phenol, omega 6 dan omega 3. Ketiga bahan alami ini sangat penting untuk menjaga agar jantung bisa bekerja maksimal dan tetap sehat. Efek makan buah tin akan membuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Manfaat buah tin ini memang sangat luar biasa karena bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengeluarkan semua kolesterol jahat dan menjaga kerja jantung seimbang.

6. Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara sering menyerang wanita yang sudah mengalami face menopause. Kanker payudara banyak dipengaruhi oleh sistem hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. Ketika hormon tidak seimbang maka sistem kekebalan tubuh akan menurun, dan saat itu sel-sel penyebab kanker akan tumbuh. Manfaat buah tin untuk mencegah kanker payudara sebenarnya berasal dari kandungan antioksidan dalam tubuh. Semua bahan ini sangat efektif untuk mencegah aktifnya radikal bebas dalam tubuh.

7. Bisa Mengendalikan Kadar Gula

Kadar gula menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk penderita diabetes. Diabetes banyak terjadi pada orang tua dan sekarang juga bisa pada anak muda dan usia dewasa. Semua ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup yang kurang sehat. Untungnya ada manfaat buah tin yang sangat penting untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Kandungan serat dan kalori yang rendah akan membuat tubuh menerima gula yang tidak terlalu banyak. Kemudian gula alami dalam buah tin memang bisa membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh.

8. Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang akan memicu terjadinya serangan stroke dan serangan jantung. Ini sungguh penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi natrium dan juga gaya hidup yang kurang sehat. Buah tin yang mengandung kalium sangat baik untuk mencegah kedua penyakit ini. Kalium akan membuat jantung bekerja lebih sehat dimana ini sangat penting untuk mencegah tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat buah tin maka bisa mencoba mengkonsumsi buah tin yang sudah matang.

9. Menjaga Paru-Paru yang Sehat

Buah tin juga bisa membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Ini karena buah tin memang mengandung senyawa alami seperti choumarin dan fenol. Kedua bahan ini bisa menjaga agar paru-paru bekerja maksimal dan memberi perlindungan untuk paru-paru sendiri. Karena itu jika menderita asma, radang paru-paru dan beberapa penyakit paru-paru lain maka bisa mendapatkan manfaat buah tin dengan cara rajin makan buah tin setiap hari.

10. Mengatasi Disfungsi Seksual

Manfaat buah tin yang sangat terkenal sejak dahulu kala adalah buah ini bisa membantu mengatasi disfungsi seksual. Buah tin mengandung vitamin yang sangat lengkap dan mineral yang bisa menjadi dorongan energi untuk tubuh wanita dan pria dewasa. Berbagai jenis bahan ini ternyata memang sering digunakan untuk meningkatkan stamina pasangan suami istri. Dan percaya atau tidak, ternyata buah tin memang sangat efektif untuk menjaga kesuburan pria dan wanita saat masih usia muda.

11. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah tin memang buan yang kaya dengan kalsium. Kalsium adalah bahan utama untuk menjaga kesehatan tulang dan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Kemudian buah tin juga mengandung fosfor yang akan bekerja untuk membantu proses pembentukan materi tulang. Kandungan mineral ini bisa mengatasi penyakit osteoporosis dan juga masalah kesehatan tulang. Dengan makan buah tin setiap hari maka Anda bisa mendapatkan manfaat buah tin yaitu untuk menjaga kesehatan tulang.

12. Mencegah Penurunan Kalsium Tubuh

Jika Anda melakukan diet tinggi sodium maka Anda akan mengalami resiko penurunan jumlah kalsium tubuh. Semua ini terjadi karena tubuh tidak dapat mempertahankan jumlah kalsium yang murni. Namun untuk mencegah penurunkan kalsium dalam tubuh ternyata ada cara yang sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah tin. Manfaat buah tin ini sangat baik untuk semua orang termasuk anak kecil, karena kehilangan kalsium akan menyebabkan penyakit seperti asam urat dan resiko keracunan.

13.  Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Orang tua dan orang lanjut usia sering mengalami masalah kesehatan mata. Ini karena bagian makula mata terus terluka dan mengalami penurunkan fungsi sel sel makula yang cepat. Buah tin adalah buah yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Jumlah vitamin ini melebihi kebutuhan manusia setiap harinya. Ini juga dipengaruhi dari warna buah tin yang merah atau keunguan yang bisa menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah ara setiap hari maka Anda bisa menjaga kesehatan mata dan tidak akan mengalami masalah mata saat tua nanti.

14. Membantu Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya terjadi ketika tubuh Anda sangat lemah atau ketika bersamaan dengan sakit seperti sakit flu atau batuk. Radang tenggorokan akan sangat mengganggu karena bisa membuat Anda merasa sakit untuk bicara dan sulit untuk menelan makanan. Buah tin bisa membuat otot pada tenggorokan lebih santai. Kemudian buah tin yang kaya dengan vitamin C juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan bisa mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat buah tin ini maka Anda bisa membuat jus buah tin tanpa menambah gula atau susu, sehingga nutrisinya tidak akan rusak.

15. Memperlancar ASI

Jika ibu menyusui ingin mendapatkan ASI yang lancar maka bisa mencoba mengkonsumsi buah tin. Buah tin mengandung senyawa yang akan membuat kelenjar susu bekerja maksimal. Manfaat buah tin untuk memperlancar ASI bisa didapatkan dengan cara mengolah buah tin menjadi jus atau buah tin bisa dimakan langsung setelah matang sempurna.

16. Membantu Mengatasi Asma

Buah tin adalah termasuk buah yang akan membantu mengatasi asma untuk penderita asma. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang bisa membuat penderita mengalami sesak nafas dan resiko gagal nafas sampai kematian. Kandungan senyawa seperti phenol ternyata sangat baik untuk mencegah serangan asma. Jadi untuk penderita asma untuk mendapatkan manfaat buah tin maka bisa mencoba membuat jus buah tin atau dengan makan buah tin secara langsung.

Khasiat dan Manfaat Buah Tin yang Lainnya :

  1. Membantu mengencerkan dahak
  2. Menjaga kesehatan usus besar dan usus kecil
  3. Membantu menjaga kesehatan liver
  4. Membantu membersihkan tubuh dari racun
  5. Mencegah pendarahan haid berlebihan
  6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Baca Lagi: 140 Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Buah Tin

Manfaat buah tin memang sangat banyak, baik untuk kesehatan anak-anak sampai orang lanjut usia. Buah tin kaya dengan berbagai senyawa dan nutrisi yang memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun buah tin juga bisa menyebabkan bahaya atau efek samping, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini efek samping buah tin untuk kesehatan:

  1. Diare
  2. Gangguan pencernaan
  3. Mual dan muntah
  4. Kerusakan gigi
  5. Alergi
  6. Pendarahan (saat operasi, setelah operasi dan , melahirkan)

Nah karena banyak efek samping yang mungkin belum pernah Anda pikirkan , maka sekarang saat makan buah tin harus bijak ya. Jangan makan buah tin berlebihan karena memang bisa membuat tubuh sakit. Selain itu jika mengalami reaksi alergi maka cobalah untuk segera ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Buah

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top