Connect with us
Manfaat Buah Salak, Khasiat Buah Salak, Salacca zalacca

Buah

70 Khasiat dan Manfaat Salak, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Buah Salak – Manfaat Buah Salak, snake fruit atau buah bersisik dan memiliki banyak nama lain. Buah salak termasuk buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Buah salak menyukai iklim yang subur dan cuaca yang dingin. Dalam bahasa ilmiah buah salak juga disebut dengan Salacca zalacca, yang termasuk dalam tanaman palma dan tergabung dalam keluarga Arecaceae. Manfaat buah salak memang sudah dikenal sejak lama. Buah ini sering dijadikan buah camilan diatas meja makan, untuk berbagai acara dan kepentingan lain.

Buah salak bisa dimakan langsung, diolah menjadi asinin atau manisan. Bahkan sekarang sudah  banyak inovasi untuk mengolah buah salak seperti dibuat menjadi keripik dan selai. Rasa buah salak manis dan renyah. Jika Anda membuka kulit bersisik maka Anda menemukan daging buah salak berwarna putih yang masih dibungkus dengan selaput tipis  berwarna putih. Kemudian pada bagian dalam ada biji salak yang berwarna hitam dan bisa ditanam langsung ke tanah.

Manfaat Buah Salak, Khasiat Buah Salak, Salacca zalacca

Pohon salak yang masih keluarga palma memang memiliki bentuk yang hampir sama. Hanya saja pada bagian bawah yang dekat dengan tempat buah banyak ditemukan duri tajam. Ragam manfaat buah salak sebenarnya bersumber dari senyawa dan nutrisi termasuk mineral, vitamin dan zat lain yang ditemukan dalam buah salak. Untuk mendapatkan semua nutrisi ini maka dibutuhkan cara makan yang berbeda-beda.

Nama Lain Buah Salak

Meskipun buah salak banyak dikenal di Indonesia, di beberapa negara salak juga bisa tumbuh dengan mudah. Hanya saja beberapa negara atau wilayah memiliki nama panggilan yang berbeda untuk buah salak. Berikut ini nama-nama buah salak sesuai dengan negaranya:

Indonesia : Salak

Inggris/ Thailand : snake fruit

Buah salak memang tidak dikenal terlalu luas. Bahkan beberapa negara sama sekali tidak memiliki buah Salacca zalacca, seperti misalnya Vietnam. Di Arab, Amerika, Philiphina, Jerman dan negara lain mendatangkan buah salak dari Indonesia. Jadi hanya ada dua nama untuk salak yaitu salak dan snake fruit.

Klasifikasi Buah Salak

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Arecales
  • Family : Arecaceae
  • Genus : Salacca
  • Spesies : S. zalacca
  • Nama Ilmiah : Salacca zalacca
  • Nama Populer: Salak, Snake Fruit, Snake Skin Fruit
  • Habitat Asli: Thailand
  • Cara Berkembangbiak : vegetatif
  • Daun Salak : majemuk, menyirip, panjang sampai 7 meter
  • Buah Salak: bentuk segitiga, pangkal runcing, ujung bulat, panjang sampai 8 cm, dibungkus selaput putih.
  • Akar Pohon Salak : Serabut
  • Tinggi Pohon Salak : bisa mencapai 5 meter
  • Habitat : hutan hujan tropis

Morfologi Tumbuhan Salacca zalacca

Pohon salak adalah salah satu jenis tanaman perdu yang tidak memiliki bagian batang. Tanaman salak pada bagian bawah mengandung banyak duri tajam, dan anak-anak pohon salak berkembang dari tempat tersebut. Pohon salak memiliki akar serabut yang sangat kuat dan menancap sampai ke permukaan tanah. Lalu bagian akar membentuk rimpang yang bisa berukuran kurang lebih 15 cm.

Dari tempat tersebut juga muncul daun salak dengan bentuk majemuk dan menyirip dengan panjang sampai 7 meter. Tangkai daun dan pelepah pohon salak memiliki banyak cabang anak dan terdiri dari banyak duri. Duri bisa panjang atau pendek,berwarna hijau atau kehitaman. Bagian bunga memiliki dua rumah yang terletak di bagian tongkol yang majemuk dan bersumber dari ketiak duan. Kemudian satu tongkol akan menjadi bunga jantan dengan panjang sampai 100 cm, ada 4 sampai 12 bagian bulir yang memiliki panjang antara 8 sampai 15 cm. Sedangkan satu tongkol lagi adalah tongkol betina yang memiliki ukuran antara 9 sampai 30 cm dengan bulir hanya 1 atau 3 bulir saja tapi bisa memiliki panjang sampai 10 cm.

Buah salak terbungkus oleh lapisan kulit bersisik yang keras dan mengandung duri tajam yang lembut. Setiap buah akan lonjong atau berbentuk segitiga dimana bagian pangkalnya runcing dan ujungnya lebih bulat. Satu buah biasanya terdiri dari 3 daging buah yang berbeda ukuran. Daging buah ditutup oleh lapisan kulit air putih dan ada biji hitam di bagian dalamnya.

Kandungan Kimia dan Buah Salak

Pada awalnya buah salak dianggap sebagai buah camilan saja dan tidak bermanfaat untuk kesehatan. Tapi para peneliti menemukan berbagai fakta mengejutkan bahwa salak mengandung nutrisi dan senyawa alami yang sangat khusus. Berikut ini adalah berbagai senyawa dan kandungan gizi dalam buah salak.

  • Serat
  • Protein
  • Gula
  • Kalium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Beta karoten
  • Thiamin
  • Pektin
  • Saponin
  • Tanin

Baca Lagi: 22 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Buah Salak dan Cara Mengolahnya

1. Baik untuk menjaga kesehatan mata

Manfaat buah salak ternyata bisa menjaga kesehatan mata. Ini mungkin hal yang tidak diketahui banyak orang, karena mereka hanya mengenal wortel dan tomat yang baik untuk mata. Salacca zalacca bisa menjaga kesehatan mata karena mengandung beta karoten. Senyawa ini biasanya memberikan warna oranye atau merah kekuningan pada buah dan sayuran. Salak juga bisa menjaga kesehatan mata karena kaya dengan kandungan vitamin A yang sangat alami. Akibatnya salak akan mencegah kebutaan dan penyakit mata lain yang masih berhubungan dengan nutrisi.

2. Bisa menyembuhkan diare

Beberapa senyawa dan nutrisi yang sudah terbukti bermanfaat untuk tubuh dari salak termasuk seperti saponin, tanin, flavonoid dan beta karoten. Ketiga senyawa ini sangat penting untuk menyembuhkan sakit perut dan diare. Kandungan kulit terluar yang sangat tipis dari buah salak bahkan bisa menyerap cairan usus sehingga diare cepat berhenti. Karena itu jika ingin mendapatkan manfaat buah salak untuk menghentikan diare, maka makan salak tanpa mengupas kulit epidermisnya.

3. Menjaga ingatan Anda

Entah percaya atau tidak, itu terserah Anda. Tapi ternyata manfaat buah Salacca zalacca bahkan bisa menjaga sistem memori otak. Memori sangat penting untuk manusia karena sistem tubuh kita juga sangat tergantung kepada memori otak. Ketika bagian syaraf di otak yang berfungsi untuk menjaga memori melemah maka kita bisa kehilangan banyak fungsi, termasuk saat bekerja. Kandungan penting dari buah salak yaitu pektin dan kalium ternyata sangat baik untuk memori. Bahkan kedua bahan ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi kognitif sehingga bisa mencegah masalah akibat melemahnya sistem kerja tubuh.

4. Membantu mencegah diabetes

Diabetes menjadi masalah yang sangat serius untuk semua orang. Biasanya penderita diabetes merasa takut untuk makan karena merasa makanan tertentu mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Buah yang memiliki rasa manis juga bisa menyebabkan kadar gula meningkat dengan cepat. Namun sangat berbeda dengan buah salak, karena buah yang manis ini sama sekali tidak menyebabkan diabetes. Semua itu terjadi karena buah mengandung pterostilbene yang bisa membantu menurunkan kadar gula dengan cepat. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk makan buah salak.

5. Menjaga kesehatan jantung

Apakah Anda tahu apa fungsi kalium untuk tubuh? Kalium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga fungsi jantung. Ketika kandungan kalium dalam tubuh cukup maka tubuh Anda juga bisa lebih sehat. Anda bisa mendapatkan asupan kalium dari makanan termasuk dari buah salak. Kandungan kalium yang sangat tinggi bisa membuat jantung bekerja lebih normal. Manfaat buah Salacca zalacca ini bahkan bisa diterima oleh orang yang pernah menderita penyakit jantung. Bahkan kalium juga sangat penting untuk membantu penyerapan air dalam tubuh sehingga tubuh tidak dehidrasi.

6. Menjaga kebugaran tubuh

Apakah Anda merasa lemah dan lesu karena terlalu lelah bekerja? Untuk mengatasi masalah tubuh yang lemah maka Anda bisa makan salak. Buah salak mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Jenis vitamin ini tidak hanya baik untuk mata tapi juga membantu tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Kandungan mineral lain dalam buah salak juga sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah sakit. Semua fungsi ini juga dipengaruhi dari kesehatan jantung Anda.

7. Membantu merawat rabun jauh

Rabun jauh adalah masalah gangguan mata yang sangat umum. Gangguan ini biasanya diatasi dengan menggunakan kacamata. Akhirnya semua penderita berpikir jika kacamata menjadi obat untuk rabun jauh. Namun ternyata salah,karena salak bisa menjadi obat atau paling tidak membantu menjaga mata tetap sehat. Salak mengandung vitamin A dan beta karoten yang tinggi. Kedua senyawa ini akan membantu menjaga kesehatan mata dengan baik. Jadi cobalah untuk mendapatkan manfaat buah salak yang bisa menjaga agar mata tetap sehat.

8. Membuat tubuh tetap sehat

Dalam sebuah jurnal penelitian disebutkan jika ternyata salak sangat penting untuk membantu agar tubuh tetap sehat. Orang yang sering makan salak bisa menjadi lebih sehat karena mendapatkan asupan berupa mineral dan vitamin yang lebih lengkap. Vitamin dan mineral dari salak yang sangat alami bisa berubah fungsi menjadi antioksidan. Antioksidan yang akan menurunkan resiko kanker dan menjaga agar sel tubuh tetap sehat.

9. Mencegah wasir

Banyak orang berpikir jika salak hanya menyebabkan sulit buang air besar saja. Tapi ternyata itu tidak benar, karena salak justru bisa membantu mencegah wasir. Wasir adalah penyakit pembengkakan atau peradangan pada otot di bagian anus. Biasanya ini terjadi karena kebiasaan duduk terlalu lama, jongkok terlalu lama dan juga kurang serat. Sementara salak mengandung serat yang sangat tinggi dan bisa membuat usus bekerja lebih cepat. Akhirnya dengan makan salak yang tidak berlebihan, akan membantu mencegah wasir.

10. Sangat baik untuk ibu hamil

Banyak ibu hamil yang takut makan salak karena mereka berpikir jika salak bisa menyebabkan sembelit. Memang ibu hamil sangat rentan dengan sembelit karena usus ibu hamil bekerja lebih lambat karena perubahan hormon. Namun jika wanita hamil makan salak dalam jumlah yang cukup dan cara yang tepat maka justru salak bisa melancarkan buang air besar. Terutama manfaat buah salak yang sangat penting adalah bisa membantu mencegah morning sickness yang terjadi pada trimester pertama.

11. Baik untuk diet

Buah Salacca zalacca juga sudah dinyatakan sebagai buah yang sangat aman untuk menurunkan berat badan. Salak mengandung serat dan juga senyawa kimia alami yang akan menjadi bahan antioksidan. Salak bisa membantu tubuh agar bisa mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Ini karena salak juga mengandung kalsium dan karbohidrat namun dalam bentuk yang lebih sehat daripada makanan berat lain.

12. Membantu mengatasi penyakit asam lambung

Jika Anda memiliki gangguan asam lambung, maka salak akan menjadi salah satu buah yang sangat penting. Manfaat buah salak untuk mengatasi penyakit asam lambung, karena buah ini mengandung tanin dan pektin yang akan membuat lambung menjadi lebih sehat. Buah ini juga sangat manis dan saat dimakan maka buah salak bisa menyebabkan perut menjadi lebih tenang. Buah salak juga tidak akan menyebabkan nyeri perut karena kandungan karbohidrat sehat yang bisa diterima oleh lambung.

13. Mencegah kanker

Salak adalah salah satu buah yang kaya dengan bahan antioksidan. Antioksidan dalam buah salak berbentuk vitamin C, tanin dan saponin. Ketiga bahan ini bermanfaat bisa menangkal radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan sel hingga menjadi kanker. Salak bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker mulut dan kanker prostat. Untuk mendapatkan manfaat buah salak ini maka bisa mencoba makan salak sebelum makan dan beri jarak sampai Anda siap untuk mengkonsumsi makanan yang lain. Dan lebih baik untuk makan salak bersama kulit arinya, karena kulit air ini yang mengandung tingkat tanin lebih banyak.

Manfaat Buah Salak yang Lainnya

  1. Menjaga kesehatan jari dan kuku
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Membuat wajah menjadi lebih halus
  4. Mencegah anemia
  5. Mencegah tukak lambung
  6. Baik untuk kesehatan janin
  7. Menjaga kesehatan prostat

Cara Mengolah Buah Salak

Untuk mendapatkan manfaat buah salak, maka Anda bisa mengkonsumsi buah salak dengan cara yang tepat. Pada dasarnya buah salak bisa dikonsumsi bersama buah lain seperti pisang atau nanas. Berikut ini beberapa pengolahan yang sangat sering menggunakan bahan nanas.

  1. Dimakan segar

Sebenarnnya buah salak bisa dimakan segar asalkan buah Salacca zalacca sudah matang sempurna.  Anda harus mengupas dengan bantuan kain atau plastik agar tidak terkena duri salat makan. Jika Anda ingin menggunakan manfaat buah salak untuk mengatasi diare, maka Anda tidak perlu melepas kulit epidermis. Karena lapisan ini yang akan membuat diare,mual atau muntah akan sembuh secara alami.

  1. Buah jus dengan pisang dan apel

Jika Anda menyukai beberapa campuran buh untuk jus maka bisa membuat jus buah Salacca zalacca dengan campuran buah pisang dan apel. Jus ini membuat minuman Anda menjadi lebih sehat. Hanya saja untuk membuat jus ini maka sebaiknya tidak diberi tambahan gula atau susu.

  1. Olah menjadi manisan salak

Anda juga bisa mengolah salak menjadi makanan yang segar seperti menjadi manisan atau acar salak. Manisan salak dibuat dengan cara merendam atau memasak salak dengan air gula. Kemudian biarkan selama beberapa saat dan ambil daging salaknya saja saat akan dikonsumsi.

Baca Lagi: 22 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Buah Salak

Manfaat buah salak memang sangat banyak. Buah Salacca zalacca mengandung nutrisi dan senyawa alami yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi jika salak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping yang tidak nyaman. Beberapa efek samping buah salak seperti:

  • Sembelit
  • Wasir menjadi lebih parah
  • Meningkatkan kadar gula
  • Gangguan pencernaan
  • Maag menjadi lebih parah

Nah itulah semua efek samping yang bisa terjadi jika makan salak dalam jumlah yang lebih banyak. Jika Anda tidak ingin terkena semua dampak buruk salak maka makan salak dalam jumlah yang ideal. Jangan sampai makan salak banyak dan menyebabkan sakit. Jika makan salak membuat Anda merasakan gejala yang tidak nyaman lain maka segera hubungi dokter terdekat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Buah

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top