Connect with us
Manfaat Lompat Tali, Khasiat Skipping, Jenis Lompat Tali

Olahraga

55 Manfaat dan Khasiat Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Lompat Tali – Manfaat Lompat Tali atau Skipping Rope adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Fungsi utamanya adalah untuk membantu mencapai tinggi badan yang maksimal. Skipping menggunakan alat bantu tali yang dijadikan sarana untuk berolahraga. Olahraga ini juga seringkali dijadikan ajang permainan bagi anak-anak. Mereka biasanya bermain olahraga ini menggunakan karet yang disusun hingga menjadi sebuh tali panjang.

Olahraga yang satu ini tentunya juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Tentunya waktu yang baik untuk bermain olahraga ini biasanya di pagi hari untuk membuat tubuh menjadi segar bugar. Lompat tali memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Khasiat lompat tali mampu untuk mengencangkan otot-otot yang ada pada tubuh. Manfaat yang paling banyak disukai oleh orang-orang ialah dapat menambah tinggi badan. Biasanya anak-anak melakukan olahraga ini untuk mendapatkan tinggi yang ideal.

Manfaat Lompat Tali, Khasiat Skipping, Jenis Lompat Tali

Tak hanya demi tinggi badan, manfaat lompat tali ini juga bisa untuk mengurangi berat badan. Orang yang sedang menjalankan diet dianjurkan melakukan olahraga ini untuk membakar kalori yang ada pada tubuh. Sebaiknya lakukan skipping pada saat 30 menit sebelum sarapan. Skipping dapat membakar kalori sebanyak 500 – 1.000 kalori per jam.

Jenis-Jenis Lompat Tali

1. Regular Skip

Gerakan skipping ini dilakukan dengan posisi kaki tegak berdiri. Kemudian melompat sambil menggerakan pergelangan tangan untuk memutar talinya. Lompatnya hanya berkisar 3 – 5 cm saja dari lantai, jangan lompat terlalu tinggi. Bagi Anda yang baru belajar regular skip, bisa melakukan ini selama 10 menit. Namun bagi yang sudah terbiasa, bisa melakukannya hingga 30 menit setiap hari. Khasiat lompat tali ini dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi dan otot menjadi kencang.

2. High Knees

Gerakan jenis ini divariasikan dengan berlari di tempat. Setiap Anda mengayunkan kaki, posisi lutut harus sejajar dengan pinggulnya Kedua pergelangan tangan tetap memutar tali. Lakukan gerakan skipping ini secara perlahan. Khasiat lompat tali ini tentunya mampu untuk mengencangkan otot bagian perut dan otot kaki.

3. One Foot Hops

Gerakan ini hampir sama dengan regular skip.Namun letak perbedaannya adalah di bagian kaki. Skipping jenis ini dilakukan dengan posisi salah satu kaki (boleh kaki kanan atau kaki kiri) diangkat atau lututnya diarahkan ke depan hingga 30 derajat. Kemudian pergelangan tangan memutar tali dan lakukan gerakan melompat dengan posisi seperti itu. Khasiat lompat tali ini mampu untuk melatih tubuh menjadi lebih seimbang serta mengencangkan otot perut dan kaki.

4. Side To Side

Gerakan jenis ini juga hampir sama dengan gerakan regular skip. Perbedaannya terletak di bagian badan. Saat melompat ayunkan badan ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Gerakan skiping harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak cidera. Khasiat lompat tali ini bisa melatih keseimbangan tubuh Anda.

Perlengkapan dan Peralatan Lompat Tali

1. Tali Skipping

Dalam melakukan skipping inilah alat utama yang harus Anda miliki. Gunakan skipping yang panjangnya lebih 20 cm dibandingkan tinggi badan Anda. Tali skipping bisa Anda dapatkan di toko olahraga maupun di supermarket.  Khasiat lompat tali akan Anda rasakan menggunakan skipping tersebut.

2. Sepatu

Sepatu yang digunakan untuk skipping ialah sepatu khusus olahraga. Lebih tepatnya sepatu running (sepatu khusus lari). Karena sepatu ini ringan dan memudahkan Anda untuk melakukan lompatan demi lompatan. Khasiat lompat tali bisa didapatkan secara maksimal jika menggunakan sepatu ini.

3. Sandal

Sandal juga bisa digunakan sebagai alternatif jika Anda tidak ada sepatu yang nyaman digunakan. Fungsi sandal yang dipakai adalah sandal gunung dengan model perekat. Karena jika menggunakan yang jenis biasa, tali bisa tersangkut pada sandal.

4. Celana Olahraga

Gunakan celana yang nyaman untuk berolahraga. Celana training atau legging (untuk wanita) adalah celana yang biasa digunakan untuk skipping. Kedua celana tersebut sangat aman dan nyaman untuk dipakai. Sehingga khasiat lompat tali bisa Anda dapatkan dengan berolahraga skipping menggunakan celana tersebut.

5. Baju Olahraga

Gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Baju olahraga berbahan jersey bagus untuk Anda pakai saat melakukan skipping. Karena tubuh Anda akan dibanjiri keringat yang melancarkan Anda mendapatkan khasiat lompat tali.

6. Stopwatch

Alat ini berfungsi untuk mengatur waktu yang selama melakukan skipping.Waktu yang diatur pada stopwatch akan menjadi acuan kapan Anda berhenti melakukan skipping.

7. Pedometer Kalori

Khasiat lompat tali memang pada dasarnya bisa membakar kalori paa tubuh. Pedometer ternyata selain untuk jarak, ada juga yang berfungsi untuk menghitung berapa kalori yang sudah terbakar. Alat ini perlu Anda bawa terutama bagi Anda yang sedang melakukan diet. Karena Anda perlu mengetahui berapa kalori yang sudah terbakar saat Anda melakukan skipping.

8. Handuk

Handuk digunakan untuk mengelap keringat yang ada pada tubuh Anda. Tapi handuk yang dibawa cukup handuk kecil ya, jangan handuk yang besar.

Baca Lagi: 100 Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Lompat Tali

1. Menambah Tinggi Badan

Apabila anda masih dalam masa pertumbuhan, tentunya sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan ini. Skipping bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa Anda lakukan. Khasiat lompat tali ini dapat membuat tinggi badan bertambah. Apalagi tinggi bisa bertambah hingga usia 20 tahun. Nah, bagi Anda yang berumur di bawah 20  tahun lakukanlah skipping secara rutin untuk mencapai tinggi badan ideal.

2. Membentuk Tubuh

Anda menginginkan tubuh yang berotot seperti atlet? Tanpa menjadi seorang atlet, Anda bisa mendapatkannya. Khasiat lompat tali mampu membentuk otot tubuh di bagian tertentu, sehingga apabila sering dilakukan, badan akan menjadi atletis. Rutin melakukan skipping setiap hari dapat membuat otot betis terbentuk sehingga betis akan menjadi lebih indah. Selain betis, kaki Anda juga tentunya akan lebih ramping dan kencang. Otot-otot bagian kaki lainnya juga dapat terbentuk dengan olahraga skipping ini.

3. Menurunkan Berat Badan

Diet saja tidak cukup untuk mengurangi berat badan Anda. Olahraga secara rutin harus dilakukan untuk menunjang pembakaran kalori dalam tubuh. Khasiat lompat tali tentunya dapat membakar kalori pada tubuh Anda. Sebanyak 500 – 1.000 kalori per jamnya dapat terbakar dengan melakukan olahraga skipping. Tubuh ideal bisa segera Anda miliki jika rutin melakukan olahraga ini disaat Anda menjalani diet. Lemak jahat dalam tubuh dapat terbakar dan otot-otot tubuh juga akan terbentuk dengan olahraga skipping.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin, dapat membuat organ tubuh menjadi sehat. Hal ini dapat mencegah Anda terhindar dari penyakit kronis. Khasiat lompat tali bisa menyehatkan jantung Anda, sehingga membebaskan Anda dari penyakit jantung. Skipping membuat organ jantung yang meliputi arteri dan vena mampu mengedarkan oksigen secara optimal ke seluruh tubuh. Sehingga Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang membuat tulang menjadi keropos, rapuh dan mudah patah. Khasiat lompat tali ternyata dapat memadatkan tulang Anda sehingga bebas dari penyakit osteoporosis. Apalagi bagi wanita, penyakit tulang rentan menghampiri Anda. Karena kandungan kalsium pada tulang terserap oleh janin yang Anda kandung. Sehingga tulang kekurangan kalsium. Selain meminum susu yang tinggi kalsium, olahraga skipping sangat dianjurkan untuk membuat tulang menjadi lebih kuat. Sehingga resiko terkena penyakit osteoporosis menjadi menurun.

6. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Ternyata melakukan skipping dapat mempengaruhi otak Anda. Khasiat lompat tali dapat meningkatkan fungsi kerja otak Anda. Tanpa disadari, gerakan pada skipping yang saling mengkombinasikan irama tali dan gerakan lompat. Waktu yang ada saat melompat harus sama dengan waktu saat tali menyentuh tanah, sehingga hal ini  dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Otak Anda terlatih berkonsentrasi dan terlatih lebih fokus karena menyeimbangkan perpaduan antara lompatan dan tali. Rangsangan pada otak akan terlatih sehingga mampu bekerja lebih cepat. Anda akan mudah fokus dan mampu memberikan respon secara spontan dan cepat, alias tidak lola (loading lama).

7. Meningkatkan Fertilitas

Bagi wanita, terkadang mengalami kondisi menstruasi yang tidak teratur. Daripada mengkonsumsi obat, lebih baik Anda melakukan olahraga skipping. Khasiat lompat tali dapat meningkatkan fertilitas dan memperbaiki organ reproduksi. Sehingga dapat melancarkan menstruasi. Siklus mentruasi yang tidak lancar tidak boleh didiamkan. Karena jika didiamkan maka akan menimbulkan masalah pada organ reproduksi. Untuk itu, rutinlah melakukan skipping agar siklus menstruasi menjadi lancar.

8. Mengencangkan Otot Tubuh

Gerakan lompatan dan gerakan tangan yang memainkan tali sangat mempengaruhi otot tubuh. Khasiat lompat tali bisa membuat otot-otot tubuh menjadi kencang. Otot yang kencang ialah otot bagian kaki serta otot lengan dan bahu. Otot bagian kaki menjadi kencang karena gerakan lompatan membuat betis dan paha mengencang. Sedangkan otot lengan dan bahu mengencang karena gerakan tangan yang memainkan atau memutar tali, sehingga lengan dan bahu menjadi lebih kencang.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan melompat dapat membantu kinerja peredaran darah. Khasiat lompat tali bisa membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Jika sirlulasi darah lancar, sudah pasti tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

10. Mengoptimalkan Energi

Olahraga skipping sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Khasiat lompat tali atau skipping dapat melatih tubuh Anda memanfaatkan energi yang sudah disimpan, sehingga energi terpakai secara optimal.  Apabila Anda rutin melakukan skipping saat masih muda, maka manfaatnya akan terus terasa meskipun Anda sudah tua atau berusia diatas 60 tahun. Karena tubuh sudah terlatih memanfaatkan energi, maka tubuh Anda akan terbiasa memanfaatkan energi dan bisa bekerja secara normal untuk melakukan aktifitas seperti biasanya.

11. Membantu Proses Detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun pada tubuh. Melakukan olahraga skipping juga bisa menjadi sarana untuk mengeluarkan racun. Khasiat lompat tali mampu mengeluarkan racun pada tubuh melalui keringat yang keluar akibat olahraga. Keringat ini mengandung racun yang ada di tubuh, sehingga tubuh kita bisa menjadi sehat.

12. Menguatkan Persendian

Dalam melakukan olahraga skipping sendi-sendi pada tubuh juga akan merasakan manfaatnya. Khasiat lompat tali mampu membuat sendi menjadi lebih kuat. Gerakan yang ada pada olahraga skipping mampu menguatkan pergelangan tangan dan juga sendi yang ada pada kaki.

Khasiat dan Manfaat Lompat Tali Lainnya

13. Mengatasi penyakit asma

14. Meningkatkan konsentrasi

15. Bisa berpikir fokus

16. Menstabilkan sistem pernafasan

17. Melancarkan peredaran oksigen dalam tubuh

18. Mencegah penyakit kronis

19. Mencegah kanker

20. Mencegah penyakit pada paru-paru

Cara Melakukan Lompat Tali

  1. Sebelum melakukan skipping, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan pemanasan statis dan dinamis. Terutama untuk bagian tangan dan kaki. Karena kedua bagian tubuh itulah yang akan banyak bergerak saat Anda ingin mendapatkan khasiat lompat tali.
  2. Setelah pemanasan, lakukan olahraga ini selama 30 – 60 menit dengan dibagi beberapa sesi. Satu sesi bisa Anda lakukan selama 5 menit. Setelah 5 menit melakukan sesi pertama untuk mendapatkan khasiat lompat tali, Anda bisa beristirahat dahulu selama 3 – 5 menit. Kemudian, lakukan lagi untuk sesi kedua. Dan begitu seterusnya. Gunakan tali skipping yang sesuai dengan pengalaman Anda. Jika terbiasa skipping bisa menggunakan tali yang berat, tapi jika belum terbiasa, gunakanlah tali yang ringan.
  3. Dalam tiap sesi, apabila sudah mahir dalam melakukan skipping, Anda bisa memvariasikan gerakan skipping. Lakukan lompatan skipping 3 – 5 cm di atas lantai. Jika kaki tiba di lantai, posisikan dengan jinjit untuk menghindari kelelahan. Di sesi pertama, Anda bisa melakukan gerakan skipping dengan jenis regular skip (gerakan lompat tali pada umumnya). Selanjutnya, sesi dua Anda bisa melakukan gerakan skipping one foot hops (gerakan lompat tali dengan satu kaki). Pada sesi ketiga, Anda bisa melakukan gerakan skipping side to side (gerakan lompat tali yang mengayunkan badan ke kanan dan ke kiri). Sesi keempat Anda bisa melakukan gerakan skipping high knees (gerakan lompat tali seperti berlari di tempat). Jika melakukan variasi gerakan itu bisa membuat khasiat lompat tali semakin terasa pada tubuh Anda. Karena masing-masing variasi gerakan memiliki manfaat tersendiri.
  1. Setelah selesai melakukan skipping, lakukan pendinginan agar otot-otot tubuh menjadi rileks.

Baca Lagi: 80 Khasiat Push Up untuk Kebugaran Tubuh, Jenis-Jenis Gerakan Push Up

Efek Samping Lompat Tali

Olahraga skipping memang menyehatkan tubuh, namun tetap saja harus dilakukan dengan hati-hati. Setiap olahraga tetap memiliki resiko bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Terutama juga harus memperhatikan kondisi fisik Anda serta kesehatan tubuh Anda.

Beberapa kondisi fisik tertentu, jika melakukan olahraga skipping bisa mengakibatkan hal-hal yang berakibat fatal untuk tubuh. Sehingga, khasiat lompat tali tidak bisa Anda dapatkan dan rasakan. Berikut efek samping yang diakibatkan jika melakukan skipping sembarangan :

  1. Mengalami cidera akibat tidak melakukan pemanasan
  2. Membahayakan tulang apabila Anda melakukan skipping saat keadaan tulang sudah rapuh
  3. Membuat asma semakin parah jika melakukan olahraga lompat tali berlebihan
  4. Kram otot akibat melakukan olahraga skipping berlebihan tanpa jeda istirahat
  5. Kelelahan karena melakukan olahraga lompat tali berlebihan

Olahraga skipping memiliki segudang manfaat untuk tubuh Anda. Olahraga ini bisa Anda lakukan secara rutin. Khasiat lompat tali bisa didapatkan jika Anda melakukan olahraga ini dengan benar. Anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh supaya tidak terjadi resiko buruk pada tubuh ketika melakukan gerakan skipping.

Durasi waktu juga perlu Anda perhatikan apabila ingin melakukan olahraga ini. Lakukan olahraga ini semampu Anda. Lihat kondisi fisik dan jangan terlalu memaksakan. Sehingga manfaatnya sangat bisa Anda rasakan secara optimal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top