Connect with us
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama

Sosial

54 Pengertian Kerjasama, Jenis, Bentuk, Syarat dan Khasiatnya

Pengertian Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan yang sama. Sebenarnya kegiatan tersebut adalah pola interaksi dalam realitas sosial masyarakat. Realitas masyarakat tersebut yang berkembang maka semakin membukti bahwa masyarakat adalah makhluk sosial.  Individu – individu yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut akan membangun solidaritas dan kepercayaan emosional. Oleh sebab itu setiap kegiatan itu berlangsung tentu akan membawa kepentingan – kepentingan yang akan menguntungkan setiap individu yang terlibat. Apalagi sifat dari kegiatan tersebut tidak diperbolehkan saling merugikan.

Kerjasama ditemui di setiap sistem kerja masyarakat seperti dalam bidang bisnis, pemerintahan, lingkungan sekolah dan keluarga. Hal tersebut ditanamkan agar meresap dalam kehidupan manusia disebabkan oleh faktor sejarah dimana manusia tidak akan mampu melewati setiap pekerja – pekerja jika dilewati secara sendiri. Sebenernya kegiatan tersebut adalah bentuk dari kerja kolektif dan sebagai lawan dari kerja individualistik.

Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama

Jenis dan Macam- Macam Bentuk Kerjasama

1. Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh antar negara – negara di seluruh dunia. Bentuk kegiatan tersebut akan membahas persoalan yang ada di dunia meliputi bidang ekonomi, politik, militer ketenagakerjaan, pendidikan dan bahkwa parawisata. Tujuan diadakan kegaitan tersebut adalah untuk memajukan peradaban dunia terutama mendorong negara – negara di dunia untuk dapat bersaing. Kerjsama ini juga lebih menekankan aspek investasi di dunia dan membahasa arena perdagangan ekonomi. Dalam kerjasama internasional negara – negara maju akan lebih mendominasi jalan kerjasama. Sedangkan negara berkembangan akan menjadi sasaran dari perjanjian kerjasama yang bersifat ekpoitatif bagi negara – negara berkembang. Contoh dari bentuk kerjasama skala internasional seperti WTO, UNICEF, NATO, PBB, UNESCO, ILO dan IMF.

2. Kerjasama Regional

Kerjasama regional adalah bentuk kerjasama antara negara yang berada dalam satu kawasan atau teritori yang sama. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesbilitas dari kawasan tersebut dalam beragam aspek. Contoh kegiatan tersebut dalam satu teritori seperti ASEAN yang di bentuk di wilayah asia tenggara dengan tujuan untuk meningkatan persaingan dengan wilayah lain karena asia tenggara dianggap sebuah wilayah yang masih tergolong berkembang di hadap dunia. Selain itu APEC atau Asia Pasific Economic Coorperation yang dicetuskan sebagai forum dalam bidang ekonomi di kawasan asia pasific dengan maksud sebagai kontrol dalam pelaksanan kebijakan internasional.

3. Kerjasama Bilateral

Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama antar dua negara yang saling menguntungkan. Bentuk kegiatan tersebut juga bermaksud untuk memajukan hubungan negara agar tetap baik dan ramah. Sebagai contoh dari kerjasama tersebut seperti Indonesia dan Amerika Serikat dengan program kerjasama USA-INDO Conperhensif. Bahkan dalam agenda haji untuk masyarakat indonesia juga merupakan bentuk dari hubungan kerjasama ini antara pemerintahan indonesia dan arab saudia.

4. Koalisi

Koalisi adalah bentuk kerjasama antar dua organisasi atau lebih yang bertujuan mencapai sebuah kepentingan yang sama. Praktik dari kerjasama tersebut tercermin dalam agenda – agenda politik misalnya menuju pemiihan umum presiden akan banyak bentuk – bentuk koalisi partai untuk memangkan pemilu atau pilpres.

5. Kooptasi

Kooptas adalah upaya kerjasama untuk penyeimbangan kerja kepemimpinan dalam proses penerimaan hal – hal baru yang akan mempengaruhi bergerak sebuah organisasi. Kerjasama ini akan menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena menjadikan sebuah organisasi untuk cepat tumbuh dan mempunyai prospek kedepan.

6. Bergaining

Bergaining atau posisi tawar merupakan proses kerja sama yang menampilkan sebuah keuntungan untuk semua pihak yang terlibat agar tidak ada salah satu pihak yang akan dirugikan atau dicurangi. Selain itu juga dapat terjadi pada kesepakatan dalam pertukaran barang atau jasa dari lebih dari dua pihak. Poros dalam kerjasama ini adalah bisnis yang formal dan strategis.

7. Join Venture

Join venture adalah bentuk kerja sama yang menekankan aspek target yang dapat diselesaikan secara cepat. kerjasama ini banyak terjadi dalam proyek – proyek besar infrastruktur karena dibutuhkan banyak pihak untuk bekerja agar dapat cepat menyelesaikan target.

Baca Lagi: 22 Pengertian Hidup Rukun, Jenis, Syarat dan Khasiatnya

Syarat Melakukan Kerjasama

1. Kerukunan

Kerukunan adalah bentuk tradisi dalam masyarakat dalam menjalankan kerjasama. Kerjasama yang lahir dari nilai – nilai tradisi akan membawa masyarakat pada kebudayaan saling menghargai dan akan inisiatif untuk bertindak menolong sesama. Bentuk kerjasama dari kerukuanan tersebut seperti ada tradisi gotong royong yang menjadi identitas nasional dan budaya warisan bangsa.

2. Kepercayaan

Kepercayaan sangat diperlukan dalam kerjasama karena faktor tersebut adalah kunci kesuksesaan dalam tujuan yang akan disepakati. Faktor tersebut adalah syarat wajib dalam setiap agenda kerjasama. Kerjasama yang tidak membentuk sebuah kepercayaan antara pihak akan membawa kesepakatan jauh dari kesuksesaan yang akan dicapai. Faktor tersebut dapat dijumpai dalam kehidupan pertemanan dan keluarga.

3. Legalitas

Legalitas adalah dasar hukum untuk kedua pihak yang berkenan untuk membangun sebuah kerjasama. Dasar hukum tersebut akan menjadi bentuk formal untuk sebuah perjanjian atau peraturan dalam kerjasama. Kerjasama yang memiliki legalitas akan lebih menguntungkan kedua pihak karena terdapat acuan yang tetap dan sah. Contoh legalitas yang harus dimiliki adalah badan hukum untuk setiap pihak yang berlatarbelakang organisasi atau korporasi seperti CV, PT Persero dll. Jika dalam perjanjian akan berbentuk seperti MoU.

4. Menguntungkan

Sifat kerjasama adalah saling menguntungkan untuk kedua bela pihak. Jika kerjasama tidak membawa keuntungan untuk kedua bela pihak artinya kerja sama tersebut tidak lah dapat dikategorikan sebagai kerjasama karena merugikan antar pihak yang terlibat. Jika kerjasama tersebut membawa sebuah keuntungan maka secara langsung kerjasama tersebut akan menjadi kerjasama jangka panjang. Hal itu disebakan oleh kedua pihak yang merasa puas dalam proses dan hasil yang dilakukan. Intinya mencapai tujuan dan kesepakatan bersama.

5. Sanksi

Sanksi adalah syarat khusus dalam kerjasama. Hal tersebut diadakan adalah bentuk startegi agar kedua bela pihak tidak saling merugikan satu sama lain. Syarat khsusus alah faktor pendorong untuk sebuah kerjasama agar taat dalam ketentuan yang telah disepakati. Sanksi tersebut dapat ditentukan dengan cara bersama dan ditetapkan secara bersama pula. Contoh sanksi dapat berupa pembatalan kesepakatan yang telah ditentukan bahkan sanksi juga dapat berupa pengantian materil secara kerugian.

6. Kontrak

Kontrak dalam kerjasama adalah poin yang penting dalam isi sebuah bentuk kesepakatan. Poin tersebut akan berupa sebuah waktu, target dan metode dalam mencapai sebuah tujuan. Dengan adanya ikatan seperti itu kedua pihak yang terlibat kerjsama akan menjadi patuh dalam jalannya kerjsama. Sasaran dari kontrak adalah pegawai yang mendapat ikatan kerjsa dari instansi atau perusahan. Kontrak juga berhubungan dengan sanksi dan poin tentang keuntungan personal.

Khasiat dan Manfaat Kerjasama

1. Melatih Bekerja dalam Tim

Melakukan hal yang satu ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri. Khasiat kerja sama bisa melatih diri untuk bekerja secara tim. Melatih hal ini tentu dengan cara mempraktekannya langsung. Jika bekerja secara tim, maka semua orang yang terlibat dalam tim harus saling mengerti satu sama lain, saling memahami dan saling belajar. Keberhasilan suatu pekerjaan atau tugas bukan berdasarkan kemampuan individu, melainkan berdasarkan sejauh mana tim dapat bekerja dengan baik. Setiap kekurangan yang ada dalam tiap individu akan ditutup oleh individu lainnya. Karena penilaiannya bukan individu. Hal ini dipraktekan oleh siswa, mahasiswa maupun para karyawan atau pegawai.

2. Melatih Skill Komunikasi

Agar proses berjalan lancar, maka komunikasi di dalam tim juga harus lancar. Khasiat kerja sama diantaranya adalah mampu untuk melatih skill komunikasi. Tiap individu dalam tim akan berkomunikasi satu sama lain demi kelancaran pekerjaan. Proses komunikasi tentunya harus berjalan efektif dan efesien. Pesan yang terdapat dalam proses komunikasi harus bisa diterima dengan baik oleh komunikannya. Maka, komunikator perlu menyampaikan dengan baik dan benar agar tidak ada miss komunikasi. Jika terjadi miss komunikasi maka akan memperngaruhi terhadap pekerjaan yang harus dilakukan oleh tim. Tak hanya komunikasi, sesama individu dalam tim juga harus menjadi pendengar yang baik bagi individu lainnya.

3. Melatih Manajemen Konflik

Terkadang dalam tim ada perselisihan ataupun perbedaan pendapat yang terjadi. Tak perlu khawatir, hal ini biasa terjadi jika Anda bekerja dalam tim. Khasiat kerja sama bisa melatih Anda untuk melakukan manajemen konflik. Maksut dari manajemen konflik ialah memecahkan masalah yang sedang terjadi ataupun meminimalisir resiko yang akan menjadi masalah bagi keberlangsungan pekerjaan Anda. Jika terdapat masalah, maka tiap individu dalam tim akan memecahkannya bersama-sama. Saat memecahkan masalah bersama-sama, akan timbul perbedaan pendapat dan perselisihan. Namun, dari perbedaan pendapat itulah akan muncul suatu resolusi yang disepakati bersama. Sesama individu dalam tim juga tentunya akan saling mengontrol situasi agar masalah yang terjadi tidak semakin melebar dan memburuk.

4. Melatih Leadership

Pekerjaan yang dilakukan oleh tim, tentunya tetap akan dikontrol dan diketuai oleh salah satu orang yang menjadi leader dalam tim. Khasiat kerja sama tentunya melatih jiwa kepemimpinan atau leadership. Pemimpin dalam tim bertugas dalam membagi pekerjaan kepada tiap anggota tim, memberikan dukungan pada anggota tim, memastikan tugas dikerjakan oleh anggota tim, memastikan anggota tim memenuhi deadline. Jika tidak ada yang mengetuai maka tidak akan ada orang yang mengontrol kerja tim tersebut. Sehingga akan berdampak pada pekerjaan menjadi berantakan dan tentunya terbengkalai.

5. Melatih Mengambil Keputusan

Dalam setiap pekerjaan akan ada masalah-masalah yang menghampiri. Termasuk pekerjaan yang diselesaikan dengan sistem teamwork. Khasiat kerja sama mampu untuk melatih seseorang agar mampu mengambil keputusan dengan bijak. Dalam kerja tim, tentunya mengambil keputusan dengan bijak bisa dilakukan dengan cara bermusyawarah terlebih dahulu. Setiap orang mengeluarkan pendapat masing-masing yang dikritisi secara bersama untuk dilihat dampak baik dan dampak buruk dari keputusan yang diajukan. Kemudian setelah itu, barulah dilihat mana pendapat yang memiliki resiko buruk yang paling minim. Mengambil keputiusan tentunya harus melihat resiko-resiko yang akan terjadi. Hal itulah yang perlu dipertimbangkan oleh tim agar keputusan yang bijak bisa dihasilkan. Karena keputusan yang diambil akan mempengaruhi terhadap pekerjaan yang mereka kerjakan.

6. Menumbuhkan Rasa Saling Menghargai

Apabila Anda melakukan kerja tim, maka Anda akan saling berinteraksi dengan individu lainnya dalam tim. Khasiat kerja sama bisa menimbulkan rasa saling menghargai sesama individu yang terlibat. Karena pada dasarnya pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama akan jauh lebih ringan daripada sendirian. Maka, rasa saling menghargai ini akan timbul dengan sendirinya. Setiap individu tidak akan menyepelekan rekan kerjanya. Karena beban kerja yang dikerjakan sama rata dan akan berpengaruh pada hasil dari tiap pekerjaan yang mereka lakukan. Keberhasilan kerja tim ini akan diukur juga dari sejauh mana mereka saling menghargai satu sama lain. Jika ada yang kesusahan, sebagai sesama anggota tim harus saling membantu agar pekerjaan juga dapat cepat selesai.

7. Menumbuhkan Persatuan

Semangat melakukan pekerjaan secara kolektif atau bersama-sama memberikan energi positif ke tiap individu yang terlibat. Khasiat kerja sama tentunya bisa menumbuhkan rasa persatuan. Rasa persatuan sangatlah penting agar masyarakat Indonesia tidak terpecah belah. Saat ada pekerjaan berat yang harus diselesaikan, tiap individu ini akan bersatu mencurahkan tenaga serta pikiran, agar pekerjaan segera selesai. Prinsipmnya ialah pekerjaan yang dilakukan dengan cara bersama-sama akan lebih cepat selesai dan terasa ringan dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukan sendirian.

8. Meluaskan Jaringan

Khasiat kerja sama tentunya bisa meluaskan jaringan yang dijangkau. Apabila Anda melakukan kerja sama dengan orang lain, maka jaringan pertemanan akan bertambah dan tentunya akan membawa dampak positif dalam hidup Anda. Anda akan semakin dikenal oleh orang banyak. Semakin Anda dikenal maka saat  Anda membuka suatu usaha pun akan dilirik oleh jaringan yang Anda miliki. Relasi yang luas sangatlah penting dalam bisnis. Jangankan bisnis, negara pun perlu meluaskan jaringannya agar mendatangkan banyak manfaat untuk masyarakatnya. Seperti misalnya, masyarakat Indonesia bisa bekerja di luar negeri karena negara Indonesia sudah melakukan kerja sama dengan negara lain terkait tenaga kerja. Keuntungan lainnya pun akan dirasakan oleh warga negara.

Baca Lagi: 101 Pengertian Diskusi, Jenis, Topik Pembahasan dan Khasiatnya

9. Mencukupi Kebutuhan

Khasiat kerja sama bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan. Baik secara individu atau lembaga sekalipun. Misalnya, Anda memiliki event organizer. Dalam pekerjaan event organizer suatu acara dibutuhkan jasa fotografi, namun dalam bisnis Anda belum ada orang yang ditempatkan sebagai jasa fotografi. Jika melakukan kerja sama, kebutuhan akan jasa fotografi bisa terpenuhi. Anda bisa bekerja sama dengan fotografer atau studio foto untuk menjadi jasa fotografi di project yang sedang Anda kerjakan. Apalagi skala negara, hal ini sangat membantu negara dalam memenuhi kebutuhan warganya. Seperti, di Indonesia sedang krisis beras misalnya, maka beras impor akan didatangkan dari luar negeri yang merupakan hasil dari kerja sama antar negara.

10. Meningkatkan Investasi

Pada ranah ekonomi, khasiat kerja sama tentunya bisa mendatangkan investasi. Bagi Anda yang memiliki perusahaan, lakukanlah hal ini agar perusahaan semakin berkembang. Semakin banyak investor yangd datang pada perusahaan akan semakin membuat iklim ekonomi semakin lancar. Tak hanya skala perusahaan, kerja sama antar negara juga dapat mendatangkan investasi di negara tersebut. Jika negara yang diajak kerja sama tertarik dengan kerja sama yang dilakukan, maka tak segan-segan untuk menanamkan modalnya di negara lain, seperti Indonesia. Indonesia dipenuhi dengan investor karena banyak negara yang tertarik melihat situasi dan kondisi geografis Indonesia yang sangat strategis untuk dijadikan ladang bisnis yang bisa membuat Indonesia semakin berkembang dan maju tentunya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sosial

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top