Connect with us

Olahraga

100 Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Jalan Kaki – Manfaat Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang murah, ringan serta mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Anak-anak hingga lansia mampu menjalankan olahraga jalan kaki ini. Jalan kaki sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan jantung serta kesehatan tulang. Tak hanya itu, jalan kaki juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Jalan kaki sangat bagus dilakukan jika ditempuh sebanyak 8.000 – 10.000 langkah setiap hari. Olahraga ini bagus dilakukan saat pagi hari atau setelah makan.

Jalan kaki memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Khasiat jalan kaki tentunya dapat menurunkan berat badan Anda, sehingga sangat bagus dilakukan oleh Anda yang sedang diet sehat. Tak hanya itu, olahraga ini juga bisa mencegah berbagai penyakit seperti gagal jantung, diabetes hingga kanker. Olahraga ringan ini juga memberikan manfaat bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Kolesterol bisa menurun jika Anda rutin melakukan olahraga ringan ini.

Manfaat Jalan Kaki, Khasiat Jalan Kaki, Jalan Cepat

Salah satu jalan kaki yang populer adalah hiking, yakni mendaki dan menuruni bukit. Olahraga jenis ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat. Tak hanya itu, olahraga ini juga sangat bagus untuk memperkuat otot-otot pada tubuh Anda. Jika hiking masih dirasa sulit, Anda bisa menggunakan alternatif olahraga ini. Karena medannya tidak seberat olahraga hiking. Sehingga khasiat jalan kaki bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh.

Mendaki dan menuruni bukit bisa sangat bagus bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Khasiat jalan kaki tipe ini bisa membakar kalori lebih banyak daripada jenis lainnya. Otot kaki Anda juga akan lebih kuat jika melakukan olahraga ini.

Jenis-Jenis Jalan Kaki

1. Jalan Santai

Olahraga ini merupakan olahraga yang sering dilakukan orang-orang, terutama lansia. Tak hanya itu, olahraga ini juga sering dilombakan dalam acara-acara seperti perayaan Agustusan, perayaan ulang tahun instansi dan sebagainya. Olahraga jenis ini dilakukan dengan jarak 2,5 km per harinya. Atau dalam waktu 20 – 60 menit dalam sehari.

Khasiat jalan kaki jenis ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menstabilkan pernafasan, serta meningkatkan stamina tubuh. Tentunya tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat meskipun tidak mengeluarkan banyak keringat. Olahraga ini sangat bagus dilakukan oleh Anda yang berusia 50 tahun keatas. Karena pada umur itu, resiko penyakit akan semakin banyak menghampiri Anda.

2. Jalan Cepat

Olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang diperlombakan dalam turnamen olahraga bergengsi seperti Asian Games dan Olimpiade. Jenis jalan kaki ini memiliki tingkatan level lebih tinggi dibandingkan yang sebelumnya. Jika kebugaran tubuh sudah diperoleh, maka Anda bisa melakukan olahraga ini secara rutin. Jalan cepat dilakukan dengan tempo yang cepat dalam waktu 30 – 60 menit. Khasiat jalan kaki ini dapat membakar kalori yang ada pada tubuh.

Olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang sedang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal. Pilihan olahraga ini sangat tepat karena mampu membakar kalori dengan cara yang ringan dan mudah. Selain itu, khasiat jalan kaki tipe ini juga bisa memaksimalkan kerja otot tubuh jika Anda melakukannya sambil mengayunkan lengan Anda.

3. Long March

Jenis olahraga yang satu ini sangat berbeda dari yang lain. Olahraga tipe ini hampir mirip dengan jalan santai. Hanya saja yang membedakan adalah jaraknya. Long march memiliki jarak diatas 5 kilometer. Bahkan ada juga yang melakukan long march sejauh 30 kilometer. Biasanya olahraga ini dilakukan oleh orang-orang yang bugar dan memiliki fisik yang kuat.

Khasiat jalan kaki jeni long march tentunya dapat meningkatkan fungsi kerja jantung. Tak hanya itu, long march juga berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah serta memperkuat otot tubuh. Dalam melakukan long march Anda dianjurkan membawa air mineral agar Anda terhindar dari dehidrasi.

4. Hiking

Dalam olahraga ini, kondisi fisik harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda ingin melakukan hiking, Anda harus dalam kondisi yang sehat dan bugar. Anda juga harus bebas dari kondisi cidera. Karena pada saat hiking, Anda tidak hanya berjalan biasa, tapi Anda melewati jalan yang berbatu-batu, menanjak, berakar dan sebagainya. Sehingga seringkali diperlukan teknik khusus untuk melewati jalan tersebut.

Khasiat jalan kaki jenis hiking dapat menguatkan sendi-sendi serta otot tubuh Anda. Terutama sendi di bagian lutut dan pergelangan kaki. Karena dua bagian tubuh itulah yang menerima beban paling berat karena menahan bobot tubuh Anda. Sehingga lutut dan pergelangan kaki akan menjadi semakin kuat. Selain itu, hiking juga bermanfaat menghilangkan stress karena Anda melakukan perjalanan ke pegunungan yang memiliki pemandangan indah.

Perlengkapan dan Peralatan Jalan Kaki

1. Sepatu

Sepatu yang digunakan untuk mendapatkan khasiat jalan kaki ialah sepatu khusus olahraga. Namun, jika Anda ingin hiking atau naik bukit maka sepatu yang digunakan khusus sepatu outdoor atau sepatu gunung.

2. Sandal

Sandal juga bisa digunakan sebagai alternatif jika Anda tidak ada sepatu yang nyaman digunakan. Khasiat sandal yang digunakan merupakan jenis sandal gunung yang kuat dipakai dalam medan apapun.

3. Celana Olahraga

Jangan gunakan celana jeans jika melakukan jalan kaki. Sebaiknya gunakan celana training, celana outdoor ataupun legging (untuk wanita) jika ingin melakukan olahraga ini. Anda harus memilih celana yang nyaman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit jika dipakai dalam waktu yang cukup lama.

4. Baju Olahraga

Dalam melakukan olahraga, tidak sembarang baju bisa digunakan saat olahraga. Sebaiknya Anda gunakan baju yang berbahan jersey atau baju khusus olahraga. Karena baju tersebut sangat bagus untuk menyerap keringat.

5. Trekking Pole

Trekking pole adalah alat bantu berupa tongkat yang dipakai saat Anda melakukan hiking. Alat ini dapat membantu meringankan beban lutut dan kaki Anda dalam menahan bobot tubuh, sehingga saat berjalan Anda tidak akan merasa kelelahan ataupun berat karena sebagian beban diberikan pada alat itu. Alat ini juga sangat membantu untuk menghemat tenaga Anda.

6. Stopwatch

Alat ini berfungsi untuk mengatur waktu yang Anda tempuh selama melakukan olahraga. Waktu pada stopwatch akan menjadi acuan kapan Anda berhenti dan kapan Anda beristirahat.

7. Pedometer

Pedometer merupakan alat untuk mengukur seberapa jauh Anda sudah melakukan jalan kaki.Alat ini perlu Anda bawa untuk mengetahui di jarak berapa Anda perlu berhenti dan beristirahat.

8. Pedometer Kalori

Pedometer ternyata selain untuk jarak, ada juga yang berfungsi untuk menghitung berapa kalori yang sudah terbakar. Alat ini perlu Anda bawa terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet. Karena Anda bisa mengkalkulasi berapa kalori yang perlu dibakar dalam sehari.

9. Handuk

Handuk tentunya perlu dibawa saat jalan kaki. Manfaat handuk digunakan untuk mengelap keringat yang ada pada tubuh Anda. Tapi handuk yang dibawa cukup handuk kecil ya, jangan handuk yang besar.

10. Topi

Topi juga perlu digunakan saat Anda berjalan kaki. Khasiat topi berfungsi untuk melindungi Anda dari panas matahari sehingga wajah Anda tidak akan terbakar sinar matahari.

Baca Lagi: 12 Khasiat Lari untuk Kesehatan dan Kebugaran, Jenis-Jenis Lari

Khasiat dan Manfaat Jalan Kaki

1. Menyehatkan Jantung

Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat sehingga terhindar dari penyakit jantung, Anda perlu melakukan olahraga ini. Khasiat jalan kaki mampu meningkatkan detak jantung Anda secara normal. Sehingga membuat jantung semakin sehat dan bugar. Namun, jika Anda yang memang memiliki penyakit jantung, jika ingin melakukan olahraga ini sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar Anda memahami kondisi dan kekuatan tubuh Anda sendiri.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Khasiat jalan kaki yang lainnya juga dapat membuat peredaran darah pada tubuh menjadi lancar. Darah akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh karena telah dipacu oleh olahraga tersebut. Jika peredaran darah lancar, maka tubuh Anda sudah pasti sehat dan bugar.

3. Mengurangi Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, selain memakan makanan sehat, Anda juga perlu melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga. Khasiat jalan kaki mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda lakukan setiap hari. Karena kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Salah satunya yakni penyakit jantung. Apalagi jika Anda sudah berusia diatas 40 tahun sudah dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat, salah satunya yakni melakukan olahraga sederhana ini.

4. Mencegah Diabetes

Penyakity diabetes bisa Anda cegah dengan melakukan olahraga ini. Khasiat jalan kaki mampu menurunkan resiko terkena diabetes sebanyak 40 %. Olahraga ini bisa mencegah diabetes karena jika dilakukan secara rutin,dapat memacu otot tubuh Anda untuk meyerap glukosa. Sehingga penyerapan glukosa meningkat, dan Anda terhindar dari penyakit diabetes.

5.  Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, tentunya Anda diharuskan mengatur pola makan. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk melakukan olahraga untuk mendukung tubuh Anda mengurangi berat badan. Khasiat jalan kaki yakni membakar kalori yang ada pada tubuh. Anda bisa menggunakan pedometer kalori saat melakukan jalan kaki, sehingga Anda mengetahui sudah berapa kalori yang dibakar. Terbakarnya kalori ini akan memberikan efek pada tubuh Anda yakni berkurangnya bobot tubuh.

6. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Tulang yang kuat dan sehat merupakan impian semua orang. Jika Anda sudah mengalami penyakit tulang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Khasiat jalan kaki juga bisa membuat tulang menjadi lebih kuat dan mampu mencegah penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang membuat tulang menjadi keropos sehingga sangat rapuh dan mudah patah. Wanita sangat rentan mengalami penyakit tulang karena kalsium pada tubuhnya terserap oleh janin yang pernah dikandungnya, sehingga tubuhnya kekurangan kalsium dan rentan terkena penyakit tulang. Demi menghindari itu, Anda bisa melakukan olahraga ini secara rutin lho.

7. Mengurangi Gejala Varises

Varises sangat dibenci oleh kaum pria maupun wanita. Kehadiran varises sangat mengganggu penampilan. Namun, semakin bertambah usia, kemungkinan terkena varises semakin tinggi karena ada pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di area betis dan kaki. Untuk menghindari itu Anda bisa melakukan olahraga ringan ini secara rutin. Khasiat jalan kaki sangat mampu untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi sehingga pembuluh darah tidak lagi terlihat menonjol di area betis kaki.

8. Menguatkan Otot

Jika Anda ingin memiliki otot paha dan betis yang kencang, Anda bisa melakukan olahraga ringan ini secara rutin. Khasiat jalan kaki bisa membuat otot lebih kencang dan gelambiran akibat lemak dapat menghilang. Karena lemak terbakar saat olahraga ringan ini dilakukan. Tentunya tubuh Anda akan semakin bagus dan kepercayaan diri akan semakin meningkat.

9. Melancarkan Pencernaan

Demi melancarkan sistem pencernaan, Anda perlu mengatur makanan yang masuk pada tubuh Anda. Tapi tidak hanya itu, melakukan olahraga ringan  ini juga bisa membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Khasiat jalan kaki dapat melancarkan pencernaan apabila dilakukan saat setelah Anda mengkonsumsi makanan. Daripada Anda duduk, nonton televisi, main hp, tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan, justru itu akan membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Lebih baik lakukan olahraga ini selama 30 menit.

10. Menghilangkan Stres

Melakukan olahraga ringan ini secara rutin tentunya dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres yang Anda alami. Khasiat jalan kaki ampuh menghilangkan stres karena saat melakukan aktifitas ini, tubuh melepaslkan hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. Sehingga mood menjadi lebih baik dan Anda bisa tersenyum kembali.

Khasiat dan Manfaat Jalan Kaki yang Lainnya

  1. Membantu pembentukan otot
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Menyehatkan tubuh
  4. Menjaga tubuh tetap aktif
  5. Membantu proses detoksifikasi
  6. Mengurangi resiko kanker
  7. Menurunkan kadar gula pada tubuh
  8. Mencegah penyakit stroke
  9. Menguatkan pergelangan kaki dan lutut
  10. Menghemat biaya transportasi
  11. Melancarkan sistem pernafasan
  12. Mengurangi racun pada tubuh
  13. Meningkatkan jiwa bersosialisasi
  14. Membantu mengurangi efek global warming
  15. Menghindari obesitas
  16. Menghindari terkena dimensia
  17. Meningkatkan konsentrasi
  18. Meningkatkan kreatifitas
  19. Sebagai obat asma yang alami
  20. Melindungi kerja otak
  21. Menguatkan otot paha
  22. Membantu mendetoks racun
  23. Menghilangkan nyeri otot
  24. Mencegah gangguan peredaran darah
  25. Membuat paru-paru lebih kuat
  26. Memperbaiki sistem pernapasan
  27. Meningkatkan kekuatan tubuh
  28. Membuat pikiran jadi tenang
  29. Mencegah stress
  30. Mengatasi perasaan depresi

Efek Samping Jalan Kaki

Melakukan olahraga ringan ini sangat berguna untuk tubuh Anda. Khasiat jalan kaki bisa Anda rasakan jika olahraga ini dilakukan secara rutin. Segala penyakit kronis bisa dihindari dengan melakukan olahraga ringan ini. Tubuh yang ideal bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan olahraga ini. Bahkan sistem pencernaan., pernafasan, kerja jantung, hingga kerja otak menjadi lancar dengan dilakukannya olahraga ini.

Tak hanya tubuh, olahraga ini juga memberikan kontribusi pada mood Anda. Anda akan lebih ceria, sehingga mendorong tingkat kreatifitas Anda. Dompet Anda juga akan tetap tebal apabila Anda rutin melakukan olahraga ini, terutama saat berangkat ke tempat kerja. Namun, dalam melakukan olahraga ini tetap perlu ada yang diperhatikan. Karena olahraga ini bisa memberikan efek samping pada tubuh maupun pada aspek lainnya di kehidupan Anda. Berikut efek samping dari jalan kaki :

  1. Ditabrak pengguna kendaraan di jalan jika tidak berjalan di trotoar atau zebra cross
  2. Mengirit pengeluaran
  3. Meningkatkan daya ingat
  4. Kulit terbakar sinar matahari
  5. Menabrak tiang jika melakukan jalan kaki sambil main gadget

Baca Lagi: 23 Khasiat Bersepeda untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Olahraga ringan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tak hanyauntuk tubuh, khasiat jalan kaki juga bisa dirasakan oleh lingkungan, aspek keuangan Anda dan sosial. Meskipun banyak manfaatnya, Anda tetap perlu berhati-hati dalam melakukan olahraga ini. Memperhatikan peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Anda juga perlu memperhatikan medan jalan yag digunakan. Jika jalan raya, berhati-hati terhadap kendaraan yang lewat. Gunakan trotoar dan zebra cross sebagai tempat yang aman ya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top