Connect with us
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi

Sosial

101 Pengertian Diskusi, Jenis, Topik Pembahasan dan Khasiatnya

Pengertian Diskusi adalah kegiatan kelompok dengan cara berdialog antar sesama dengan maksud untuk saling bertukar pandangan. Kegiatan tersebut dilakukan ketika sedang ada sebuah masalah atau topik pembahasan yang sedang ramai diperbincangkan. Proses kegiatan tersebut tidak memakan banyak waktu yang lama tergantung pentingnya sebuah pembahasan karena agenda tersebut bertujuan untuk mencari solusi pada sebuah masalah yang diperbincangkan. Kegiatan tersebut juga adalah saran untuk memotivasi diri agar dapat berkomunikasi dengan baik antar individu. Selain itu kegiatan tersebut dapat menambahkan jaringan sosial baru.

Kegiatan Diskusi adalah kegiatan sangat sederhana dan dapat dilakukan dimana saja, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sekali pun. Ketika di luar ruangan kegiatan seperti itu bisa dilakukan di halaman terbuka yang ada pepohonan yang rindang dengan tema pembahasan yang ringan dan remeteme seperti cerita tentang pentualangan. Sedangkan di dalam ruangan biasa dilakukan oleh para pelajar atau mahasiswa ketika berjalan proses belajar yang sangat dekat dengan teori dan memecahkan sebuah rumus sulit. Kegiatan tersebut lebih menjunjung tinggi edukasi serta sebagai ruang berbagi pengetahuan antar sesama individu. Tidak hanya itu ruang tersebut juga memberikan sumbangsi saran dan kritik untuk membangun karakter dan mentalitas.

Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi

Jenis-Jenis Diskusi

1.     Forum Grup Discustion ( FGD )

FGD adalah bentuk diskusi yang sangat sederhana dan sering digunakan. Diskusi semacam ini merupakan diskusi kelompok dengan syarat peserta diskusi di pecah menjadi banyak kelompok – kelompok kecil. Diskusi ini sangat efektif dari segi partisipasi peserta dalam berpendapat dan memahami masalah yang di bahas. Setiap kelompok diskusi akan di pimpin salah satu mentor untuk mengarahkan pendiskusian agar tidak melebar di luar topik pembahasan. Tujuan dari metode ini adalah untuk cepat mendiagnosis masalah dan lebih mengutamakan partisipasi aktif dalam pendiskusian.

2.     Rapat Pleno

Rapat pleno adalah forum tertinggi dalam tingkat organisasi untuk keperluan penilaian internal. Forum tersebut akan membahas segala macam poin permasalahan organisasi di setiap bidang. Diskusi dengan bentuk rapat pleno tersebut juga akan mencari jalan keluar untuk permasalahan dalam organisasi. Forum akan menghasilkan resolusi yang akan menjadi acuan pembuatan program kerja organisasi guna tidak terbelit persoalan yang sama terulang kembali.

3.     Seminar

Seminar adalah bentuk dikusi yang mengutamakan proses kesepakatan dalam menilik objek atau menyatukan langkah dalam proses menghadapi persoalan yang sama. Proses dalam kegiatan ini dilakukan secara ilmiah dan tema pembahasan lebih ke arah yang kompleks. Kegiatan ini akan memakan waktu yang sangat lama karena kompleksitas dalam pembahasan dan keikutsertan peserta juga menjadi bagian lam durasi kegiatan.

4.     Diskusi Panel

Diskusi panel adalah bentuk diskusi yang sudah di rancang dengan satu fokus pembahasan. Bentuk forum seperti akan menghadirkan tiga orang pembicara atau lebih sebagai pemimpin forum serta juga yang bertugas untuk memaparkan isi dari pembahasan yang disebut sebagai panelis. Penelis tersebut berangkat dari perspektif yang berbeda – beda guna membuat forum lebih aktif dari berbagai sudut pandang. Peserta bersifat sebagai pendengar namun ada waktu tersendiri khusus bagi peserta untuk berpendapat dan bertanya kepada setiap panelis.

5.     Simposium

Simposium dalam arti yang umum adalah sebuah persentasi pidato pendek yang disampaikan di hadapan orang banyak. Namun kegiatan itu juga akan menggiring peserta untuk masuk dalam arena pendiskusian. Forum tersebut akan menghadirkan beberapa kompenen yaitu pembicara utama dan pembicara penyanggah. Laju dari forum tersebut akan di bawa arahan moderator untuk mengontrol berjalannya forum. Setiap konponen tersebut akan saling beragumen satu sama lain dan saling memperdebatan dari topik pembahasan. Pelaksanaan forum tersebut terjadwal secara rutin dan dilakuakn secara intensif di tingkatan instasi pemerintahan di setiap tahun.

6.     Kongres

Kongres adalah agenda akbar dalam ranah organisasi di setiap tahun. Agenda ini akan menghadirkan anggota secara menyeluruh untuk ambil bagian dalam proses pembahasan. Pendiskusian dalam agenda ini akan ngupas isi permasalahan dalam ranah organisasi dan mengambil keputusan. agenda ini menjaga rutinitas tahunan di organisasi mahasiswa, orgniasasi sosial atau partai politik.

7.     Konferensi

Kenferensi adalah bentuk pertemuan untuk berunding atau menyampaikan sebuah pendapat dalam masalah yang beredar. Bentuk forum semacam ini sering terlihat dalam sebuah kasus yang melibatkan banyak pihak dengan tujuan untuk klarifikasi. Forum tersebut sering dijumpai di acara televisi dengan tujuan untuk memperjelaskan duduk pekara dari sebuah peristiwa. Contoh dari agenda tersebut seperti konferensi pers dalam kasus korupsi.

8.     Lokakarya

Lokakarya adalah bentuk pertemuan para ahli atau pakar pengetahuan. Agenda tersebut akan membahas masalah yang terjadi secara pendalaman dengan kaedah ilmiah. Pembahasan dalam pertemuan berfokus dalam satu pembahasan saja. Sebelum topik pembahasan telah ditetapkan dan setiap para ahli telah membuat sebuah rancangan makalah masing untuk dipersentasikan di forum tersebut. Hasil dari forum tersebut akan menjadi acuan pembuatan program unggulan karena legalitas dari pembuat adalah sekumpulan para ahli dan pakar.

Baca Lagi: 26 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli, Teori, Tokoh Pemikiran, Bidang Kajian dan Khasiatnya

Topik Pembahasan dalam Diskusi

1. Isu Politik

Diskusi adalah kegiatan yang mengupas tabir peristiwa – peristiwa yang aktual. Pembahasan dalam kegiatan tersebut akan berkelit dan bertele – tele jika tidak ditentukan topik yang tepat. Jika telah ditetapkan sebuah topik, forum tersebut akan lebih berfaedah dan lebih produktif. Salah satu topik yang sering menjadi perhatian dalam forum tersebut adalah persoalan isu – isu politik yang selalu hangat di telinga masyarakat. Isu politik akan pilihan utama dalam pendiskusian karena akan mengundang banyak kontrofersi jika di bahas secara mendalam. Ujung dari pembahasan mengenai topik isu politik akan memberikan hasil yang berguna untuk memahami isu politik yang bereda agar para peserta diskusi tidak salah langkah dan terbawa arus situasi politik. Secara objektif pendiskusian ini turun menghadirkan politisi, intelektual ilmu politik yang akan ditetapkan sebagai narasumber atau pembicara.

2. Isu Ekonomi

Masalah ekonomi juga menjadi perhatian yang besar dalam agenda – agenda diskusi. Diskusi yang menyajikan isu ekonomi untuk menjadi topik pembahasan akan terasa selalu faktual. Nilai pembahasan masalah ekonomi akan menjadi mahal di hadap penikmat diskusi karena berangkat dari situas yang sedang mengalami krisis yang tanpa ada ujung. Apalagi jika pembahasan tersebut memperdebatan akar masalah yang terjadi dan jalan keluar dari masalah tentu akan menjadi perhatian yang besar dalam ranah intelektual. Dalam pendiskusian mengenai topik ini turun menghadirkan sejumlah pakar ekonomi agar lebih obejektif di titik analitis pembahasan isu.

3. Isu Sosial

Isu sosial atau bisa disebut isu kemanusian juga menjadi topik yang sering di pilih dari setiap ajang diskusi. Permasalahan tersebut mengandung nilai humanis dan mengandung unsur solidaritas untuk setiap pengikut acara diskusi. Masalah tersebut juga akan mengangkat moralitas semua peserta diskusi untuk berpikir jauh dalam menjawab persolan. Pendiskusian dengan topik isu ini akan menghasilkan resolusi secara obejektif dalam pengatasi masalah – masalah sosial yang berkembang dalam masyarakat. Topik pembahasan ini juga sering menjadi objek kajian para sosiolog.

4. Penelitian Ilmiah

Berdiskusi dengan tema pembahasan mengenai penelitian ilmiah ada di ruang – ruang akademisi. Pendiskusian dengan tema tersebut adalah bentuk dari kerja intelektual dalam memajukan ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek. Pendiskusian di ruang akademis tersebut sebenarnya lebih mengutamakan pengembangan intelektual agar hasil dapat diterjemahkan. Diskusi dengan tema semacam ini lebih sering dijumpai di ruang akademis di tingkatan universitas yang melibatkan banyak ahli dan pakar serta calon – calon sarjana. Berdiskusi ini juga di setiap universitas akan menjadi syarat dari ujian akhir untuk mencapai kelulusan karena sebelum setiap mahasiswa di minta untuk menyelesaikan sebuah penelitian setelah itu wajib untuk dipersentasikan dan didiskusikan bersama.

5. Ideologi Kebangsaan

Ideologi kebangsaan akan tetap menjadi topik pendiskusian yang hangat. Topik tersebut akan disosisalisasikan oleh pemerintah melalui instrumen kelembagaan. Pendiskusian akan terjadi pada momen penerimaan anggota baru atau pelajar baru guna untuk menanamkan nilai – nilai ideologi. Bahkan penyampaian nilai – nilai ideologi juga menjadi kewajiban di lingkungan sosial. Maka pendiskusian tetap akan menjadi topik yang dekat dengan kehidupan sehari – hari.

Khasiat dan Manfaat Diskusi

1. Menumbuhkan Kreatifitas

Diskusi yang melibatkan orang banyak akan lebih mudah mengembangkan imajinasi dalam diri seseorang. Proses forum yang saling bertukar pandangan akan menumbuhkan kreatifitas kerja otak. Apalagi diskusi akan cepat tanggap dalam menilai sesuatu agar dapat dikonkritkan dalam bentuk praktek – praktek yang cemerlang. Ruang diskusi juga akan menjadi belajar yang sangat tepat untuk para pemula yang ingin mengembangkan bakat – bakat terpendam karena ruang diskusi mengutamakan berbagai sebuah pengalaman di masing – masing peserta.

2. Mengembangkan Daya Pikir

Proses diskusi yang menghadirkan orang dari perspektif yang beragam akan merangsang daya pikir dalam diri sesorang. Rangsangan tersebut lahir adalah bentuk motivasi bagi seseorang untuk membuka wawasan agar tidak terjebak dalam satu sudut pandang. Orang yang aktif dan sering berdiskusi akan lebih cepat berkembangan dalam kondisi apapun dan tergolong lebih mudah melewat setiap persoalan yang ada karena proses tempahan pikiran yang sistemtis mempengaruhi kerja otak agar tidak salah dalam pilihan.

3. Tempat Berbagai Pengalaman

Ruang diskusi akan mempertemukan peserta dengan orang – orang yang baru. Pertemuan tersebut akan sangat menguntung sebagai sarana ajang membangun modal sosial yang baru. Keuntungan tersebut juga akan membangun koneksi yang lebih luas. Pertemuan dengan orang – orang baru akan memberikan banyak pengtahuan yang baru pula terutama pengalaman. Pengalaman dari orang – orang tersebut akan menjadi hal yang paling berharga apalagi berhubungan erat dengan kehidupan nyata. Seperti kata pepatah “ pengalaman adalah guru yang paling berharga”. Maka baik untuk kita membiasakan diri terjun dalam dunia yang membangun semacam itu salatunya ruang diskusi.

4. Melatih Kemampuan Bicara di Ruang Publik

Ruang diskusi adalah ruang sangat baik untuk meningkatkan motivasi diri untuk bercakap di depan banyak orang. Kepandaian berkacap yang diperoleh dalam ruang tersebut akan membawa kemahiran berbicara ruang – ruang publik yang menghadirkan orang – orang yang banyak dan orang baru. Kepiawayan berbicara yang di dapat juga akan memberani diri untuk terus menjalanin hubungan komunikasi yang baik dengan orang – orang. Selain itu juga bagi para praktisi yang sering berdiskusi akan meningkatkan argumen yang lebih berbobot dan lebih rasional agar dapat menyampaikan pemahaman yang lebih baik dengan orang yang awam.

5. Menunbuhkan Sikap Demokrasi

Ruang diskusi adalah cerminan dari nilai – nilai demokrasi. Nilai demokrasi yang nyata dalam ruang diskusi adalah kebebasan menyampaikan pendapat dan mendapatkan hak yang sama antar individu. Kedua nilai tersebut menjadi baku dalam jenis- jenis ruang diskusi bahkan menjadi pedoman tetap yang harus ditegakan selama proses pendiskusian. Individu yang sering mengikuti diskusi akan paham dan secara sadar menganggap nilai – nilai tersebut penting jika diterapkan pada kehidupan sosial di tengah masyarakat. Itu bentuk penanaman nilai yang aplikatif.

6. Mengembangkan Wawasan

Proses diskusi yang merangsang cara berpikir sistemtis tentu akan membawa arus pengetahu – pengetahun yang baru bermunculan. Apalagi diskusi melibatkan banyak orang tentu hal itu akan berdampak pada berkembangnya wawasan di setiap individu. Setiap individu membawa pengetahun dan pengalaman masing – masing makan jika dipertemukan di dalam ruang diskusi akan mempengaruhi proses pengembangan otak untu meresap wawasan dari pengetahuan dan pengalaman baru tersebut.

7. Membuat Sundut Pandang Analitis dan Kritis

Pembahasan kompleks dalam arena diskusi yang mengupas berbagai macam topik dan isu dalam setiap situasi yang berkembang akan meningkatkan daya cekatan dalam menilai sebuah masalah – masalah tersebut. Pikiran akan menjadi terdorong untuk dapat menganalisi sebab dari masalah – masalah tersebut. Daya pikiran juga terangsang untuk mengkritis darimana akar masalah yang berangsung. Segala macam topik pembahasan semua akan terfokus bagai mana mencari solusi dari masalah tersebut maka secara langsung sudut pandang akan lebih kritis penilaiannya.

8. Meningkatkan Percaya Diri

Proses diri yang pertemukan dengan orang baru dengan kemampuan serta pemahaman yang berbeda akan memacu semangat dalam diri masing – masing individu. Semangat tersebut berupa kepercayaan diri untuk tidak takut menghadapi tantangan serta tidak takut adu pendapat dengan orang lain. Percaya diri yang tinggi juga membuat beban pekerjaan lebih mudah karena sudah melewati tantangan yang bertubi – tubi. Hasil dari ruang diskusi tersebut lah individu mampu mengasah diri agar lebih percaya di hadapan orang baru sebelum menginjakan kaki ke dalam ruang publik yang lebih besar dan tekanan yang lebih besar.

Baca Lagi: 43 Khasiat Organisasi, Pengertian, Jenis, Unsur, Ciri-Ciri

9. Mengakui Perbedaan

Ruang diskusi yang mempertemukan orang baru dan perspektif yang beragam tentu adalah inti dari perbedaan. Argumentasi yang berbeda dari setiap orang untuk mengkritis setiap persoalan dalam diskusi tentu akan menjadi pengakuan dalam diri peserta diskusi bahwa perbedaan berpendapat dan berebda cara berpikir adalah hal yang penting dan berguna karena menghadirkan banyak resolusi dalam setiap masalah. Maka tentu toleransi dalam ruang tersebut begitu tinggi karena sebagai bentuk menghargai sesama,

10. Mencari Solusi Lebih Cepat dan Tepat

Pertemuan yang menghadirkan banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda tentu akan lebih berguna jika digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi. Cara berpikir dari masing – masing orang  di lontarkan untuk menganlisi dampak dan sebab dari masalah yang terjadi tentu akan lebih cepat menjawab darimana akar masalah yang terjadi. Selain itu juga dalam mencari solusi yang jitu akan lebih objektif dengan berpikir secara besar sama karena lebih efektif dalam menetapkan sebuah solusi agar menghindari solusi yang tidak tepat. Itu lah kenapa diskusi penting dalam dunia keseharian.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sosial

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top