Connect with us
Manfaat Daun Tin, Khasiat Daun Tin, Ficus carica L

Daun

119 Khasiat Daun Tin, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Tin – Manfaat Daun Tin (Ficus carica L) dikenal pula dengan nama daun buah ara memiliki kesegaran dan kaya akan manfaat untuk tubuh. Daun serta buahnya memiliki kelebihan yang bagus untuk kesehatan. Daun ini mudah ditemukan dan bisa diolah untuk obat herbal. Ara awalnya tumbuh di kawasan Asia Barat kemudian tersebar mulai dari pantai balkan hingga Afganistan.

Tumbuhan Ficus carica L memiliki pohon yang cukup besar dan bisa tumbuh hingga 10 m. Batang pohon berwarna abu-abu dan memiliki daun cukup besar dengan lekuk 3 atau 5 cuping. Bagi umat muslim, buah tin dianggap istimewa karena tertulis di dalam kitab suci Al-Quran. Terlepas dari itu, ada banyak kandungan nutrisi dan segudang manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat Daun Tin, Khasiat Daun Tin, Ficus carica L

Tanaman Ficus Carica diperkirakan ada sekitar 850 spesies di belahan dunia serta masih berkerabat dengan pohon beringin. Pada umumnya tumbuhan ini dikenal dengan 3 jenis spesies buah tin seperti Cadocous, Persistent dan intermediate.

Adapun beberapa manfaat atau khasiat daun tin di antaranya menguatkan tulang, menambah nafsu makan, baik untuk gigi, dan sebagainya. Bahkan Ficus carica L ini mampu mencegah penyakit kanker, anti oksidan, menyehatkan jantung, anti bakteri, dan lain-lain.

Klasifikasi Ilmiah Daun Tin

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  • Famili: Moraceae
  • Genus: Ficus
  • Upagenus: Ficus
  • Spesies: F. carica
  • Nama Ilmiah : Ficus carica L.
  • Daun Tin: berwarna hijau terang, tunggal, daunnya besar

Morfologi Daun Ficus carica L

Pohon tin dapat tumbuh di dataran mediteranian, di tempat yang beriklim tropis ataupun di kawasan yang memiliki empat musim. Tanaman ini membutuhkan perawatan khusus jika saat berada di iklim tropis. Daunnya berwarna hijau terang, tunggal daunnya cukup besar dan ada yang berlekuk sebanyak 3 atau 5 lobus.

Khasiat daun tin untuk banyak penyembuhan penyakit memiliki panjang daun sekitar 12 hingga 25 cm. Sedangkan Lebar antara 10 hingga 18 cm. Berbulu kasar pada permukaan atas. Bunga buahnya memiliki perbungaan yang kompleks. Bunga tidak terlihat karena mekar di dalam infructescence. Buahnya berukuran lonjong bulat berdiameter 3 hingga 5 cm.

Kulit buah muda memiliki warna hijau dan jika sudah matang berwarna kuning, coklat atau ungu. Sedangkan dagingnya memiliki karakteristik basah, lembut jika sudah matang. Khasiat daun tin bisa diperolah dari kandungan didalamnya.

Kandungan Kimia Daun Tin

Tanaman untuk pengobatan sangat mudah dalam mengolahnya. Kelebihan lainnya dalam mengonsumsi daun ini tidak memiliki efek samping yang besar jika masih dalam dosis yang wajar. Banyaknya khasiat daun tin tidak lepas dari kandungan nutrisi yang jarang diketahui orang-orang. Beberapa kandungan tersebut ialah:

  • Carbohydrates
  • Cumarines
  • Flavonoids
  • Fixed oils
  • Glycosides
  • Proteins and amino acids
  • Steroids and sterols
  • Triterpenoids

Kandungan kalsium yag luar biasa memiliki fungsi untuk memperkuat gigi dan tulang. Untuk anda yang memiliki alergi susu, cobalah menikmati khasiat daun tin agar tulang serta gigi anda terjaga kesehatannya. Di jaman sekarang tidak sedikit anak-anak yang sudah bermasalah dengan gigi karena kurangnya asupan kalsium. Untuk menghindari hal ini terjadi cobalah makan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Baca Lagi: 130 Khasiat Daun Pandan, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat dan Manfaat Daun Tin

1. Menambah Nafsu Makan

Khasiat daun tin pertama adalah mempu menambah nafsu makan. Untuk anda yang memiliki nafsu makan kurang bisa konsumsi tanaman ini dengan rutin dan teratur. Saat kehilangan nafsu makan memberikan dampak serius bagi tubuh, pasalnya asupan makanan sangat dibutuhkan sehari-hari. Ada beberapa faktor penyebab hal ini terjadi seperti cemas atau depresi.

Banyak orang yang lari mencari obat berbahan kimia untuk meningkatkan nafsu makan. Padahal obat herbal masih bisa dikonsumsi seperti memanfaatkan khasiat daun tin yang mungkin tidak banyak orang tahu. Perhatikanlah cara makan sehari-hari Anda. Jangan pernah tinggalkan sarapan karena saat tidur malam tubuh tidak mendapatkan asupan apapun.

Di pagi hari, Anda perlu asupan baru sebagai bahan bakar metabolisme. Siapkanlah makanan kesukaan di rumah agar selera makan bisa tertolong dan bertambah. Cobalah untuk mengatur waktu makan, hal ini bisa sedikit membantu meningkatkan nafsu makan selain khasiat daun tin.

2. Mengatasi Jerawat

Siapa yang nyaman dengan tumbuhnya jerawat pada tubuh khususnya di bagian wajah? Mungkin untuk mereka yang cuek dengan penampilan dan kesehatan, hal ini tidak berpengaruh. Namun berbeda dengan Anda yang selalu ingin memiliki kulit sehat dan cantik. Tidak hanya pada wajah, jerawat bisa tumbuh di punggung, paha atau lengan. Khasiat daun tin mampu mengatasi jerawat.

Pada umumnya penyebab timbulnya jerawat adalah karena sel kulit mati, bakteri, hingga produksi minyak berlebih. Banyak dari mereka baik wanita maupun pria mengeluarkan dana banyak demi mendapatkan kulit sehat terhindar dari jerawat. Padahal perawatan mandiri di rumah bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini seperti memanfaatkan khasiat daun tin.

Jerawat bisa muncul karena minya bercampur dengan sel kulit mati serta menyumbat pori-pori. Selain khasiat daun tin, beberapa cara menghilangkan jerawat dimulai dari rutin membersihkan wajah, gunakan pelembab, es, putih telur dan lain-lain. Jerawat yang membandel kerap mengganggu penampilan seseorang. Pada umumnya usia 30 tahun masih bisa tumbuh jerawat.

3. Baik untuk Kesehatan Gigi

Khasiat daun tin tidak hanya bermanfaat untuk jerawat melainkan direkomendasikan juga untuk kesehatan gigi. Organ ini sangat penting untuk Anda rawat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Bagian ini berfungsi untuk memotong serta menghandurkan makanan agar mudah ditelan dan dicerna dengan baik. Saat gigi berlubang Anda tidak bisa menikmati makanan yang masuk.

Perawatan gigi tidak harus menunggu saat gigi rusak. Mulailah menjaga kesehatan gigi pada mulut sejak dini. Makanlah makanan yang bergizi demi mendapatkan kesehatan gigi. Selain itu, Anda bisa menikmati khasiat daun tin secara rutin dan teratur untuk mendukung perawatan Anda.

4. Memperkuat Tulang

Tulang adalah jaringan hidup yang didalamnya terdiri dari saraf, pembuluh arah, sel tulang dan sumsum tulang. Jaringan ini sebagai penghancur dan kemudian membangun kemabali jaringannya agar tetap kuat. Khasiat daun tin didalamnya mengandung kalsium tinggi untuk memperkuat tulang. Ada baiknya Anda mengonsumsi tanaman hijau ini secara teratur untuk tulang lebih kuat.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat tulang selain menikmati khasiat daun tin? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kepadatan tulang. Di antaranya olahraga rutin, mencukupi kebutuhan kalsium dan protein, vitamin D dan K, mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan sebagainya.

Tulang bisa dibilang sebagai penopang utama tubuh Anda sehingga perlu untuk dijaga kesehatannya. Seiring bertambah usia, maka tulang secara terus menerus akan rapuh. Pada umumnya setelah usia 30 tahun, keseimbangan tulang akan bergeser. Akibatnya banyak pengeroposan yang mengarah ke osteoporosis. Karenanya tidak ada salahnya untuk mencoba khasiat daun tin untuk kepadatan organ penopang tubuh Anda.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Anda tentu pernah mendengar istilah serangan jantung? Hal ini terjadi karena pasokan darah ke jantung terganggu. Padahal jantung sangat membutuhkan darah konstan yang mengandung oksigen. Saat organ ini tidak memiliki pasokan darah, otot jantung akan rusak dan ahirnya bisa mati. Khasiat daun tin mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Sebenarnya ada banyak penyakit yang dialami jantung mulai dari serangan jantung, jantung koroner hingga gagal jantung. Salah satu penyaki yang sering terjadi adalah jantung koroner. Beberapa bentuk penyakit jantung lainnya yaitu infeksi, kardiovaskular, oto jantung lemah, cacat jantung dan sebagainya. Dengan mengonsumsi dan menikmati khasiat daun tin secara rutin maka kesehatan jantung bisa meningkat.

6. Meredakan Asma

Khasiat daun tin lainnya ialah mampu meredakan asma. Ini adalah penyakit kronis yang terjadi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan atau penyempitan napas. Sampai saat ini penyebab asma belum dikatahui secara pasti. Namun ada beberapa hal yang kerap terjadi seperti pemicu asap roko, debu, udara dingin, dan sebagainya.

Untuk mereka yang menderita asma, saluran pernafasan lebih sensitif jika dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki gejala ini. Pada umumnya ada lima jenis asma yang biasanya terjadi. Di antaranya ialah alergi, Cough-variant asthma, Occupational asthma, Asma nocturnal dan Exercise-induced asthma. Dengan mengonsumsi atau menikmati khasiat daun tin secara teratur maka asma anda perlahan akan hilang.

Khasiat daun tin untuk asma ini bisa diterpakan pada mereka yang memiliki diagnosa menahun. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mengenai hal ini. Berapa tarakan yang bisa dikonsumsi selain terapi yang sedang dilakukan.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Siapa yang tidak mengenal kanker? Ini adalah penyakit berbahaya dan mematikan. Sudah banyak korban hingga meninggal dunia akibat hal ini, namun ada juga yang berhasil sembuh. Setiap orang memiliki cara berbeda untuk mengatasi dan mencegah kanker. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah menikmati khasiat daun tin yang bisa mencegah penyakit kanker.

Penyakit ini terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal secara berlebihan. Sehingga menyebabkan jaringan tubuh yang normal rusak. Padahal tubuh manusia terdiri dari triliunan sel pada organ dan bagian. Nantinya sel ini akan terus tumbuh menjadi sel baru, sementara yang tua atau tidak berfungsi lagi akan mati. Khasiat daun tin bisa mencegah penyakit ini jika dikonsumsi rutin.

Cegahlah dari sekarang sebelum terkena dan ahirnya menjalar ke jaringan sel lain dengan mengonsumsi khasiat daun tin. Karena penyakit ini bisa menyerang pada siapapun tanpa melihat usia atau jenis kelamin. Bahkan mereka yang menganggap memiliki gaya hidup sehat bisa saja terjadi.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa mengingkatkan stroke, risiko penyakit jantung hingga sirkulasi darah buruk. Karenanya anda perlu menstabilkan atau bagi penderita kolesterol tinggi perlu diatasi. Menurunkan kadar kolesterol bisa diatasi dengan khasiat daun tin. Tanaman ini sangat direkomendasikan sebelum penyakit lain muncul.

Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh sel dalam tubuh. Pada dasarnya tubuh memang membutuhkan kolesterol agar tetap sehat. Namun jika kadarnya tinggi maka risiko berbahaya bisa terjadi. Khasiat daun tin lah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda bisa mengonsumsinya dengan beragam olahan seperti dijasikan dalam bentuk minuman.

Perlu anda ketahui bahwa beberapa jenis kolesterol dalam darah. Di antaranya, kolesterol baik, jahat, Trigliserida, dan kolesterol total. Selain khasiat daun tin sebagai pengobatan alami, ada beberapa makanan yang perlu dihindari yaitu lemak. Selain itu konsumsilah ikan, oatmeal, kacang-kacangan atau minyak zaitun demi tubuh yang sehat.

9. Mencegah Anemia

Siapa kira bahwa khasiat daun tin mampu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan di dalamnya terdapat zat besi yang sangat bagus untuk tubuh. Zat ini merupakan senyawa untuk menambah sel darah merah sehingga tidak mudah lelah atau pusing. Anemia bisa terjadi kapan saja baik jangka waktu pendek maupun panjang.

Adapun beberapa gejala yang biasanya dialami adalah lemas, cepat lelah, napas pendek, nyeri dada dan lain-lain. Bahkan untuk anda yang sering mengalami insomnia atau sulit tidur hati-hati, karena bisa terjadi anemia menyerang Anda. Untuk pencegahannya Anda bisa menikmati khasiat daun tin secara rutin dan teratur.

Selain kekurangan zat besi, penyebab anemia bisa karena kekurangan vitamin, akibat penyakit kronis, penyakit sumsum tulang atau lain-lain. Membiasakan diri mengonsumsi makanan yang rencah asam folat, zat besi atau vitamin B12 akan rentan terserang anemia. Karenanya tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tanaman dari khasiat daun tin.

10. Menghilangkan Bakteri Jahat

Siapa yang ingin tubuhnya mudah terserang penyakit? Salah satu penyebabnya adalah karena ada bakteri jahat yang menyerang tubuh. Padahal dalam tubuh terdapat setidaknya 100 triliun jenis bakteri. Letaknya terdapat pada sistem pencernaa, mulut, kulit dan bagian tubuh lain. Ada bakteri baik dan ada juga bakteri buruk. Untuk menghilangkan bakteri jahat, khasiat daun tin bisa mengatasinya.

Meskipun jumlah bakteri jahat sedikit namun tetap saja berbahaya. Mengapa disebut bakteri jahat? Karena ia berasal dari luar tubuh dan mengakibatkan infeksi. Bakteri bisa tinggal di manapun dan mereka memiliki cara penyebaran yang bervariasi. Saat khasiat daun tin bereaksi, lama kelamaan bakteri jahat bisa hilang.

Adapun cara penyebaran bakteri bisa terjadi melalui air yang terkontaminasi, makanan, kontak seksual hingga kontak dengan binatang. Khasiat daun tin sendiri bisa menghilangkan bakteri jahat jika Anda teratur mengonsumsinya.

Baca Lagi: 140 Khasiat Daun Mint, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Tin Lainnya:

11. Anti oksidan

12. Mencegah kanker ganas

13. Cocok untuk penderita diabetes

14. Mencegah osteoporosis

15. Mendukung pertumbuhan secara alami

15. Membentuk tubuh ideal

17. Mengatasi sulit tidur atau insomnia

18. Mengatasi sembelit

19. Mengatasi wasir

20. Menghambat perkembangan tumor jinak atau ganas

21. Mengatasi bisul

22. Mengatasi sakit tenggorokan

23. Mempercepat proses penyembuhan luka

24. Khasiat daun tin mampu mencegah prostat

25. Baik untuk ibu hamil

26. Sebagai peluruh batu ginjal

27. Menambah vitalitas pria

28. Menurunkan trigilserida

29. Mengendalikan kadar gula dalam darah

30. Memperkuat imunitas tubuh

31. Menambah keharuman tubuh

32. Mengatas jerawat

33. Menghambat penuaan dini

34. Daun tin bisa memperhalus kulit

35. Mengkilapkan kuku

36. Melentikkan bulu mata

37. Khasiat daun tin mampu memperindah kulit wajah

Cara Mengolah dan Efek Samping Daun Tin

Pengolahan tanaman ini sangat beragam, salah satunya bisa dibuat untuk minuman berupa teh. Daunnya berasal dari jenis tanaman ara. Selain cocok dikonsumsi karena buahnya yang segar, khasiat daun tin banyak untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara yang banyak dikonsumsi untuk menikmati khasiat daun tin dibuat sebagai minuman. Saat ini sudah banyak olahan tanaman ini dalam bentuk simplisia. Daun yang kering bisa diolah menjadi beragam produk.

Cara mengonsumsi khasiat daun tin tidak ada bedanya dengan teh lain. Seduh menggunakan air panas, nantinya warna akan berubah keruh kehijauan. Konsumsilah saat masih hangat agar aroma tin terasa. Jika ingin menambah rasa bisa tambahkan sedikit gula merah atau madu.

Selain khasiat daun tin yang baik bagi tubuh ternyata tanaman ini bisa menimbulkan afek samping jika terlalu berlebihan, di antaranya:

  1. Efek samping dari khasiat daun tin bisa menimbulkan diare
  2. Perut kembung
  3. Gatal-gatal
  4. Efek samping dari manfaat daun in embuat plak kuning pada gigi
  5. Diabetes
  6. Alergi
  7. Sakit kepala
  8. Mual dan muntah

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top