Connect with us
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri

Daun

33 Khasiat dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Khasiat Daun Seledri – Manfaat Daun Seledri menjadi satu diantara jenis tanaman yang sering kita temui. Daun selederi merupakan bahan penyedap untuk berbagai menu makanan khas nusantara. Ya, daun rempah termasuk jenis tanaman rendah kalori yang sering menjadi pilihan untuk menambahkan aroma sayuran atau masakan lainnya. Banyak manfaat daun seledri yang ternyata sangat efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, termasuk penyakit mematikan seperti infeksi ginjal.

Seledri memiliki banyak manfaat yang tidak hanya berguna bagi kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Beberapa kandungan asam amino yang terdapat dalam daun seledri berkhasiat penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri

Daun yang memiliki nama ilmiah Apium graveolens L. Seledri merupakan jenis tanaman dari keluarga Apiceace. Sejak lama, tanaman ini sudah dikenal bermanfaat sebagai penurun demam serta beberapa khasiat menyembuhkan penyakit lainnya. Kandungan minyak atsiri dengan berbagai jenis asam bermanfaat dalam daun seledri juga banyak digunakan sebagai obat herbal.

Pemanfaatan seledri lebih banyak digunakan sebagai bahan pelengkap pangan, seperti untuk taburan nasi, mie dan sup. Oleh karena daun yang mirip daun ketumbar ini sanggup memberikan cita rasa gurih di segala jenis masakan, terutama yang berkuah. Kalau tidak memakai seledri memang rasanya jadi bakalan aneh. Uniknya, untuk memakai seledri, daun ini tak perlu direbus. Cukup dicuci bersih dan dipotong kecil saja.

Memang jika menilik pada faktanya, penggunaan daun seledri masihlah sangat terbatas. Daun ini tidak begitu menyita perhatian manusia untuk langsung memasaknya, seperti sedang masak sayuran pada umumnya. Seledri masih sekadar dipandang sebagai bahan tambahan makanan belaka.

Maka tak heran bila daun herbal ini saat dipakai untuk membuat jus pun masih terasa kurang lazim. Lihat saja bagaimana daun ini diblender, tentu akan membutuhkan banyak jumlahnya seledri. Tak cukup hanya sehelai dua helai ranting saja, tapi bisa segenggam bahkan 3 genggam ikatan seledri agar jusnya jadi padat. Tapi untunglah harga sayuran penyedap rasa ini murah. Harga seikat seledri hanya kisaran 3000 hingga 5000 rupiah saja.

Klasifikasi Ilmiah Daun Seledri

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom: Viridiplantae
  • Infra Kingdom: Streptophyta
  • Super divisi: Embryophyta
  • Divisi: Tracheophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Apiales
  • Famili: Apiaceae
  • Genus: Apium L.
  • Spesies: Apium graveolens L.
  • Habitat Asli: Eropa selatan
  • Akar Seledri: tunggang, dengan serabut akar menyebar ke samping, berwarna putih dan mampu menembus tanah hingga 30 cm.
  • Batang Seledri: lunak, tidak berkayu, persegi dan beralur. Batang memiliki ruas dan tidak berambut, banyak cabang.
  • Daun Seledri: bentuk menyirip, daun majemuk (anak daun 3-8 helai), ujungnya meruncing, berwarna hijau muda hingga hijau tua.
  • Bunga dan buah seledri: majemuk dengan bentuk menyerupai payung, setiap ketiak daun bisa tumbuh hingga 8 bunga, setelah dibuahi akan terbentuk buah berwarna hijau dan menjadi berwarna coklat setelah tua, aromatik.

Kandungan GIzi dan Kimia Daun Seledri

Ada begitu banyak zat, vitamin dan senyawa kimia yang terkandung di dalam seledri. Hingga menjadikannya salah satu daun herbal yang baik sekali untuk pengobatan alami. Berikut adalah beberapa senyawa kimia yang ada di dalam khasiat dan manfaat daun seledri:

  • glikosida apiin
  • asparagin
  • isoquersetin
  • mannite
  • glutamine
  • choline
  • linamarose
  • pro vitamin A, C. dan B
  • resin
  • palmitat
  • oleat, linoleat, dan jenis minyak atsiri lainnya.

Baca Lagi: 99 Khasiat dan Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri

1.Mengobati Sembelit

Untuk mendapatkan manfaat dari daun seledri untuk pengobatan sembelit, Anda bisa memilih beberapa alternatif untuk mengolahnya menjadi minuman atau makanan. Seledri biasa digunakan sebagai bahan pelengkap dalam sayuran atau tumisan. Anda bisa memasukkan beberapa lembar daun seledri dengan jenis makanan apapun dan mengonsumsinya bersama makanan tersebut.

2. Menyembuhkan Asma

Asma merupakan jenis penyakit yang berbahaya karena bisa mengancam nyawa penderitanya. Cara mengolah seledri untuk pengaobatan asma adalah dengan membuat jus seledri. Manfaat daun seledri yang dibuat jus ini adalah bisa meringankan sesak napas saat asma mendera.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kaya akan flavonoid, khasiat dan manfaat daun seledri menjadi tanaman yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu seledri juga bisa berfungsi sebagai penurun kolesterol alami bila dikonsumsi secara rutin. Minum setengah cangkir air perasan atau sari seledri untuk mendapatkan manfaat seledri ini.

4. Menyembuhkan Rematik

Sedang bingung mencari obat apa yang baik dan cocok untuk menyembuhkan rematik? Tak perlu bingung-bingung lagi, sebab manfaat daun seledri ini pun ampuh dalam menyembuhkan rematik. Buat para orang tua dan sepuh yang sudah sangat bosan dan lelah minum obat dokter, bisa coba cara alternatif minum rebusan seledri.

5. Memperbaiki Fungsi Jantung

Anda mengalami masalah gangguan jantung yang pelik? Tak usah risaukan, sebab risau hanya membuat penyakit semakin parah. Untuk itu, cobalah khasiat dan manfaat daun seledri segera! Olahan obat jantung alami dari seledri ini bisa menjadi alternatif sumber makanan sehari-hari pula bagi pengidap gangguan jantung bocor, jantung koroner dan lainnya.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat dan manfaat daun seledri bagus sekali untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Memang seledri sudah banyak digunakan dalam pengobatan hipertensi, di mana banyak orang yang mengidap sakit darah tinggi ini perlahan-lahan normal tekanan darahnya, menurun tensinya perlahan-lahan tapi pasti. Semua berkat khasiat dan manfaat rebusan seledri yang memang super ampuh.

7. Meluruhkan Lemak Jahat

Lemak jahat atau dikenal dengan nama LDL sangatlah mengkhawatirkan bila jumlahnya berlebihan di dalam tubuh. Untuk itu, segera atasi saja dengan meluruhkannya menggunakan manfaat daun seledri. Khasiat jus seledri perlahan-lahan bisa menurunkan berat badan mereka yang kena obesitas berat.

8. Mengobati Panas Dalam

Panas dalam sangatlah menyakitkan, sebab bisa membuat tubuh jadi meriang. Orang yang kena panas dalam emosinya juga jadi labil, inginnya marah-marah terus. Kondisi mulut kering, dehidrasi, bibir pecah-pecah dan belum lagi juga bisa mengucur darah. Semua gejala panas dalam harus segera disembuhkan dengan meminum ramuan daun seledri.

9. Mencegah Radang Tenggorokan

Nah, biasanya mereka yang kena panas dalam juga akan kena radang tenggorokan. Sensasi nyeri dan panas di tenggorokan sungguh bisa bikin tubuh jadi meriang. Untuk itu, sembuhkan segera radang tenggorokan pakai manfaat daun seledri. Tak usah bingung cara mengolahnya karena cukup dengan merebusnya saja. Untuk praktisnya, seledri bisa pula dimakan mentah sebagai taburan mie, soto, bakso atau nasi goreng.

10. Melancarkan Buang Air Kecil

Pernahkah mengalami susah buang air kecil? Kencing yang sulit dikeluarkan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mengalami gangguan sekresi. Pastilah ada gangguan di organ yang berhubungan dengan sistem pembuangan limbah air ini. Misalnya ginjal dan kandung kemih. Sebelum penyakit semakin parah, atasi dan sembuhkan segera dengan mencoba khasiat dan manfaat daun seledri.

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri yang Lainnya

11. Mencegah Kanker

12. Menormalkan suhu tubuh

13. Mengatur volume darah

14. Mencegah Dehidrasi

15. Menyehatkan Empedu beserta jaringan disekitarnya

16. Mencegah penuaan kulit

17. Menstabilkan kadar gula darah

18. Mengurangi Kelebihan Minyak pada Wajah

19. Menguatkan Tulang

20. Melindungi jaringan otak

21. Menjaga kesehatan otot

22. Anti radang

23. Melindungi jantung

Baca juga: 51 Khasiat dan Manfaat Daun Kelor, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Daun Seledri

Beberapa efek samping jika mengonsumsi seledri secara tidak tepat juga bisa muncul pada tubuh, antara lain seperti:

  1. Depresi sistem saraf pusat
  2. Terjadinya kontraksi pada rahim
  3. Anafilaksis
  4. Angioderma

Demikian artikel informatif tentang beberapa manfaat daun seledri yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terapkan pengobatan alami dari daun seledri sesuai dengan anjuran dan dosis yang tepat untuk menghindari efek sampingnya. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top