Connect with us
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan

Daun

50 Khasiat dan Manfaat Daun Rambutan untuk Kesehatan

Khasiat Daun Rambutan – Manfaat Daun Rambutan terkenal sebagai daun dari buah yang segar dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Buah dengan kulit yang memiliki rambut ini ternyata juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman rambutan tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja, tetapi daun rambutan pun berkhasiat untuk tanaman herbal dan menyembuhkan jenis penyakit tertentu. Daun rambutan diyakini bisa meringankan beberapa jenis penyakit seperti sakit kepala, flu, demam, dan masih banyak lainnya.

Berbagai manfaat daun rambutan diatas bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi tanaman herbal ini. Untuk buahnya, bisa dikonsumsi secara langsung. Sementara daun rambutan justru bisa dikonsumsi dengan satu cara pengolahan saja yaitu dengan direbus dan diminum air rebusannya secara rutin.

khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan

Daun rambutan memiliki nama ilmiah Nephelium lappaceum sp. dan berasal dari wilayah tropis Asia Tenggara terutama Indonesia. Itulah sebabnya, di tanah air tanaman yang satu ini banyak dijumpai dan dimanfaatkan bukan hanya buahnya tetapi juga daun hingga batangnya. Seperti apa manfaat tanaman rambutan? Berikut ulasannya untuk anda!

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Rambutan

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi yang menjadikan khasiat daun rambutan begitu berarti untuk kesehatan? Ternyata disebabkan berbagai zat-zat yang terkandung di dalamnya, seperti:

  • Polifenol
  • Saponin
  • Tanin
  • Alexiteric
  • Afrodisiak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi

Klasifikasi Ilmiah Daun Rambutan

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili : Sapindaceae

Genus : Nephelium

Spesies : Nephelium lappaceum sp.

Daun rambutan: majemuk, menyirip, anak daun genap, berbentuk jorong, ujung daun membulat.

Buah rambutan : daging buah tebal, mengandung banyak air, bulat sedikit lonjong, merah ketika sudah tua.

Akar : berwarna cokelat, serabut akar, terdapat tudung.

Baca Lagi: 75 Khasiat Buah Manggis, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Morfologi Daun Rambutan

Sepintas, daun rambutan mirip dengan daun mangga, hanya saja bentuknya lebih pendek dan lebar. Warna daunnya tentu saja adalah hijau tua. Pohon rambutan bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 3-4 meter. Namun ada pula sekarang teknik budidaya tabulampot (tanaman buah dalam pot) yang menjadikan pohon tropis ini sudah bisa berbuah meskipun tingginya kurang dari 1 meter.

Tidak seperti daun jeruk atau jambu yang masih sekali menjatuhkan sampah dedaunan. Kalau daun rambutan itu sampahnya sangat sedikit, Sehingga buat para pemiliknya tidak akan terlalu pusing saat membersihkan halaman rumah yang ditumbuhi pohon berbuah lezat ini.

Khasiat dan Manfaat Daun Rambutan

1. Mengatasi Uban

Khasiat daun rambutan untuk menyehatkan kulit kepala sudah terbukti diterapkan banyak orang. Di wilayah Cina, khasiat ini sudah diketahui sejak lama. Daun rambutan dengan kandungan yang kaya akan antioksidan alami berkhasiat besar untuk mengatasi keluhan uban, rambut tipis, hingga kulit kepala yang kering. Ubanan pun perlu diatasi segera supaya nantinya tidak membuat kepercayaan diri seseorang luntur. Nah, berikut adalah cara mengambil khasiat daun rambutan untuk atasi ubanan di rambut.

2. Mengobati Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa diobati dengan memanfaatkan daun rambutan. Kandungan antioksidannya mampu menetralkan gula darah dan menurunkan kadar gula darah secara perlahan. Perlu diketahui bahwa diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang nyawa. Para pasien diabet memang jadi lebih mudah kena komplikasi penyakit lain. Maka salah satu jalan terbaik adalah gunakan obat herbal dari khasiat daun rambutan ini.

3. Menghilangkan Nyeri

Daun rambutan juga mengandung zat analgesik yang berfungsi untuk membantu tubuh meringankan rasa nyeri. Mengurangi rasa sakit dari bagian saraf perifer dan saraf pusat, serta tidak mengandung efek kecanduan. Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat berbagai sebab ini akan perlahan-lahan hilangnya, jadi tidak langsung sekali minum bakalan sembuh.

4. Mengurangi Efek Racun

Efek alexiteric dalam daun rambutan berkhasiat secara alami untuk menetralkan racun dan mengurangi efek racun dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa toksin yang terserap dan mengendap di dalam tubuh sangatlah berbahaya jika dibiarkan, maka dari itu perlu adanya proses detoksifikasi yang ampuh untuk meluruhkan racun ini.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pada banyak penelitian dan uji klinis yang dilakukan di Filipina, terbukti bahwa daun rambutan mengandung zat aktif yang membantu mengatasi masalah pencernaan. Sembelit dan konstipasi merupakan salah satu gangguan cerna yang bisa diatasi dengan mengonsumsi daun rambutan. Gangguan pencernaan yang sudah lama menyerang tubuh pun perlahan-lahan akan sembuh berkat meminum ramuan daun yang sering dijadikan pakan ternak ini.

6. Meningkatkan Gairah Seksual

Khasiat daun rambutan bagus sekali buat meningkatkan gairah seksual. Ini karena memang manfaat daun buah tropis ini sanggup menunjang keseimbangan hormon yang berperan dalam seksualitas. Ini akan menyebabkan seseorang jadi lebih berkualitas kehidupannya karena hormon ini pun bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan fisik seseorang. Yang mana ini semua akan melejitkan vitalitas hidup.

7. Menyehatkan Kulit Kepala dan Merangsang Tumbuhnya Rambut

Manfaat daun rambutan pun sanggup menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut jadi lebat. Ini sangat baik dalam terapi perawatan rambut rontok. Namun memang harus berhati-hati saat melakukannya karena membuat ramuan hairmask dari daun ini butuh ketelitian. Pilihlah hanya daun yang sudah tua namun belum menguning.

8. Menghitamkan Rambut

Selain untuk melebatkan rambut, rupanya khasiat daun rambutan pun bisa menghitamkan rambut. Bagaimana tidak? Daun ini akan memberikan perlindungan ekstra pada rambut sehingga lapisannya selalu terlindungi dari sengatan matahari yang kerap membuat rambut jadi memerah dan bercabang. Jika untuk melebatkan menggunakan daun yang sudah tahu, maka untuk menghitamkan, gunakanlah daun yang masih muda.

9. Menyembuhkan Diare

Diare tidak boleh dibiarkan saja karena bisa menyebabkan seseorang jadi meregang nyawa. Walau kelihatannya sederhana, tapi ternyata diare sungguh perlu diobati. Jika biasanya orang hanya mengenal daun jambu biji untuk melakukannya, maka kini cobalah khasiat daun rambutan. Untuk mengolahnya sama saja dengan cara mengolah daun jambu biji. Ikuti cara-cara di bawah ini. Namun jika diare yang diderita sudah sangat parah, disarankan untuk langsung saja periksa dan berobat ke rumah sakit. Sebab pasien diare yang parah perlu penanganan khusus, terutama pemberian obat-obatan kimia dan infus.

10. Sembuhkan Sariawan

Tahukah bahwa sariawan pun adalah penyakit yang perlu diwaspadai. Karena biarpun tidak mematikan, namun bisa menjadi tanda dari penyakit serius seperti kanker mulut. Nah, kalau mau sembuhkan sariawan, cobalah khasiat daun rambutan. Di bawah ini adalah cara-cara pengolahan daun rambutan yang baik dan benar. Di samping menggunakan daun herbal ini, rutin pula meminum buah-buahan kaya vitamin C dan makan makanan yang mengandung banyak vitamin B kompleks. Niscaya sariawan akan sembuh segera.

Baca Lagi: 117 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Daun Rambutan

Perlu diketahui bahwa efek samping merupakan gejala yang disebabkan sebagai kontraindikasi dari penggunaan daun rambutan. Untuk mengobati berbagai penyakit, khasiat daun rambutan memang sanggup melakukannya. Tapi para penggunanya mestilah juga memikirkan berbagai dampak di bawah ini:

  1. Mengandung alkohol bila terlalu lama buah masak
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Pusing
  5. Alergi kulit

Demikian artikel informatif yang bisa diketahui tentang manfaat daun rambutan beserta beberapa efek sampingnya. Untuk anda yang ingin mendapatkan khasiat daun rambutan, penting untuk mengonsumsinya dengan kadar yang tepat agar tidak mendapatkan efek samping yang merugikan di lain waktu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top