Connect with us
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya

Daun

35 Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Daun PepayaKhasiat Daun Pepaya merupakan salah satu jenis daun yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Selama ini mungkin belum banyak diketahui manfaat daun pepaya selain untuk melengkapi menu makanan sehari-hari. Faktanya, beragam khasiat dari daun buah pepaya ini sangat penting untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan beberapa infeksi peradangan.

Daun pepaya dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Carica papaya L. Dilihat dari nama ilmiahnya, daun pepaya masuk dalam keluarga Caricaceae. Daun pepaya tidak hanya cocok digunakan sebagai pelengkap menu masakan tetapi juga sebagai bahan pengobatan alami untuk beberapa jenis penyakit. Daun pepaya bisa digunakan sebagai obat alami beberapa jenis penyakit karena mengandung senyawa penting seperti minyak atsiri, senyawa antioksidan, dan beberapa jenis senyawa berkhasiat lainnya. Berikut adalah klasifikasi morfologi dari daun pepaya (Carica papaya L.)

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya

Kandungan Kimia dan Gizi Daun Pepaya

Terdapat berbagai macam kandungan penting dalam daun pepaya yang telah terbukti bermanfaat bagi tubuh. Manfaat daun pepaya juga bisa difungsikan sebagai obat beberapa penyakit berbahaya yang bisa diperoleh dari air rebusan daun pepaya atau dengan mengonsumsi langsung daun pepaya tersebut. Beberapa kandungan kimia dan gizi dari daun pepaya antara lain:

  • Papain
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Tanin
  • Khimoprotein
  • Lisozim
  • Alkaloid karpain
  • Vitamin A, C, dan E
  • Asam amino (glisin, valin, leusin, triptopan, histidin)

Klasifikasi Ilmiah Daun Pepaya

  • Kingdom          : Plantae
  • Ordo                : Brassicales
  • Family             : Caricaceae
  • Genus              : Carica L.
  • Spesies            : Carica papaya L.
  • Nama Ilmiah   : Carica papaya L.
  • Nama Populer : daun pepaya
  • Habitat Asli     : Amerika Tropis
  • Cara Berkembangbiak : vegetatif dan generatif
  • Daun Pepaya: daun berbentuk tunggal dan memiliki ukuran yang cukup besar, dengan canggap atau menjari dan memiliki bagian tangkai daun serta helai daun (lamina) yang berwarna hijau muda hingga hijau tua. Pada ujungnya daun pepaya meruncing dan tangkai daun panjang .
  • Buah pepaya: buah sejati tunggal, terdiri dari satu bunga untuk satu buah yang tumbuh
  • Akar pepaya: tunggang ( bentuknya bercabang-cabang, bulat, dengan warna putih kekuningan)
  • Habitat: bisa tumbuh di ketinggian 1-1000 mdpl, dengan suhu dingin antara 22-26oC.

Baca Lagi: 50 Khasiat dan Manfaat Daun Rambutan untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya

1. Mengobati Demam Berdarah

Meski tidak langsung menyembuhkan, daun pepaya bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit deman berdarah karena kandungan enzim khimopapain dan papain yang menormalkan kadar trombosit. Daun pepaya juga dikenal sebagai anti malaria yang efektif membantu masa penyembuhan bagi pasiennya. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda yang masih berwarna hijau muda. Minum air rebusan daun pepaya satu gelas per hari selama masa sakit tersebut.

2. Mencegah Kanker

Daun pepaya kaya akan kandungan antioksidan alami yang sangat efektif untuk mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Flavonoid dan tannin yang ada dalam daun pepaya berfungsi untuk menghambat efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Untuk mendapatkan manfaat ini sebaiknya konsumsi satu gelas air rebusan daun pepaya setiap satu minggu sekali saja sebagai langkah pencegahan kanker yang cukup efektif.

3. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. Daun pepaya memiliki senyawa aktif untuk meredakan nyeri haid dan meregulasi gangguan saat menstruasi berlangsung. Untuk mengolahnya, rebuslah daun pepaya bersama sedikit garam dan asam jawa. Setelah mendidih dan hangat, minum ramuan tersebut secara rutin selama masa mentsruasi anda.

4. Mencegah Penuaan

Kandungan asam amino dalam daun pepaya sangat efektif sebagai langkah mencegah penuaan. Setidaknya, terdapat 50 jenis asam amino yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan asam amino pada daun pepaya tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi daun pepaya sebagai menu harian anda atau dengan mengonsumsi air rebusan daun pepaya.

5. Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya juga berfungsi penting untuk sistem pencernaan dalam tubuh. Khasiat enzim khimopapain, protease, dan amilase yang ada pada daun pepaya berfungsi mencerna nutrisi yang masuk bersama makanan.

6. Mengobati Kanker

Ternyata khasiat dan manfaat daun pepaya pun sanggup untuk mengobati kanker. Jadi buat para pasien kanker yang belum dinyatakan paliatif alias masih bisa disembuhkan, angka harapan hidupnya tinggi untuk bisa mengobati sakitnya ini. Meminum ramuan daun pepaya ini akan memberikan harapan hidup yang tinggi, di samping tentunya terus menjalani pengobatan medis

7. Obat Malaria Alami

Jika sedang mencari obat malaria alami, maka jawabannya adalah cobalah khasiat dan manfaat daun pepaya ini. Sudah sejak dulu, mereka yang kena malaria memang direkomendasikan meminum rebusan daun pepaya. Jika sedang dalam masa-masa kritis, ketika rasanya nyawa sudah diujung tanduk, maka sudah saatnya memberikan terapi pengobatan herbal dengan daun papaya ini. Silahkan rebus beberapa lembar daunnya dengan air hingga airnya ini tinggal sepertiga bagian. Bisa dengan menambahkan kayu manis agar rasanya jauh lebih enak.

8. Melancarkan Proses Pencernaan Makanan

Memakan daun pepaya juga dirasa ampuh sekali dalam melancarkan pencernaan. Sistem pencernaan manusia memang sanggup dilancarkan dengan bantuan sayur, buah dan dedaunan yang bisa disayur seperti daun dari buah papaya ini. Cara mengolahnya pun relatif mudah, tinggal direbus saja daunnya untuk kemudian dijadikan lalapan. Rasanya sungguh menggugah nafsu makan, selain itu juga menjadi sumber serat yang baik.

9. Meringankan Nyeri Menstruasi

Ketika sedang menstruasi, banyak sekali perempuan yang merasa nyeri di area perut, vagina dan rahimnya. Nah, kalau sedang mengalami nyeri haid begini, sungguh sangat menganggu aktivitas. Kram saat menstruasi juga kerap terjadi jika nyerinya tak kunjung sembuh. Maka segera saja atasi dengan mencoba khasiat dan manfaat daun pepaya.

10. Mencegah Bakteri dan Virus Menghinggapi Tubuh

Tahukah bahwa bakteri dan virus yang menyebabkan seseorang jadi kena sakit rupanya bisa ditangkal kehadirannya dengan banyak memakan daun pepaya. Khasiat dan manfaat daun pepaya memberikan perlindungan ekstra pada tubuh agar tidak gampang kena serangan virus dan bakteri. Ini sangat baik untuk mereka yang tubuhnya memang rentan kena virus dan bakteri.

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya yang Lainnya

11. Mencegah jantung koroner

12. Menyembuhkan tukak lambung

13. Menghambat pertumbuhan bakteri

14. Meningkatkan tombosit lemah

15. Menurunkan kadar gula darah

16. Anti ketombe untuk rambut

17. Menyembuhkan eksim

18. Penetral racun

19. Menyembuhkan Emfisema

20. Menangkal infeksi virus

Baca juga: 56 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih, Cara Mengolah dan Efek Samping

Efek Samping Daun Pepaya yang Perlu Diketahui

Selain bisa menjadi obat alami, daun pepaya juga memiliki tingkat risiko bila dikonsumsi terlalu berlebihan. Getah daun pepaya terutama, justru bisa mengakibatkan gangguan kehamilan. Selain itu, konsumsi berlebihan daun pepaya bisa meningkatkan risiko alergi dan beberapa resiko lain, seperti:

  1. Lidah pahit
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Pusing
  5. Gangguan pencernaan

Demikian artikel informatif tentang daun pepaya dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bisa bermanfaat untuk referensi anda! Jangan ragu buat gunakan daun alami ini untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan. Sehingga penyembuhan penyakit tidak hanya bergantung pada obat-obatan farmasi kimia sintetis saja, namun juga farmasi herbal alami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top