Connect with us
Manfaat Daun Jarak, Khasiat Daun Jarak, Ricinus Communis

Daun

170 Khasiat Daun Jarak, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Jarak – Manfaat Daun Jarak adalah salah satu jenis tanaman liar yang banyak ditemukan sebagai tanaman penghijau. Pohon jarak juga banyak ditemukan tumbuh sendiri di kawasan liar seperti perkebunan liar, kawasan sekitar pantai, hutan dan semua wilayah yang sesuai untuk pertumbuhan pohon. Dalam bahasa ilmiah pohon jarak bernama Ricinus communis. Setiap pohon memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi dengan bentuk daun menjari tunggal dengan ukuran bisa sampai 40 cm. Khasiat daun jarak masih bisa dipakai dalam bidang pengobatan, seperti obat sakit gigi alami. Beda dengan biji jarak yang justru menjadi racun paling mematikan karena mengandung zat ricin.

Di Indonesia sendiri pohon jarak dikenal dengan nama yang berbeda beda. Misalnya Kaliki yang digunakan di Jawa Barat, dulang dan Gloah di kawasan Sumatera dan Keleke di Madura. Pohon jarak berbentuk bulat, mengkilap dan licin. Ketika ada bagian tangkai yang terlepas maka akan meninggalkan jejak pada bagian batang. Berhati-hatilah dalam mengambil manfaat jarak karena salah teknik pengolahan, nantinya nyawa bisa melayang.

Manfaat Daun Jarak, Khasiat Daun Jarak, Ricinus Communis

Daun pohon jarak yang berwarna hijau tumbuh dengan bersealing seling dengan ujung yang runcing. Daun akan terlihat berwarna hijau pada bagian atas dan hijau lebih muda pada bagian bawah. Buah dari pohon jarak berwarna hijau tua, bergerombol, bulat atau lonjong dan terlihat memiliki duri halus. Selama ini, khasiat daun jarak banyak digunakan untuk obat tradisional karena khasiat minyak atsiri dan senyawa lain yang terkandung dalam daun.

Klasifikasi Daun Jarak

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Malpighiales
  • Family : Euphorbiaceae
  • Genus : Ricinus
  • Spesies : R. communis
  • Nama Ilmiah : Ricinus communis
  • Nama Populer: Jarak, keleke
  • Habitat Asli: Asia
  • Cara Berkembangbiak : generatif (biji), vegetatif (stek)
  • Daun jarak: daun tunggal, menjari, berlekuk memiliki sudut 3 atau 5, dengan 5 atau 7 tulang daun, berwarna hijau dan hijau pucat pada bagian bawah, ukuran daun 6 sampai 14 cm.
  • Buah jarak: buah berbentuk oval, lingkar buah 2 sampai 4 cm, proses pembentukan buah selama tiga bulan dari buah sampai matang, setiap tangkai pohon memiliki banyak buah.
  • Akar jarak: tunggang
  • Tinggi Pohon Jarak: bisa sampai 7 meter.
  • Habitat: Tropis

Morfologi Tumbuhan Ricinus communis

Pohon jarak bisa tumbuh antara 1 sampai 7 meter, memiliki banyak cabang yang tidak beraturan.  Setiap cabang batang jika digores akan mengeluarkan getah putih. Pohon jarak termasuk tanaman yang bisa menyebarkan racun sehingga tidak pernah terkena serangan hama. Pohon bisa dikembangbiakkan dengan biji atau stek. Daun memiliki bentuk menjari dengan jumlah 5 sampai 7 ruas jari, berbentuk menglengkung, berwarna hijau tua di atas dan hijau pucat dibagian bawah. Setiap daun akan memiliki lebar antara 6 sampai 15 cm.

Batang tanaman pohon jarak berbentuk silindris dan berperan dalam proses fotosintesa untuk kehidupan pohon. Memiliki bunga uniseksual ( kelamin satu) dan biseksual (kelamin ganda). Dalam setiap tangkai bisa memiliki buah yang lebih banyak dan penyerbukan bunga dengan bantuan serangga. Buah berbentuk oval dengan diametes buah antara 2 sampai 4 cm. Setiap satu buah akan memiliki 3 atau 4 biji. Biji pohon jarak berbentuk oval atau lonjong, berwarna coklat kehitaman dengan ukuran 1 sampai 2 cm.

Kandungan Kimia dan Gizi Daun Jarak

Manfaat serta khasiat daun jarak sudah lama digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit dalam tubuh sebagai obat herbal. Namun hanya para ahli yang mengetahui bagaimana cara meracik daun ini menjadi obat herbal yang dijual di pasaran. Namun jika hanya menunggu mereka yang meracik obat mungkin akan memakan waktu lama. Karenanya, untuk mengonsumsi tanaman ini sebenarnya sangat mudah selama mengikuti aturan yang berlaku.

Daun ricinus yang bisa digunakan sebagai obat memang mengandung berbagai jenis senyawa. Senyawa ini akan mememiliki fungsi dan reaksi yang berbeda-beda untuk tubuh. Berikut ini senyawa kimia alami yang ditemukan pada daun jarak.

  • Nicotiflorin
  • Kaemferol
  • Isoquercitrin
  • Kaempferol
  • Astragalin
  • Quercetin
  • Ricinine
  • Vitamin C
  • Reynoutrin

Nama Lain Pohon Daun Jarak

  • Indonesia : Jarak
  • Malaysia : Jarak
  • Nepal : Aderi
  • Afrika : Kaster boon
  • Arab : Kharwa
  • Burma : Kesu
  • Cina : Bi ma
  • Belanda: Wonderboom
  • Perancis : Ricin
  • India : Arand
  • Jepang : Casutaa
  • Persia : Khirwa

Baca Lagi: 131 Khasiat dan Manfaat Daun Serai, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Daun Jarak dan Cara Mengolahnya

1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan minyak atsiri di dalam khasiat daun jarak sangat bagus untuk menghangatkan tubuh. Maklum saja, sebab minyak ini memang akan memberikan sensasi panas dari essensial oil yang ada di dalam daunnya. Bagian daun dari tanaman jaraklah yang mengandung banyak minyak untuk disuling. Namun berhati-hatilah dalam penyulingannya harus benar-benar tepat dan dilakukan oleh ahli, agar racun ricin tidak ikut terbawa. Sedangkan untuk proses menghangatkan tubuh ini, sangat muda dilakukannya.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil secukupnya daun jarak
  2. Sulinglah hingga didapatkan ekstrak minyak jarak
  3. Tampung ke dalam botol-botol kecil
  4. Lakukan uji coba dulu pada spesimen satwa penelitian tertentu, misalnya tikus
  5. Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada ricin yang terbawa
  6. Kalau tikus tidak mati, artinya minyak daun jarak ini aman dipakai
  7. Khasiat daun jarak yang berbentuk minyak sangat efektif dirasakan bila dioleskan ke bagian perut, dada dan leher

2. Mengatasi Perut Kembung

Khasiat daun jarak lainnya mampu mengatasi perut kembung yang terjadi karena masuk angin atau kondisi lainnya yang membuat tubuh tidak nyaman. Perut kembung merupakan gangguan pencernaan saat penderita merasa perutnya tidak nyaman karena kencang, terasa penuh atau bergas. Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Biasanya penderita perut kembung merasakan perut begah disertai mual dan ingin muntah serta sering buang angin dan sendawa. Kondisi seperti ini tentu akan mengganggu aktivitas bekerja dan sosialisasi penderitanya. Beberapa faktor penyebab mengapa perut kembung terjadi seperti faktor makanan, Intoleransi laktosa, Intoleransi laktosa, Irritable Bowel Syndrome (IBS), asam lambung, sembelit dan lain-lain.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Layukan beberapa daun jarak
  2. Cuci hingga bersih
  3. Oleskan daun jarak yang telah dilayukan dengan campuran beberapa bahan alami lain pada permukaan punggung
  4. Tunggu beberapa saat hingga daun jarak bekerja

3. Meredakan Rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan kemudian mengakibatkan nyeri, kaku hingga bengkak pada persendian. Adapun penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Biasanya rematik akan menimpa bagian tangan, pergelangan tangan, kaki dan juga lutut. Selain itu penderita rematik bisa merasakan beberapa gejala seperti penurunan berat badan, peradangan pada mata, adanya benjolan di bawah siku atau tangan hingga pembengkakan pembuluh darah.

Ada lebih dari 100 jenis rematik yang umum terjadi dan beberapa di antaranya seperti Rheumatoid arthritis, Osteoartritis, Sindrom Sjogren, Lupus, Ankylosing spondylitis, dan sebagainya. Untuk meredakan rematik, khasiat daun jarak bisa Anda andalkan dan cara penggunaannya pun sangat mudah.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil daun ricinus 5 hingga 8 lembar kemudian cuci bersih
  2. Tumbuk halus dan tambahkan sedikit air hangat ke dalamnya
  3. Oleskan daun ini yang telah ditumbuk ke bagian tubuh yang mengalami rematik.

4. Melancarkan Buang Air Besar

Masalah sulit buang air besar sering terjadi pada seseorang yang kurang memperhatikan pola hidup terutama pola makan. Sembelit atau sulit buang air besar terjadi saat frekuensi buang air besar berkurang. Sembelit bisa terjadi pada ibu hamil, pengaruh obat-obatan, stres, depresi dan sebagainya. Jika sudah terjadi pada tubuh Anda perlu hati-hati karena bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi.

Permasalahan gangguan pencernaan ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Karenanya, anda perlu mencegah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti makan makanan yang mengandung cukup banyak serat, minum air putih, olahraga, minum minyak zaitun dan sebagainya. Salah satu cara yang efektif dan alami anda bisa mengandlakan khasiat daun jarak yang mampu mengatasi masalah ini.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil beberapa lembar daun jarak
  2. Cuci hingga bersih
  3. Kukus daun jarak hingga matang
  4. Konsumsilah sebagai lalapan

5. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan luka kecil pada mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Luka ini terjadi akibat peradangan dan bisa muncul kapan saja. Ada beberpa penyebab sariawan salah satunya adalah daya tahan tubuh melemah. Sariawan pada umumnya bukan penyakit menular namun untuk beberapa kasus penyakit ini disebabkan oleh virus. Kekurangan vitamin menjadi penyebab lain mengapa hal ini bisa terjadi. Khasiat daun jarak bisa Anda andalkan untuk mengobati sariawan.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Petik daun jarak dari pagar
  2. Ambil getah daun jarak yang telah dibersihkan
  3. Oleskan getahnya pada bagian yang sariawan

6. Mengobati Kurap

Ada yang pernah mengalami penyakit pada kulit yang satu ini? Kurap merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur yang terjadi pada kulit. Selain menyerang kuku atau kepala, kurap bisa muncul pada kaki atau selangkangan. Kurap memang tidak berbahaya namun sangat mudah menular melalui kontak langsung kulit dan berbagai penggunaan barang pribadi si penderita. Untuk mengobati penyakit kulit ini Anda bisa gunakan khasiat daun jarak untuk mengatasinya.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil beberapa helai daun jarak kemudian cuci bersih
  2. Rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan
  3. Terapkan di atas kulit yang terkena kurap dan tutup menggunakan kain katun
  4. Tunggu hingga semalaman, jangan sampai dibuka
  5. Ulangi hingga sembuh

7. Memperbesar Vitalitas Pria

Permasalahan setiap orang tentu berbeda-beda. Mereka ingin memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi terlebih yang berhubungan dengan masalah pribadi. Sebagai pria, tidak sedikit dari mereka yang memiliki masalah vitalitas. Mungkin ini salah satu cara yang dicari banyak pria untuk meningkatkan “kepercayaan diri”. Khasiat daun jarak khusus bagi pria bisa membantu memperbesar alat vitalitasnya.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil 10 lembar daun
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis
  3. Sediakan minyak zaitun secukupnya
  4. Tumbuk daun jarak bersama dengan jeruk nipis
  5. Lakukan pemijatan dengan minyak zaitun terlebih dahulu hingga hangat
  6. Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah diaduk dengan jeruk nipis

8. Mengobati Radang Telinga

Saat Anda terkena radang telinga karena flu tentu akan merasa terganggu. Biasanya rasa sakit ini ditandai dengan suhu badan yang naik secara tiba-tiba, sakit di bagian dalam telinga hingga berdengung. Gejala otitis eksterna atau radang telinga pada umumnya ringan di awal, namun bisa memburuhk hingga infeksi menyebar jika tidak segera ditangani.

Penyebab hal ini terjadi biasanya karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa. Kondisi ini bisa terjadi saat air atau debut merusak lapisan kulit pada liang telinga. Jika Anda mengalami hal ini, khasiat daun jarak bisa membantu menatasinya dan cara pengobatannya pun sangat mudah.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Ambil getah daunnya
  2. Teteskan getah tersebut pada telinga sebanyak kurang lebih enam tetes
  3. Tunggu hasilnya, jika masih terasa sakit bisa diulangi dengan teratur

9. Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi yang tidak sehat. Ada beberapa penyebab yang muncul dan salah satunya karena plak yaitu zat lengket pada mulut karena adanya tumpukan kuman atau bakteri. Asam pada plak bisa merusak hingga membuat gigi berlubang. Kondisi seperti ini bisa menghilangkan rasa percaya diri bahkan bau mulut yang tidak enak.

Saat terjadi sakit pada gigi berlubang tentu tidak merasa nyaman dan aktifitas apapun bisa terganggu. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala, makan tidak nyaman dan gusi nyut-nyutan. Meskipun Anda pergi ke dokter untuk mengobati rasa sakit, tidak ada salahnya mencoba khasiat daun jarak yang tak kalah bagus untuk pengobatan sakit gigi.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Petik daunnya, peras
  2. Teteskan atau usapkan pada kapas
  3. Tempelkan daun jarak pada gigi yang terasa sakit
  4. Atau teteskan getah daun jarak pada gigi yang sakit

10. Menyuburkan Rambut serta Mengusir Ketombe

Masalah pada kepala seringkali terjadi seperti rambut rontok atau banyaknya ketombe yang muncul. Ketombe atau dandruff merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau abu-abu yang mengelupas dan menempel pada rambut. Ketombe memang tidak menular namun terkadang menjadi penyakit serius. Kondisi ini cukup membuat tidak nyaman bahkan sulit untuk ditangani.

Beragam perawatan banyak dilakukan untuk mengusir ketombe hingga mengeluarkan biaya tinggi. Namun tidak ada salahnya mencoba cara alami dengan mengandalkan khasiat daun jarak untuk mengusir ketombe dan menyuburkan rambut.

Cara Mengolah Daun Jarak:

  1. Sediakan kurang lebih 25 biji jarak
  2. Cuci hingga bersih
  3. Tumbuk biji jarak hingga halus kemudian peras hingga membuahkan minyak
  4. Oleskan minyak hasil tumbukan biji jarak pada pangkal rambut secara merata

Baca Lagi: 150 Khasiat dan Manfaat Daun Bidara, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat dan Manfaat Daun Jarak yang Lainnya :

11. Mengatasi keputihan pada wanita

12. Mengobati masalah kulit

13. Mempercepat penyembuhan luka

14. Membersihkan lidah bayi

15. Mengencangkan payudara

16. Mengobati batuk

17. Mengencerkan dahak

18. Menurunkan panas pada bayi

19. Melancarkan haid

20. Anti inflamasi alami

21. Mengatur suhu tubuh

Efek Samping Daun Jarak

Efek samping daun ricinus utamanya berada pada minyak terhadap kategori reaksi kulit atau gangguan pencernaan. Minyak daun ini dipecah oleh usus dan efek yang terjadi kepada mereka yang memiliki masalah pencernaan, diare dan lain-lain. Ketika menderika kram, maag, wasir, radang usu atau baru menjalani operasi sebaiknya untuk menghindari konsumsi daun ini.

Daun jarak memang dikenal baik untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat namun jika terjadi gejala-gejala seperti di atas sebaiknya untuk dihindari terlebih dahulu atau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani Anda. Pada umumnya khasiat daun jarak tidak terlalu memiliki efek samping berbahaya selama masih dalam aturan pakai.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top