Connect with us
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan

Daun

45 Khasiat dan Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Khasiat.id – Manfaat Daun Ciplukan, Ciplukan, Ceplukan, Cimplukan merupakan jenis daun yang berasal dari daerah tropis. Awalnya tumbuhan ini berasal dari Amerika kemudian menyebar ke daerah tropis di dunia. Selain daunnya yang memiliki banyak khasiat, buah ciplukan memiliki banyak manfaat dan biasanya hidup di ketinggian 1 – 1550 mdpl. Daun ciplukan banyak mengandung zat yang bermanfaat. Penyakit ringan hingga penyakit berat bisa diatasi dengan daun ciplukan dan beragam olahan mulai dijadikan sebagai minuman hingga kapsul.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati kandung kemih, limpa dan hati. Masih banyak manfaat yang dihasilkan dari tumbuhan ciplukan seperti mengobati epilepsi, sariawan, menurunkan darat tinggi, menyembuhkan vertigo, mengobati bisul, mengobati bronkitis, asam urat dan sebagainya. Tidak hanya daun ciplukan, buah ciplukan tidak kalah populer baik rasa maupun manfaatnya. Sayangnya saat ini tumbuhan ciplukan sudah jarang maka tidak heran jika dipasaran harga buah ciplukan melambung tinggi.

Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Ciplukan

Tanaman dengan nama latin Physallisa angulata L ini termasuk dalam tanaman liar yang biasa ditemukan di semak-semak. Daun ciplukan bisa berkhasiat mengobati berbagai penyakit karena kandungan didalamnya sangat sehat dan berhasiat. Bukan hanya daunnya saja, namun buahnya juga mengandung banyak macam zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti tanin, alkapid, asam malat, kriptoxantin, vitamin c, gula, dan lain-lain. Sedangkan kandungan yang ada dalam daunnya sendiri antara lain:

  • Acid
  • Asam malat
  • Alkaloid

Nama Lain Tumbuhan Ciplukan

Daun ciplukan yang dikenal dengan buahnya mahal saat ini ternyata memiliki nama yang berbeda di setiap wilayah. Berikut nama-namanya:

  • Nama ilmiah : Physalis angulata L.
  • Inggris : Morel berry
  • Indonesia : Ciplukan
  • Jawa : Ceplukan
  • Sunda : Cecendet
  • Madura : Yor-yoran
  • Seram : Lapinonat
  • Bali : Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan
  • Sasak : Dedes
  • Minahasa : Leletokan

Klasifikasi Tumbuhan Ciplukan

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Asteridae
  • Ordo : Solanales
  • Famili : Solanaceae
  • Genus : Physalis
  • Nama Ilmiah : : Physalis angulata L.
  • Asal Tumbuhan: Amerika
  • Daun Ciplukan: berbentuk bulat telur dan memanjang
  • Buah Ciplukan: bulat oval berwarna kehijauan muda hingga kekuningan
  • Akar Tumbuhan Ciplukan: tunggang, bercabang dan berserabut.
  • Habitat: 1 – 1550 MDPL

Morfologi Daun Ciplukan

Tanaman daun ciplukan adalah tanaman liar yang berasal dari Amerika kemudian menyebar luas hingga ke daerah tropis dunia. Tumbuhan ini biasanya tumbuh dengan ketinggian 1 – 1550 mdpl. Selain itu, tumbuhan ciplukan memiliki ciri-ciri berumur setahun, tegak, memiliki batang yang lukank, bentuk daun bundar telur ujung meruncing dan bagian tepi rata.

Akar tumbuhan ciplukan berupa tunggang, bercabang dan berserabut. Berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan. Daun tunggal, bertangkai banyak, letaknya berada di bagian bawah, daun berbentuk bulat telur dan memanjang. Bunga tunggal muncul pada ketiak daun, kelopak bunga terbagi lima dan taju bersudut tiga serta meruncing. Buah berbentuk bulat oval, berwarna kehijauan muda dan kekuningkan terbungkus dalam kelopak mengelumbung.

Baca Lagi: 117 Khasiat dan Manfaat Buah Tin, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat dan Manfaat Daun Ciplukan

1. Mengobati Rematik

Manfaat daun ciplukan untuk mengobati sakit rematik. Tahukah bahwa sakit rematik itu sangatlah menyiksa karena akan menyebabkan seseorang jadi nyeri sekali di bagian persendiannya. Untuk mengobati sakit rematik, cobalah mengolah daun cimpukan. Khasiat dan manfaat daun ciplukan sudah dikenal ampuh sejak dulu untuk penyembuhan rematik yang diderita para lansia.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagaimana caranya menurunkan tekanan darah tinggi? Untuk menurunkannya butuh cara-cara khusus, apalagi kalau kondisi penderitanya sedang dalam stress yang tinggi. Penyakit darah tinggi atau dikenal dengan nama hipertensi jika dibiarkan kan memang akan mengancam nyawa. Untuk itu, cobalah khasiat dan manfaat daun ciplukan segera. Daun ini memang dapat menjadi alternatif pengobatan mencapai tensi darah normal.

3. Menyembuhkan Nyeri Gout

Tahukah bahwa nyerigout bisa sangat menyiksa? Walaupun biasanya nyerinya terlokalisir di satu tempat, misalnya jempol kaki. Tapi kalau sudah kumat tentu saja tidak bakalan bisa membuat penderitanya hidup tenang. Sakit gout harusnya segera diberantas dengan mencoba khasiat dan manfaat daun ciplukan. Nyeri ini baiknya diatasi segera dengan mencoa cara-cara alami agar tidak selalu bergantung pada obat kimiawi yang bisa memicu efek kerusakan hati dan ginjal.

4. Menguatkan Struktur Tulang

Banyak la;oran yang mengatakan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi jus tanaman ciplukan, terutama dari buah dan daunnya akan memiliki tubuh yang jauh lebih kuat tulangnya. Ini disebabkan karena khasiat dan manfaat daun ciplukan terutama pada bagian batang tanamannya pula mengandung kalsium yang melimpah sekali untuk tubuh. Begitu pun pada buahnya juga disarankan ikut diramu saat membuat ramuan herbal berbahan daun ceplukan ini.

5. Mengobati Panas Dalam

Panas dalam adalah sensasi terbakar tenggorokan dan mulut kering. Biasanya disebabkan karena tubuh sedang mengalami dehidrasi ataupun kekurangan vitamin C. Namun panas dalam juga menjadi tanda dari penyakit pencernaan kronis, seprti maag, GERD bahkan kanker. Biasanya orang akan memilih minum larutan penyegar yang dijual di banyak tempat untuk pengobatannya. Namun jika ingin mencoba cara alternatif, gunakanlah tanamkan ciplukan. Sebab, khasiat dan manfaat daun ciplukan baik sekali dalam menghilangkan sensasi tidak enak saat panas dalam ini.

6. Menghilangkan Lemak Perut

Nampaknya, lemak perut adalah musuh seluruh orang dewasa. Supaya lemak di perut bisa dibasmi seluruhnya, itu semua bisa asalkan mau mencoba cara dan usaha yang tidak biasa. Pengguaan dedaunan herbal untuk program diet mengusir lemak perut memang perlu, di samping melakukan olahraga rutin. Nah, untuk mengatasi lemak perut ini, silahklan saja cobain khasiat dan manfaat daun ciplukan.

7. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sakit kepala atau nyeri kepala adalah sensasi yang lumrah dirasakan manusia yang kelelahan, heatstroke maupun memiliki gangguan tekanan darah yang tidak normal. Namun bisa pula sebagai tanda dari penyakit yang lebih serius, seperti tumor dan kanker otak. Nah, supaya sakit kepala ini sembuh, cobalah sesekali rasakan sendiri khasiat dan manfaat daun ciplukan. Daun ini bisa dijus dulu agar lebih mudah dan enak dikonsumsi. Bisa ditambahkan madu atau kayu manis untuk mendapatkan sensasi lebih enak.

8. Mengatasi Depresi

Sedang mengalami depresi? Untuk sembuhkan sakit depresi ini memang susah-susah gampang. Namun ada satu cara yang belum banyak diketahui yaitu dengan meminum racikan herbal. Tahukah bahwa ada satu jenis daun yang amat baik dalam merangsang hormon anti stress dan menjadi anti depresan terampuh? Ternyata ini adalah khasiat dan manfaat daun ciplukan. Kalau mau bikin ramuan obat alami ini, gunakan pula buahnya karena ini akan membuat rasanya jauh lebih lezat.

9. Menghilangkan Gangguan Mood

Punya gangguan mood yang sedang mengganggu? Mood disoerder yang tak kunjug sembuh-sembuh padahal sudah berobat ke berbagai klinik kejiwaan? Mungkin sudah saatnya mencoba cara alternatif penyembuhan penyakit gangguan suasana hati ini. Cobalah khasiat dan manfaat daun ciplukan, caranya dengan merebus seluruh bagian tanaman cimplukan dari daun, buah, akar dan batangnya.

10. Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Biasanya orang yang kena stress juga jadi lebih susah tidur. Nah, kalau mau punya tidur yang lebih berkualitas, cobalah khasiat dan manfaat daun ciplukan. Sungguh daun herbal ini akan memberikan efek yang super ampuh untuk tubuh. Ketika jam tidur sudah datang, otomatis rasa kantuk juga melanda. Sehingga ini bisa mencegah diri kena insomnia.

Khasiat dan Manfat Daun Ciplukan yang Lainnya

11. Mengatasi rabun senja

12. Menambah nafsu makan

13. Menghaluskan kulit

14. Membuat badan jadi lebih mudah berkeringat

15. Melancarkan metabolisme tubuh

16. Mencegah serangan jantung

17. Mengatasi gangguan paru-paru

18. Mengobati migrain

19. Menghilangkan rasa nyeri di sendi

20. Mencerahkan warna kulit

Baca Lagi: 40 Khasiat dan Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Efek Samping Daun Ciplukan

Ciplukan (Physalis angulata L.) sebenarnya tumbuhan yang berasal dari daerah tropis Amerika Latin kemudian menyebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia yang sering dijumpai di daerah persawahan hinga di pinggir perkebunan. Namun sayang sekali keberadaan ciplukan kini sudah jarang bahkan harga buah ciplukan melambung tinggi antara 250 – 500 ribu rupiah per kilogramnya.

Mengenai efek samping tumbuhan ciplukan sejauh ini aman untuk dikonsumsi. Sebagai tanaman herbal yang alami, ciplukan tidak memiliki efek samping negatif bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Justru kandungan yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Namun perlulah diketahui beberapa efek yang mungkin terjadi akibat pemakaian daun ceplukan, yakni:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Gatal di Kulit
  4. Panas di tenggorokan
  5. Ruam kemerahan di kulit
  6. Diare

Namun selama ini belum ada laporan yang pasti mengenai dampak pemakaiannya. Sebab kebanyakan para pemakainya memang adalah masyarakat awam yan tinggal di pedesaan dan sedikit membuat laporan mengenai hal ini secara lisan maupun tulisan. Namun tenang saja, pemanfaatan daun cimplukan ini pun sudah begitu terkenal dalam berbagai tradisi pengobatan herbal terutama yang dari Cina dan Asia Tenggara.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top