Connect with us
Daun Binahong

Daun

150 Manfaat Daun Binahong, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Daun Binahong  – Daun yang memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia merupakan tanaman menjalar yang berasal dari Cina. Negeri Panda mengenal tanaman ini dengan sebutan “dheng san chi” dan sudah terbukti sebagai tanaman herbal berkhasiat untuk mengobati banyak jenis penyakit. Manfaat daun Binahong yang sudah terkenal hingga internasional ini kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Amerika. Daun binahong bahkan dikenal dengan nama “hearthleaf madeiravine” dalam dunia kesehatan internasional.

Daun binahong tidak hanya bisa dimanfaatkan daunnya saja, tetapi juga bunga, akar, hingga batang daunnya. Beberapa jenis penyakit terbukti bisa disembuhkan oleh tanaman yang banyak dipakai sebagai gondola gapura ini. Untuk mendapatkan manfaat dari daun binahong tersebut, anda bisa mengonsumsi tanaman binahong dengan cara merebus daun binahong dan meminum air rebusannya selagi hangat. Selain itu, cara lain sebagai obat luar seperti menurunkan panas dan menyembuhkan luka bakar, tumbuk daun binahong dan tempelkan pada bagian yang sakit selama beberapa menit.

Daun Binahong

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Binahong

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi daun binahong hingga menjadikannya sebagai daun herbal yang sangat baik untuk tubuh? Ternyata memang daun ini mengandung beberapa zat yang berguna untuk tubuh, seperti:

  • flavonoid
  • protein
  • asam askorbat
  • saponin

Klasifikasi Daun Binahong

Kingdom         : Plantae

Sub Kingdom : Viridiplantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Super Divisi    : Embriophyta

Divisi               : Tracheophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Super Ordo     : Caryophyllane

Ordo                : Caryophyllales

Famili              : Basellaceae

Genus              : Anredera Juss

Spesies            : Anredera cordifolia

Daun Binahong : tunggal, bertangkai pendek, bentuknya seperti jantung, warna hijau muda dan panjang sekitar 1-10 cm, helai daun tipis dan lemas.

Batang Binahong : tumbuh bercabang-cabang, beruas atau berbuku, memiliki kuncup dan tunas.

Akar Binahong : akar tunggang, warna coklat.

Bunga Binahong : bertangkai panjang, mahkota berwarna putih, aroma wangi.

Nama Lain Binahong : Bassela rubra linn (Latin)

Morfologi Daun Binahong

Siapa yang tidak kenal daun binahong? Bentuknya sangat unik dan khas berbentuk hati warna hijau. Tumbuhan daun ini tumbuh merambat dan biasanya suka merambati tanaman lain kalau tidak diberi lanjaran (tajuk-tajuk bambu) sendiri. Dulu sangat sulit menemukan daun ini, tapi kini di hampir seluruh rumah ada.

Sebab banyak orang gemar menanam binahong. Oleh karena khasiat daun binahong memang sangat banyak untuk tubuh. Tak heran bila daun ini menjadi salah satu obat herbal andalan untuk berbagai penyakit, yang paling terkenal adalah untuk mengobati diabetes.

Jika memang kesulitan dalam mengetahui ciri-ciri daun binahong, tak perlu khawatir, sebab kini banyak sekali referensi di buku maupun internet yang dapat dipelajari mengenai klasfikasi, morfologi dan kandungan gizi dari tanaman obat ini.

Baca Lagi: 116 Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

1. Mengobati Wasir

Daun binahong bisa digunakan sebagai obat untuk wasir atau ambeien. Bagi anda yang menderita wasir rebus beberapa lembar daun binahong dan minum air rebusan tersebut saat hangat untuk membantu mengatasi wasir dan mencegah pendarahan.

2. Mengobati Luka

Binahong efektif untuk mengurangi rasa sakit pada luka luar. Anda bisa menggunakan daun binahong yang telah ditumbuk halus untuk menutupi luka luar tersebut selama beberapa menit. Efek antiseptik pada daun binahong akan meringankan luka tersebut dan menyembuhkannya perlahan.

3. Mengobati Diabetes

Menurunkan kadar gula dalam darah termasuk salah satu khasiat dari daun binahong. Untuk mendapatkan khasiat ini, silahkan minum air rebusan daun binahong secara rutin setiap dua hari sekali dan rasakan hasilnya!

4. Membuat Tidur Jadi Nyenyak

Meminum ramuan binahong tidak hanya berguna untuk tubuh, tapi juga akan membuat tidur jadi nyenyak. Maklum saja, daun ini memberikan stimulus pada otak dan jiwa agar selalu tenang dan tidak mengalami gangguan insomnia. Khasiat daun binahong ini sangat baik dicoba oleh mereka yang selama ini sering kena gangguan tidur.

5. Menangkal Radikal Bebas

Untuk menangkal radikal bebas pun khasiat daun binahong sangatlah baik. Bagaimana tidak? Efek detoksifikasi memang akan didapatkan berkat daun yang sangat baik ini. Maka tak heran bila binahong kini mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat awam di pekarangan rumahnya karena manfaatnya yang sangat multifungsi.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Imunitas atau yang dikenal dengan sistem kekebalan tubuh adalah suatu benteng pertahanan tubuh dalam melawan rasa sakit dan serangan bakteri serta virus. Imun yang baik akan menyebabkan seseorang jadi tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit ringan maupun berbahaya. Khasiat daun binahong sangatlah baik dalam mewujudkan itu semua karena memang memiliki dampak perbaikan dan memperkuat resistensi imun alami dari dalam tubuh.

7. Memudarkan Bekas Luka

Siapa yang menginginkan memiliki bekas luka? Tentu saja jawabannya adalah tidak ada yang menginginkannya. Namun jika memang sudah terlanjur memilikinya, jangan keburu risau. Cobalah cara-cara alami seperti menggunakan manfaat dan khasiat daun binahong ini. Bekas luka yang lama maupun masih baru sungguh akan hilang perlahan-lahan.

8. Membuat Stamina Meningkat

Salah satu cara ampuh dalam meningkatkan stamina adalah dengan mencoba minum ramuan binahong. Khasiat daun binahong bila direbus memberikan efek yang baik sekali untuk tubuh sehingga tidak gampang lesu dan lemas. Ini dampaknya seperti sedang minum jamu, sungguh akan melejitkan tenaga berkali-kali lipat. Bisa pula untuk menghilangkan rasa nyeri dan pegal linu yang seringkali dirasakan ketika tubuh sedang drop kesehatannya

9. Menurunkan Lemak LDL dan Kolesterol

Bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan lemak LDL? Rupanya cara yang tepat adalah dengan mencoba konsumsi khasiat daun binahong. Daun yang tumbuh merambat ini memang menjadi harapan dan angin segar bagi mereka yang sudah kewalahan dan tidak tahu lagi tentang bagaimana cara menurunkan kolesterolnya.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk melancarkan sistem pencernaan, cobalah khasiat daun binahong. Ini akan memberikan efek yang bagus untuk perut dan usus serta tentunya mulai dari mulut, tenggorokan dan kerongkongan serta lambung. Berbagai organ yang berhubungan dengan pencernaan akan direpair habis-habisan hingga benar-benar beres dan tidak mengalami gangguan lagi.

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong yang Lainnya

11. Mengatasi Maag
12. Mengobati Sembelit
13. Melancarkan Buang Air Besar
14. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
15. Menambah Vitalitas
16. Menormalkan Peredaran Darah
17. Menyembuhkan Asam Urat
18. Mengobati Radang Usus
19. Mengurangi Reumatik
20. Meredakan Mimisan
21. Mengurangi Capek
22. Menghangatkan Badan
23. Mencegah Sakit Sendi
24. Mencegah Flu Tulang
25. Mengobati Alergi

Baca Lagi: 67 Khasiat dan Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan, Pewarna Makanan Alami

Efek Samping Daun Binahong

Efek samping yang bisa ditimbulkan lewat konsumsi berlebihan tanaman ini adalah mual, muntah dan pusing. Namun, selebihnya bila dikonsumsi sesuai takaran yang tepat daun binahong tidak menimbulkan efek samping merugikan. Catatan penting lainnya, adalah daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para wanita hamil dan menyusui karena beberapa senyawa dalam daun binahong tidak sesuai untuk janin dan bayi.

Perhatikan baik-bail tentang berbagai efek samping ini:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Pusing
  4. Alergi Kulit
  5. Lidah Pahit
  6. Naiknya Suhu Tubuh

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akibat efek samping, maka hentikan segera penggunaannya apabila mendapati tanda-tanda di atas. Namun jangan khawatir, sebab khasiat daun binahong dengan segala manfaat dan kandungan gizinya jauh lebih banyak dibandingkan dengan efek sampingnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top