Connect with us
Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine

Daun

60 Khasiat dan Manfaat Daun Betadine untuk Kesehatan

Khasiat.idManfaat Daun Betadine, Jarak Cina, Jarak Tintir Gurita, Médicinier, Plante bouteille, Ma hung daeng, Fin ton atau daun obat merah memang sesuai dengan namanya untuk mengobati luka terbuka agar cepat sembuh. Tanaman ini juga dikenal dengan nama pohon yodium, jarak Cina, jarak tintir gurita dan tanaman jarak. Beberapa daerah di Indonesia juga mengenalnya dengan tanaman balacai batai. Dalam dunia taksonomi, tanaman daun jarak cina ini memiliki nama ilmiah yaitu Jatropha multifida L.

Ketika daun dari tanaman betadine dikupas atau dibuka maka akan menghasilkan getah, dimana getah ini yang akan membuat manfaat daun Jarak Cina bisa menyembuhkan luka. Getah mengandung banyak banyak senyawa kimia yang akan mencegah luka infeksi dan juga mengobati pendarahan. Bahkan jika digunakan secara langsung saat baru terkena luka maka khasiatnya akan terasa dengan cepat.

Sesuai dengan namanya yang masih termasuk dalam kerabat pohon jarak maka tanaman betadine memiliki daun yang menjari seperti daun pepaya, berwarna hijau cerah dan memiliki bentuk lancip pada bagian ujung. Menurut sebuah penelitian juga terbukti jika getah yang dikeluarkan oleh daun akan menjadi sumber penting untuk melawan infeksi. Namun sebenarnya manfaat daun betadine tidak hanya untuk menyembuhkan luka, tapi juga mengatasi berbagai penyakit infeksi yang lain.

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Betadine

Daun Jarak Cina mengandung berbagai jenis senyawa kimia yang sangat banyak. Karena itu manfaat daun betadine bisa menyembuhkan luka dan juga fungsi yang lain. Berikut ini kandungan kimia yang ditemukan dalam daun ini yaitu:

  • Saponin
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Glikosida
  • Flavonoid
  • Fenol
  • Steroid
  • Karbohidrat
  • Kamperterol
  • Alpha amirin
  • Stigmaterol
  • HCN
  • 7 alpha-diol
  • beta-sitosterol

Nama Lain Daun Betadine

  • Indonesia : jarak cina, jarak tintir gurita
  • Perancis : Médicinier, Plante bouteille
  • Jepang : Yatorofa muruchifida.
  • Rusia : Iatrofa rassechennaia, Korallovoe derevo
  • Spanyol : Árvore coral, Palo de fraile
  • Thailand : Ma hung daeng, Fin ton

Klasifikasi Ilmiah Daun Betadine

  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Malpighiales
  • Family : Euphorbiaceae
  • Genus : Jatropha
  • Spesies : Jatropha multifida
  • Nama Ilmiah : Jatropha multifida L
  • Nama Populer: betadine, iodin, yodium, jarak cina,
  • Habitat Asli: Afrika
  • Cara Berkembangbiak : vegetatif (stek)
  • Daun Betadine: hijau segar, menjari, ujung runcing
  • Biji Betadine: bulat atau oval, ukuran 2 sampai 4 cm, warna putih atau coklat.
  • Akar Betadine: tunggang
  • Tinggi Pohon Betadine : mencapai 5 meter
  • Habitat: bisa tumbuh di wilayah dataran tinggi atau rendah, cukup air dan sinar matahari.

Morfologi Tumbuhan Jatropha multifida L

Tanaman daun betadine termasuk dalam semak atau rumput yang memiliki bentuk akar tunggang. Setiap akar bisa mencapai kedalaman 5 cm dan beberapa bagian akar terlihat dari luar. Akar berfungsi sebagai kekuatan tanaman. Bagian batang tanaman ini sangat keras, mengandung kayu, dan berbentuk bulat,memanjang. Setiap batang dipenuhi oleh getah, batang berwarna hijau muda atau hijau tua dan bisa tumbuh tinggi sampai 5 meter.

Manfaat daun betadine yang sangat kaya dibuktikan dengan berbagai senyawa dalam daunnya yang berbentuk persegi mirip seperti daun pepaya. Daun berwarna hijau muda dan bisa memanjang sampai 20 cm dengan ukuran lebar antara 2 sampai 4 cm. Bunga tanaman ini muncul pada bagian ujung setiap cabang, memiliki benang sari sejumlah delapann dan kepala sari yang berbentuk seperti kapak kuda. Putik bunga berwarna putih lalu merah. Tanaman yang bisa tumbuh di wilayah panas atau dingin ini memiliki biji yang berbentuk bulat atau oval dengan ukuran sampai 2 cm.

Baca Lagi: 33 Khasiat dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Betadine

1. Menyembuhkan Luka

Pernahkah memikirkan bagaimana sebuah luka bisa sembuh? Ternyata ini ada proses yang harus dilalui. Untuk mempecepat proses ini, cobalah khasiat dan manfaat daun betadine. Sesuai dengan namanya, daun ini memang memiliki fungsi seperti betadine dalam bentuk obat cairnya itu, sungguh mendukung proses penyembuhan luka.

2. Menghentikan Pendarahan

Jika sedang mengalami luka terbuka dan kebetulan mengalami pendarahan yang ringan, cobalah buat mengobatinya dengan khasiat dan manfaat daun betadine. Pendarahan yang sedang terjadi sungguh perlahan-lahan akan terhentikan. Ini cocok sekali memang sebagai alternatif pengobatan pendarahan. Hanya saja, bilamana memakai manfaat daun jarak cina ini, pastikan bahwa luka pendarahannya tidak begitu parah. Sebab kalau parah biasanya membutuhkan tindakan medis dari dokter.

3. Mencegah Terjadinya Keloid

Keloid adalah gangguan di mana terjadi bekas luka menonjol seperti daging tumbuh akibat dari penyembuhan luka yang tidak berjalan dengan baik. Biasanya, keloid ini bakat-bakatan. Jadi hanya orang dengan bakat keloid saja yang akan mengalaminya. Nah, untuk mereka yang bakat maupun tidak, ada baiknya buat sama-sama mencoba khasiat dan manfaat daun betadine atau jarak cina ini. Semoga saja keloidnya segera sembuh.

4. Memudarkan Bekas Luka yang Menghitam

Memiliki bekas luka yang menghitam? Cobalah dengan mengonsumsi daun jarak cina. Manfaat daun betadine memang sudah dikenal ampuh dalam merawat luka sampai tuntas. Termasuk dengan masalah bekas luka ini pun benar-benar akan hilang seutuhnya.

5. Mencegah Infeksi

Infeksi disebabkan oleh bakteri maupun virus. Tubuh yang terinfeksi tentu saja akan mengalami banyak sekali gangguan sakit yang akan menyebabkan semakin fatal sebuah penyakit. Untuk itu cobalah khasiat dan manfaat daun betadine agar infeksi ini bisa teratasi.

6. Melancarkan Regenerasi Sel

Bagaimana caranya untuk melancarkan regenerasi sel? Rupanya untuk melakukannya sangat mudah kok! Perbaikan dan pembaruan sel-sel tubuh ini memang perlu dilakukan agar tubuh tidak terkena penyakit yang berdampak buruk bagi fisik. Khasiat dan manfaat daun betadine sudah layaknya dikonsumsi sejak sekarang.

7. Menyembuhkan Kulit Gatal-Gatal

Buat yang sedang mengalami gatal-gatal, khasiat dan manfaat daun betadine juga sangat ampuh menyembuhkan kulit yang gatal. Bagaimana tidak? Daun ini akan memberikan perlindungan ekstra bagi kulit lapisan luar dan dalam agar bebas dari jamur dan bakteri penyebab gatal.

8. Menghaluskan Kulit

Ingin punya kulit yang halus? Salah satu cara yang ampuh untuk melakukannya adalah dengan mencoba khasiat dan manfaat daun betadine. Memang daun herbal ini akan membuat kulit sungguh jadi halus, lebih baik dari sebelumnya. Ini akan langsung terlihat dampaknya seketika, jadi jangan ragu mencobanya, ya!

9. Mengobati Sariawan

Sedang mengalami sariawan? Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan khasiat dan manfaat daun betadine. Untuk penggunaannya tinggal diremas saja daunnya kemudian ditempelkan ke luka sariawan. Tentu saja daun jarak cina ini harus dicuci dulu agar steril.

10. Menambah Kadar HB

Kemudian yang tak boleh dilupakan adalah bahwa khasiat dan manfaat daun betadine juga sangat ampuh untuk menambah kadar HB. Hemoglobin atau HB dalam tubuh memang diharapkan jumlahnya normal, agar tubuh tidak lemas dan kekurangan oksigen. Sebab fungsi HB ini kan buat mengikat oksigen pula. Orang yang kekurangan HB biasanya rentan kena anemia, pusing, lemas dan pingsan.

Khasiat dan Manfaat Daun Betadine yang Lainnya

11. Menambah jumlah sel darah merah

12. Mencegah panas dalam

13. Menurunkan panas demam

14. Menyembuhkan sakit kepala

15. Mengobati migrain

Baca Lagi: 125 Khasiat dan Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan, Kecantikan, Kuliner

Efek Samping Daun Betadine

Manfaat daun betadine memang sangat banyak, selain untuk mengobati luka terbuka atau luka bakar. Tapi jika daun betadine digunakan berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya. Beberapa efek samping seperti:

  1. Pendarahan lebih parah
  2. Muntah, diare dan sakit perut (jika tertelan)
  3. Keracunan (jika tertelan)
  4. Alergi kulit

Untuk mencegah terjadinya efek samping seperti di atas, alangkah baiknya agar melakukan uji sensitivitas kulit dulu. Sebab beberapa orang memang memiliki kulit yang lebih sensitif dibandingkan yang lainnya. Namun ada yang mesti dipahami bahwa penggunaan daun betadine ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan ya! Karena hampir tidamk ada laporan kerugian dari masyarakat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top