Connect with us
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika

Daun

40 Khasiat dan Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Khasiat Daun Afrika – Manfaat Daun Afrika, Afrika Selatan, Ketum Cina, atau Daun Pokok Bismillah merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan zat gizi. Perlu diketahui, daun ini memiliki nama ilmiah Vernonia amygdalina yang sudah terkenal sebagai obat herbal berkhasiat dan banyak dimanfaatkan oleh penduduk di kawasan Afrika Barat. Ketum Cina diperkaya dengan kandungan protein alami dan beberapa jenis mineral penting yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Kemudian, Ketum Cina rupanya sudah banyak dijumpai di Indonesia. Africa leaf dengan kandungan vitamin kompleks ini bisa ditemukan di dataran tinggi maupun rendah yang ada di Indonesia. Nama lain dari daun Afrika ini biasa dikenal dengan afrika selatan, ketum cina, daun pokok bismillah, dan daun south afrika. Meski memiliki rasa yang cenderung pahit, daun ini banyak diburu karena khasiatnya yang bisa mengobati penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, hipertensi dan sebagainya.

Khasiat dan Manfaat Daun Afrika

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Afrika

Ketum cina sudah banyak dijumpai di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dan mengolahnya menjadi tanaman herbal berkhasiat yang akan menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. Untuk mendapatkan berbagai manfaat daun ketum cina bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun cina dalam kondisi mentah atau matang. Namun ada yang perlu diketahui bahwa mengapa daun ini sangat bermanfaat untuk tubuh, ternyata karena mengandung zat-zat di bawah ini:

  • seskuiterpen
  • vernodalol
  • asam askorbat
  • alkaloid
  • polifenol
  • asam klorogenic
  • xeronin
  • saponin
  • tannin
  • luteolin

Klasifikasi Ilmiah Daun Afrika

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Sub kelas         : Asterids

Ordo                : Asterales

Famili              : Asteraceae

Genus              : Vernonieae

Spesies            : Gymnanthemum amygdalinum (Delille) Sch. Bip. ex Walp. Vernonia amygdalina Delile

Nama lain        : Nan hui ye, daun kupu-kupu, pau fede, Vernonia, almond vernonia, Bitterleaf, Sucumadeira.

Rasa                : pahit, agak dingin

Daun Afrika    : berwarna hijau tua (meski daun berusia muda), rasa pahit, agak kasar.

Batang            : berkayu, warna hijau tua, bercak pada kulit batang, tulang daun menyirip.

Baca Lagi: 33 Khasiat dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Afrika

1. Mengobati Kencing Manis

Daun Afrika mengandung saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah setelah anda mengonsumsi makanan. Secara keseluruhan, daun afrika juga berfungsi mengurangi kadar gula darah dengan kandungan ekstrak ethanol yang ada didalamnya. Penyakit kencing manis seirng disebut pula dengan nama diabetes mellitus, untuk menyembuhkannya memang mustahil, namun manusia hanya bisa mencoba mengontrol kadar gula darahnya.

2. Mencegah Jantung

Kandungan asam linoleat dan omega 3 dalam daun afrika berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Dari studi American Journal of Clinical Nutrition, kedua zat alami tersebut bisa mencegah serangan jantung. Seseorang yang terkena serangan jantung sudah dipastikan akan berakhir tewas atau meninggal. Untuk itu segeralah cegah serangan jantung dengan meminum ramuan manfaat dan khasiat daun seledri ini.

3. Meredakan Malaria

Demam Malaria juga bisa diobati dengan memakai daun afrika ini. Dalam sebuah percobaan klinis di wilayah asalnya, hampir 67% demam malaria bisa menurun dengan menggunakan daun afrika. Disebut dengan nama Afrika, konon disebabkan karena keberhasilan daun ini dalam menangani wabah malaria yang pernah terjadi di Afrika Selatan.

4. Menambah Nafsu Makan

Tahukah tentang bagaimana caranya menambah nafsu makan? Ternyata daun ini bisa digunakan sebagai pelejit nafsu makan loh! Jika biasanya orang hanya menggunakan temulawak atau golongan rempah-rempah seperti jahe untuk melejitkan selera makannya, ini ada cara alternatif yang tak kalah ampuh, yakni pakai manfaat dan khasiat daun afrika. Sungguh daun ini akan memberikan perlindungan ekstra pada organ usus dan pencernaan sehingga tidak lagi kena gangguan slera makan yang membuat asam lambung naik dan tubuh jadi ringkih.

5. Mengobati Batuk

Tahukah tentang bagaimana caranya mengobati batu? Untuk meredakan batuk ini, caranya sangat mudah loh! Tidak perlu hanya bergantung pada obat-obatan kimiawi saja, sebab kini pengobatan alami dengan menggunakan khasiat dan manfaat daun afrika saja sudah sangat efektif meredakan batuk. Apalagi di era sekarang, pengobatan batuk itu seringkali lebih memakan waktu lama, sebab virus batuk bsia menyebar melalui banyak media di tengah polusi lingkungan pula yang semakin tak terkendali.

6. Mencegah Kanker

Tahukah bahwa di dunia ini ada penyakit yang banyak sekali sudah merenggut nyawa orang. Apakah nama penyakit itu? Ini adalah kanker. Tragisnya, yang disebut dengan sakit kanker itu tidak hanya merenggut orang dengan satu cara saja. Kanker itu bisa tumbuh di segala macam organ, bahkan darah pun bisa terjangkiti. Untuk terapi kanker, sudahkah mencoba khasiat dan manfaat daun afrika? Jika belum, cobalah manfaat dan khasiat daun yang sangat ampuh ini segera. Cara pengolahannya tidak sulit pula, tinggal direbus saja.

7. Menghilangkan Mual

Sakit mual dapat disembuhkan dengan khasiat dan manfaat daun afrika. Untuk menyembuhkannya pun tidak perlu repot-repot. Mual ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu rutin meminum ramuan ini. Namun selama masa pengobatan, sebaiknya perlu diatur pula mengenai pola makan dan manajemen stress. Makanlah dengan teratur sehingga tubuh tidak terlalu asam akibat reflux asam lambung. Selain itu, saat mual ini terjadi, pikiran yang berlarian dan perasaan sedih berkepanjagan pun harus bisa segera diatasi oleh diri.

8. Memperbaiki Fungsi Organ Hati

Tahukah apa itu khasiat dan manfaat daun afrika yang belum diketahui khalayak ramai? Rupanya khasiat dan manfaat daun herbal ini sanggup memperbaiki kerusakan organ hati. Liver atau hati memang rentan mengalami kerusakan, apalagi kalau manusia menerapkan pola hidup yang tidak baik. Padahal kalu liver sudah rusak, dampaknya akan sangat berbahaya untuk tubuh.

9. Mengobati Infeksi Kerongkongan

Infeksi kerongkongan dapat terjadi adanya luka pada jaringan esofagus ini. Biasanya para penderita maag mudah mengalami infeksi kerongkongan, untuk itu perlu segera ditangani dengan tubuh segera. Misalnya dengan mencoba minum manfaat dan khasiat daun afrika.

10. Menghilangkan Dahak

Dahak juga menjadi masalah yang serius untuk tubuh jika tidak dapat dikendalikan dengan baik jumlahnya. Berdahak itu wajah buat manusia, tapi kalau sudah kebanyakan di dalam saluran napas tentu sangat tidak nyaman. Berlebihannya dahak juga menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius, misalnya bronkhitis. Untuk itu, cobalah khasiat daun afrika untuk mampu menyembuhkannya dari sekarang.

Khasiat dan Manfaat Daun Afrika yang Lainnya

11. Membuat tidur jadi nyenyak

12. Menyembuhkan batuk kronis

13. Mengatasi badan yang lemas

14. Menguatkan otot

15. Mengatasi pegal linu

16. Melancarkan peredaran darah

17. Menghilangkan lemak di perut

18. Mencegah rabun mata

19. Meringankan nyeri migrain

20. Mengatasi GERD

Baca Lagi: 99 Khasiat dan Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Efek Samping Daun Afrika

Dibalik berbagai khasiat daun ketum cina, ternyata daun herbal ini memiliki efek samping yang penting untuk diperhatikan. Beberapa efek samping daun afrika antara lain:

  • Membahayakan janin
  • Gatal
  • Mengigil
  • pembengkakan
  • Lutut lemas (bila overdosis)

Demikian artikel informatif tentang manfaat daun afrika atau daun kupu-kupu yang berkhasiat sebagai tanaman herbal untuk mengobati banyak jenis penyakit. Memilih tanaman herbal sebagai obat akan menghindarkan anda dari bahaya zat kimia dan hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daun

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top