Connect with us
Khasiat Buah Kesemek, Manfaat Buak Kesemek, Diospyros Kaki

Buah

150 Khasiat Buah Kesemek, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Buah Kesemek – Manfaat Buah Kesemek (Diospyros kaki) merupakan jenis buah-buahan dari marga Diospyros berwarna orange kecoklatan. Buah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dibudidayakan di daerah Jepang. Kesemek bisa dinikmati dalam keadaan kering, segar atau dimasak. Agar bisa mendapatkan rasa yang manis dan lembut, pastikan saat mengonsumsi  kesemek sudah dalam keadaan benar-benar matang.

Manfaatkesemek sangat beragam. Buah ini kaya akan mineral penting seperti kalsium dan posfor, vitamin A dan C. Pohon kesemek berukuran kecil hingga sedang sekitar 15 m atau kurang, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang dan menggugurkan daun. Kesemek yang matang berarna antara jingga kekuningan hingga kemerahan berdiameter sekitar 2 – 8 cm. Buah segar ini bisa dimakan langsung dengan mengolesi air kapur dan diperam supaya rasa sepatnya hilang.

Khasiat Buah Kesemek, Manfaat Buak Kesemek, Diospyros Kaki

Kesemek sendiri memiliki nutrisi buah yang berkhasiat untuk tubuh. Kandungan seratnya bisa dua kali lebih banyak dibandingkan buah apel. Khasiat buah kesemek mampu menstabilkan tekanan darah, mencegah penyakit kanker, memperlambat penuaan dini, memperkuat limpa, mencegah penyakit makula, meningkatkan produksi sel darah merah, meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari buah berwarna orange ini untuk kesehatan tubuh.

Klasifikasi Ilmiah Buah Kesemek

Mengetahui manfaat kesemek ini menyebar hingga ke Asia Tenggara. Tanaman yang berasal dari Tiongkok ini memiliki klasifikasi sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Trachebionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Ericales
  • Famili : Ebanaceae
  • Genus : Diospryros
  • Spesies : Diospryros kaki Lf.
  • Nama Ilmiah : Diospyros kaki
  • Daun Kesemek : bulat memanjang, bertangkai pendek, berwarna hijau

Morfologi Buah Kesemek

Manfaat buah kesemek memang diakui banyak orang. Selain rasa buahnya yang segar, kesehatan tubuh bisa didapat jika dikonsumsi dengan baik. Tanaman kesemek ini menyebar hingga Eropa Selatan dan Amerika. Tanaman kesemek memiliki ukuran kecil maupun sedang hingga 5 m atau kurang berbatang pendek dan bengkok, memiliki percabangan banyak dan daun berguguran.

Bunga kesemek memiliki dua kelamin yaitu jantan dan betina. Untuk jantan memiliki malai berisi 3 – 5 kuntum dan bunga betina soliter. Tanaman kesemek tumbuh dengan baik pada ketiak daun, membentuk berbilangan empat. Manfaat buah kesemek mengandung karbohidrat 19,6 %, fruktosa, protein serta vitamin A dan kalium.

Kandungan Gizi Buah Kesemek

Manfaat buah kesemek memiliki kandungan yang tidak kalah dengan nutrisi buah apel, bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, kesemek juaranya. Buah kesemek disebut juga dengan buah genit karena suka berbedak gara-gara kulit buahnya yang ditempeli serbuk putih. Adapun beberapa kandungan buah kesemek yaitu:

  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat.
  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium
  • Polifenol
  • Zat tanin

Baca Lagi: 70 Khasiat dan Manfaat Salak, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Khasiat Buah Kesemek dan Cara Mengolahnya

1. Menurunkan Berat Badan

Saat seseorang memiliki berat badan yang tinggi tidak sedikit dari mereka yang menginginkan tubuh kurus dengan berat badan ideal. Tentu solusinya adalah dengan melakukan diet. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan mulai dari menjaga pola makan, mengonsumsi obat kimia, perawatan dokter hingga mengeluarkan banyak biaya untuk dapatkan tubuh ramping. Namun sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan kimia, tidak ada salahnya untuk konsumsi buah kesemek secara teratur yang mampu menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Buah kesemek identik dengan olahannya menjadi jus. Kali ini Anda bisa kombinasikan dengan bahan lain
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah kesemek kupas kulit dan potong dagingnya, 1/2 kulit jeruk, 200 ml perasan jeruk, 3-4 sdt madu cair, 200 ml air kelapa muda, 50 ml susu cair, sedikit garam, yogurt strawberry, 1 buah kiwi dipotong daging, susu cair dan es batu
  3. Mixer buah kesemek hingga halus kemudian tuangkan sedikit yogurt strawberry
  4. Blender bahan kiwi sampai halus dan siap disantap

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik mampu membuat Anda lebih nyaman dan hal ini dambaan semua orang. Saat ada gangguan tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jika makanan yang masuk kurang sehat maka akan mengundang gangguan dalam sisem pencernaan. Sebagai solusinya, makanlah makanan yang mengandung nutrisi baik seperti buah kesemek. Ada banyak cara mengolah buah ini seperti berikut.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Minuman kali ini akan menjadi es buah kesemek jelly sirup nanas
  2. Sediakan 1 buah nanas, 2 sachet jeli bubuk, 200 gr gula pasir, 4 buah kesemek, 1 sdt vanili, 8 gelas air, 2 sachet skm putih, es batu secukupnya
  3. Masak jeli terlebih dahulu dan tambahkan 100 gr gula dengan 4 gelas air
  4. Tunggu hingga mendidih, potong dadu jeli dan buah kesemek kemudian sisihkan
  5. Kupas nanas kemudian cuci bersih lalu potong-potong
  6. Nyalakan api, masukkan buah nanas, gula pasir, vanili dan air ke dalam panci. Tunggu nanas berubah warna, wangi dan mendidih kemudian matikan api
  7. Siapkan gelas, tata buah kesemek, jeli dan siram dengan sirup nanas dan tambahkan es batu dan susu
  8. Siap disantap

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes dapat beresiko menimbulkan dampak serius pada kesehatan seperti pusing, gagal ginjal, penyakit jantung, kelelahan hingga kehilangan kesadaran atau koma. Bagi penderita diabetes perlu memperhatikan makanan. Diluar pengobatan yang sedang ditangani dokter, Anda perlu memilih makanan yang baik demi kesehatan tubuh. Salah satu buah yang baik untuk penderita ini adalah mengandalkan manfaat buah kesemek. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis saat mengonsumsi buah ini.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Selain dalam bentuk minuman, buah kesemek bisa Anda olah menjadi cake
  2. Siapkan bahan-bahan 2 1/2 kesemek, 1 sdm air jeruk nipis, 200 gr tepung terigu, 1/2 sdt baking soda, 1 sdt baking powder, 1/4 sdt garam, 1 sdt bubuk kayu manis
  3. Sediakan 3 butir elur, 200 gr gula pasir, 160 ml minyak, 1 sdt vanili
  4. Kupas kesemek, 2 buah kesemek parut dengan parutan keju kemudian sisihkan
  5. Untuk 1/2 kesempek iris tipis dan campurkan dengan air jeruk
  6. Campurkan terigu, baking soda, baking powder, garam, bubuk kayu manis, aduk rata kemudian ayak
  7. Panaskan oven set pada suhu 180 derata C
  8. Siapkan loyang lumuri dengan margarin dan taburi bagian dasar menggunakan gula pasir serta susun irisan buah kesemek
  9. Siapkan mixer, kook telur, gula menjadi putih dan kental
  10. Tambahkan vanili cair diaduk sebentar lalu masukkan minyak tuang sedikit-sedikit
  11. Campurkan terigu secara bertahap, aduk rata lalu matikan mixer
  12. Masukkan parutan kesemek, aduk balik menggunakan spatula, tuang ke loyang yang sudah disipakan lalu panggang selama 35 menit
  13. Keluarkan cake dari oven tunggu hingga dingin dan siap untuk disantap

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang terjaga akan membentengi Anda dari serangan beragam penyakit. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, mencukupi tidur, rutin berolahraga, hingga mengonsumsi suplemen mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu buah yang bisa menjaga daya tahan tubuh adalah buah kesemek yang memiliki rasa manis segar.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Tidak kalah segar dan mudah untuk diolah, anda bisa membuatnya menjadi asinan kesemek
  2. Siapkan 5 buah kesemek, 2 sdt garam dapur, air secukupnya
  3. Cuci bersih kesemek, kupas dan potong-potong menjadi 6 bagian
  4. Tambahkan air, garam, aduk rata hingga tercampur.
  5. Masukkan dalam kulkas selama 3 hari, asinan siap disantap

5. Membantu Melawan Kanker

Penyakit satu ini selalu ditakuti banyak orang karena bisa berakibat fatal hingga meregang nyawa seseorang. Kanker ditandai dengan tumbuhnya sel secara tidak teratur hingga merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Kanker dapat dibedakan menjadi lima kelompok yaitu Karsinoma, Sarkoma, Leukemia, Limfoma dan Mieloma, dan Kanker pada otak dan sumsum tulang belakang.

Saat ini kanker tidak melihat angka usia. Ia bisa menyerang siapa saja. Untuk membantu melawan penyakit ini Anda bisa mengonsunsi buah kesemek dengan rutin.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Pernah mencoba Chocolate Persimmon Cake? Dengan campuran kesemek, Anda bisa mengolahnya dan menciptakan rasa nikmat
  2. Siapkan 1/2 cup minyak, 1/2 cup gula pasir, 2 buah kesemek kemudian kupas, kukus an haluskan
  3. Sediakan 1 butir telur, 1/2 cup butter milk, 1 sdt vanili, 1 cup tepung gluten free, 1/4 cup cokelat bubuk, 1 sft baking soda, 1/4 sdt garam
  4. Untuk membuat ganache cokelat, siapkan 50 gr whip cream bubuk, 100 ml air hangat dan 150 gr cokelat masak di cincang kasar
  5. Panaskan oven, siapkan loyang kotak, olsi margarin dan alasi menggunakan kertas roti
  6. Campurkan terigu, cokelat bubuk dan baking soda serta garam dalam satu wadah
  7. Dalam wadah lain, campurkan minyak, telur, gula dan vanili lalu aduk hingga rata.
  8. Masukkan kesemek, aduk rata dan tambahkan butter milk, aduk perlahan
  9. Tuang adonan basah ke bahan kering, aduk rata dan masukkan dalam loyang
  10. Panggang selama 60 menit hingga matang. Angkat dan sajikan

6. Memperbaiki Penglihatan

Kesehatan mata selali dikaitkan dengan vitamin A. Kebiasaan sehari-hari seperti menatap gadget, komputer hingga membaca yang terus menerus membuat mata cepat lelah. Jika hal ini dibiarkan terus menerus bisa berakibat fatal untuk penghlihatan Anda. Selain mengurangi kebiasaan tersebut, makan makanan yang sehat mengandung vitamin untuk kesehatan mata seperti buah kesemek bisa memperbaiki penglihatan.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Olahan es serut buak kesemek menambah rasa segar untuk siang hari Anda
  2. Siapkan 2 buah kesemek kemudian diserut
  3. Sediakan nata de cocok, selasih, es batu, susuk kental manis putih, sirup melon, air dingin secukupnya
  4. Tata semua bahan es dalam wadah, masukkan es batu, air susu dan sirup sesuai selera
  5. Siap disajikan

7. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Saat tubuh merasa lemah dan lesu bisa jadi Anda menderita anemia. Kurangnya zat besi serta nutrisi lain merupakan penyebab rendahnya jumlah sel darah merah. Selain itu, kadar hemoglobin yang rendah menjadi tanda-tanda malnutrisi, kekurangan gizi hingga leukimia yang merupakan penyakit berbahaya. Untuk meningkatkan produksi sel darah merah salah satu langkahnya konsumsi buah kesemek secara rutin dan teratur.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Sediakan 5 buah kesemek
  2. 5 sdm gula pasir dan es batu sesuai selera
  3. Kupas kesemek, cuci bersih dan tiriskan
  4. Buat larutan gula menggunakan air panas
  5. Potong-potong buah dan masukkan ke dalam blender
  6. Tambahkan larutan gula, blender dan jus siap disantap

8. Menjaga Fungsi Hati

Hati atau liver merupakan salah satu organ vital dan yang paling besar dalam tubuh kita. Kesehatannya harus dijaga agar tidak terserang penyakit. Saat terjadi gangguan biasanya akan timbul rasa nyeri di bagian ini. Salah satu fungsi utama hati adalah sebagai pelindung dan pembuangan racun.

Di dalam organ ini ada beragam jenis racun yang diproduksi oleh tubuh diubah menjadi zat netral sehingga menjadi unsur yang bisa diterima organ lain. Untuk menjaga fungsi hati agar terus bekerja sesuai dengan aturannya, konsumsilah buah ini secara rutin dan teratur.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Ambil 1 butir kesemek lalu kupas, 1 kotak kecil cincau, 1/2 nanas kemudian kupas
  2. Siapkan 3 sdm susu cair, es batu, gula pasir, sirup buah dan air secukupnya
  3. Kupas nanas, cuci bersih kemudian rebus hingga mendidih lalu tiriskan
  4. Cuci bersih cincau, potong dadu dan rebus hingga mendidih
  5. Kupas kesemek, cuci bersih dan potong-potong
  6. Masukkan gula pasir, susu, sirup dan air ke dalam satu wadah, aduk lalu masukkan buah nanas, kesemek dan cincau
  7. Tambahkan es batu, siap disantap

9. Meningkatkan Stamina dan Energi

Untuk meningkatkan stamina dan energi dibutuhkan makanan yang mendukung akan hal ini dan sumbernya adalah dari makanan. Anda bisa mendapatkan makanan penambah stamina denan mengonsumsi asupan yang memiliki kandungan serat, protein, vitamin dan karbohidrat. Salah satuny buah-buahan berupa kesemek yang bisa ditemukan dimana saja.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Ambil 1 bungkus agar jeli, 800 ml air, 8 sdm gula pasir
  2. Siapkan buah-buah berupa anggur, naga merah, kesemek dan kiwi
  3. Potong-potong buah sesuai selera
  4. Larutkan jeli dalam panci, masukkan gula dan aduk hingga mendidih lalu matikkan kompor
  5. Tata buah dalam loyang kemudian masukkan jeli
  6. Setelah dingin, masukkan ke dalam lemari pendingin dan siap disantap

10. Memperlambat Penuaan Dini

Saat usia muda mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan masalah kesehatan dan kebanyakan tidak menjalani gaya hidup sehat. Namun saat menginjak usia muda, Anda akan lebih rentan terserang beragam penyakit baik ringan maupun berat. Beberapa makanan memiliki khasiat sebagai anti-aging yang bisa memperlambat penuaan seperti buah kesemek ini.

Cara Mengolah Buah Kesemek:

  1. Sediakan bahan-bahan 4 buah kesemek, 2 sdm bawang putih cincang, 3 sdt cabe rawit cincang, 1 tangkai kemangi disiangi
  2. Siapkan 1 sdt jahe cincang, 1 sdt air jeruk nipis, 1/2 sdm madu, 1/2 garam, kacang tanah sangrai
  3. Kupas kulit kesemek dan potong sesuai selera
  4. Siapkan cincangan bawang putih, jahe, cabe rawit dan daun kemangi
  5. Campur semua bahan dalam mangkung dan dinginkan sebentar dalam kulkas
  6. Saat akan dikonsumsi taburi dengan kacang tanah sangrai

Baca Lagi: 133 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek Lainnya:

11. Mencegah pembuluh darah menjadi keras

12. Sumber Phytochemicals

13. Bagus untuk hipertensi

14. Obat alami masalah cegukan

15. Mengurangi retensi air

16. Mencegah penyakit menular

17. Menjaga kesehatan organ paru-paru

18. Meningkatkan sistem imun tubuh

19. Melancarkan sirkulasi darah

20. Anti-tumor

21. Mengobati sakit perut

22. Mengatasi sembelit

23. Meningkatkan kualitas diuretik

24. Mencegah stres dan kelelahan

25. Baik untuk kesehatan hati

26. Membantu penyerapan nutrisi

27. Menjaga kulit bersinar

28. Mencegah stroke

Efek Samping Manfaat Buah Kesemek

Kesemek memiliki sebutan lain yaitu prasimmon dalam Bahasa Inggris. Buah yang memiliki banyak manfaat ini sangat mendukung kesehatan tubuh. Jika dilihat sekilas fisik buah kesemek mirip dengan tomat, sedangkan rasanya mirip buah pepaya. Selain manfaat buah kesemek yang tak diragukan, ternyata memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh jika dikonsumsi berlebih.

Buah ini tinggi akan kandungan zat tanin yang memiliki efek anti – gizi yang bisa meracuni tubuh. Hindari makan buah kesemek dalam keadaan mentah karena kandungan tanin saat buah kesemek mentah sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan rasa kering dan mati rasa pada mulut setelah mengonsumsi manfaat buah kesemek. Buah kesemek tidak baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong karena bisa menyebabkan diare jika terlalu berlebihan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Buah

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top