Connect with us
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis

Keuangan

19 Khasiat dan Manfaat Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi

Khasiat Asuransi – Manfaat Asuransi merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang memiliki fungsi untuk meminimalisir resiko atas kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, bencana alam dan sebagainya. Perusahaan yang mengeluarkan layanan jasa ini sangat banyak di Indonesia. Jenis layanannya juga beragam, mulai dari kesehatan, jiwa, pendidikan, rumah, kendaraan dan sebagainya.  Perusahaan ditempatkan sebagai pihak penanggung. Sedangkan, konsumennya ditempatkan sebagai tertanggung. Pihak tertanggung ini akan memberikan premi sebagai bentuk memberikan penggantian atas resiko kerugian dari peristiwa yang tidak terduga.

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan layanan ini, terutama dalam bidang kesehatan. Khasiat asuransi dibutuhkan oleh orang-orang agar saat terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, kerugian yang dialami tidak begitu besar. Hal ini bisa disebut juga sebagai bentuk proteksi dari ancaman resiko. Premi yang dibayarkan oleh Anda, akan diganti dengan kompensasi dalam bentuk proteksi dari perusahaan layanan jasa tersebut saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Hal-hal tersebut dicantumkan di dalam kontrak antara tertanggung dan penanggung. Namun, jenis layanan jasa ini beragam dan dibedakan berdasarkan fokusan atau resikonya. Besaran premi juga tergantung dari fokus layanan jasa tersebut. Tiap resiko memiliki premi yang berbeda.

Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis

Jenis-Jenis Asuransi

1. Asuransi Kesehatan

Jenis layanan jasa ini khusus untuk menangani masalah kesehatan. Perusahaan menanggung biaya pihak tertanggung yang mengalami penyakit tertentu dan butuh perawatan intens di rumah sakit. Khasiat asuransi di bidang kesehatan ini tentunya meringankan beban Anda untuk mengurus kesehatan. Karena biaya dokter dan rumah sakit tidaklah murah. Salah satu perusahaan yang mengeluarkan layanan ini ialah BPJS yang merupakan milik pemerintah. Premi yang dibayarkan tergantung kelas yang diambil, mulai dari 30 ribu rupiah untuk kelas III hingga 80 ribu rupiah untuk kelas I. Selain ini, perusahaan swasta juga mengeluarkan layanan ini. Seperti AXA Life, Manulife, Prudential, AIA, Allianz dan Cigna. Biaya preminya juga beragam, mulai dari 100 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.

2. Asuransi Jiwa

Jenis layanan jasa yang satu ini melayani nasabahnya ketika menanggung resiko kematian. Klaim ini bisa dicairkan baik sebelum meninggal atau setelah meninggal. Khasiat asuransi ini memberikan ganti rugi dari perusahaan ke nasabahnya yang meninggal karena sakit atau kecelakaan. Pendaftaran layanan jasa ini bisa untuk nasabah itu sendiri ataupun untuk orang lain yang masih terikat satu keluarga. Klaim yang dicairkan juga bisa dicairkan oleh keluarganya. Jenis layanan asuransi jiwa ini beragam, ada yang seumur hidup dan berjangka (10 hingga 40 tahun). Perusahaan yang memberikan layanan jasa ini ada Jiwasraya (milik pemerintah), Prudential, Axa Life, Allianz, AIA, dan sebagainya. Premi yang dibayarkan juga beragam, yakni mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribuan.

Baca Lagi: 50 Pengertian Gotong Royong, Jenis, Prinsip, Tujuan dan Khasiatnya

3. Asuransi Pendidikan

Jenis layanan jasa ini adalah yang terfavorit. Karena setiap orang tua pasti ingin menjamin biaya pendidikan anak-anaknya. Khasiat asuransi ini memberikan jaminan biaya pendidikan anak hingga tingkatan universitas. Biaya premi yang dibayarkan berbeda-beda, tergantung pada tingkat pendidikan yang dituju oleh layanan jasa ini. Biaya pendidikan yang semakin mahal, membuat layanan jasa ini makin diincar oleh para orang tua agar bisa menjamin biaya pendidikan anak-anaknya. Perusahaan yang memberikan layanan jasa ini ialah bumiputera (program mitra beasiswa dan mitra cerdas), Manulife (Program ProGraduate dan StudyLink), Prudential (program PRUmychild) dan AXA (Asuransi Mandiri Tabungan Rencana).  Besar premi yang dibayarkan sekitar 100 ribu hingga 350 ribuan.

4. Asuransi Properti

Layanan jasa yang satu ini dikhususkan untuk Anda yang ingin memberikan proteksi pada bangunan yang Anda miliki, misalnya rumah. Khasiat asuransi ini memberikan resiko ganti rugi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan Anda kehilangan rumah, seperti bencana alam, kebakaran yang tentunya menimbulkan kerusakan pada properti Anda. Karena itu merupakan aset berharga, pemilik rumah melindungi aset-aset miliknya, termasuk properti pribadi. Perusahaan yang memberikan layanan jasa ini adalah Bumiputera, AIG, AXA, AIA, Avrist, Sinar Mas, Prudential dan Allianz. Preminya mulai dari 200 ribuan hingga 1 jutaan.

5. Asuransi Kendaraan

Layanan jasa yang satu ini merupakan layanan jasa yang populer di Indonesia. Biasanya layanan jasa ini memfokuskan pada kendaraan mobil karena harga yang relatif mahal daripada motor. Khasiat asuransi kendaraan dapat memberikan proteksi terhadap kendaraan dari kerusakan akibat kecelakaan atau kehilangan kendaraan. Perusahaan yang menyediakan layanan ini ialah Garda Oto, Jasa Raharja Putera, Allianz, AXA,  Sinarmas, Adira, dan lainnya. Premi yang dibayarkan untuk jenis layanan jasa ini bergantung pada jenis kendaraan, tahun kendaraan dan harga kendaraan Anda. Serta jika Anda memilih layanan jenis TLO (total lost only) maka preminya bisa lebih mahal. Bisa mencapai 7 jutaan untuk setahun.

6. Asuransi Perjalanan

Jenis layanan jasa yang satu ini tak berbeda jauh dengan jenis layanan jasa lainnya. Khasiat asuransi perjalanan yakni untuk memberikan perlindungan kepada nasabahnya saat melakukan perjalanan hingga kembali ke rumah. Apabila mengalami kecelakaan maka, biaya kecelakaan, biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis dan perlindungan terhadap barang bawaan menjadi tanggungan perusahaan. Jika Anda naik transportasi umum, seperti pesawat, kereta api dan sebagainya, maka biaya perjalanan bisa termasuk dengan biaya asuransi. Jenis layanan ini bisa di rute domestik saja ataupun rute internasional. Perusahaan yang melayani jasa ini ialah ACA< AIG, AXA, Zurich, ACE, Jasa Raharja dan sebagainya.

7. Asuransi Bisnis

Jenis layanan ini dikhususkan bagi pebisnis yang ingin melindungi asetnya dari kerusakan, kehilangan dan kerugian dalam jumlah besar. Khasiat asuransi bisnis ini memberikan penggantian dari kerusakan yang terjadi maupun kerugian yang dialami perusahaan. Tak hanya itu, perlindungan terhadap karyawan mulai dari jiwa hingga kesehatan bisa dimasukan dalam jenis layanan ini. Perusahaan yang memberikan asuransi bisnis diantaranya ada Jamsostek (khusus karyawan), AXA, Allianz, Zurich dan AIG. Biya premi yang dibayarkan beragam, tergantung pada skala bisnis yang dimiliki. Semakin besar skala bisnisnya, maka bbiaya preminya juga akan semakin mahal.

8. Asuransi Kredit

Jenis layanan ini memberikan pelayanan kepada debitur. Khasiat asuransi kredit ini untuk melindungi resiko kegagalan debitur melunasi fasilitas kredit. Biasanya klien dari layanan ini ialah perbankan yang bergerak di bidang perkreditan. Layanan ini akan melindungi perusahaan pemberi kredit dari kemungkinan tidak dibayarnya kredit yang dipinjamkan kepada nasabah. Perusahaan yang bergerak di layanan jasa ini ialah PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

9. Asuransi Angkutan Laut

Jenis layanan jasa ini khusus untuk bidang kelautan. Khasiat asuransi kelautan yakni untuk memastikan pengangkut dan pemilik kargo. Layanan ini terbentuk karena untuk mengatasi masalah resiko kerusakan kargo, kerusakan kapal dan keselamatan penumpang. Perusahaan yang memberikan jasa layanan ini biasanya diikutsertakan bersama dengan jasa perkapalan. Premi untuk layanan ini berbeda-beda tergantung pada barang yang diasuransikan, resiko, pengangkutan dan perjalanan. Perusahaan yang memberikan layanan kelautan ini ialah AIG, Asuransi Bintang, dan AXA mandiri.

10. Asuransi Hari Tua

Jenis layanan ini diperuntukan guna menyiapkan hari tua agar terhindar dari kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Khasiat asuransi hari tua ini adalah untuk menjamin masa tua Anda agar tidak mengalami kesulitan. Menyiapkan masa tua tentunya tetap membutuhkan perhitungan dan persiapan yang dilakukan sejak muda. Biasanya layanan ini diberikan dalam bentuk jaminan kesehatan dan kesinambungan pendapatan. Perusahaan yang memberikan layanan ini ialah Prudential, AIA, Allianz dan Jiwasraya.

Khasiat dan Manfaat Asuransi

1. Meminimalisir Kerugian

Jenis layanan ini sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya. Namun pada dasarnya manfaatnya tetap sama. Khasiat asuransi sangat ampuh untuk meminimalisir kerugian yang dialami atas kejadian yang tidak diinginkan seperti musibah, kecelakaan, sakit dan sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menanggung kerugian yang dialami. Jika Anda sudah tergabung dengan perusahaan pemberi layanan ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap kerugian yang akan dialami dari resiko-resiko kehidupan seperti bencana alam, kebakaran, sakit, kecelakaan bahkan kehilangan. Karena perusahaan akan menanggung resiko tersebut dari premi yang Anda berikan.

2. Membuat Hidup Lebih Tenang

Karena Anda melakukan minimalisir kerugian, maka sudah pasti hidup akan jauh lebih tenang. Khasiat asuransi tentunya membuat para penggunanya akan lebih tenang menghadapi hidup. Pada dasarnya, Anda tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok. Jika di hari esok Anda harus mengalami masalah yang tidak terduga dan mengeluarkan biaya besar, Anda tak perlu lagi khawatir. Karena sudah ada perusahaan yang akan menanggung resiko masalah Anda. Perusahaan akan meng-cover sebagian bahkan seluruh kerugian yang harus Anda tanggung.

Jika Anda ingin hidup yang lebih baik dan lebih tenang, maka rencanakanlah jalan hidup Anda ke depan. Lakukan tindakan preventif untuk kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Bergabung dengan perusahaan layanan jasa ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk tindakan preventif menghadapi resiko atau kerugian buruk yang mungkin terjadi.

3. Investasi dan Tabungan

Jasa layanan ini juga seringkali dianggap sebagai sarana investasi dan tabungan. Khasiat asuransi bisa dijadikan investasi dan tabungan jika Anda mendaftarkan diri sebagai nasabah ke perusahaan yang menyediakan layanan ini. Pada akhirnya Anda akan mendapatkan jaminan dan pengembalian investasi di saat kontrak sudah berakhir. Layanan ini pada umumnya berbatas waktu dan berjangka. Meskipun Anda memilih yang seumur hidup, pada saat umur 100 tahun, hasil investasi bisa diambil. Karena umumnya yang seumur hidup juga berbatas hanya sampai 100 tahun saja.

4. Mengatur Keuangan

Jika Anda menggunakan jasa layanan ini maka Anda berarti sedang mengatur keuangan.n Kewajiban membayar premi secara rutin akhirnya membuat Anda menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk dialokasikan ke hal-hal yang tidak terduga. Jadi, saat kejadian tak terduga terjadi, Anda tidak kebingungan mencari dana dari mana karena setiap bulannya Anda sudah menyisihkan dana tersebut. Dan, perusahaan pemberi layanan jasa akan menanggung sebagian bahkan seluruh kerugian yang dialami. Dengan bantuan perusahaan layanan jasa ini, Anda mengurangi biaya tak terduga sehari-hari yang biasanya lebih besar dari biaya rutin Anda.

Baca Lagi: 50 Pengertian Gotong Royong, Jenis, Prinsip, Tujuan dan Khasiatnya

5. Memberikan Kepastian Pendapatan di Hari Tua

Pelayanan jasa ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sudah memasuki usia lanjut. Khasiat asuransi bisa memberikan kepastian pendapatan di hari tua saat masa pensiun. Tak hanya untuk Anda, tapi keluarga yang tertanggung juga menerima layanan ini disaat yang tertanggung sudah meninggal dunia. Persiapan di hari tua sangat penting. Maka dari itu perlu disiapkan sejak saat muda. Karena pada hari tua, usia sudah tidak memungkinkan lagi untuk produktif berkegiatan mencari penghasilan. Oleh karena itu, layanan jasa ini akan sangat membantu pemasukan Anda di hari tua untuk berbagai keperluan.

6. Pengganti Nafkah Bagi Keluarga Yang Ditinggalkan

Layanan jasa ini sangat bermanfaat meskipun nasabahnya telah meninggal dunia. Karena di saat meninggal dunia, ada keluarga yang ditinggalkan. Apalagi jika yang meninggal adalah sosok pencari nafkah dalam keluarga, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi keluarga. Khasiat asuransi dapat menjadi solusi bagi keluarga yang baru saja ditinggal oleh sosok pencari nafkah. Sembari bangkit dari keterpurukan dan mencari pendapatan untuk selanjutnya, keluarga bisa memanfaatkan dana dari layanan jasa ini yang dicairkan setelah nasabahnya meninggal dunia. Jadi, keuangan keluarga tentunya tidak akan mengalami chaos.

7. Membebaskan Diri dari Beban Hutang

Jika Anda memilih menggunakan layanan jasa ini, maka Anda sudah merencanakan keuangan kehidupan sangat sempurna. Khasiat asuransi dapat membebaskan Anda dari jeratan hutang. Karena Anda sudah menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga ataupun kebutuhan di masa depan seperti sekolah untuk anak, biaya kesehatan, bahkan pendapatan di hari tua. Sehingga jika kejadian tak terduga terjadi, anak-anak sudah harus masuk jenjang pendidikan, bahkan sudah mencapai usia lansia, Anda tidak perlu susah-susah mencari biaya sampai hutang. Anda tinggal menggunakan dana dari layanan jasa tersebut yang sudah Anda siapkan sejak tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuat beban hutang Anda berkurang, bahkan membebaskan Anda dari hutang. Sebenarnya kunci mengatur keuangan yang bebas dari hutang adalah dengan cara menyisihkan uang yang dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

8. Menjaga Alur Keuangan Jangka Panjang

Segala yang terencana lebih baik daripada yang tidak direncanakan. Khasiat asuransi dapat menjaga alur keuangan keluarga jangka panjang sehingga hal-hal yang tidak diprediksi akan terjadi, sudah disiapkan dananya. Memperhatikan kehidupan di masa mendatang sangat penting. Sehingga Anda bisa menyiapkan untuk dana yang dibutuhkan dalam jangka panjang. Hal ini demi menghindari keluarga dari chaos akibat keuangan yang tidak teratur.

Baca Lagi: 33 Pengertian Musyawarah, Jenis, Ciri, Prinsip, Tujuan dan Khasiatnya

9. Aset Aman dan Konsisten

Layanan jasa ini ditempatkan sebagai aset yang aman untuk jangka panjang. Khasiat asuransi bisa menjadi aset jangka panjang bagi Anda yang tentunya aman dan konsisten. Karena Anda menyimpan dana da mengakumulasikannya selama puluhan tahun. Namun, saat waktunya Anda membutuhkannya Anda bisa mengambilnya. Menyimpan dana untuk kebutuhan di masa mendatang sangat aman dilakukan di perusahaan yang menyediakan jasa layanan ini. Anda bisa memilih asuransi jenis apa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda, serta memilih perusahaan yang aman, terpercaya dan tepat. Bahkan Anda bisa memilih perusahaan yang preminya tidak terlalu tinggi.

10. Aset Terjaga Aman

Jika Anda menginvestasikan dana untuk kehidupan di masa mendatang, Anda tidak perlu khawatir dananya akan hilang. Khasiat asuransi bisa menyimpan dana dengan aman di perusahaan yang memberikan layanan ini. Aset Anda di perusahaan ini akan dijaga dan pasti ada pertanggung jawabannya. Maka, Anda juga harus memilih perusahaan yang bagus agar aset aman dan Anda terhindar dari penipuan.

Menyiapkan kehidupan di masa mendatang sangatlah baik. Daripada Anda memilih jalan hutang sana-sini, lebih baik mulai sekarang sisihkan dana untuk disimpan di perusahaan layanan ini. Khasiat asuransi sangat bermanfaat untuk kehidupan di masa mendatang. Segala hal-hal yang tidak terduga, tidak perlu dikhawatirkan biayanya karena Anda telah menyiapkan dananya di perusahaan tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keuangan

Terbaru

Manfaat Daun Betadine, Kandungan Gizi Daun Betadine, Cara Mengolah Daun Betadine
Manfaat Daun Ketumbar, Kandungan Gizi Daun Ketumbar, Cara Mengolah Daun Ketumbar
Manfaat Daun Kunyit, Khasiat Daun Kunyit, Kandungan Gizi Daun Kunyit
Kandungan Gizi Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Cara Mengolah Daun Ciplukan
Khasiat dan Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Seledri, Rebusan Daun Seledri, Kandungan Gizi Seledri
Manfaat Daun Mangga, Kandungan Gizi dan Kimia Daun Mangga, Efek Samping Daun Mangga
Daun Binahong
Gluberry, Jovem Gluberry, Gluberry 4Jovem
Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya
khasiat daun rambutan, manfaat daun rambutan, kandungan kimia daun rambutan
Manfaat Daun Kemangi, Khasiat Kemangi, Kandungan Gizi Daun Kemangi
Pengertian Kerjasama, Macam-Macam Bentuk, Khasiat Kerjasama, Manfaat Kerjasama
Pengertian Diskusi, Jenis-Jenis Diskusi, Manfaat Diskusi
Khasiat Asuransi, Manfaat Asuransi, Jenis Asuransi, Insurance, Polis
Khasiat dan Manfaat Daun Suji
Manfaat Renang, Khasiat Renang, Gaya-Gaya Renang
Manfaat Senam Aerobik, Jenis-Jenis Senam Aerobik, Cara Melakukan Senam Aerobik
To Top