Ketahui Gejala, Penyebab, dan Pantangan Makanan Penderita Ambeien

Khasiat.id - Ambeien, jika nama penyakit ini terbayang di pikiran Anda, Anda tentu merasa was-was dan ingin menghindarinya, juga apabila sudah terserang maka ingin cepat disembuhkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui informasi yang akan kami hadirkan sekarang ini, informasi mengenai gejala, penyebab, serta pantangan makanan apa saja yang harus diperhatikan oleh seseorang yang menderita wasir atau ambeien tersebut. Mari baca selengkapnya.

Gejala, Penyebab, dan Pantangan Makanan Penderita Ambeien

Penyebab Ambeien

Sesungguhnya daftar penyebab di bawah ini masih belum diketahui pasti oleh para profesional medis. Namun beredar informasi turun temurun bahwa ini merupakan beberapa faktor penyebab yang memungkinkan, yaitu:
1.      Sering mengangkat beban yang berat
2.      Pola makan tak teratur (Bersantan dan pedas, minum minuman soda dan beralkohol)
3.      Perubahan pada hormon esterogen di seorang wanita hamil
4.      Sakit diare yang berkepanjangan, tak kunjung sembuh
5.      Mempunyai riwayat konstipasi atau sembelit ketika BAB
6.      Kurang olahraga
7.      Faktor keturunan
8.      Penekanan pada aliran darah vena

Gejala wasir (Ambeien)

Setelah Anda mengetahui mengenai apa saja yang menjadi faktor penyebab ambeien, berikutnya ini merupakan gejala-gejala jika terserang oleh ambeien, yaitu:

1.      Darah keluar
Umumnya darah menempel di feses, terkadang bisa juga menetes kala di toilet. Oleh karena itu Anda sebaiknya waspada jika menemukan bercak darah pada toilet, bisa jadi Anda terserang wasir.

2.      Benjolan pada bagian anus
Gejala kedua yakni tonjolan atau benjolan keluar melalui lubang BAB, umumnya diakibatkan karena pembesaran pembuluh darah. Kondisi ini jika tak diobati sesegera mungkin, dapat bertambah parah hingga stadium 4.

3.      Rasa gatal pada wilayah anus
Selain itu, gejala yang akan cukup terasa lainnya yakni rasa gatal yang muncul pada wilayah anus. Disebabkan karena infeksi ketika pembuluh darah pecah karena wasir.

4.      Rasa panas, sama seperti rasa terbakar di anus
Kondisi keempat ini, yang juga merupakan gejala wasir, disebabkan karena terlalu lama duduk maupun sesudah BAB. Selain itu anus juga akan terasa sakit.

Jika salah satu dari keempat gejala di atas yang Anda rasakan, maka Anda waspada jika terserang wasir. Yang berikutnya pembahasan mengenai stadium tingkatan dari penyakit wasir, atau ambeien ini, yang terbagi menjadi 4 stadium:

Stadium 1:
Jenis ambeien ini umumnya tak sampai prolaps. Yang dirasakan Cuma terkadang kurang nyaman ketika buang air besar. Dengan kata lain tidak terlalu parah.

Stadium 2:
Untuk kondisi wasir stadium 2, pada bagian anus saat diraba akan terasa benjolan, tetapi biasanya memang belum terjadi perdarahan, terkadang muncul rasa gatal dan panas.

Stadium 3:
Untuk wasir yang sudah mencapai stadium 3, benjolan yang terjadi di anus telah berubah menjadi besar, susah masuk lagi, wajib dibantu menggunakan jari. Ini sudah cukup parah, dan yang paling parah jika wasir sudah mencapai stadium 4.

Stadium 4:
Untuk kondisi stadium terakhir ini, benjolan vena pada penderita telah menjadi besar sekali, selain itu juga sering terjadi perdarahan.

Makanan yang harus dipantang saat menderita ambeien


Mulai dari buah salak, makanan yang dibuat menggunakan santan, berbagai olahan makanannya. Selain itu juga cabe pedas, minuman soda, minuman beralkohol, buah durian, dan makanan asam juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu jika Anda tak ingin ambeien yang diderita tak sembuh-sembuh.

Sekian artikel tentang gejala, pantangan makanan, dan penyebab ambeien atau wasir, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketahui Gejala, Penyebab, dan Pantangan Makanan Penderita Ambeien

0 komentar:

Posting Komentar