7 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai



Khasiat.id - Gejala penyakit ginjal yang dialami seseorang itu sangat beragam, tergantung bagaimaan kondisi kesehatan tubuhnya dan seberapa sehat ginjalnya, kesehatan ginjal bisa dilihat dari bagaimana selama ini kita mengkonsumsi makanan. Tahukah Anda, jika Amerika Serikat setidaknya memiliki sekitar 26 juta orang dewasa dengan diagnosis penyakit ginjal, dan mirisnya lagi kebanyakan dari 26 juta orang dewasa tersebut tidak mengetahuinya karena tiadak mengalami gejala tertentu hingga memasuki tahap yang terparah. Meskipun gejala yang ada tidak memungkinkan untuk diketahui, namun beberapa kondisi ini bisa menjadi gejala tidak langsung dari adanya penyakit ginjal.

Berikut 7 Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Anda Waspadai :  

Sulit Tidur
 
Gejala Penyakit Ginjal
Sulit Tidur Foto Via www.naturalwellness.com
Disaat ginjal kita tidak bekerja dengan baik, secara perlahan-lahan racun-racun akan terus menetap di dalam tubuh yang kemudian membuat Anda tidak bisa tidur tepat waktu, bahkan apnea tidur akan terjadi lebih sering lagi pada mereka yang menderita penyakit ginjal.

Kulit Kering dan Gatal

Gejala Penyakit Ginjal Pada Kulit
Gangguan Kesehatan Kulit Foto Via rewardme-in.secure.footprint.net
Mungkin Anda tidak menyadarinya jika ternyata penyebab dari kulit yang kering dan gatal-gatal adalah karena ada masalah kesehatan pada ginjal. Ginjal yang sehat akan bekerja dengan baik untuk menghilangkan limbah serta ciaran ekstra yang terdapat di dalam tubuh, juga membantu membuat eritrosit atau sel darah merah, bekerja untuk mempertahankan ineral yang dibutuhkan oleh darah serta menjaga tulang agar tetap kuat. Kulit yang kering dan gatal merupakan salah satu tanda-tanda dari menurunnya mineral dalam tubuh, bila ginjal kehilangan kemampuannya untuk menjaga keseimbangan dari mineral juga nutrisi di dalam darah, maka kulit akan menjadi semakin kering dan gatal.

Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil Termasuk Gejala Penyakit Ginjal
Foto Via cdn-img.health.com
Ketika seseorang sering buang air kecil terutama saat malam hari maka itu bisa menjadi bagian dari gejala ginjal yang bermasalah. Ketika filter ginjal mengalami kerusakan maka bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan dorongan untuk terus buang air kecil, selain itu, kondisi ini bisa menjadi pertanda dari adanya infeksi pada saluran kemih maupun pembesaran prostat yang dialami para pria.

Keluar Darah Saat Buang Air Kecil
Foto Via www.tabletsmanual.com

Gejala penyakit ginjal lainnya adalah keluarnya darah ketika Anda buang air kecil, keluarnya darah pada wanita saat buang air kecil ketika sedang datang bulan bukanlah hal yang mengganggu dan mengkhawatirkan, namun bagaimana bila darah yang keluar itu bukan disebabkan karena sedang datang bulan, melainkan karena kondisi ginjal Anda yang makin tidak sehat, ginjal yang mengalami kerusakan akan membuat sel darah bocor keluar melalui urin, perlu ekstra hati-hati, karena gejala ini juga pertanda dari penyakit tumor, batu ginjal atau adanya infeksi.

Urin Berbusa
Adanya gelembung berlebihan dari dalam urin disaat Anda menyiram toilet bisa menunjukkan protein yang ada di dalam urin, dimana protein itu sendiri dikenal sebagai albumin, yang bisa juga ditemukan di dalam telur.

Pembengkakan Di Sekitar Mata
Tahukah Anda, jika protein di dalma urin adalah pertanda awal dari kerusakan filter gijla yang sangat memungkinkan protein mengalami kebocoran dalam urin.

Nafsu Makan Memburuk
Kehilangan nafsu makan secara mendadak padahal tubuh tidak sedang demam, batuk atau pilek, tentu ini bukanlah hal yang baik karena kondisi ini bisa dihubungkan dengan gejala umum dari penyakit ginjal dan lain sebagainya. Namun, penumpukan racun yang berasal dari penurunan fungsi ginjal dapat menjadi penyebab lainnya.

Gejala penyakit ginjal telah dijelaskan dan semoga semua gejala di atas tidak Anda alami, jaga terus kesehatan ginjal agar di masa tua nanti Anda terbebas dari berbagai penyakit termasuk penyakit yang menyerang ginjal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

0 komentar:

Posting Komentar