Penyebab Sulit Menurunkan Berat Badan

Khasiat.id - Sebagian orang hilang semangatnya dalam menurunkan berat badan dikarenakan progres yang dirasakan tidak maju-maju. Padahal mungkin mereka sudah mengurangi porsi makan dan berolahraga sedemikian rupa. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan hal-hal sederhana pun bisa sangat mempengaruhi. Misalnya saja yang ada pada daftar penyebab sulit menurunkan berat badan berikut ini.

penyebab sulit menurunkan berat badan
Penyebab sulit menurunkan berat badan salah satunya tidak mengatur pola makan kita

1. Salah konsumsi makanan diet
Makanan diet beragam jenisnya. Sebagian orang mungkin membaca banyak artikel tips diet berhubungan dengan makanan yang harus dikonsumsi. Misalnya saja sebagian ahli menyarankan mengonsumsi yogurt rendah lemak dan sereal untuk sarapan. Sayangnya, saat ini produk-produk semacam itu sudah banyak disusupi zat gula dan fruktosa, sehingga alih-alih ingin menurunkan berat badan, sebaliknya berat badan semakin meningkat. Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku diet untuk selektif dalam memilih makanan dan minuman.

2. Melewatkan waktu makan
Mengurangi waktu makan mungkin kedengarannya adalah cara paling jitu untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya, menurut penelitian, konsumsi makanan teratur dapat menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan maksimal, sehingga proses pembakaran kalori kala proses pencernaan bisa lebih cepat. Sebaliknya, melewatkan waktu makan bisa memperlambat metabolisme dan pada akhirnya pembakaran lemak pun melambat.

Itu mengapa, ketika Anda tidak sarapan, maka ketika siang hari Anda akan jauh lebih lapar dari biasanya. Bila akhirnya makan, maka akan tetap gemuk dan bila dibiarkan, maka bisa membuat tubuh lemas, hingga akhirnya berakhir pada ingin makan kembali.

3. Kurang konsumsi air
Tahukah Anda, bahwa 60 persen bagian dari tubuh adalah air. Dengan air, tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup setiap harinya. Konsumsi air sebelum makan juga bisa memberikan efek menekan nafsu makan,sekaligus mengurangi asupan kalori. Manakala Anda dalam proses diet kekurangan air, maka secara tidak langsung mengajak tubuh untuk makan lebih banyak.

4. Kurang tidur
Penyebab sulit menurunkan berat badan selanjutnya adalah karena kurang tidur. Menurut penelitian, kurang tidur merangsang hormon rasa lapar, sehingga nafsumakan meningkat. Hal tersebut tentu tidak baik, karena bisa jadi rasa lapar membuat Anda lebih ingin mengonsumsi makanan berlemak dan soda, daripada makanan sehat.

Menurut studi tahun 2004 yang diterbitkan oleh Annals of Medicine, disebutkan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 12 pria muda. Mereka dibatasi untuk tidak tidur selama 2 hari. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar leptin (hormon penghambat rasa lapar), peningkatan kadar ghrelin (hormon peningkat rasa lapar), dan peningkatan nafsu makan secara keseluruhan.

5. Kurang konsumsi protein
Dalam proses penurunan berat badan, diet tinggi protein bisa sangat membantu. Protein dapat membantu menjaga tubuh dari keinginan konsumsi gula, sekaligus mencegah timbunan lemak berlebih karena kelebihan gula.

6. Efek samping obat
Ada beberapa jenis obat yang bisa sangat mengganggu proses diet yang Anda jalani. Misalnya saja obat untuk mengobati depresi, kejang, diabetes, tekanan darah tinggi, dan migrain. Obat-obat tersebut dipercaya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Meski begitu, untuk penyebab sulit menurunkan berat badan yang satu ini, Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan kepastian. Karena jenis obat dan efek samping bisa berbeda-beda, meski penyakitnya sama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Sulit Menurunkan Berat Badan