Manfaat Rosemary Untuk Kesehatan

Khasiat.id - Pernahkah Anda mendengar tanaman bernama rosemary? Biasanya, rosemary hadir dalam berbagai macam bentuk. Namun seacra umum terbagi dua, yaitu bentuk kering dan minyak. Menurut penelitian, rosemary memiliki sifat antioksidan yang kuat, anti-inflamasi, antiseptik, disinfektan, hingga anti-kanker. Rosemary sendiri kaya akan vitamin A dan C. Selain itu, ada pula zat besi, riboflovin, magnesium, folat, thiamin, tembaga, zinc, dan juga fosfor. Mengenai khasiatnya, ada banyak penelitian, baik secara medis maupun tradisional. Untuk lebih jelas, mari simak daftar manfaat rosemary untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat rosemary untuk kesehatan
Contoh tanaman Rosemary

1. Meningkatkan daya ingat
Fungsi kognitif dipercaya bisa ditingkatkan oleh rosemary, karena efek stimulannya. Rosemary mampu membantu meningkatkan fokus mental serta memori. Bahkan, rosemary juga dipercaya bisa meningkatkan aktivitas gelombang otak, sekaligus membantu beberapa kondisi di dalam otak, termasuk bagi penderita Alzheimer. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Therapeutic Advances in Psychopharmacology pada tahun 2012, disebutkan jika aroma rosemary bisa membantu meningkatkan kinerja kognitif dan suasana hati.

2. Mengatasi stres dan rasa cemas
Aroma dari rosemary juga efektif mengatasi berbagai macam masalah umum otak, termasuk stres. Hal ini disebabkan oleh sifat menenangkan dari rosemary yang bisa mengendurkan otot-otot yang tegang. Menurut beberapa penelitian, paparan minyak rosemary selama 1 jam bisa membantu membuat tubuh lebih sehat, waspada, bahkan juga ceria. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri bisa disemprot menggunakaan bantuan vaporizer atau botol semprot lainnya. Selain stres dan cemas, rosemary juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi sakit kepala. Sifat analgesik dan anti-inflamasi pada rosemary mampu membantu mengurangi rasa nyeri pada kepala, termasuk migrain.

3. Merangsang aliran darah
Konsumsi teh rosemary secara teratur dipercaya bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sejalan dengan itu, peningkatan aliran darah membantu tubuh meningkatkan aktivitas metabolisme yang berakhir pada terjaganya kesehatan organ-organ vital. Khasiat dari rosemary yang satu ini juga berfungsi bila Anda mengalami kedinginan pada kaki dikarenakan sirkulasi yang buruk. Bisa pula dijadikan obat gosok di bagian tubuh lainnya.

4. Merangsang pertumbuhan rambut
Manfaat rosemary untuk kesehatan selanjutnya cocok bagi Anda yang mengalami masalah dengan rambut. Seperti disebutkan sebelumnya, rosemary dapat meningkatkan peredaran darah. Hal tersebut berarti dapat membantu kulit kepala untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga proses pertumbuhan rambut jauh lebih cepat. Selain itu, pada tahun 1998, sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Dermatology menghasilkan kesimpulan bahwa aromaterapi dari rosemary dapat membantu mengobati alopecia areata, mencegah gatal pada rambut, termasuk juga ketombe.

5. Mengurangi peradangan
Manfaat rosemary untuk kesehatan yang terakhir berhubungan denganperadangan. Seperti disebut sebelumnya, rosemary mengandung sifat analgesik dan anti-inflamasi. Menurut penelitian, dua sifat tersebut memiliki peran penting dalam proses pengobatan terhadap peradangan. Jadi, bila Anda mengalami sakit pada punggung, arthritis, kaku pada leher, dan sejenisnya, rosemary dapat digunakan sebagai obat yang ampuh dan cepat. Selain itu, rosemary juga memiliki sifat antispasmodic, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Rosemary Untuk Kesehatan