Manfaat Jinten Untuk Kesehatan

Khasiat.id - Jinten di banyak negara digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Namun lebih daripada itu, jinten juga banyak digunakan sebagai obat herbal. Kandungan vitamin, mineral, dan senyawa baik lainnya di dalam jinten membuatnya memiliki sifat yang melimpah, mulai sebagai antioksidan, stimulan, karminatif, anti-inflamasi, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya sifat baik tersebut, tidak salah bila ada banyak manfaat jinten untuk kesehatan. Di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar berikut ini.

manfaat jinten untuk kesehatan
Jinten

1. Mengatasi berbagai masalah pencernaan
Dalam dunia pengobatan di India, jinten populer dipakai untuk mengatasi banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sakit perut, diare, morning sickness, kembung, dan mual.

Jinten sendiri dipercaya dapat merangsang sekresi enzim pankreas yang dibutuhkan oleh pencernaan. Jinten jugadipercaya dapat menetralkan asam, sehingga bisa melawan tingginya keasaman lambung. Manfaat jinten lainnya yang berhubungan dengan pencernaan juga sudah diteliti oleh Food Chemistry tahun 2008. Selain itu, pada tahun 2013 sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Digestive Diseases menyebutkan bahwa jinten diteliti dapat mengatasi semua gejala dari IBS atau irritable bowel syndrome, termasuk di dalamnya juga kembung.

2. Meringankan masalak kolik
Rasa nyeri kolik yang umum diderita bayi bisa diatasi oleh jinten. Hal ini disebabkan karena sifat karminatif pada jinten. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Jinten bisa direndam di dalam air panas. Saring, lalu konsumsi airnya sebanyak 1-2 sdt.

3. Mengobati anemia
Salah satu penyebab utama dari anemia adalah kurangnya zat besi. Senyawa besi berguna untuk membantu proses produksi hemoglobin, yaitu zat yang ada di dalam darah yang berungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sedangkan jinten perlu kita ketahui kaya akan zat besi. Menurut penelitian, 1 sdm jinten dapat memberikan sekitar 4 mg zat besi. Anda yang mudah lelah dan cemas juga dianjurkan untuk mengonsumsi obat herbal ini.

4. Baik untuk ibu hamil dan menyusui
Bagi para ibu hamil dan menyusui, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi jinten secara teratur. Kandungan kalsium dan zat besi pada jinten dipercaya dapat membantu meningkatkan sekresi kelenjar susu, sehingga produksi susu akan lebih tinggi. Selain itu, jinten juga dapat membantu memberikan energi lebih, sehingga cocok bagi ibu sebelum dan setelah melahirkan.

5. Membantu menurunkan beran badan
Manfaat jinten untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai bantuan bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Menurut studi yang diterbitkan di Clinical Practice oleh Complementary Therapies pada tahun 2014, disebutkan bahwa efek dari bubuk jinten salah satunya baik untuk wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Jinten juga dipercaya dapat membantu mengurangi kadar lemak, kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida. Bahkan, jinten dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jinten Untuk Kesehatan