Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Khasiat.id - Banyak orang menyukai alpukat. Namun, mereka tidak sadar bahwa selain daging, bijinya pun dapat dikonsumsi. Bahkan kandungan serat, antioksidan, dan fenolik pada bijinya jauh lebih tinggi daripada dagingnya. Penggunaannya pun mudah. Hanya dengan digiling atau dihaluskan, Anda bisa menggunakannya sebagai bubuk pada makanan atau jus. Selain itu, ada banyak sekali khasiat dari biji buah ini yang diteliti oleh para ahli. Di antaranya dapat Anda ketahui pada daftar manfaat biji alpukat untuk kesehatan berikut ini.

manfaat biji alpukat untuk kesehatan
Alpukat


1. Memperkuat imunitas
Biji alpukat mengandung anioksidan yang sangat kuat. Sedangkan kita tahu, antioksidan memiliki banyak manfaat. Di antaranya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas, hingga menjaga dari serangan infeksi akibat virus, bakteri, dan jamur. Biji alpukat sendiri menurut studi tahun 2004 oleh National University of Singapore disebutkan memiliki tingkat antioksidan yang lebih besar dari buah lain, semisal mangga dan nangka.

2. Melawan kanker
Sifat anti-kanker dari biji alpukat hadir karena kandungan biji tersebut yang kaya akan flavonol, salah satu jenis flavonoid. Flavonol ini dipercaya merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah serta mengurangi tumbuhnya tumor. Selain itu, biji alpukat juga kaya akan lemak sehat, sehingga dipercaya dapat membantu menghilangkan sel-sel induk leukimia, sekaligus menjaga sel-sel yang sehat. Hal ini sesuai dengan studi yang diterbitkan oleh Biology Pharmaceutical pada tahun 2013.

3. Menurunkan kolesterol tinggi
Sama seperti dagingnya, biji buah alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Itu berarti, biji tersebut bila dikonsumsi dapat mengurangi tingkat LDL atau kolesterol buruk, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Biji alpukat juga mengandung serat yang mudah larut. Sedangkan kita tahu, serat memiliki khasiat yang baik untuk jantung.

4. Mengurangi peradangan
Biji alpukat juga mengandung antioksidan yang bersumber dari procyanidins dan catechin. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat mengurangi peradangan, seperti rasa nyeri, bengkak, dan kekakuan. Selain itu, biji alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sedangkan inflamasi sendiri merupakan penyebab banyak masalah kesehatan, mulai dari asma, jerawat, demam, radang usus, hingga kanker.

5. Meringankan masalah perut
Manfaat biji alpukat untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan perut dan usus. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada biji alpukat dipercaya baik untuk sistem pencernaan. Biji alpukat juga dapat membantu mengatasi masalah terkait, seperti sembelit, sakit lambung, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

6. Baik untuk kulit
Seperti disebutkan sebelumnya, biji buah alpukat dapat membantu melawan radikal bebas. Sedang kita tahu, radikal bebas adalah penyebab utama penuaan dini, munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Minyak dari biji alpukat pun berperan sama, mampu meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit lebih lembut, rapat, dan muda. Manfaat biji alpukat untuk kesehatan lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi kerusakan kulit akibat terpaan sinar matahari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan