Cara Mudah Mengurangi Residu Pestisida pada Makanan

Khasiat.id - Pernahkah Anda mendengar kata pestisida? Ya benar, pestisida merupakan salah satu zat yang umum berbentuk cairan dan banyak digunakan untuk membunuh jamur, gulma, serta tikus. Oleh sebab itu, pestisida digunakan oleh para petani atau pemilik kebun untuk menjaga sayur dan buah mereka dari serangan hama.

cara mudah mengurangi residu pestisida pada makanan
Penyemprotan Pestisida

Sayangnya, ada risiko residu yang menghantui. Karena zat pestisida tidak bisa dihilangkan begitu saja. Sedangkan kita perlu tahu, pestisida bila dikonsumsi manusia lambat laun bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, dikarenakan efeknya yang dapat menyerang organ otak, paru-paru, ovarium, ginjal, prostat, pankreas, hingga lambung. Untungnya, ada beberapa cara mudah mengurangi risidu pestisida pada makanan yang bisa Anda terapkan di rumah. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftarnya untuk Anda.

1. Mencuci makanan
Buah-buahan dan sayuran adalah dua jenis produk makanan yang paling umum disemprot oleh pestisida. Biasanya para petani menyemprot bagian batang dan daunnya. Namun, zat pestisida bisa sangat mungkin melekat pada bagian permukaan buah. Sedangkan untuk menghilangkannya, salah satu cara paling utama adalah dengan mencucinya dengan air mengalir sebanyak 2 sampai 3 kali.
Usahakan menggunakan air hangat, daripada air dingin. Bersamaan dengan itu, Anda bisa sembari menggosoknya, baik dengan tangan ataupun sikat. Menurut penelitian, cara ini bisa membantu mengurangi residu, 9 dari 12 pestisida.

2. Keringkan dengan handuk
Setelah buah dan sayur Anda cuci, Anda bisa melanjutkannya dengan cara dikeringkan seluruh bagianya. Cara ini bisa membantu menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mencuat dari permukaan. Namun ingat, untuk jangan menggunakan sembarang handuk. Pilihlah handuk kertas yang sekali pakai, agar pestisida tidak menumpuk dan tertransfer ke makanan lain.

3. Mengupas kulit buah dan sayur
Buah dan sayur yang bagian kulitnya tidak terpakai sebaiknya dikuliti saja. Misalnya saja buah apel, pir, dan jambu, ataupun sayur-sayuran, seperti lobak, kentang, dan wortel. Hal ini untuk mencegah tertelannya zat pestisida yang mungkin masih melekat di kulit-kulit buah dan sayuran tersebut. Pastikan untuk mengupas kulitnya setelah dicuci.

4. Masak sebelum dikonsumsi
Biasanya orang-orang melakukan blanching dan pendidihan agar buah serta sayur yang dikonsumsi benar-benar steril, baik dari pestisida maupun mikroorganisme berbahaya. Menurut penelitian, memanaskan makanan bisa membantu mengurangi sebagian besar pestisida. Untuk sayuran hijau, sebelum dimasak, Anda bisa merendamnya dengan air hangat. Sedangkan untuk produk hewani, bisa direbus dahulu dan dimasak. Cara ini efketif untuk menghilangkan pestisida pada jaringan lemak. Susu juga merupakan produk yang sebaiknya direbus dahulu sebelum dikonsumsi. Mengapa? Karena hewan ternak bisa sangat mungkin mengonsumsi makanan yang sebelumnya sudah terpapar pestisida.

Kesimpulan
Dengan beberapa cara mudah mengurangi residu pestisida pada makanan di atas, semoga makanan yang Anda konsumsi bisa lebih sehat dan terjaga dari sumber penyakit. Namun tetap, cara di atas belum tentu sepenuhnya bisa menghilangkan pestisida. Oleh sebab itu, jalan keluar terbaik adalah membeli produk makanan organik atau menanamnya sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mengurangi Residu Pestisida pada Makanan