Cara Meningkatkan Kekuatan Lutut

Khasiat.id - Lutut memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia, khususnya sebagai salah satu bagian tubuh yang ditumpu oleh badan saat berdiri, berjalan, jongkok, berlari, melompat, dan selainnya. Bila lutut mengalami masalah atau karena sudah lanjut usia, maka fleksibilitas dan stabilitasnya akan berkurang, sehingga bisa sangat mempengaruhi mobilitas. Untuk itu, penting bagi kita menjaga kesehatan salah satu bagian kaki ini. Di antaranya dengan mengikuti tips cara meningkatkan kekuatan lutut pada daftar berikut.


Cara meningkatkan Kekuatan Lutut

1. Olahraga
Ada banyak latihan atau olahraga yang berfokus pada memperkuat otot-otot di sekitar sendi lutut. Misalnya saja Anda bisa mencoba single-leg squats, step-ups, ataupun squats dengan Swiss ball. Umumnya olahraga-olahraga semacam ini memiliki gerakan menekuk lutut dan meluruskannya kembali. Fungsinya untuk membantu meningkatkan kontraksi dari area lutut.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa melakukan latihan sebanyak 4-5 kali dalam seminggu, dengan waktu tempuh 30 menit. Jika bisa, ikuti program olahraga, semisal senam yang ada instruktur atau ahli di dalamnya. Namun begitu, metode satu ini tidak selalu baik, terutama bagi Anda yang memiliki masalah nyeri lutut.

Selain olahraga yang sifatnya pergerakan di tempat, Anda juga bisa mencoba olahraga lain yang lebih menyenangkan dan menyeluruh. Misalnya saja berenang. Salah satu jenis latihan aerobik ini umumnya mengandalkan pergerakan kaki. Dengan begitu, akan muncul tekanan pada otot di sekitar lutut. Berenang bahkan cocok untuk membantu menyembuhkan arthritis dan nyeri lutut.

2. Memijat
Memijat secara teratur dan benar dapat membantu melancarkan aliran atau sirkulasi darah, sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh lutut melalui otot dan sendi bisa lebih cepat datang, yang pada akhirnya membuat lutut lebih kuat.

Pijatan sendiri bisa menggunakan bantuan minyak esensial, semisal zaitun, kelapa, ataupun mustard. Pijatan dilakukan dengan lembut dan berputar searah jarum jam. Lakukan selama 10 hingga 15 menit, sebanyak 2 kali sehari.

3. Konsumsi makanan sehat
Ada beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi Anda yang ingin lututnya tampil lebih kuat. Misalnya saja ada kalsium, minyak ikan, hingga garam epsom. Untuk lebih jelas, simak beberapa manfaat dari nutrisi tersebut terhadap lutut.

A. Kalsium
Kalsium sangat dibutuhkan bila Anda ingin lutut tetap sehat. Dengan kalsium, tulang bisa tercegah dari pelemahan dini dan penyakit osteoporosis. Uniknya, tubuh kita tidak memproduksi kalsium secara alami. Oleh sebab itu, dibutuhan asupan makanan dan minuman yang kaya akan senyawa ini. Misanya saja keju, susu, almond, sarden, dan selainnya.

B. Minyak ikan
Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan dipercaya dapat membantu meningkatkan kekuatan sendi lutut, sekaligus meningkatkan kepadatan tulang. Bahkan, sifat anti-inflamasi pada minyak ikan dapat mengurangi nyeri sendi.

C. Garam epsom
Cara meningkatkan kekuatan lutut yang terakhir adalah dengan menggunakan garam epsom. Mengapa? Karena garam epsom kaya akan magnesium. Sedangkan penelitian menyebutkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan rheumatoid arthritis. Jadi, konsumsi magnesium yang tepat harus dilakukan bila Anda ingin menjaga lutut tetap kuat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kekuatan Lutut