Cara Mudah Mendaftarkan BPJS Kesehatan Secara Offline

Khasiat.id - BPJS Kesehatan adalah BUMN yang bertugas khusus dibawah pemerintah untuk menjamin pemeliharaan kesehatan seluruh rakyat di Indonesia, terutama para PNS, Veteran Perintis Kemerdekaan dan keluarganya, Pensiun PNS/TNI/POLRI, Badan Usaha lain termasuk rakyat biasa. BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah dalam menjamin Kesehatan Nasional telah diresmikan 31 Desember 2013. BPJS Kesehatan mulai operasi 1 Januari 2014. Sebagai masyarakat yang baik dan peduli akan kesehatannya, sudahkah Anda membuat BPJS Kesehatan dan mengetahui bagaimana cara BPJS bekerja? Beberapa mungkin belum membuat BPJS Kesehatan karena bingung harus pergi kemana, melakukan apa dan membawa apa saja. Berikut ini cara daftarkan diri ke BPJS Kesehatan secara offline untuk perorangan.

Cara daftar bpjs kesehatan offline
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Total Iuran Tiap Bulan BPJS Kesehatan
Sebelum lebih jauh tentang tips mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan, ada baiknya bila Anda mengetahui berapa total iuran yang harus dibayarkan dari Anda tiap bulannya ke BPJS Kesehatan. Besarnya iuran ini akan berdampak pada kualitas kesehatan yang Anda terima.

•    Total iuran tiap bulan di kelas 3 BPJS Kesehatan mencapai Rp. 25.500 tiap orangnya dengan mendapatkan fasilitas pelayanan terbaik di ruang perawatan kelas III.
•    Total iuran yang harus dibayarkan masing-masing orang tiap bulannya ke BPJS Kesehatan untuk kelas 2 mencapai Rp. 42.500 dengan fasilitas pelayanan ruang perawatan yang akan diperoleh nantinya adalah kelas II.
•    Total iuran dengan jumlah yang jauh lebih besar dari sebelumnya untuk kelas 1 yang dibayarkan tiap bulan ke BPJS Kesehatan mencapai Rp. 59.500 dengan manfaatkan pelayanan terbaik dari ruang perawatan kelas I.

Anda yang sudah terdaftar dan menjadi bagian dari BPJS Kesehatan wajib membayarkan iuran tiap bulannya ke BPJS Kesehatan sebelum tanggan 10 tiap bulan, dengan catatan tidak bisa diurus ketika sedang sakit saja.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan
Cara BPJS menjamin pelayanan kesehatan sudah Anda ketahui, kini giliran Anda untuk mendaftarkan diri atau membuat BPJS Kesehatan dan syarat yang harus Anda siapkan antara lain:

1.    Menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga
2.    Fotokopi Buku Tabungan, peserta yang ada dalam Kartu Keluarga
3.    Fotokopi Kartu Identitas diri, bisa KTP atau Paspor, masing-masing satu lembar saja
4.    Terakhir siapkan Pasfoto 3x4, masing-masing siapkan sebanyak satu lembar.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Offline
Untuk mendaftar di BPJS Kesehatan secara offline itu sangat mudah, ikuti tiap step-nya berikut:

1.    Anda hanya perlu datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota Anda.
2.    Setelah sampai di kantornya, isilah formulir pendaftaran peserta atau DIP yang sudah disediakan, jangan lupa untuk melampirkan dokumen persyaratan pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Bila memungkinkan akan lebih baik bila Anda mendaftarkan semua anggota keluarga yang terdapat dalam Kartu Keluarga
3.    Setelah selesai mendaftar, baik Anda maupun calon perserta lain yang terdapat di dalam Kartu Keluarga akan mendapatkan Nomor Virtual Account
4.    Silahkan melakukan pembayaran iuran dana BPJS Kesehatan melalui Bank BRI, Bank Mandiri maupun Bank BNI.
5.    Setelah selesai membayarkan dana iuran ke bank yang Anda tunjuk yang juga melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, segera serahkan bukti pembayarannya ke BPJS Kesehatan dimana Anda pertama kali mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu JKN.

Cara BPJS bekerja untuk pelayanan kesehatan Anda akan terasa setelah Anda resmi bergabung dan menjadi peserta dari BPJS Kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mendaftarkan BPJS Kesehatan Secara Offline