7 Tanda Dini Kehamilan


Khasiat.id - Merupakan sebuah kebahagiaan bagi keluarga baru yang istrinya baru saja dinyatakan positif hamil. Perasaan senang karena memiliki bayi tentunya sulit dikalahkan oleh kesenangan dunia lainnya. Oleh sebab itu, tidak sedikit dari pasangan yang sangat menunggu-nunggu momen tersebut. Untuk itu, pada artikel kali ini, Anda yang ingin segera hamil akan dibantu untuk mengetahui sekiranya apa saja tanda dini kehamilan. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap dalam proses kehamilan kedepannya.

 tanda dini kehamilan


1. Membesarnya dada

Ketika hamil, hormon wanita melonjak dan salah satu tandanya adalah membesarnya tubuh bagian dada. Peningkatan berat dan pembengkakan terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron. Selain itu,pada usia dini kehamilan (sekitar seminggu pembuahan), dada juga akan terasa nyeri. Selain pembesaran, bagian puting juga akan lebih menonjol dan bagian sekitarnya (areola) akan terlihat lebih gelap.


2. Pusing dan mudah lelah

Kenaikan hormon progesteron saat hamil membuat pembuluh darah melebar, yang secara bersamaanmembuat tekanan darah menurun. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, akan membuat tubuh mudah lelah dan pusing, dikarenakan suplai darah yang berkurang. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Brazilian Journal of Otorhinolaryngology pada tahun 2010, disebutkan bahwa disfungsi hormonal pada ibu hamil dapat menyebabkan vestibular atau gangguan koklea, yang mengarah ke tinnitus (kuping bergeming) serta pusing.


3. Sensitif terhadap bau

Tanda dini kehamilan selanjutnya adalah meningkatnya sensitifitas hidung terhadap bau. Peningkatan kepekaan indra penciuman ini dikarenakan tingkat estrogen yangberubah, sehingga mempengaruhi sistem terkait. Itu mengapa, di Indonesia ada istilah ngidam serta penolakan terhadap makanan-makanan tertentu berdasarkan baunya.


4. Mual

Mual mungkin merupakan tanda kehamilan paling populer di masyarakat. Menurut American Congress of Obstetrics and Gynecology, disebutkan bahwa mual serta muntah diderita oleh hampir 85 persen wanita hamil. Tanda-tanda ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam dan mulai muncul dari 2 minggu setelah pembuahan. Mual sendiri disebabkan oleh perubahan hawa atau bau mulut. Selain itu, wanita hamil juga umumnya kekurangan asam folat.


5. Peningkatan emosional

Bila Anda sebagai wanita mudah sekali terpancing emosi, padahal sebelumnya biasa-biasa saja, maka mungkin itu disebabkan oleh kehamilan. Tingginya emosional sendiri disebabkan oleh perubahan hormon, sehingga eurotransmitter mengalami perubahan pula. Selain mudah marah, emosional juga termasuk pada perubahan suasana hati.


6. Kram

Sebagian wanita hamil merasakan kram. Hal itu disebabkan oleh proses melekatnya telur ke lapisan rahim. Ketika terjadi proses tersebut, rahim mengalami kontraksi yang terasa nyeri. Meski begitu, kram juga bisa terjadi pada masa PMS dan menstruasi. Namun bila kram dibarengi dengan masalah pencernaan dan kembung, maka kemungkinan hamillebih tinggi.


7. Sering buang air kecil

Tanda dini kehamilan yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah kebiasaan seringbuang air kecil. Tanda ini disebaban karena peningktan volume darah pada ginjal. Hal tersebut memungkinkan kandung kemih dipenuhi cairan limbah jauh lebih cepat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tanda Dini Kehamilan