7 Manfaat Madu Untuk Kulit

Khasiat.id - Sejak lama, madu sudah dipercaya secara turun-temurun berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun begitu, tidak banyak yang tahu mengenai manfaat madu untuk kulit. Padahal, madu mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk organ terbesar manusia tersebut. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftarnya untuk Anda. 

 Manfaat madu untuk kulit

Berikut 7 manfaat madu untuk kulit


1. Memudarkan bekas luka

Bekas luka bukan saja mengganggu kesehatan kulit, namun juga penampilan. Terlebih bila bentuk, lokasi, dan ukurannya dapat terlihat jelas oleh orang lain. Untuk itu, dibutuhkan usaha untuk coba menghilangkannya. Salah satunya dengan menggunakan madu. Kandungan di dalam madu dipercaya dapat meregenerasi jaringan, sekaligus menghidupkan kembali sel-sel yang mati. Hal tersebut membuat bekas luka perlahan-lahan memudar.


2. Meringankan psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang sel-sel kulit. Gejalanya beragam, mulai dari kemerahan, melepuh, gatal, hingga muncul lesi. Meski madu bukanlah obat dari psoriasis, namun senyawa pada madu dipercaya dapat menenangkan kulit yang bermasalah, mengurangi peradangan, juga melindungi kulit dari kerusakan akibat infeksi. Selain itu, madu juga dapat mencegah kulit kering dan pengelupasan, yang merupakan salah satu gejala psoriasis.


3. Mengurangi efek penuaan

Madu kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk melindungi kulit dari serangan radikal bebas, yang kita tahu merupakan salah satu penyebab dari penuaan dini, munculnya garis-garis halus, keriput, kulit kendur, dan semacamnya. Dengan diberi madu, kulit juga akan terhidrasi, lebih awet muda, dan bersinar.


4. Melawan jerawat

Jerawat adalah permasalahan klasik yang banyak menerpa para remaja. Masalah kulit yang disebabkan oleh sekresi minyak berlebih ini memang cukup sulit untuk diobati. Namun dengan menerapkan madu, jerawat bisa lebih cepat pergi. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan kandungan pada madu yang bersifat antibiotik dan anti-inflamasi alami, sehingga dapat mencegah infeksi, sekaligus mengurangi gejala jerawat. Kulit juga akan lebih lembap ternutrisi.


5. Menyembuhkan luka ringan

Bila Anda terjatuh atau tergores, sehingga membuat luka lecet, maka madu bisa menjadi pertolongan pertama yang sangat efektif. Selain bisa menarik cairan didaerah yang luka dengan cepat, madu juga dapat menjaga agar kuman tidak tumbuh dan menginfeksi. Hal tersebut sudah diteliti dalam sebuah studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan oleh Cochrane Database of Systematic Reviews. Meski begitu, madu tidak bisa digunakan untuk luka berat dan kronis.


6. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir juga merupakan bagian dari kulit. Sifatnya yang sensitif membuatnya mudah kering dan pecah-pecah. Untuk itu, di sini madu dipercaya dapat membantu melembapkan bibir, sekaligus mengurangi risiko infeksi dan pecah-pecah.


7. Melembutkan kulit

Masalah kekeringan dan kasar merupakan salah satu problema kulit bagi kebanyakan orang. Seperti disebutkan sebelumnya, madu memiliki sifat pelembap yang cocok untuk kulit. Secara bersamaan, madu juga memiliki sifat humectant, sehingga kelembapan bisa terjaga lebih lama.


Kesimpulan

Dengan mengetahui ketujuh manfaat madu utuk kulit di atas, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba madu secara langsung. Untuk menerapannya sendiri sangat mudah, karena madu aman dioleskan secara topikal ke kulit, baik di wajah atau bagian kulit lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Manfaat Madu Untuk Kulit