6 Tips Mengobati Ambeien Tanpa Ke Rumah Sakit

Khasiat.id - Ambeien atau puru sembilik/wasir/haemorroid/bawasir merupakan pembengkakan urat-urat yang terjadi pada ujung dubur. Bila dijelaskan secara lebih rinci, ambeien merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah balik Vena yang berada di sekitar anus atau area bawah rectum mengalami inflamasi serta pembengkakan. Ambeien terbagi menjadi 4 stadium, yakni stadium 1 dimana BAB berdarah maupun disertai darah, stadium 2 dimana stadium 1 plus munculnya benjolan yang keluar ketika seseorang BAB, benjolan yang muncul otomatis akan masuk setelah selesai BAB, stadium 3 merupakan campuran dari ciri stadium 1 dengan munculnya benjolan yang membengkak yang bisa masuk ke dalam anus bila dibantu dengan jari sedangkan stadium terakhir/4, terjadi bila benjolannya makin membesar dan tidak mampu masuk ke dalam anus, benjolannya tampak sangat nyata bila diperhatikan dari luar.

Biasanya untuk mengobati ambeien yang sudah parah, dokter menganjurkan untuk melakukan operasi, namun ternyata ada beberapa solusi mengatasi ambeien tanpa perlu melakukan operasi.


Mengobati Ambeien
Ilustrasi Ambeien

Diet Tinggi Serat
Untuk terhindar dari ambeien atau agar ambeien yang dialami saat ini tidak makin parah hingga stadium 4, ada baiknya jika Anda mulai lebih memperhatikan kebiasaan makan. Pilih makanan yang tinggi serat tujuannya agar sistem pencernaan berjalan lancar, tidak mengalami gangguan pencernaan yang mengakibatkan diare maupun sembelit. Ada banyak makanan enak yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran. 

Hindari Duduk Terlalu Lama Di Atas Kloset Duduk
Ada beberapa orang yang terbiasa duduk terlalu lama di atas kloset padahal tidak sedang BAB. Kondisi ini bisa memicu ambeien menjadi makin parah apalagi bila dudukan kloset tidak dibersihkan secara berkala artinya ada banyak sekali bakteri dan kuman yang menempel disana. Hindari ambeien dengan membiasakan diri untuk tidak terlalu lama di atas kloset, akan lebih baik bila Anda menggunakan kloset jongkok.

Perbanyak Minum Air Putih
Tips mengobati ambeien lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih yang bersih dan segar. Bila biasanya Anda hanya minum beberapa gelas saja yang bisa jadi belum memenuhi kebutuhan mineral harian, maka untuk mengatasi ambeien, konsumsilah air putih sebanyak 1.5-2 liter tiap harinya. Air putih akan membantu menjaga metabolisme tubuh.

Hindari Konsumsi Makanan Pedas
Dari segi makanan, ada cukup banyak makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, seperti makanan pedas. Makanan pedas bisa memicu sakit perut yang berkepanjangan lalu mengakibatkan diare, karena kondisi anus sedang tidak baik tentunya diare yang dialami akan menjadi gangguan yang tidak menyenangkan.

Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol
Bukan hanya harus menghindari makanan pedas, penderita ambeien juga tidak direkomendasikan untuk minum minuman beralkohol dalam skala kecil sekali pun, jadi bila Anda selalu rutin memasukkan alkohol pada masakan, lebih baik hindari kebiasaan itu.

Hindari Konsumsi Makanan/Minuman yang Menggangu Sistem Pencernaan
Selain menghindari makanan/minuman di atas, penderita ambeien masih perlu menghindari beberapa makanan dan minuman lainnya, seperti kopi, teh, roti, junk food, minuman bersoda, gandum padat dan masih banyak lagi. Semua makanan tersebut bisa merangsang juga mengganggu atau menyulitkan sistem pencernaan jadi akan lebih bijaksana bila dihindari selama Anda menderita ambeien.

Tips mengobati ambeien tanpa perlu pergi ke rumah sakit untuk melakukan operasi telah dijelaskan sebagian kecil di atas, semoga dapat membantu Anda sekalian yang sedang mengalami ambeien, dan bila diaplikasikan setiap hari sangat memungkinkan jika nanti ambeien sembuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Tips Mengobati Ambeien Tanpa Ke Rumah Sakit