6 Tanda Anda Terkena Diabetes

Khasiat.id - Diabetes merupakan penyakit metabolik yang menurut statistik pada tahun 2014 menjangkit sekitar 387 juta orang di seluruh dunia. Diabetes sendiri terjadi manakala pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup bagi tubuh. Selain itu, diabetes juga sering disebut sebagai silent killer, karena tidak mudah mengetahui gejala-gejalanya secara pasti. Namun begitu, sebenarnya ada beberapa tanda Anda terkena diabetes yang bisa diketahui. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat pada daftar berikut.

Tanda Diabetes

1. Buang air kecil berlebihan

Tanda awal dari diabtes tipe 1 dan 2 salah satunya adalah seringnya buang air kecil. Dalam bahasa medis, tanda ini disebut dengan nama poliuria. Tanda ini dikaitkan dengan diabetes, karena ketika gula darah yang berlebih menumpuk di dalam darah, membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap glukosa berlebih tersebut. Hal itu lambat laun membuat ekskresi dalam urin, menyerap cairan pada jaringan, sehingga produksi urine menjadi abnormal.


2. Mudah haus

Gejala awal lainnya yang cukup mencolok dari penderita diabetes adalah mudah haus. Hal tersebut sejalan dengan tanda yang pertama. Manakala sering buang air kecil, tubuh akan mudah dehidrasi, sehingga akan terasa mudah haus. Berbeda dengan alergi, pilek, demam, dan flu yang bila kita minum haus tersebut hilang, haus karena kadar gula darah yang tinggi tidak akan memuaskan dahaga.


Selain mudah haus, mudah lapar juga menjadi tanda lainnya yang mungkin menjangkit penderita diabetes. Mudah lapar disebabkan karena tubuh tidak mampu mengatur glukosa dengan baik. Padahal, glukosa normalnya harus diolah agar menjadi energi. Sedangkan kita tahu, energi behubungan dengan rasa lapar.


3. Penyembuhan luka yang lambat

Bagi para penderita diabetes, proses penyembuhan luka dan goresan akan berlangsung lebih lama daripada orang-orang normal. Haltersebut dikarenakan gula darah yang tinggi menyebabnya arteri mengeras, membuat pembuluh darah menyempit daripada biasanya. Penyempitan membuat aliran darah dan oksigen ke area yang luka berkurang, sehingga proses penyembuhan akan lebih lambat.


4. Mudah terinfeksi

Menurut penelitian, penderita diabetes mudah mengalami infeksi secara berulang, terutama pada salurah kemih dan kulit. Infeksi pada penderita diabetes disebabkan lemahnya sisitem kekebalan tubuh. Bahkan menurut studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh Indian Journal of Endocrinology, disebutkan bahwa penyakit infeksi lebih umum diderita oleh orang yang mengalami diabetes.


5. Penurunan berat badan yang tak terkontrol

Obesitas dapat menyebabkan diabetes. Sebaliknya, setelah terkena diabetes, tubuh lebih mungkin untuk mengalami penurunan berat badan, dikarenakan pemecahan protein pada otot yang digunakan sebagai pengganti insulin. Tanda terkena diabetes yang satu ini mungkin terlihat baik bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun sebenarnya, penurunan yang tidak wajar merupakan masalah serius yang harus diobati.


6. Mudah lelah

Tanda Anda terkena diabetes yang terakhir pada daftar kali ini adalah mudahnya tubuh untuk lelah dan lemah. Hal ini disebabkan karena kurangnya tubuh mendapatkan energi. Bahkan pada kasus penderita diabetes tipe 1, kelelahan kronis banyak ditemui. Hal tersebut sejalan dengan studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh Diabetes Care.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Tanda Anda Terkena Diabetes