5 Faktor Penyebab Sulit Tidur

Khasiat.id - Tidur memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Bahkan sebagian besar aktivitas pembersihan dan pemulihan kondisi tubuh terjadi saat tidur. Sayangnya, tidak semua orang modern ini bisa tidur dengan baik dan kontinu. Ada banyak sekali faktor yang menjadi alasan keadaan tersebut bisa terjadi. Di antaranya yang bisa Anda ketahui pada daftar faktor penyebab sulit tidur berikut ini.

Penyebab sulit tidur
Kompilasi pengidap insomnia

1. Stres

Stres bisa menyebabkan hyperarousal dan terganggunya keseimbangan antara terjaga dan tidur, sehingga orang yang mengalaminya akan kesulitan untuk tidur. Stres yang berlebih akan semakin mempengaruhi kualitas tidur manakala dicampur dengan faktor kognitif, emosional, dan biologi. Hal tersebut menurut studi yang dipublikasikan oleh Experimental Neurobiology tahun 2012 dapat mengakibatkan aktifnya sistem HPA dan SAM (sympatho-Adreno-medular). Pada studi lainnya, stres dikaitkan dengan timbulnya insomnia.


2. Merokok sebelum tidur

Kita tidak bisa menyangkal bahwa rokok merupakan produk yang banyak dibeli oleh masyrakat dunia saat ini. Sejalan dengan itu, para ahli bersepakat akan bahayanya rokok. Salah satu bahaya yang disebabkan oleh rokok adalah gangguan tidur. Seperti yang kita tahu, rokok mengandung nikotin dan senyawa tersebut bisa menjadi stimulan, membuat gelisah, dan sulit tidur.


Hal tersebut sejalan dengan studi tahun 2006 yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, bahwa rokok dapat mengganggu tidur secara keseluruhan. Sejalan dengan itu, studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh Addiction Biology menyebutkan bahwa ketergantungan nikotin dikaitkan dengan durasi tidur yang pendek.


3. Kurang olahraga

Faktor penyebab sulit tidur selanjutnya adalah kurangnya berolahraga. Menurut studi tahun 2011 yang diterbitkan oleh Mental Health and Physical Activity, disebutkan bahwa mereka yang beraktivitas sedang hingga kuat selama 150 menit saja seminggunya memiliki kualitas tidur pada malam hari serta kecermatan pada siang hari yang lebih baik daripada mereka yang tidak aktif secara fisik.

Meski begitu, ada perbedaan pendapat di kalangan para hali mengenai baik tidaknya berolahraga sebelum tidur. Alangkah baiknya bila olahraga dilakukan saat pagi hari. Udara segar pagi hari juga bisa menjadi aromaterapi tersendiri untuk kesehatan tubuh.


4. Secangkir kopi

Konsumsi kopi memang sudah menjadi kebiasaan bagi mereka yang bekerja saat malam hari. Namun bila Anda ingin istirahat untuk tidur, lalu mengonsumsi kopi, sama saja Anda menahan mata untuk menutup.

Menurut penelitian sendiri, kandungan kafein pada kopi dapat menjadi stimulan, meningkatkan kewaspadaan, menyebabkan kegugupan, hingga pusing, sulit tidur, dan insomnia. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi kafein mulai dari 6 jam sebelum tidur.


5. Menu makan berlemak dan serat

Lemak dan serat sedikit banyak dibutuhkan bagi tubuh. Namun bila berlebihan, terutama dikonsumsi saat dinner atau makan malam, bisa menjadi bumerang. Salah satunya bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur. Hal tersebut telah dijelaskan oleh beberapa studi, baik ahli barat maupun Cina. Oleh sebab itu, sebaiknya lihat kembali menu makan malam Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Faktor Penyebab Sulit Tidur