Ketahui Gejala dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang sering menyerang orang yang memasuki usia tua. Namun tidak memungkinkan penyakit asam urat ini menyerang ke para remaja. Penyakit asam urat ini dikenal dengan penyebab nyeri pada sendi tubuh kita.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi karena zat purin yang dikonsumsi terlalu banyak yang mengakibatkan naiknya kandungan asam urat dalam darah. Asam urat ini berbentuk kristal-kristal yang dihasilkan dari metabolisme purin. Sedangkan purin terbentuk secara alami dalam tubuh. Normalnya, kadar asam urat dalam tubuh manusia adalah 7. Jika seseorang memeliki kadar asam urat di atas 7, maka dia sudah dikatakan memiliki asam urat tinggi.

Gejala dan Pengobatan Penyakit Asam Urat
Penyakit Asam Urat
Apa yang Disebabkan oleh Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat ini akan menimbulkan nyeri pada otot dan sendi. Selain itu yang paling mengkhawatirkan adalah terbentuknya batu kristal pada kantung kemih.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari
Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh para penderita penyakit asam urat. Penderita penyakit asam urat dilarang memakan makanan seperti kacang-kacangan, melinjo dan empng, daging kambing, jeroan dan gajih, krim dan eskrim, ikan salmon, sarden, kepiting, udang, mackrel serta beberapa ikan lain. 

Dari jeni sayuran penderita asam urat harus menghindari sawi, bayam matang dan juga jamur. Hindari juga alkohol serta berbagai muniman yang mengandung soda yang saat ini banyak beredar. Sedangkan konsumsi yang wajib diperbanyak agar asam urat terjaga adalah banyak minum air putih dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Apa yang Harus dilakukan Jika Merasakan Keluhan?
Jika Anda merasakan keluhan nyeri pada sendi tubuh jangan sekali-kali dipijat. Hal ini disebabkan oleh kristas yang tersangkut pada sendi bentuknya tajam. Sehingga jika Anda memijatnya bukan enak yang dirasa namun sakit yang tak terkira yang akan Anda rasakan.

Ada beberapa obat tradisonal yang dapat Anda gunakan sebagai pereda nyeri ini. Buah sirsak adalah salah satu buah yang bisa dijadikan obat alternatif penyakit asam urat ini. Dengan mengkonsumsinya setiap hari baik di makan langsung atau dijuice dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Tujuh lembar dan salam yang direbus dan dua gelas air, hingga menyisakan satu gelas air dapat menjadi obat alternatif selanjutnya. Minumlah air tersebut setiap pagi dan sore.

Anjuran lain agar kadar asam urat berkurang adalah perbanyaklah minum air putih,perbanyak mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Satu lagi yang harus diperhatikan adalah hindari meminum obat aspirin.

Tulisan sedikit di atas pembahasan mengenai penyakit asam urat lengkap dengan obat tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan kadarnya. Terus mengontrol konsumsi makanan yang Anda makan agar kondisi asam urat dalam darah tetap stabil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketahui Gejala dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

0 komentar:

Posting Komentar