Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

Khasiat.id - Jika anda sering mengalami kesulitan tidur di malam hari mungkin anda mengalami sesuatu yang disebut insomnia. Insomnia sendiri bisa disebabkan oleh siklus tidur yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terlalu banyak beban pikiran, terlalu sering merokok dan sering begadang.

Tidak sedikit orang yang mengidap insomnia mengaku stres karena aktivitasnya menjadi terganggu karena jam kerja dan istirahatnya menjadi berantakan.

Apakah anda mengalaminya juga ??


Mungkin jika anda mengalaminya anda akan mengunjungi psikiater dimana nantinya anda akan menjalani terapi khusus termasuk minum obat-obatan. Tidak salah sih, namun sebenarnya anda masih bisa mengatasi atau menghilangkan insomnia tanpa harus berkunjung ke psikiater terlebih dahulu.
Cara mengatasi insomnia
Cara Mengatasi Insomnia
Mau tahu apa saja caranya ??

Berikut ini adalah tips mengatasi insomnia, diantaranya :


Jauhkan diri dari benda-benda elektronik
Pemicu dari stres bukan hanya beban pikiran, namun juga bisa berasal dari kebiasaan terlalu sering menonton televisi, komputer ataupun handphone terutama di malam hari. Kurangilah aktivitas anda yang berhubungan dengan benda-benda elektronik karena selain bisa menyebabkan stres juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan termasuk insomnia. Usahakan satu jam sebelum tidur anda tidak melakukan aktivitas apapun termasuk menonton televisi atau membaca buku.

Bersantai
Stres bisa menjadi salah satu penyebab utama dari insomnia. Hilangkan segala kekhawatiran dan jernihkan pikiran anda. Jika ada gejala stres maka sebaiknya bersantai terlebih dahulu sebelum tidur. Anda bisa menikmati teh sambil duduk bersantai mengobrol dengan orang yang anda sayangi. Dengan demikian pikiran anda akan terhindar dari stres.

Anda juga bisa berendam atau mandi dengan air hangat sekitar satu jam sebelum tidur. Air hangat bisa mengurangi ketegangan tubuh dan meningkatkan perasaan ingin tidur atau efek sedasi.

Jangan panik
Sudah menjadi sesuatu yang umum bahwa menghitung domba menjelang tidur bisa mempermudah tidur. Namun sayangnya teori tersebut salah. Jika anda melakukan itu maka anda akan semakin panik dan akan semakin susah untuk tidur. Coba ubah kebiasaan tersebut dengan mendengar musik yang menenangkan atau membaca buku yang membuat pikiran anda menjadi relaks.

Positive thinking
Walaupun anda mengalami insomnia namun cobalah untuk positive thinking. Positive thinking bisa membuang semua pikiran negatif yang menjadi penyebab stres. Selain itu positive thinking juga bisa membuat tidur anda menjadi lebih nyaman dan pikiran anda menjadi lebih relaks.

Olahraga dengan teratur
Olahraga dengan teratur bisa membuat tubuh melawan stres dan membantu orang yang mempunyai gangguan dalam tidur. Walaupun demikian sebaiknya jangan melakukan olahraga di malam hari menjelang tidur, melainkan di pagi hari hingga sekitar jam 9 pagi.

Jangan makan atau minum dengan jumlah banyak
Sebelum anda tidur sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jumlah yang banyak karena hanya akan membuat perut anda merasa tidak nyaman. Di sisi lain minum yang terlalu banyak akan membuat anda sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan demikian anda akan semakin kesulitan untuk bisa tidur dengan nyaman.

Tidur dengan suasana yang nyaman
Suasana tidur yang nyaman bisa mambantu seseorang untuk bisa tidur dengan aman. Anda bisa mematikan lampu kamar ataupun mematikan sumber suara berisik seperti radio atau televisi yang masih menyala. Yang tidak kalah penting adalah jauhkan jam dinding atau jam weker anda. Anda yang mengalami kesulitan tidur pasti akan lebih sering melihat jam dinding.

Pada akhirnya anda akan menjadi lebih gelisah karena anda masih belum bisa tidur sedangkan waktu masih terus berjalan.

Hindari mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan
Minuman beralkohol, kopi ataupun teh bisa membuat anda terus terjaga sehingga akan mengalami kesulitan untuk tidur. Selain itu rokok juga bisa menimbulkan efek yang hampir sama. Anda bisa mengalihkan minuman yang bersifat stimulan dengan minuman lain yang lebih menyehatkan misalnya susu hangat.

Tempat tidur hanya untuk tidur
Gunakan tempat tidur anda hanya untuk tidur. Mempunyai kebiasaan membaca buku atau menonton televisi melalui tempat tidur bisa mengganggu konsentrasi anda untuk tidur walaupun anda memiliki niat untuk tidur.

Tidur dengan teratur setiap hari
Siklus tidur yang tidak teratur bisa menjadi penyebab utama dari insomnia. Maka dari itu usahakanlah untuk tidur jika sudah waktunya dan jangan menunggu hingga larut malam.

Relaksasi
Anda bisa melakukan relaksasi untuk menghilangkan stres. Dengan demikian anda akan lebih mudah untuk tertidur lebih cepat.

Anda bisa melakukan meditasi, melatih pernafasan, ataupun mendengar musik yang membuat anda tenang sehingga anda menjadi lebih relaks.

Yang perlu anda ketahui adalah insomnia bukan termasuk penyakit keturunan dan bisa disembuhkan. Jika semua cara seperti di atas sudah anda lakukan namun masih belum membuahkan hasil maka sebaiknya anda menghubungi psikiater anda. Demikian artikel Cara Ampuh Mengatasi Insomnia semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ampuh Mengatasi Insomnia