Kenali Gejala Amandel dan Cara Pencegahannya

Amandel adalah jenis penyakit radang yang disebabkan oleh infeksi. Dalam bahasa kedokteran amandel disebut dengan tonsil. Penyakit ini muncul akibat virus yang kemudian menimbulkan radang atau infeksi. Biasanya, amandel diderita oleh anak-anak usia 5-16 tahun.


Amandel sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan lama terjangkiti yaitu amandel akut dan juga amandel kronis. Amandel akut merupakan amandel yang berlangsung selama kurun waktu 3 minggu, setelah itu sembuh. Sedangkan amandel kronis berlangsung lebih dari tujuh kali dalam setahun.

Faktor Resiko Penyebab Amandel
Faktor utama penyebab munculnya amandel ialah virus, infeksi karena flu berulang, serta radang pada tenggorokan. Jika hal itu terjadi maka amandel (tonsil) akan mengalami pembesaran.

Gejala Penyakit Amandel
Gejala yang muncul diakibatkan penyakit amandel bermacam-macam. Namun dari berbagai pengalaman dan catatan medis, secara umum gejala amandel adalah berupa: tenggorokan terasa kering dan mengganjal, selain itu terasa nyeri ketika menelan makanan dan minuman. Rasa nyeri yang ditimbulkan tak jarang membuat penderita enggan untuk makan sehingga biasanya menyebabkan nyeri menjalar sampai ke leher dan telinga.

Gejala lain yang mengikuti rasa nyeri adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, batuk pilek, perbesaran suara, serta muncul bau mulut. Bagi penderita amandel kronis, ketika tidur akan disertai mendengkur karena perbesaran kelenjar adenoid yang berada di dinding tenggorokan.

Gajala seperti di atas baru bisa diketahui jika penderita melakukan pemeriksaan . Saat dilakukan pemeriksaan, akan terlihat perbesaran amandel berwarna merah yang merupakan tanda bahwa tonsil atau amandel mengalami peradangan.

Cara mengobati Amandel
Secara teori, tak ada cara khusus untuk mencegah penyakit amandel. Namun, ada beberapa tips untuk menghindari resiko penyakit amandel:

Jaga kebersihan tangan dan makanan. Selalu cuci tangan sesering mungkin, untuk mencegah virus dan mikro-organisme masuk ke tubuh.

Hindari kontak dengan orang yang sedang menderita penyakit amandel, paling tidak 24 jam setelah penderita mendapatkan pengobatan dengan antibiotik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali Gejala Amandel dan Cara Pencegahannya

0 komentar:

Posting Komentar